CREATIVE SOCIETY

Thursday, May 23, 2013

BLOG REVIEW 2013 - EPISODE 2

Dari kapan tau gue udah gatel banget pengen nulis postingan khusus ini. Tapi, baru sekarang bisa fokus nulisnya, ini juga gue nulisnya malem-malem abis ngerjain project. Satu persatu calon korban Blog Review ini gue amatin (blognya loh yah, bukan bloggernya, hehe) biar gue bisa kasih review, saran and kritik yang membangun dan juga sesuai porsinya.

Nah, guys! Sebelum gue mulai reviewnya, gue mau ngingetin lagi ke temen-temen blogger sekalian. Jangan malu-malu ya buat ngedaftarin diri jadi peserta Blog Review 2013 di fanpage resminya Creative Talks Blog. Acara ini bebas dan gratis. Biayanya diganti sama request kecil-kecilan dari gue yang bisa dengan bebas kalian pilih.

Bisa berupa postingan khusus di blog masing-masing yang isinya review untuk Creative Talks ini, bisa juga bikin artwork kreatif kalian (kalo bisa bikin artwork atau memang blogger artworker) yang temanya sesuai sama Creative Talks Blog ini. Jangan lupa ya dikasih link aktif ke blog ini. Setiap blog yang udah resmi jadi korban review bakal gue pasang link blognya di list Creative People yang ada di sidebar blog ini. Acara ini dibikin atas dasar saling berbagi, bertukar pendapat, dan sebagainya. Semuanya fun. Jadi, jangan dianggep serius yah. Kalo saran and kritik gue menurut kalian bener, boleh diikutin. Nggak diikutin pun ngga bakalan jadi masalah.

Tapi sorry banget kalo responnya lama, soalnya ternyata nyari waktu yang konsisten itu susah banget. Tapi, gue bisa menjamin semua yang daftar bakalan dapet giliran di-review kok. Makanya daftarnya sambil kerjain PR yang keren, biar bisa langsung mejeng di Creative Talks Blog Review edisi selanjutnya. And now, nggak usah basa-basi lagi deh. Gue langsung mulai aja acara Blog Review Episode 2 ini dengan membahas korban review pertama edisi kali ini.

Nama Blog: Ina's Ordinary Life
Jenis Blog: Online Diary
Screenshot:


Nah, guys! Blog yang satu ini dimiliki sama seorang blogger cewek bernama Ina Rakhmawati, udah jelas sih yah dari URL-nya yang pakai nama asli. Dan gue rasa ini bagus. Blogger yang menggunakan nama asli pada URL blognya, bakalan lebih berkesan personal blognya ketimbang yang pakai banyak istilah atau (yang masih aja ngetrend) nama-nama binatang yang dipadukan dengan kata sifat atau kata kerja.

Sebelumnya, Ina udah pernah nge-review Creative Talks blog ini di salah satu note Facebooknya. Review yang simple, padat, dan jelas. Beberapa bagian memang pas banget dan gue coba usahain buat lakuin saran-saran yang ada di sana. Thanks berat ya Ina udah mau review blog ini apa adanya. Buat yang lain, maybe pengen tau juga apa kata Ina, bisa langsung terbang ke sini. Review Creative Talks Blog ala Ina Rakhmawati.

Segi Tampilan (Layout):
Blog punya Ina ini memakai template dasar bawaan Blogger yang namanya Ethereal. Sedikit beda sama Simple Template, terutama dalam hal perbandingan lebar gambar header dengan lebar region headernya. Kalo pada Simple Template, lebar header itu sama aja kayak lebar region header dikurangin 20 pixel. Kalo, pada Ethereal, dikurangi 70 pixel. Dengan kata lain, kalo region headernya selebar 1000px, maka header yang paling pas itu yang ukuran aslinya 930px.

