CREATIVE SOCIETY

Wednesday, May 23, 2012

CARA AGAR PERSONAL BLOG KAMU DIKENALI BANYAK ORANG

Halo, sobat! Mumpung lagi ada sedikit waktu walau badan pegel-pegel abis ngeampelasin kayu jendela-jendela yang ada di rumah Gue (soalnya bokap mau ngecat ulang biar lebih kinclong), jadi Gue pake aja waktu ini buat ngupdate blog. By the way, tanggal 18 Mei 2012 kemaren, Bloggers' Shout Out! udah sukses ngejalanin misi Blogger Campaign pertamanya dengan mengangkat tema "Indonesia Go Blog".

Campaign berikutnya kemungkinan besar bakalan bertambah pasukannya dan tentunya juga mengangkat tema yang beda. Jadi tungguin aja ya! Atau kalo misalnya kalian pengen ikutan bareng kita-kita, tinggal klik aja tuh link di atas, tapi proses approving member baru dilakuin pada tanggal 19 - 20 Juni 2012. Harap maklum yooow~

Oh yah, hari ini Gue mau bagi-bagi tips buat kalian semua yang sampe saat ini lagi aktif ngeblog, khususnya Personal Blog, maupun buat yang masih pada bingung pengen memulai ngeblog. Kalo pada postingan-postingan Gue yang dulu pernah bahas tentang gimana cara gampang dari ngeksis di dunia maya, yang sebetulnya tips tersebut masih sangat universal sifatnya. Jadi, nggak cuman berlaku dalam hal ngeblog tapi juga dalam penggunaan sosial media yang lainnya seperti Facebook atau Twitter. Nah, makanya kali ini Gue mau sharing tips yang lebih khusus. Yaitu, gimana caranya biar personal blog yang lagi ataupun baru mau kalian usung itu bisa tampil dengan keren dan gampang dikenalin sama banyak orang!

Gue bakalan jelasin dulu apa itu personal blog, soalnya Gue masih sering dapet pertanyaan dari sesama blogger tentang hal tersebut. Jadi begini, yang namanya personal blog adalah sebuah blog yang dimiliki oleh satu orang (personal memiliki arti milik pribadi/hanya diri sendiri), yang isinya itu bebas, terserah mau diisi apaan yang jelas sifat artikel-artikel di dalamnya dituliskan menggunakan sudut pandang diri sendiri. Masih bingung? Sederhananya sih gini, kalo kalian ngebuka blog yang hanya ditulis oleh satu orang blogger dan gaya bahasa penyampaiannya menggunakan sudut pandang pribadi (seperti Gue, Saya, Aku, Ane, atau apapun nama panggilan yang kalian kehendaki untuk diri kalian sendiri), bisa dipastikan itu adalah sebuah personal blog yang sifatnya murni.

Kalian bisa baca artikel Gue sebelum ini di sini. Pada artikel itu, Gue udah ngejabarin ide-ide atau tema-tema dasar yang cocok banget buat diangkat oleh personal blog yang kalian miliki. Tentunya juga banyak manfaatnya. Kalian bisa pilih berdasarkan hal-hal yang kalian sukain.

Saat ini mungkin udah cukup banyak blogger Indonesia yang cocok banget buat jadi inspirasi kalian dalam hal ngeblog, sebut aja Raditya Dika, Bena Kribo, Alitt Susanto, Irvina Lioni, Arief Muhammad dan juga Glen Tripollo. Sebetulnya masih banyak lagi blogger Indonesia yang sekeren mereka-mereka itu. Kenapa mereka bisa keren? Kenapa bisa terkenal? Kenapa bisa begitu disukai? Alasannya ada banyak sebetulnya, tapi yang paling mendasar adalah ini :
  1. Mereka semua muncul saat blog lagi booming-boomingnya di Indonesia
  2. Gaya bahasa santai dan kocak yang mereka bawa bener-bener mengena di hati anak muda.
  3. Mereka memiliki karya atau prestasi yang akhirnya semakin mengangkat nama mereka di dunia perblogan.
  4. Mereka punya konsep yang konsisten.
  5. Mereka juga punya ciri khas masing-masing yang sangat kental dirasakan oleh pembacanya.

