CREATIVE SOCIETY

Monday, January 07, 2013

BLOG REVIEW 2013: NEW CONCEPT, NEW EXPERIENCE

Haiho, sobat Creative! Gue balik lagi nih buat ngasih info seputar acara baru (lebih tepat acara recycle kali ya?) di Creative Talks ini. Namanya Blog Review 2013. Kalo kalian udah tau jatuh bangunnya blog ini kayak gimana, pasti tau apa itu Blog Review, soalnya dulu Gue sempet ngadain ini. Tapi, karena suatu hal, akhirnya Gue hapuskan deh.

Nah, berhubung awal tahun udah dateng lagi, dan kebetulan juga ternyata banyak yang minta Blog Review diadakan kembali, jadi Gue langsung move on nih. Beberapa bulan Gue nyoba introspeksi diri sampe akhirnya Gue tersadar kalo Blog Review yang dulu itu gagal karena konsepnya yang belom mateng dan juga niat Gue yang masih setengah-setengah. Nah, makanya Gue jadi gampang goyah dan akhirnya acara tersebut terpaksa menghilang dari peredaran.

Tapi, kali ini beda. Blog Review 2013 hadir dengan membawa konsep yang lebih matang dan fresh. Konsep ini udah disusun dengan lebih apik dan maksimal. Jadi, dipastikan bakal beda banget sama Blog Review yang dulu. Bisa dibilang konsep baru ini bakal ngasih pengalaman yang seru, baik bagi peserta review maupun bagi diri penyelenggara sendiri, yang pastinya bersifat positif, menginspirasi, dan juga memotivasi.

Oke, sebelum Gue jelasin lebih lanjut soal Blog Review 2013 ini, Gue mau ngasih tau dulu latar belakang dari munculnya ide acara ini.

Mungkin belom banyak yang tau, tapi Gue ngeblog udah hampir empat tahun. Segala jenis konsep blog udah pernah Gue jajal, mulai dari online diary, blog tutorial, blog teknologi, blog review film, blog kepenulisan fiksi, sampe ke Creative Talks blog ini. Bukan galau sih, soalnya Gue waktu itu bener-bener menikmati apa yang Gue lakuin. Mungkin lebih karena waktu itu, masih masa-masa pencarian jati diri yang sebenernya, makanya jadi gampang bosen. Tapi, setelah Gue nemu konsep seperti sekarang ini, Gue bener-bener menikmatinya seratus persen dan nggak ada sekali pun kata bosen terlontar. Palingan sekali-kali hiatus gegara sibuk sama kegiatan di dunia nyata aja.

Nah, berdasarkan pengalaman Gue itu juga, Gue jadi pengen bersikap terbuka dan ngedukung penuh semua kegiatan yang dilakuin sama temen-temen blogger kreatif se-Indonesia. Pengen nyapa semuanya, nggak mungkin coz jumlahnya jutaan. Jadi, lewat Blog Review 2013, Gue berharap bisa menjangkau blogger-blogger kreatif yang berada jauh di sana.

Berikut ini beberapa tujuan Gue ngadain Blog Review 2013:
  1. Gue bisa nunjukkin dukungan dan apresiasi Gue secara khusus ke setiap blogger kreatif yang menjadi peserta Blog Review.

  2. Menjalin persahabatan dengan sesama blogger kreatif, baik yang berasal dari daerah yang berdekatan maupun yang jauhnya minta ampun. #eh

  3. Sharing ilmu and pengalaman. Yup, Gue suka banget sharing sesuatu yang jadi kesukaan Gue. Nah, apa pun yang Gue tau tentang dunia perblogan bakal Gue share ke kalian semua dengan senang hati lewat Blog Review ini.

  4. Manfaatnya juga seperti bercermin. Gue kasih review ke peserta, Gue tanpa sadar jadi belajar juga. Blog Review 2013 memang bakalan jadi sarana terbaik dalam mempelajari dan mengembangkan blog ke depannya.

  5. Memperluas jaringan penyebaran link. Oke, Gue nggak munafik dengan menutup-nutupi kalo Gue ngadain ini pun ada manfaat lebih dari segi trafik, tapi itu bukan yang terpenting. Ini hanya bonus yang Gue dapet berbarengan dengan aktifitas Gue nge-review blog peserta.

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara mengikuti Blog Review 2013 ini. Gue bakal jelasin secara singkat gimana caranya. Pertama, kalian bisa lihat gambar di sidebar blog ini yang bertuliskan Blog Review 2013. Tinggal klik, dan kalian bakalan langsung dibawa ke halaman TAB Blog Review di Fan Page resmi Creative Talks di Facebook. Di sana ada penjelasan singkat segala hal yang berhubungan dengan Blog Review dan juga persyaratan sederhana yang harus dilengkapin terlebih dahulu. Oh ya, persyaratan itu cuma bisa kalian liat kalo udah ngelike Fan Page Creative Talks yak. Setelah itu kalian bisa isi formulir yang tersedia di sana, klik submit, dan selesai. Kalian tinggal tunggu waktu hingga blog kalian mendapatkan giliran di review.

Blog Review sendiri rencananya bakalan diadakan setiap hari Minggu, dengan membawakan review untuk tiga buah blog sekaligus. Jadi, kalo misalnya di hari Minggu yang mendaftar belum ada tiga orang, acara review akan ditangguhkan dulu hingga pendaftarnya mencapai minimal tiga orang.