Kenapa gue ngejelasin itu semua? Soalnya gue mau komentarin header yang dipakai sama Ina ini. Gambar headernya cenderung pecah dan burem. Gue baru aja ngecek kalo lebar region header blog Ina ini adalah 1110px, artinya kalau ingin tampilan header yang perfect, seenggaknya harus punya lebar 1040px. Sedangkan tingginya bebas. Gue sebetulnya suka sama headernya yang nampilin objek-objek wisata di Indonesia. Kesannya cinta Indonesia banget, tapi bakalan jauh lebih keren kalo penataan fotonya lebih unik lagi dan pakai paduan foto-foto berkualitas HD, biar bersih and jelas pemandangannya. Satu lagi, entah kenapa gue ngerasa font yang dipakai di header itu nggak ngeblend sama headernya. Coba deh cari yang lebih sesuai lagi.

Selebihnya sih nggak ada masalah yah. Soalnya, blog Ina inu udah super minimalis dan gue juga bingung mau komentarin apalagi soal tampilan. Mungkin bisa dengan permainan warna di bagian judul widget, dan juga pengaturan lebar widget di sidebar, biar terkesan lebih rapi dan nggak asal tumpuk aja gitu. Pakai rata tengah <center> untuk banner-banner yang tersemat di sana, ukurannya juga disesuaikan, jangan kayak gambar yang gue screenshot di samping ini, itu lebar scrollnya aja melebihi batas lebar sidebarnya. Coba diatur biar pas and rapi.

Oh ya, keberadaan popular post atau recent post itu penting loh. Apalagi yang menampilkan postingan secara random. Soalnya, jarang banget pengunjung mencari postingan dengan sengaja lewat widget archive, biasanya pembaca bakalan langsung ngeklik artikel yang tampil di sidebar.blog karena lebih simple.

Segi Kecepatan:
Berhubung blog Ina ini super duper minimalis dengan widget yang juga terbatas, blog ini cukup cepat untuk diakses. Kok cuma cukup? Soalnya, beberapa kali gue ngebuka blog ini, artikelnya memang tampil dengan cepat, cuma ada sesuatu yang ngebikin status loadingnya nggak beres-beres. Gue udah nyoba cari tau apa masalahnya, tapi sepertinya masalahnya ini dateng dari gambar-gambar di sidebar. Kadang ada gambar yang sumbernya itu dari website penyimpanan yang lemot, jadinya butuh banyak waktu buat nunggu sampe gambar itu tampil di blog kita. Selain itu, profile Google+ yang tersemat di sidebar juga bikin lambat. Makanya gue sendiri nggak pernah nampilin about me dari Google+ di sidebar blog.

Segi Konten:
Gue baca beberapa artikel di blog ini, dan kebanyakan inspiratif sih. Inspiratif yang berdasarkan pengalaman pribadi dan kegiatan-kegiatan yang Ina lakukan. Gaya bahasanya juga ringan, bikin proses baca dari awal pembukaan sampe ke ending itu lancar dan nggak ngantuk. Masalah utama mungkin pada teknis penulisan aja. Ada tulisan yang nggak rapi dan nggak konsisten perataannya, ada yang dimulai dengan paragraf yang menjorok ke dalem, ada juga yang rata. Spasinya juga nggak sama. Mungkin ngupdate postingan dari mobile? Atau memang Ina bukan tipe blogger yang senang membaca artikel yang ditulisnya sendiri untuk sekedar review dan revisi? Who knows, yang jelas konsisten ini harus ditingkatkan. Kalo tulisan lebih rapi, gue yakin pembaca lebih enjoy lagi bacanya. Terakhir, frekuensi postingan aja yang ditingkatkan lagi. Biar blognya selalu fresh di Google. Nggak perlu kok sebetulnya blog pribadi itu pake banyak-banyak widget auto ping dan sebagainya-sebagainya.

That's all for the first blog on Creative Talks Blog Review 2013 Episode 2 ini. Gue lanjut langsung ke blog yang kedua yak. Kali ini blog semi-artworker punya seorang cowok bernama Jaka Awaludin yang kayaknya sih lebih suka dipanggil JEK! Sumpah gue nggak tau dia ini sebenernya tukang ojek atau suka ngejek gitu sampe dipanggilnya JEK!. Iya huruf gede semua dan pake tanda seru.