Nah, makanya nggak heran kalo pada akhirnya jadi banyak anak-anak muda yang ngebikin blog karena termotivasi sama blogger-blogger keren tersebut. Sayangnya, beberapa anak muda yang menobatkan diri sebagai blogger pada saat ini hanyalah merupakan fotocopy bolak-balik dari blogger-blogger keren yang barusan udah Gue sebutin di atas. Nggak ada ciri khas sendiri yang mereka tunjukkan, apalagi konsep yang bener-bener mateng, semuanya serba campur aduk tanpa ada benang merahnya. Akhirnya, setelah blogger-blogger fotocopy ini semakin banyak jumlahnya, beberapa pembaca bakalan merasa bosan karena style yang diangkat seperti itu lagi dan lagi. Tentunya pembaca akan lebih memilih membaca tulisan-tulisan blogger yang udah senior ketimbang baca tulisan-tulisan blogger fotocopy itu.

Gue pernah bikin postingan tentang inspirasi yang nggak berarti harus niru abis style orang lain. Silakan baca di sini. Makanya, kalo kalian pengen ikutan eksis seperti blogger-blogger keren di atas, ada beberapa rule of cool yang wajib kalian lakukan dalam mengusung personal blog yang kalian punya. Here I go, tips of the day!

  1. Kenali sekitarmu. Maksudnya, blogwalking-lah dengan sering. Coba perhatikan gaya dan style yang dianut sama blogger-blogger lain yang ada di sekitar kamu. Coba kenali kelebihannya, tentukan kekurangannya. Cari tahu kenapa blog tersebut bisa ber-traffic tinggi misalnya. Atau bisa juga baca postingan-postingan yang ada di dalamnya dan identifikasi kenapa bisa banyak banget komen bermunculan di dalam postingan tersebut. Kalo udah ketemu, coba tuliskan di dalam pikiran kalian.

  2. Analisa kelebihanmu. sekarang back to yourself, kenali dirimu sendiri. Kalo di dalam dunia bisnis, ini adalah saatnya kalian melakukan analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat). Kenali kelebihan kalian, misalnya apa yang paling kalian minati, dan apa yang paling jago kalian lakukan. Sadari juga kekurangan yang ada di dalam diri kalian dibandingkan dengan blogger-blogger lain. Coba cari blogger lain yang sedang mengusung tema yang sama. Selanjutnya adalah mencari kesempatan dengan cara membandingkan sama kelebihan dan kekurangan yang kalian punya. Apakah kalian sanggup bersaing dengan blogger tersebut? Terakhir adalah menganalisa ancaman-ancaman yang mungkin nanti bakalan datang menyerang dan membuat kalian jatuh. Buat semacam pertahanan untuk menyikapi threat-threat tersebut. Biasanya threat datang dari blogger lain yang juga mengusung tema yang sama dengan tema blog kalian.

  3. Concepting. Kalo kalian tau apa yang mau kalian lakukan, selanjutnya adalah membuat konsep. Orang jadi populer karena konsep yang mereka bawakan. Tapi, suatu saat kepopuleran mereka akan hilang apabila terdapat orang baru yang muncul dengan membawa sebuah konsep baru yang lebih menarik dan belum pernah ada. Makanya, langkah selanjutnya adalah membuat konsep untuk personal blog kalian. Gimana sih caranya? Gue biasanya membuat konsep berdasarkan analisa dari blogwalking. Apa-apa yang belum pernah ada di dunia maya, bisa jadi diangkat ke dalam blog pribadi. Salah satu contoh konsep yang pernah Gue angkat di sini adalah Blog Review. Yah, walaupun pada akhirnya Gue putuskan untuk berhenti ngejalanin tuh Blog Review. Seenggaknya Gue masih mempertahankan konsep dasar dari blog Gue ini lewat tampilan dan isi postingannya...

  4. Buat materi-materi pendukung konsep. Selanjutnya adalah menyesuaikan konsep yang sedang kalian bangun dengan tampilan personal blog kalian. Gue berusaha membangun konsep dan memperkental konsep tersebut dengan menciptakan tampilan yang childish dan karakter-karakter unyu yang pernah Gue kenalin di postingan Creative Talks Mascots. Mungkin suatu hari nanti kalo ada orang lain yang nemu karakter Gue itu di suatu tempat, mereka bakalan langsung tau kalo itu pasti Gue yang buat.

  5. Buat style tulisanmu sendiri. Jangan mentang-mentang pengen kayak Raditya Dika, terus kalian membuat postingan konyol dengan gaya tulisan yang mirip dengan Radit. Itu "DOSA BESAR", karena selain cuman modal ikut-ikutan alias ngga kreatif, kalo terlalu parah bisa dicap plagiat. Jadi, cobalah menulis dengan gaya tulisanmu sendiri. Kalo dirasa pasaran, coba deh kalian latih gaya tulisan kalian, atau berkomitmen menciptakan gaya tulisan kalian sendiri.

