CREATIVE SOCIETY

Friday, July 31, 2015

ANIME SUMMER 2015: FIRST IMPRESSION (BAGIAN 4)

Akhirnya, kita sampai pada part terakhir dari series First Impression gue soal anime yang rilis Summer 2015 ini. Sebelumnya, maaf karena keterlambatan rilis postingan ini karena beberapa waktu lalu gue sempet disibukin sama proyek ngedesain cover untuk buku-buku yang siap diterbitkan di Kalimaya Publishing. Of course ini bukan iklan, cuma sekalimat numpang lewat aja. :)) Nah, berhubung gue juga berencana mau vakum seminggu dari dunia maya karena ada beberapa urusan keluarga, so, gue paksain biar artikel yang ini dilahirkan juga sebelum saat itu tiba. Yuk, nikmatin Anime Summer 2015: First Impression (Bagian 4) berikut ini!

Poster Anime Kangoku Gakuen-Prison School (Summer 2015) - First Impression Review by Glen Tripollo
PRISON SCHOOL (KANGOKU GAKUEN)

First Airing: July 11, 2015
Genres: Ecchi, School Life, Seinen, Comedy
Producers: J.C.Staff, FUNimation Entertainment
Type: Manga Adaptation
Duration: 00:24:00
Episode: 12
Rating: R-17+

Soundtrack List
OP Theme: Kangoku Danshi (監獄男子) - "Ai no Prison (愛のプリズン)"
ED Theme: Kangoku Danshi (監獄男子) - "Tsumibukaki Oretachi no Sanka (罪深き 俺たちの賛歌)"

First Impression:
Gue pernah baca beberapa chapter awal manga-nya, dan bener-bener kaget gegara dapet kabar manga se-absurd ini dapat anime juga. Mengusung tema dewasa yang agak nggak biasa, lebih unik lagi memadukannya dengan tema school-life. Gue nggak abis pikir sih, ini pengarangnya bener-bener mesum kayaknya. Tapi, mesum yang terkontrol sehingga bisa menyajikan plot cerita yang ena'-ena'. Sebelum gue bahas lebih jauh, this anime definitely not suitable for children under 17. Bener-bener bisa bahaya untuk perkembangan mental mereka ke depannya. :))

"Prison School" atau judul aslinya "Kangoku Gakuen" menceritakan tentang lima orang siswa laki-laki dengan tampang aneh-aneh dan unik-unik, yang bersekolah di sebuah sekolah yang dulunya merupakan sekolah khusus perempuan. Berhubung kelima orang ini mesum dan jones yang nggak punya kerjaan, mereka pun menjalankan misi pengintipan kamar mandi siswi (berhubung sekolahnya juga berupa asrama). Tentunya ketebak dong kalo pada akhirnya mereka berlima ketahuan. Lalu beberapa orang siswi perempuan bertampang sadis tapi lebay banget keseksiannya yang tergabung dalam Student Council Underground memutuskan untuk memenjarakan kelima pelaku kemesuman dan memberikan banyak hukuman yang tergolong sadis. Nah, dimulailah derita-namun-bahagia kelima siswa yang harus menjalani hukuman dengan gaya seperti BDSM. :))

Intrik menjadi menarik karena ternyata main character-nya masih punya sisi baik dan nggak sepenuhnya mesum. Tragis ketika akhirnya dia bisa kenal sama salah satu cewek di kelasnya, janjian mau kencan, eh beberapa jam kemudian malah ketangkep karena berbuat mesum. Tapi akhirnya sebuah drama terbangun, ketika si main character menjanjikan kepada si cewek (yang tentu saja merasa yakin kalo si main chara nggak semesum yang diduga para anggota Student Council Underground) bahwa dirinya bakal bener-bener memenuhi janjinya untuk nonton bareng gulat sekolah sekalipun dirinya sedang berada dalam siksaan dan pengawasan yang ketat.