Nama Blog: BLOG-NYA SI JEK!
Jenis Blog: Online Diary
URL Blog: http://jakaawaludin.blogspot.com/
Screenshot:


Pertama-tama, kenapa barusan gue bilang kalo blognya JEK! ini gue bilang semi-artwork blogger. Soalnya, setelah gue telisik dalem-dalemnya, blog ini kayak tempat curhatnya orang yang punya passion dalam bidang artwork. Ada beberapa postingan dia juga yang nampilin artworknya, walaupun itu super duper jarang banget ditemuin.

Segi Tampilan (Layout):
Oke, jadi gini. Ternyata memang yang namanya Simple Template atau template-template bawaan Blogger lainnya udah makin diminatin. Soalnya, ada beberapa keuntungan yang bisa didapetin blogger dengan memakai template-template ini. Yang pertama, headernya bisa sangat gampang dimodifikasi, terus mau nambahin widget ini itu, HTML code tambahan versi sendiri juga mudah. Intinya super mudah deh mempercantik blog pribadi pake template-template bawaan Blogger tersebut. Nah, sama halnya dengan blog punya JEK! ini. Headernya pake modifikasi, jadi header dengan link langsung menuju sosial media yang dia punya.

Ada beberapa keuntungan pake header yang bisa ngelink langsung ke beberapa situs. Yang paling berasa, nggak perlu terlalu fokus sama top menu, karena link ke mana dan ke mana udah ada di header. Yah, walaupun kadang yang namanya top menu itu penting buat mendukung blog kita jadi berkesan benar-benar website-like. Sedangkan kekurangan pake header yang ngelink itu adalah lebar gambar header maksimumnya jadi sama kayak lebar container. Jadi kalo gak jago ngakalin warna, headernya bakal terasa nggak nyambung dan keliatan banget ditambah-tambahin. Tapi, gak masalah sih buat JAK! karena penggunaan header dengan garis pinggir itu salah satu strategi pas biar headernya keliatan ngeblend sama background di sekitarnya. Gue kaget sama foto si Jaka yang rambutnya ternyata mirip Rock Lee di Naruto. Hahahaha. Tapi gue suka sama headernya, jadi nggak ada komentar berlebih untuk bagian yang satu ini.

Kalo kalian juga pengen pake header dengan gambar yang ngelink, udah ada banyak banget kok tutorialnya di internet. Searching aja pake keywords "header ngelink" atau kalo suka yang versi mentahan dan pengen coding penuh sendirian, bisa belajar otodidak di W3Schools, tempat favorit gue dalem belajar web design and programming. But, unfortunately, it's still written in English.

Ada beberapa hal yang gue rasa butuh perhatian lebih di blognya si JEK! ini, misalnya yang sepele kayak gambar di samping. Ada ajakan tukar banner, tapinya kode HTML untuk dicopy-paste ngga muncul di sana. Gue ngga tau apa ini di gue doang apa gimana, yang jelas gue udah beberapa kali nge-refresh tampilan blognya, dan kode HTML tetep nggak muncul. Well, sepele tapi kalo hal ini bisa meningkatkan trafik ke depannya, sebaiknya dibenerin yak.

Widget Twitternya masih pake yang lama. FYI, widget ini nggak bakalan berfungsi lagi, so mendingan segera move on ke widget "embedded timeline" terbaru punya Twitter. Lebih realtime and lebih ringan. Cek aja apps di akun Twitternya, atau kalo nggak ngerti juga ada banyak kok tutorial bertebaran di internet. Jadi, begitulah kira-kira saran gue buat blognya si JEK! tambahan lain kurang lebih sama dengan komentar gue buat blognya Ina di atas. Widget yang memanjakan pengunjung dengan artikel-artikel lainnya di blog perlu dipasang: Recent post, random post, dan bahkan popular post.