  6. Tentukan URL yang mudah diingat. Gue menyarankan selalu menggunakan nama asli kita saat membuat URL blog karena lebih mudah diinget sama orang lain. Kalo mau buka blog si Glen ya tinggal ketik aja namanya si Glen, terus tambahin blogspot.com. Lebih gampang diinget kan? Kecuali kalo kalian punya nama julukan atau apapun yang udah lebih terkenal daripada nama asli kalian.

  7. Beri nama blog kalian dengan nama yang sesuai dengan diri kalian. Kalo blog pribadi yang sifatnya nggak cuman menyajikan curhatan sehari-hari, memberikan nama pada sebuah blog perlu. Contohnya blog Gue ini yang Gue kasih nama Creative Talks, atau jaman dulu Raditya Dika ngasih nama blognya Kambing Jantan, atau Alitt dengan Shitlicious.

  8. Bikin slogan atau deskripsi blog yang keren dan ngga umum dipake. Kalo soal deskripsi "Sebuah catatan dodol [insert random things here]" Gue rasa udah terlalu pasaran dan banyak macemnya. Sebutlah sebuah catatan pelajar bodoh, catatan dokter dodol, catatan apalah, catatan inilah. Gue pribadi udah terlalu bosen ngebaca deskripsi macem begini. Kenapa kalo tulisannya tentang catatan harian, mesti ada unsur pembodohan diri sendiri di dalamnya? Ini trend lama, trend yang baru adalah ciptakanlah deskripsi yang lebih positif tanpa bermaksud narsis.

  9. Buat design yang pas tapi tetap sederhana. Ada beberapa hal mengenai desain yang mesti kalian ketahui khususnya untuk sebuah personal blog. Menurut Gue ada beberapa "dosa" yang seharusnya nggak dilakuin sama blogger yang mengusung personal blog, tapi cukup sering nggak dihiraukan, misalnya :

    • Menggunakan mayoritas warna gelap. Personal blog memang didesain menurut kepribadian masing-masing pemiliknya, tapi sebetulnya, warna gelap adalah warna yang harus dihindari karena efek bosan yang akhirnya bakalan ditimbulin. Gelap itu kelam, ditambah biasanya blog berwarna gelap akan dilengkapi dengan tulisan berwarna terang yang jelas banget bisa menimbulkan silau pada mata.

    • Menggunakan template yang jelas-jelas lebih cocok untuk blog berita. Nggak perduli sesantai apa gaya bahasa yang kalian pakai, kesan pertama saat membuka personal blog dengan tampilan seperti blog berita cukup membuat jengah. Kalo pengen tau seperti apa template untuk blog berita, buka aja BTemplates, dan search dengan keyword "News".

    • Over-Javascript. Buat apa sih masang slideshow di personal blog? Buat apa sih pake efek hujan salju? Buat apa bikin animasi javascript pada kursor mouse? Javascript sangat tidak disarankan dipakai terlalu banyak pada personal blog. Karena beresiko memberatkan halaman blog dan akhirnya jadi lola alias loading lama ketika membukanya. Coba liat deh blognya blogger-blogger keren yang Gue sebut di atas, semuanya sederhana loh.

    • Horizontal Scrollbar. Ada beberapa personal blog yang ukuran lebar page-nya lebih dari batas maksimal lebar layar widescreen. Akhirnya jadi muncul horizontal scrollbar. Ini betul-betul mengganggu. Saran Gue, lebar page halaman blog yang paling ideal adalah 960px.

  10. Show time. Selanjutnya adalah memulai menulis, mengupdate, dan mempertahankan style yang udah kalian konsepkan. Bertahan dan berusahalah untuk konsisten. Selain itu juga harus bisa lebih up-to-date terhadap apa yang akan dibahas di dalam blog. Lagi-lagi blogwalking bisa bantu kalian dalam mencari tahu trend apa yang lagi banyak dibicarakan di dunia maya, tapi saran Gue sih mendingan jangan menampilkan apa yang udah banyak dibahas orang lain, carilah topik biasa yang mungkin bisa menjadi trend di kemudian hari. You must move one step forward daripada blogger lain. Oh ya, ketika threat yang udah ditentukan di awal beneran datang, jangan ragu untuk bersegera menampilkan konsep baru yang lebih fresh dari sebelumnya. Selanjutnya aktif juga di dunia nyata, sering-sering ke acara keren komunitas blogger atau acara-acara lainnya. Buat diri kalian dikenal banyak orang. Tapi jangan promo dengan cara nge-SPAM di dunia maya yah. Bisa-bisa malah terkena jeratan hukum UU ITE. Hehehe.