Untuk penonton dewasa, komedi di anime ini emang dapet banget sih. Cuma tone dark di anime ini bikin jadi berasa hentai ketimbang ecchi. Untuk proses adaptasinya sendiri terasa ngebut, karena langsung merangkum banyak chapter dalam satu episode-nya. I dunno, untuk cerita sebenernya bisa dibilang kreatif dan berkembang dengan menarik, tapi di sisi lain, gue juga nggak menyarankan orang-orang nonton anime gokil ini. But, yeah, see it with your own risk, kay! For me, it's just a little above average Bukan termasuk anime yang paling gue tunggu-tungguin kelanjutannya.

Score: 7,6/10

Poster Anime Himouto! Umaru-chan (Summer 2015) - First Impression Review by Glen Tripollo
HIMOUTO! UMARU-CHAN

First Airing: July 9, 2015
Genres: Slice of Life, Comedy, School Life
Producers: Doga Kobo, Sentai Filmworks
Type: Manga Adaptation
Duration: 00:24:00
Episode: 12
Rating: PG-13

Soundtrack List
OP Theme: Umaru Doma (Aimi Tanaka) - "Kakushinteki☆Metamaruphose! (かくしん的☆めたまるふぉ~ぜっ!)"
ED Theme: Umaru Doma (Aimi Tanaka), Nana Ebina (Akari Kageyama), Kirie Motoba (Haruka Shiraishi), Sylphynford Tachibana (Yurina Furukawa) - "Hidamari Days (ひだまりデイズ)"

First Impression:
Awalnya gue skeptis sih karena kok posternya chibi-chibi haik haik haik gitu (bukan Cherrybelle, mereka udah bubar), tapi gegara terpengaruh sama obrolan temen-temen sekitar soal Umaru yang fenomenal, gue jadi ngerasa tertantang buat ngejajal episode perdananya. Hasilnya, rahang gue pegel-pegel. Suer.

Anime ini mengisahkan tentang seorang gadis remaja bernama Umaru yang selalu tampak perfect di sekolahnya, multi talenta, and absurdly can do everything outside her rent room. Tapi semuanya berubah ketika Umaru sampai di tempat tinggalnya. Dia jadi super malas dan menghabiskan waktunya cuma buat tidur, ngemil, dan main game. Saking malasnya, Umaru yang normal ini jadi digambarkan semacam bocah chibi bertudung hamster. Umaru tinggal sama kakak laki-laki yang udah kerja. Nah kemanjaan Umaru ini jauh di luar batas hingga kesannya nyebelin dan bikin gue kasian setengah mati sama kakaknya yang mesti ngerawat dia.

Format anime ini mirip kayak "Doraemon" yang mengusung beberapa judul dan isi cerita dalam satu episode, namun masing-masing masih punya keterhubungan secara kronologi. Visual-nya bisa dibilang bagus. Umaru chibi-version-nya unyu banget buat dilihat, versi normalnya pun cute banget. Tapi, kalo nonton anime ini sambil ngebayangin gimana seandainya gue yang jadi kakak Umaru, bisa depresi juga sih sama tingkahnya. Walau gitu, Umaru resmi jadi anime paling bikin ngakak di Summer 2015 ini. Isi cerita ringan, komedi fresh, efeknya pas, dan karakter-karakternya cukup unik.

Layak tonton, dan highly recommended. Hanya saja, kalo punya adek cewek yang masih kecil, jangan disuruh nonton ini, nanti doi ikut-ikutan kan berabe. Wkwkwkwk. Score tinggi dari gue karena isinya sama sekali ngga bikin bosen. Peringatan lebih lanjut, mungkin kalian bakal penasaran dan pengen cobain sendiri ritual yang menjadi ciri khas chibi-Umaru ketika nonton. Yaitu, ngemil potato chip ditemani minuman soda. :))

Score: 8,5/10

Poster Anime Ushio to Tora (Summer 2015) - First Impression Review by Glen Tripollo
USHIO TO TORA (2015)

First Airing: July 3, 2015
Genres: Action, Supernatural, Shounen, Comedy
Producers: Sentai Filmworks, MAPPA, Studio VOLN
Type: Manga Adaptation, Re-make
Duration: 00:24:00
Episode: 26
Rating: PG-13