Segi Kecepatan:
Gue beberapa kali buka blognya dan sangat aman. Responnya cepet and nggak ada status loading lama nungguin gambar-gambar pada keluar. Yah, pokoknya pas banget deh.

Artwork dari Jaka. Thanks ya Sob! :)

Segi Konten:
Kalo udah ngomongin konten, gue suka rada bawel sama teknik nulis. Pertama dari segi typografi dulu deh, gue bakalan lebih bernafsu ngebaca artikel demi artikel yang dibuat JEK! kalo judul tiap postingannya itu pake font yang lebih bagus, bukan font kaku dan lagi ukuran tulisan buat judul itu menurut gue kekecilan, jadi begitu ada beberapa postingan yang berderet gue suka kelewatan nyari judulnya.Warnanya juga kurang kontras.

Oke, cukup masalah font, selanjutnya masalah isi artikel. Isi sebuah online diary itu isinya nggak jauh dari pengalaman sehari-hari and curhatan-curhatan ringan. Hal ini nggak jadi masalah kok, cuma penulisannya masih kurang konsisten. Perhatikan lagi jarak spasi antar baris dan paragraf, soalnya suka beda-beda. Ada yang kesannya rapet banget sampe agak pusing pas bacanya. Kalo lebih nyaman rata kiri dan kanan, konsisten aja dengan itu, jangan belang-belang soalnya bakalan nimbulin kesan berantakan. Tapi, sumpah isi postingan JEK! ini banyak yang menarik dan koplak. Tema bahasannya juga sederhana banget and mencerminkan anak muda banget. (Ceilah kayak gue udah tua aja!) Yang penting gue demen bacanya. Hehehe.

That's all review gue buat Blognya si Jek!, biar ngga kepanjangan, gue langsung bahas blog terakhir untuk Creative Talks Blog Review 2013 Episode 2 ini yak!


Nama Blog: Fadhlizaky's Blog
Jenis Blog: Online Diary
URL Blog: http://tersenyumlahuntukbahagia.blogspot.com/
Screenshot:


Yak, inilah dia blog terakhir yang bakal gue bahas di edisi kali ini. Blog punyanya Fadhli Zaki yang mengedepankan konten online diary. Secara umum, blognya juga simple yah, pakai template bawaan Blogger juga, makanya lebih ringan. Cuma jujur aja, awal pertama gue tau blog ini, baca dari URL-nya "Tersenyumlah untuk Bahagia" entah kenapa yang mendarat di benak gue itu pikiran kalo admin dari blog ini adalah seorang cewek. Eh, ternyata cowok, Bo! Mungkin gegara URL yang dibuat dari kalimat-kalimat inspirasi macem gitu kebanyakan cewek, jadi kebawa-bawa deh. Sorry ya, Sob! Haha.

Oh ya, sebetulnya menurut gue pribadi URL pake kalimat begitu agak kepanjangan sih. Terus juga kalimatnya masih berkesan umum jadi bakalan agak susah buat diinget gegara tingkat keunikannya kurang tinggi. Kalo memang personal blog, jauh lebih baik pake nama sendiri sih, kan sekalian branding juga. Tapi, tentu aja masalah ini kebebasan si pemilik. Gue cuma ngasih saran aja.

Segi Tampilan (Layout):
Alright, sekarang gue mau bahas fokus di layout dulu. Sama kayak blognya JEK!, blog ini pake header ngelink, dan headernya bagus. Kayaknya nge-artwork sendiri yak? Keliatan dari garis-garisnya yang natural, dan kayaknya itu tokoh Larva deh. Koplak banget emang itu animasi. Uhuk! Oke back to topic! Headernya menurut gue ketinggian. Hasil screenshot gue itu udah gue scroll sedikit ke bawah biar tampil menunya, kalo nggak gue scroll, yang keliatan cuma headernya saja. Nggak masalah sih, cuma background yang dipake itu (garis-garis itu) lumayan ngeganggu pemandangan keren dari headernya. Harusnya sih dikasih background putih gitu, jadi sekalipun di awal yang keliatan cuma header doang, tapinya jelas dan bagus. Kalo kayak di screenshot, gambarnya apa gak terlalu jelas, gue mesti nyipitin mata dulu biar garis-garis gambarnya jelas nggak ketutup sama keramaian di background.