Nah, that's all! Udah 10 poin yak! (Walau rada maksa) Inti dari menciptakan sebuah personal blog yang keren adalah konsep. Bikin konsep butuh kreatifitas. Kreatifitas datangnya dari ide kreatif. Dan ide kreatif akan timbul dengan sendirinya seiring dengan pengalaman yang udah kalian lalui dan pembelajaran dari orang lain. Makanya, Gue cuma bisa ngingetin satu hal, untuk maju seseorang butuh yang namanya dukungan dari sekitar. So, ayo mulai mendukung blogger-blogger lainnya dan tunjukkan sikap kepedulian kalian terhadap teman seperjuangan kalian. Bukan suatu hal mustahil ketika akhirnya mereka berbalik mendukung dan menyemangati kalian loh. Nggak ada ruginya kok membiasakan diri blogwalking dan meninggalkan sepatah dua patah kata pada kolom komentar blog mereka. Tentunya yang membangun yah.

Kalo gitu sampe di sini dulu update-an Gue kali ini, sampe ketemu di postingan-postingan Gue yang lainnya. Keep in touch! Keep on the blog! Semangat, Guys!

121 comments:

  1. blog gue udah memenuhi kriteria belom yah om glen :3

    ReplyDelete
  2. satu lagi

    Jangan malu untuk bikin tulisan kayak gimana aja.... Cuek aja kalau ada yang bilang hanya bisa curcol doang... Eh postingan curcol banyak yang suka lho, salah satunya itu gue... Gue suka banget baca2 postingan2 curcol orang... Hahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bisa juga tuh, tapi kayaknya bisa dimasukin ke poin 3 dan 5... :D
      Thx udah berkunjung brow... :D

      Delete
  3. Blog aku udah belom yah?? *mikirkeras* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aja dicek sendiri Ai... :D
      poin-poin di atas itu yang terpenting sih, lainnya bisa kmu tambahin sendiri... :3

      Delete
  4. poin 1-10 udah dicatet di otak :)

    ReplyDelete
  5. Blog ane udah masuk hitungan belom yah ? *nanya bang Glen*

    Btw, tampilan blog ane itu lumayan gelap ga sih ? #seriusnanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuk hitungan apa nih bang Farid? Kalo soal tampilan, blog dikau pas-pas aja sih warnanya, dibilang gelap nggak, terang juga ngga... :D

      Delete
  6. sep berguna banget kak glen :D

    ReplyDelete
  7. point pertama yang paling ngebantu yak.. tegur sapa jadi investasi pengunjung tentunya yang ngga nyampah dan cuma ngotorin doang hoho..

    nah style tulisan itu yang masih mikir keras nih.. -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup... sering komen di blog orang itu juga lama2 bakalan bikin si empunya blog penasaran dengan siapakah kita sebenarnya dan akhirnya berkunjung ke blog kita... :D

      Ah bikin style tulisan sebetulnya gampang kok Zay...

      Delete
  8. buat blogger-blogger pemula mungkin banyak yang masih berusaha ngikutin gaya bahasa dan style blog-blog yang dibacanya,,, yah itu wajar tapi seiring berjalannya waktu dan kematangannya dalam dunia bloging dia akan bisa menemukan style-nya sendiri.. hehe...

    yang penting nggak berusaha nutup mata dan telinga untuk belajar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu dia masalahnya Kang... Blogger yang baru mau menapaki jalan dunia perblogan kadang ngga berpikir panjang dulu sebelum bener2 terjun ke dalamnya... Makanya banyak yang baru sebulan dua bulan udah berenti ngeblog...

      Delete
  9. nomer 3 dan 5 yang bener2 paling utama dari 10 itu #IMHO ,nice om :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sebetulnya poin-poin di atas lebih seperti step by step sih daripada poin-poin penting... :D Yang poin 1 dan 2 adalah step awal sebelum akhirnya kita menjajaki step 3... :D

      Delete
  10. setuju! :D

    anyway, thx ya udah mencantumkan nama saya disini. hehe. saya masih pendatang baru kok -_-

    yang soal nama blog dg sebutan CATATAN sih bener banget, bos. membosankan!!! apalagi dengan embel2 negatip pada si blogger itu. dodol lah, bego lah, berbulu ketek lebatlah. weteep -_-

    nice post!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah lumayan lama dikau Irvina... hampir bareng sama Gue pas pertama kali bikin blog... hahaha... :D

      Ah tuh kan, ternyata bukan cuman gue yang ngerasa kalo sebutan kayak gitu ngebosenin... :D

      Btw, thx udah mampir yaaa... :)