Soundtrack List
OP Theme: Kinniku Shoujo Tai - "Mazeru na Kiken (混ぜるな危険)"
ED Theme: Sonar Pocket - "HERO"

First Impression:
Mungkin nggak sengaja aja sih gue ngecek ini. Jujur gue baru banget denger judul "Ushio to Tora", jadi tanpa pikir panjang, gue langsung cek. Setelah ditonton, gue langsung ilfeel sama artwork-nya yang bergaya jadul. Style artwork jadul dikombinasiin sama tone warna modern. Jadinya bener-bener bukan selera gue. Selidik punya selidik, ternyata ini adalah remake dari "Ushio to Tora" yang pernah dirilis pada tahun 1992 (ke mana aja gueee?). And gue rasa versi jadulnya punya daya tarik artwork yang lebih baik daripada versi terbarunya ini.

"Ushio to Tora" menceritakan tentang Ushio, anak seorang penjaga kuil yang terhubung satu sama lain dengan sesosok monster siluman raksasa bernama Tora yang selama ini ternyata tersegel di bawah tanah kuil tempat tinggalnya. Nah, sebagai konsekuensi dari keterikatan mereka, Ushio jadi punya kekuatan supernatural yang kemudian dia gunakan untuk bertarung melawan makhluk-makhluk supernatural lainnya. Yah, masih setipe-tipe banget sama "Nurarihyon no Mago" and anime-anime bertemakan action-supernatural dengan main chara yang bisa berserk gegara punya kekuatan monster terpendam lainnya. Nyaris ngga ada yang bikin gue terkesima sih di cerita ini.

Tapi, keunggulan dari anime ini adalah isi cerita yang ringan dan mudah dimengerti sama berbagai kalangan. Gue pribadi udah stop ngecek film ini, tapi adik sepupu gue yang masih duduk di bangku SD ternyata suka banget sama aksi Ushio di film ini. Jadi, ini masalah selera aja kali ya. Kalo gue sih no~

Score: 7/10

Poster Anime God Eater (Summer 2015) - First Impression Review by Glen Tripollo
GOD EATER

First Airing: July 12, 2015
Genres: Action, Fantasy, Military
Producers: ufotable, Aniplex of America
Type: Game Adaptation
Duration: 00:23:00
Episode: 13
Rating: R-17+

Soundtrack List
OP Theme: OLDCODEX - "Feed A"
ED Theme: -

First Impression:
Diangkat dari sebuah game produksi Bandai Namco di PSP, "God Eater" termasuk anime yang bikin gue penasaran lewat tampilan posternya. Tema yang diangkat not so original sih, perang antara manusia dengan monster. Para manusia ini dilatih sedemikian rupa dan masing-masing diberikan senjata khusus yang diberi nama God Eater. Nah, alkisah ada seorang anak yang diambil dari area luar perbatasan oleh pasukan militer pengguna God Eater ini, namanya Lenka, yang ternyata punya gen khusus yang cocok dengan teknologi God Eater termutakhir. Well yeah, tema the choosen one yang mainstream dalam manga-manga shonen. Selanjutnya, udah bisa dibayangkan sendiri yak.

Lenka adalah karakter utama dengan sifat yang udah sangat umum: idealis, merasa pengen jadi pahlawan, the risk taker alias nekad. Nyaris ngga ada yang unik dari karakter ini, demikian juga karakter-karakter lainnya. Hanya saja pembawaan ceritanya masih tergolong enjoyable untuk disimak.

Kelebihan, atau dalam hal ini keunikan yang paling menonjol dari anime ini bisa dilihat dari gaya artwork yang digunakan. Mulai dari pergerakan gambar, hingga ke tone warnanya. Baru pertama kali gue nonton anime dengan style artwork kayak begini. Syukurlah masih enjoyable dari segi cerita, bikin gue betah ngikutin kisahnya sampe sekarang.