Karena template dasar yang dipake itu yang (gue lupa namanya) banyak bagian transparannya, ditambah background berulang yang gelap, ngasih kesan rame banget dan musingin. Coba deh kasih background sewarna aja gitu, jangan pake ornamen-ornamen kayak garis, bunga-bunga, atau lain-lain yang sifatnya pengulangan kayak batik. Kecuali kalo template dasarnya ganti yang Simple Template, mau pake background rame nggak masalah.


Pengaturan top-menunya juga di rapihin lagi. Kenapa nggak pake sistem tab menu yang udah disediain Blogger? Kenapa mesti pakai kode HTML tambahan di bagian situ? Btw, kalo mau bikin sustem top menu sendiri gak masalah sih, tapi pastikan gunakan <ul> dan kemudian <li> untuk masing-masing menu yang mau dibuat. Terus di CSS-nya nanti dikasih pengaturan width and height dengan display:block; terus juga dibikin float: left; hasilnya bakalan lebih rapi ketimbang menyimpan semua menu di satu <li> saja. Sorry kalo gue bahas ke sistem, soalnya gue ngeduga top menu ini hasil editan Fadhli sendiri, bukan murni bawaan Blogger. Keliatan dengan adanya karakter titik di depan top menu, sesuatu yang nggak bakalan muncul secara alami dari template bawaan Blogger.

Selebihnya, gue nggak ada komentar lagi soal tampilan. Paling-paling masih sama dengan apa yang gue bilang ke Ina dan JEK! di atas. Soal widget yang minimalis tapi jangan sampe minimalis banget and ngebikin pengunjung teriak, "BLOG APA INI?". Seenggaknya pikirin kemudahan pengunjung dalam menjelajah lebih dalam blog yang kita punya. Keadaan terparah adalah ketika gue udah tertarik baca artikel yang satu dan penasaran sama artikel lainnya, tapi nggak ada link menuju artikel lain di blognya. Bahkan Blog Archive aja nggak ada. Jelas ini bakalan bikin pengunjung ilfeel. Sidebar blog ini bikin gue jadi bertanya-tanya apa sebetulnya si blogger beneran niat ngurus blognya atau nggak.

Segi Kecepatan:
Blog ini tergolong cepat dalam menampilkan artikel, tapi butuh waktu agak lama buat nampilin widget di sidebar. Nggak masalah, soalnya kan yang terpenting itu artikel. Cuma kadang waktu di-scroll blognya sering patah-patah. Ini mengurangi kenyamanan sih sebenernya. Tapi sayangnya gue nggak nemu kemungkinan penyebab hal itu. Mungkin masalahnya ada di laptop gue atau koneksi gue yang lemot, atau mungkin memory laptop gue yang udah mau pensiun. Entahlah, tapi gue buka blog lainnya baik-baik aja sih.

Segi Konten:
Mungkin bisa dibilang satu-satunya yang menandakan kalo blog ini bagus adalah kontennya yang niat. Yap, gue bisa rasain kalo sebetulnya bloggernya niat dari artikel-artikel yang dituliskan. Dari segi kerapihan kepenulisan, rapi banget. Konsisten. Cuma yang disayangkan itu kenapa di halaman home cuma nampilin satu postingan? Terus juga pada bagian judul header, menurut gue kurang gede ukurannya. Perhatiin juga kapitalisasinya, biar makin enak dipandang.