      Delete
  11. yang pasti jangan mentang-mentang personal blog jadi "semau gue" , template rame ditambahin javascript macem2. blognya jadi berat, belom kebuka juga udah males duluan._.v hehe

    mau muhasabah blog sendiri aah~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gaya "semau gue"-nya dialihkan ke style tulisan masih ngga apa-apa, malah disarankan... :D
      Selamat berkreasi! :D

      Delete
  12. tips yang bagus untuk saya sebagai seorang blogger pemula...

    thanks buat ilmunya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama... semangat ya ngeblognya... :)

      Delete
  13. Replies
    1. Nyahahaha... kalo asik ayok diikutin... :D Semangat ya ngeblognyaa... :D

      Delete
  14. Replies
    1. Thanks sob... Thanks juga udah mampir yaa... :)

      Delete
  15. kayaknya blog gue masih cupu banget deh
    banyak hal yang perlu gue benahi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo berkreasi...! Mengembangkan blog jadi menarik itu pekerjaan yang bener-bener asik loh... :D

      Delete
  16. Wow!

    Masih suka nulis macem-macem. apapun yang menarik.

    still lots to learn..
    tapi mengenai "catatan pelajar bodoh" dll..
    umumnya tergantung umur kali yaa..

    makin dewasa kayaknya makin gak puas kalo nulis yang "bodoh2" aja..
    kecuali dia memang anak kecil yg terperangkap di tubuh org dewasa..:P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nulisnya macem-macem ngga masalah kok (asal tetep positif), yang penting konsepnya yang dimatengin... :D

      Delete
  17. gue setuju dah. Gue antusias aja bacanya, ada bagian yg inspiratip, lucunya juga ada, komplit lah. :D
    salam solid ya voc Letto!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahahahaa... bagus deh kalo komplit... Semoga bermanfaat yak... :D Salam solid juga...

      Delete
  18. wow thx bgt tipsnya bang :D
    moga blog eike jd tmbah menarik :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... ayo semangat! Berbenah dikit di konsep biar lebih mantab lagi blognya... :D

      Delete
  19. wah bisa ditiru niiiiiii hahahaha thanksss yaaa for share :))

    ReplyDelete
  20. Sepertinya udah masuk dalam kriteria di atas, hihihi, yang terpenting tinggal konsistensi dalam update blog dan silaturahim dgn blogger lain :D

    Anyway, menurutmu blogku gimana gitu bang glen, dari segi tulisan dan tampilan? Berkarakter belum yah? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari apa yang Gue liat sih, isinya udha punya karakter, but somehow tampilannya ditambahin apa gitu Sith biar lebih eye-catching... CMIIW aja sih... :D

      Delete
    2. Kurang eye-catching yah dengan coklat bermaskot anime diriku :"> #okesip :)

      Delete
  21. asli aku baru aja kepikiran smlm bang kalo aku ngeblog itu tanpa konsep (maklum newbie). cuma ga sedetail abg pemikirannya (faktor jam terbang).

    saluut ama tips2nya bang,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha... santai aja, nanti lama2 juga ngeh sama pentingnya konsep... Coba direncanain aja dulu... Abis itu eksekusi... :D

      Thx ya uda mampir... :)

      Delete
  22. Baru tau kalo acara 'Blog Review' udah gak ada. Hiks..
    Dan sekarang emang banyak tuh blog-blog yang 'fotocopy', mulai dari desain sampe style menulis. Dan kadang begitu lihat sekilas, udah bisa ketebak itu pengikutnya siapa. Hehe..

    Nah nah, itu yg nomor 10 rasanya yang paling susah. Menurut om Glen, normalnya dalam satu minggu itu kita BW berapa kali sih ke blog? atau, berapa blog yg baiknya kita datangi? Belakangan agak kesulitan bagi waktu soalnya.. :D

    Great post anyway.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mae... Blog Review udah ngga ada karena suatu hal... :D bisa dibaca di sini sih There's no blog review anymore

      Sebetulnya ngga ada batasan khusus tentang blogwalking ini. Kunjungin 1 blog kawan dalam 1 hari tapi rutin setiap hari juga ga masalah... Klo Gue biasanya 5 - 10 blog per hari... :D
      Lumayan buat nambah wawasan sih, dan waktunya biasanya pas lagi istirahat dari kerjaan di dunia nyata.. :D

      Thx ya udah mampir... :)

      Delete
  23. Kalau gue masuk kriteria gak ya?
    Any way, gue juga ada niat buat ganti nama blog dan deskripsi.
    Belom pernah ganti dari tahun 2010.
    Tapi emang, akhir 2011 gue baru aktif ngeblog. Dan bener bener konsisten ngejalaninnya.
    Jadi masih newbie lah.
    Maka, mohon kritiknya :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dikau mah untuk penulisan udah punya ciri khas brow... tinggal mantepin aja sama tampilan blognya... :D