Not so recommended, tapi lumayan buat bunuh waktu luang daripada diisi dengan hiburan lain yang udah jelas-jelas sampah. :))

Score: 7,5/10

Poster Anime Chaos Dragon: Seiryuu Seneki (Summer 2015) - First Impression Review by Glen Tripollo
CHAOS DRAGON: SEKIRYUU SENEKI

First Airing: July 2, 2015
Genres: Action, Fantasy
Producers: FUNimation Entertainment, Silver Link, Connect
Type: Original Works
Duration: 00:24:00
Episode: 12
Rating: R-17+

Soundtrack List
OP Theme: Natsumi Kon - "ISOtone"
ED Theme: Eiha (Miyuki Sawashiro), Lou (Maaya Uchida), Meryl (Haruka Terui) - "Delta Decision"

First Impression:
Nah untuk anime yang satu ini, gue ngecek karena nurutin hype beberapa temen gue yang katanya ini hasil semacam permainan role play dari beberapa mangaka terkemuka di Jepang sana. Setiap karakter di-desain sama mangaka yang berbeda, dan mereka memainkan sebuah kisah bersama. Lalu diadaptasi ke dalam anime berjudul "Chaos Dragon: Sekiryuu Seneki" ini. Tentunya, sebelum ngecek gue udah naro ekspektasi yang tinggi dan super penasaran sama ceritanya. But, hey, ternyata anime ini nggak lulus uji coba minat gue karena langsung gue matiin dalam waktu lima belas menit.

Alasannya? Jarang-jarang gue bisa langsung nggak suka sama suatu film, salah satunya karena di sini nyaris karakternya nggak ada yang lovable atau menarik untuk diikuti, nggak terdesain dengan baik. This anime is sucks! Episode pertama--hingga lima belas menit sebelum akhirnya gue matiin--cenderung boring dan yah, gue belum nangkep inti kisah di anime ini apaan. So, that's it. Dibandingin anime lainnya yang bikin gue kecewa di Summer 2015 ini, "Chaos Dragon" berada di peringkat pertama, alias the worst anime ever. Sisi baiknya, dari segi efek, sebenernya anime ini cukup menjanjikan. Sayang ngga didukung sama cerita yang bagus. Bye-bye "Chaos Dragon"~ Kalo kamu termasuk yang mau membuang-buang waktu luang untuk ngecek anime yang satu ini, silahkan saja. Gue nggak tanggung ya sama kerugian yang bakal kalian rasakan.

Score: 5/10


Nah, that's all folks. Sebenernya masih ada beberapa anime yang rilis di Summer 2015 ini, tapi sayangnya sebagian merupakan season baru dari anime-anime sebelumnya yang sama sekali belum pernah gue tonton, sebagian lagi anime berdurasi singkat yang bukan tipe kesukaan gue. Ada juga "Dragon Ball Super" yang rencananya bakal dirilis sampai episode ke 100, yang mana ngga perlu gue bahas, karena anime yang satu ini ngga bakal jauh beda sama seri-seri pendahulunya. So be it~ Semoga review singkat gue dari Bagian 1, Bagian 2, Bagian 3, dan Bagian 4 ini bisa bermanfaat buat kalian yang bingung mau ngikutin anime apa di season ini. Also, I wanna say sorry for the late of this very last part. See you all on my next articles~! Keep on blogging, keep on writing!

4 comments:

  1. Gileee, lengkap banget reviewnya. Summer ini emang asik, banyak banget anime bagusnya. So far gua ngikutin Charlotte, Rokka no Yuusha, GATE, Overlord, Gangsta, Aoharu no Kikanjuu, God Eater

    Thank you buat reviewnya ya Glen =)

    ReplyDelete
  2. mantap banget review nya. lengkap.

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259 ATAU KLIK SITUS KAMI PESUGIHAN TAMPA TUMBAL

      Delete

Thanks ya, udah berkunjung ke Creative Talks Blog ini. Silakan meninggalkan komentar dengan tidak mencantumkan hal-hal yang berkaitan dengan SARA, flamming dan juga memojokkan pihak tertentu. Diharapkan juga untuk tidak meninggalkan link aktif pada badan komentar atau komentar tersebut akan langsung dihapus oleh admin.

Happy blogwalking and have a nice day!
Creative Talks Blog Creator - Glen Tripollo