Hmm, apalagi ya? Gue rasa cuma itu aja sih yang bisa gue sampein buat blog ketiga ini. Intinya butuh banyak perhatian lebih biar baik konten dan tampilan itu berimbang. Gak perlu tampilan yang WOW, KEREN sampe bikin pengunjung muntah pelangi, nggak kok! Yang penting itu tunjukkin kalo ngeblognya itu niat dan peduli juga sama pengunjung. Jangan mentang-mentang blog pribadi terus mau masa bodo sama urusan pengunjung. Kecuali kalo emang ngeblog bukan dengan tujuan dibaca orang lain. Dan kalo memang alasannya begitu, ya mendingan sekalian blognya di-setting jadi private.

Tapi, gue bisa bilang kalo ke semua blog yang gue bahas di edisi kali ini punya kualitas isi artikel yang baik. Sangat menghibur dan pastinya banyak hal-hal unik and baru yang bisa kita petik setelahnya. Yang terpenting tetep semangat ngeblog, lebih aktif lagi, dan jangan berenti belajar. Blog juga mencerminkan kepribadian yang punyanya loh. Jadi, pandai-pandailah membangun image diri lewat blog yang kita punya. Personal branding cing! Sekalian bisa jadi portofolio kita ke depannya.

Oke deh, gue rasa segini dulu Creative Talks Blog Review 2013 Episode 2 ini. Buat yang blognya belum muncul and dibahas di sini, jangan marah, sedih, apalagi bete, jangan! Semua bakalan dapet giliran. Yang penting be patient, otreh! Thanks juga gue ucapin buat yang udah bersedia jadi Korban Review kali ini, sorry kalo ada salah-salah kata yang bikin kalian merasa tersinggung. So, gue undur diri dulu. Sampe ketemu di postingan gue selanjutnya. Salam Blogger Creative!

28 comments:

  1. ahhh ikutan review dong :D btw keren2 blognya yg di review ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sok monggo brow~ ikutin aja ketentuan yang udah dijelasin di Fanpage Creative Talks... :D

      Delete
  2. blognya keren2 euy
    gw paling ga bisa bikin review :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... ayok mbak Melly mau direview juga? :D

      Delete
  3. Belum pede dlen, buat ndaftar..entar kalo blognya udah bagusan end sedikit berkualitas. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... sip, kapan saja silakan daftar brow kalo mau ikutan jadi korban review~ :)

      Delete
  4. makasih udah di review ahaha
    itu banner tukar link sbnrnya dulu ada HTML nya, gatau kenapa noh bs ilang. udh gua ganti berkali-kali tetep aja itu HTML ga muncul. ada saran? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Brow, ini gue copas dari html blog kamu...

      textarea name="" cols="21" rows="4" code="">/textarea>

      Harusnya kode HTMLnya begini:

      textarea cols="21" rows="4"> Kode Banner Goes Here... /textarea>

      Jangan lupa kurung TAG-nya dibenerin. Ini sengaja gue ilangin soalnya kolom komentar Blogger ga support buat nampilin kode html apa adanya... :D

      Delete
  5. Ihhi blog gue di review juga akhirnya haha. Udah ditunggu-tunggu dari kemaren. Iya jadi yang pertama saran untuk background putihnya bagus, ntar deh dicari. Terus sama tab menunya emang bikin sendiri, makanya bingung bikinnya. Kalau di blogger ada disebelah mana yak ?

    Untuk nampilin postingan di Home ya sengaja sih cuma satu, biar nggak lemot. Soalnya ukuran header yg bikin sendiri kegedean, dan udah makan banyak waktu untuk loadingnya.

    Masalah URL udah terlanjur milih itu sih haha, dulu terinspirasi dari itu aja berharap blognya bisa menghibur orang. Cuma sayangnya gue agak nggak sreg di blog itu karena isinya ada software lah, chord lah dll. Makanya gue pindah rumah, fokus buat nulis tentang cinta.