      Delete
  24. Ckckckkc... Subhanalloh.. keren..!! asyik untuk dibaca, tp enggak sia-sia.. karna ana juga sering nemuin blog yang bahasanya gaul abis, tapi isinya nol.. tp disini, kaya lag "diceramahin" sama temen sendiri.. ^_^
    untuk tips'y bener banget ka Glen, mencoba mengoreksi blog ah.. tp yang terpenting dan paling ana setuju adalah.. buat style tulisanmu sendriri, lebih penting karya sendiri.. bukan hanya copas tanpa mencantumkan sumber aselinya.. oke ka.. SUKA sama tulisannya ^_^b

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahhaa... Makasih ya kunjungannya Anna... Semoga bermanfaat... :)

      Selamat berkreasi yaa by the way... :)

      Delete
  25. sayang sekali saya masih belom bisa konsisten buat nentuin konsep tulisan sebuah nih om glen :(

    kalo ada acara temu blogger, mohon update infonya ya om :D

    makasih banyak udah sharing beginian,, sering - sering ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke siap... nanti kalo ada acara dikabarin... Btw, thx yaaa udah mampir... :)

      Delete
  26. Hai Mas, terimakasih ya sudah mampir tempatku ^^
    Aku mention mas di postinganku yang baru loh, hehehe...

    Oke banget tulisanmu mas.
    Bener banget tuh ngebosenin liat blog yang sok sok niru blogger keren yang mas tulis di atas. Malah jatohnya jadi gak lucu gitu @_@
    Setujuuu, blog gelap bikin capek mataaa... bacanya harus penuh konsentrasi...
    Oiya, vertical scroll bar. Di blog mas juga ada vertical scroll bar tuh :p Horizontal scroll bar kah maksudnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... iya udah baca lagi barusan... :D
      Btw, thx banget yah udah teliti... Akhirnya udah dikoreksi... Hahaha... :D Selamat menikmati colek2 layar iPad yaaaa... :D

      Delete
  27. ternyata bukannya intropeksi diri yang penting, intropeksi blog juga penting
    makasih bang glen, berguna sekali postingannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget... Introspeksi blog itu penting berhubung blog juga aset kita dalam membangun personal branding... :D
      Thx ya udah mampir... :)

      Delete
  28. tips yang bermanfaat buat pemula seperti saya, benahin blog ah. Konsep blogku sepertinya masih belum jelas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks yaaa udah mampir... :D
      Selamat berbenah... :D

      Delete
  29. Aku belum memenuhi semua kriteria di atas#Hiks. . . .

    ReplyDelete
  30. koment lagi ya,bukan niat nyepam brader,aku cuma mau tanya,gravatar ku kok gak muncul yakalo di platform blogspot??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo dibenahi biar blognya jadi lebih mantep lagi... :D
      Kalo di blogger emang ngga bisa nampilin gravatar soalnya emang ngga terintegrasi, butuh tambahan plugin khusus... :)

      Delete
  31. "trend yang baru adalah ciptakanlah deskripsi yang lebih positif tanpa bermaksud narsis."

    sepemikiran bang..
    tinggal ngubah warna gelap gue, sama tambahin bahasa gue sendiri
    sekarang latihan bikin bahasa Ala gue sendiri.
    Ini tips yang meruntuhkan Iman blogger labil se Indonesia.
    ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahah... iya betul... mau bikin blog yang menginspirasi kan artinya harus ngasih tampilan yang positif... mau lucu ngga perlu juga pake menjelek-jelekan diri sendiri kan? :D

      Thx ya udah mampir... :)

      Delete
    2. menurut abang, blog gue itu bijimane bang?
      terutama warnanya

      Delete
    3. Ngahahaa... wah udah berubah daripada waktu terakhir berkunjung... Udah lebih bagus yang ini kok... Tapi knapa sih mesti pake background warna ijo tua ? :D

      Delete
    4. itu karna pengen "adem" diliatnya, .. what y think? kalo warna ijo muda kesannya "islami"

      Delete
    5. Tapi kalo menurut gue sih kesan ademnya jadi rada ngilang bro gara2 tulisannya warna putih... agak silau gitu... :)

      Delete
  32. tips dari glen selalu apik. woke glen, bisa di jadiin referensi tuh untuk menilai blogku sendiri. berhubung blog review udah gak ada lagi, menurut glen (sama kayak pertanyaan temen temen di atas) blogku gimana.... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blognya bang Ridwan udah bagus kok untuk blog yang isinya tulisan2 cerita fiksi... :D Putih itu santai, dan loadingnya cepet... :D

      Thx ya udah mampir... :D

      Delete
  33. wew....keren abis, jadi ngoreksi blog sendiri, btw, blog saya gimana Glen, sudah baik kah atau harus banyak perbaikan?? ditunggu jawabannya yak, matur thankyu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jadi berasa blog review keliling nih lewat kotak komentar... wkwkwk... :D
      Gue jawab sesingkatnya aja ya...