    Thanks Bang Glenn udah nyempetin waktunya buat ngereview blog gue.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya nih, sorry yak mesti ngebuat Korban Review nunggu lama. Maklum banyak kerjaan yang bikin sesek napas. :D

      1. Kalo mau bikin top-menu bawaan Blogger, kan ada menu "Pages" atau kalo versi Bahasa "Laman". Nanti pengaturannya ke sana aja. Kalo untuk masang kode "Laman" itu, bisa ke Layout atau "Tata Letak" abis itu "add gadget" atau "tambahkan gadget, terus pilih deh "Laman" atau "Pages". Defaultnya langsung ada di bawah header kok.

      2. Ada saran biar nggak lemot nampilin postingan lebih dari satu, yaitu pake "page break" alias "read more" itu loh. Tapi pasang read more-nya jangan jauh2. Contohnya bisa diliat dari blog gue ini. Cuma 2 - 3 paragraf awal langsung di page break. Dengan gitu ngeload halaman jadi lebih cepet.

      3. Yap, masalah URL mah bebas kok bro. Cuma kalo dari segi kemudahan diinget sama orang mendingan pendek2 aja. Gituh~ :D

      Sip, sama2 brow. Makasih balik udah bersedia mampir and baca. :)

      Delete
    2. Oke thanks infonya bang, gue udah pake readmore kok hehe. Sip, sama2

      Delete
    3. Iya gue tau dirimu udah pake read more... tapi dirimu masang read more-nya tuh kejauhan. Postingan udah panjang lebar di awal, baru di-read more... hadeh... cukup 2 atau 3 paragraf pembuka aja, sisanya potong... hahahaha... :D

      Delete
  6. Waw, lengkap bener evienya. Mantep, Bebi Drakuli. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkowkwowkow... jangan bawa2 alter gue dong... Itu kan berlaku cuman kalo lagi nulis horor aje... XD

      Delete
  7. Pengen ikut tapi kayaknya aga serem kalo di-review. ntar deh kalo udah bener blog-nya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiah, serem kenapa? Kan gue nggak menggigit... .___.

      Delete
  8. beuh, gue mau dong di comment gitu. pasti commentanya banyak nih :"
    gimana caranyaa? mau mau mau :D

    ReplyDelete
  9. blog gue msk daftar antrian di review kberala bang? :D
    bebenah dulu ahh mumpung blm di review :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah liat nanti yah, soalnya di-random urutannya kalo tugas yg dikerjainnya ada beberapa orang yg sama jenisnya. :D

      Delete
  10. Ini kali kedua saya baca review blog... Kali ini kesannya blog yang direview nggak se-wah yang kemarin. Xixixixi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... nggak juga kok brow. Isi blognya keren2 semua... :)

      Delete
  11. blognya keren2.. semoga dengan melihat review ini blog ane jadi tambah keren hehe..

    ReplyDelete
  12. wah gue baru baca ini. tenkiuuuu glen!!!
    ^____^

    ReplyDelete
  13. sorry ya bro!
    gue juga kritik lo ni
    Blog elo ni berat, iklan di mana2, widget grup numpuk, bikin enek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke makasih Bro. Segera diperbaiki nanti... :)

      Delete
  14. akan saya kreasikan lagi gan, muka lama tapi ide baru setelah membaca ini.

    jilbab syar'i murah sudah menjadi biasa untuk label itu, yang menjadikan itu luar biasa adalah harganya yang dijual secara grosir jilbab murah tertarik kah ahwat baca disini dan lihat grosir jilbab murah, jilbab instan cantik dan gamis syar'i lainnya kunjungi grosirjilbabmurah85 dengan varian warna dan model terbaru masa kini.

    ReplyDelete

Thanks ya, udah berkunjung ke Creative Talks Blog ini. Silakan meninggalkan komentar dengan tidak mencantumkan hal-hal yang berkaitan dengan SARA, flamming dan juga memojokkan pihak tertentu. Diharapkan juga untuk tidak meninggalkan link aktif pada badan komentar atau komentar tersebut akan langsung dihapus oleh admin.

Happy blogwalking and have a nice day!
Creative Talks Blog Creator - Glen Tripollo