      Dari segi template sebetulnya udah bagus, cuman warnanya terlalu soft sampe kesannya ngantuk, trus gambar header masih kurang eye-catching, untuk tulisan artikel coba deh diperhatiin spasinya, banyak yg ga konsisten... :D
      Terus somehow, ukuran font-nya terlalu kecil... Tp dari segi load timenya ngga lama kok... Gitu aja sih kayaknya Rima... :D

      btw, thx udah berkunjung... :D

      Delete
  34. thanks for tips nya kak, kayaknya aku harus maintance n improve blog aku...

    lallalalala

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama yaaa... :D
      Selamat berkreasi! :D

      Delete
  35. om, cek blog aku dong :D
    udah masuk kriteria belum yaa, mohon kritik dan saran yaa
    pipithyellover.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blogmu udah lumayan kok... Dynamic View-nya Blogger emang simply but elegant... :)

      Delete
  36. kalo blogku udah memenuhi kriteria yg dimaksud di atas blm ya mas...??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara keseluruhan sih udah bagus, warnanya terang... walau bagian menu atas itu rada silau... :D
      Font yang dipake aja sih mendingan konsisten jangan beda2... :D Agak puyeng bacanya... CMIIW

      thx ya udah mampir... :)

      Delete
  37. boleh minta usul blog saya?
    udah belom yak??
    gak tau saya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya saya lupa.
      blog saya banyak itu..
      cuma yg saya nulis pribadi dan betul2 tulisan asli saya yg ada life-lifenya :D

      Delete
    2. Warna putih udah bagus, tp background sih sebaiknya ngga ikut2 ngescroll, terlebih gambarnya rame gitu. Untuk header juga masih kurang eyecatching. Coba cari ukuran yang lebih pas buat headermu. Gue saranin lebarnya 940px, tingginya terserah asal jangan sampe selayar juga...

      Delete
  38. Gan mohon masukan nya dong.
    Tolong kunjungi blog ane juga, apanya yang masih kurang.
    Makasih gan

    ReplyDelete
  39. gue baru bkin blog nih, jadi masih cetek gitu ilmuanya. hehe
    dengan tips" lo ini cukup ngebantu gue, makasih yah.. hehe..

    oo yah knjungi blog gue dong (promosii ..:P), ngasih kritik gitu kek, spya buat masukan buat gue.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ikutan seneng kalo bisa ngebantu... :P
      btw, mana blognya?

      Delete
    2. hehe. . .

      ooo. .yah lupa. . . http://nianadchalil.blogspot.com

      gue baru 2hri yg lalu sih bkn blog, jdi prlu masukan" gtu :)

      Delete
  40. wah... makasih infonya ya bang. ngena banget nih...

    ReplyDelete
  41. Assalammu'alaikum...
    Mas @Glen Tripollo...mantap deh tulisannya....aku suka banget....

    Oh ya tolong kritik blog aku ya....apa yg harus aku perbaiki dan apa yg harus dipertahankan...

    #Salam Kaizen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuhuu~ makasih ya Mas... Oke, nanti saya berkunjung ke blognya... :D

      Delete
  42. awesooooom kak glen tulisannya :D, keanya kalo masalah penampilan blog ane ribeeet banget de (-,-)" keramean yaaa'. seleksi dulu yang ga penting2 amirrr. makasih kak glen ane mau ngusung blog ane duluu kalo gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... :D
      Overall blog kamu udah bagus kok. Tapi ada beberapa widget yg sebetulnya ga terlalu penting sih. So, coba deh dipilih2 lagi widgetnya... biar ngga berat... ( >__O)b

      Delete
  43. gua baru nyoba bikin blog nih dan engga ngerti sama sekali -_-" pengen bikin novel di blog dan biar banyak yang baca. itu caranya piye?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo baru bikin blog coba pak blogger.com aja ya bikinnya, soalnya Wordpress terlalu kompleks untuk pemula.

      Terus kalo pengen banyak pembaca ada beberapa saran dari Gue :
      1. Bikin pembuka cerita yang menarik dan bikin orang penasaran
      2. Karena kamu mau nulis novel, so pasti bakalan bersambung ceritanya kan? Coba bikin kalimat bersambung yang bikin penasaran
      3. Bikin semacam prologue atau trailer menarik dan gunakan itu untuk promosi pas kmu lagi share link blog.
      4. Gabung aja ke berbagai komunitas penulis dan saling bertukar cerita
      5. Sering eksis aja di mana pun, promo tanpa henti di tempat yg sesuai and perbanyak network. Dah itu aja sih...

      Tentunya isi cerita yg terpenting... :)

      Delete
  44. Replies
    1. Yoi sama-sama... makasih udah baca... :D

      Delete
  45. info yg sangat bagus n bermanfaat bagi blog saya,,, saya harap agan mau berkunjung balik ke www.ankurniawan.blogspot.com dan sedikit memberikan komentar TERIMA KASIH

    ReplyDelete
  46. Assalammu'alaikum ...@Glen Tripollo, sip banget tulisan diatas, sangat bermanfaat untuk para blogger pemula seperti aku...
    Tolong dikoreksi/diberi saran blognya aku ya mas....sudah aku utak atik biar kelihatan lebih sederhana....hehee...

    #terimakasih...salam Kaizen :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam bang Dani... :D
      Wah seneng deh kalo tulisan bisa terasa bermanfaat buat yg lain. :)

      Delete
  47. mampir bray ke upickblogmedia7.blogspot.com

    matursuwun

    ReplyDelete
  48. Hehheheh blog saya juga tipe personal blog, saya sangat mengedepankan desain. Karena itu ciri khas saya...... :D Mohon direview ya kang Glenn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan gue lagi ngadain acara blog review. Daftarin aja blognya sob klo pengen di-review juga... :D

      Delete
  49. kece banget tau bang :D
    anw saya pengen tau cara pasang twitter button yg disamping itu.. kasih tau dong caranya :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... makasih... :D
      Btw banyak juga ya yg penasaran sama cara bikin widget di samping kiri blog ini... :D Kasih tau gak yaaaa... :))

      Delete
  50. waah,tipsnya keren. Aku maunyoba dech.. Makasih sobat:)

    ReplyDelete
  51. WAINI! :D

    Kebetulan gw baru mulai blogging, untung nemu blog ini, banyak tipsnya hehehe... Makasi sob, sebelumnya gw make template yg scriptnya bertaburan sampe akhirnya bikin lola.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... Sorry baru bales nih komen, baru liat soalnya... :D sama2 ya Sophie... makasih juga udah berkunjung. :)

      Delete
  52. keren sob, rame pula blog nya,hehehe

    ReplyDelete
  53. Saya juga risih lihat blog-blog yang isinya persis seperti fotocopy karya seleb blog yang sudah terkenal..

    Setuju deh dengan point2 yang disampaikan diatas.. ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, blog-blog fotocopy ini cuma terkesan ngga punya identitas pasti atau menandakan kurangnya kreatifitas dalam membangun image dirinya... :D

      Thanks udah berkunjung~

      Delete
  54. yups .. jadi diri sendiri dan rajin bersilaturahmi antar blog itu ya mas ya... salam kenal semua... ^_^

    ReplyDelete
  55. Terimakasih infonya bang :D
    Ini lagi berusaha , hehehehhee :D

    ReplyDelete
  56. terima kasih info nya mas
    jangan lupa ya kunjungi ke http://cecepdotcom.blogspot.com

    ReplyDelete
  57. jadi ngerti bang ,

    trimakasih atas info nya

    ReplyDelete
  58. Makasih gan atas informasinya!
    Sangat membantu sekali bagi saya

    ReplyDelete
  59. Jujur aja ya,... w sampe detik ini masih bingung apa yang dimaksud dengan blog personal ... nah kalo blog gue termasuknya kategory yang mana ya...

    ReplyDelete
  60. Wah bener nama blog catatan bla bla bla.. sudah banyak. Kalo aku, pakai nama catatan di judul blog sih #berrti harus diganti. Trims ya infonya. Kalo mau koreksi di blog personalku ditunggu ya bang. Salam kenal

    ReplyDelete

Thanks ya, udah berkunjung ke Creative Talks Blog ini. Silakan meninggalkan komentar dengan tidak mencantumkan hal-hal yang berkaitan dengan SARA, flamming dan juga memojokkan pihak tertentu. Diharapkan juga untuk tidak meninggalkan link aktif pada badan komentar atau komentar tersebut akan langsung dihapus oleh admin.

Happy blogwalking and have a nice day!
Creative Talks Blog Creator - Glen Tripollo