Sekarang Gue mau bahas masalah prasyarat untuk mendaftar Blog Review 2013. Seperti yang udah Gue jelasin juga di Fan Page, perbedaan Blog Review 2013 dengan Blog Review sebelumnya adalah adanya sistem pengkategorian berdasarkan jenis blog. Gue narik garis besar seperti online diary, blog tutorial (tutorial, review, teknologi), blog fashion, blog artworker yang digabungkan dengan blog fotografi, dan juga blog musisi yang digabungkan dengan blog sastra. Untuk blog yang nggak jelas mana yang lebih dominan, bisa memasukkannya ke kategori online diary. Begitu juga dengan blog yang berhubungan dengan wisata kuliner atau pun catatan perjalanan alias blog traveller.

Kenapa sih harus dikategorikan seperti itu? Soalnya, setiap blog yang udah selesai Gue review, bakal Gue pasang linknya di halaman khusus dengan membaginya berdasarkan kategori. Supaya nanti kalo ada pengunjung yang ngeliat blog Gue, bisa dengan gampang melihat-lihat blog punya peserta Blog Review sesuai dengan kategori yang pengunjung tersebut butuhkan. Selain itu juga, biar Gue bisa bedain cara ngereview Gue biar sesuai sama jenis blog yang lagi Gue review. Nggak lucu kan kalo Gue ngasih masukan yang sesuai untuk sebuah online diary padahal blog yang lagi Gue bahas itu blog fashion. Nggak bakalan nyambung. So, pengkategorian memang sepenting itu.

Selanjutnya adalah prasyarat berupa PR yang bisa kalian semua pilih mau ngerjain yang mana. Alasan khususnya diadakannya PR ini sih gegara Gue pengen dapet feedback dari kalian. Jadi, PR yang paling Gue rekomendasikan sebetulnya adalah PR untuk ngereview Creative Talks ini. Cara ngereviewnya bebas memakai style kalian sendiri. Medianya boleh lewat blog, Facebook notes, atau ada yang lebih suka Twitteran? Boleh juga kok. Yang terpenting adalah mencantumkan link aktif menuju alamat blog Gue ini.

Khusus yang memilih review via Facebook notes bisa kalian setting note-nya ke mode public dan tag akun Facebook Gue. Sedangkan yang lebih demen ngetweet-in review via Twitter, boleh dong disimpen dulu di Chirpstory dan mention @glennxyz link chirpstory-nya. URL, baik yang ditulis di blog, Facebook notes, ataupun Twitter bisa kalian copas ke form pendaftaran pada kolom "URL Prasyarat".

Buat yang males nulis review, nggak masalah kok. Kalo kalian demen bikin artwork, kalian boleh apresiasikan Creative Talks dalam bentuk artwork dan post ke blog kalian dengan menyertakan juga link aktif ke Creative Talks ini.

Masih males juga? Tenang aja, Gue baik kok. Kalian bisa cek di bagian bawah form pendaftaran. Ada beberapa banner yang ukurannya macem-macem. Bisa kalian pilih salah satu buat dipasang di homepage blog kalian masing-masing. Khusus buat yang milih masang banner, silakan isikan URL Blog di kolom "URL Prasyarat".

Ada tambahan lagi gak yah? Kayaknya udah. Cuman yang perlu kalian tau, Blog Review 2013 nggak bakal ngereview tampilan blog kalian aja, tapi juga isinya secara garis besar. Gue juga bakal usahain ngasih komentar positif yang membangun. Mungkin saran-saran yang nantinya Gue kasih bisa sedikit banyak bermanfaat buat kemajuan blog kalian semua. Intinya sih kita have fun and enjoy aja. Saling sharing dan sama-sama belajar. Gimana? Apa kalian siap ikutan Blog Review 2013?

Kalo gitu sampe sini dulu update-an Gue hari ini. Ditunggu partisipasinya ya, Guys! Sampe ketemu di postingan Gue yang selanjutnya. Salam Creative!

26 comments:

  1. Pertamax dulu dah !! hhe

    Ajib deh kak glen...
    100% gue dukung pake banget tentang blog review ini. Dan gue bakal ikut bang (y)

    Salam creative :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walah, pertamax lagi... XD
      Beuh makasih brow. Gue tunggu yak~ :D
      Salam creative jugaaa...

      Delete
    2. Sama-sama juga... wkwokwokwo... :D

      Delete
  2. wahhhh, bang Glen selalu muncul dengan ide ide yang membahana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih, untung aja "cetar" nya ngga ikutan dibawa2... LOL
      Btw, thanks yak. Ayo ikutan~

      Delete
  3. salam kenal dan salam kreatif. saya tau link blog agan dari postingan di grup fb "blogger indonesia".. udah join nie...ke site agan. join/follow balik ya ^^ ayoo semangat ngereview...

    http://inarakhmawati.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah salam kenal juga... Makasih udah berkunjung... :)

      Delete
  4. @glen tripollo, aku ikut ya mas ??
    Tapi aku cuma bisa pasang bannernya saja di blog aku, boleh gak ??

    #salam Kaizen....eh salah ding....salam creative ..hehehe .. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk.. iya gpp kok... kan memang ada opsinya... jadi bebas mau yang mana... :D

      Salam creative juga~

      Delete
  5. @glen tripollo, sudah aku pasang banner nya di blog aku....

    #aku bikin status di facebook aku tentang Blog review 2013 ya mas ??



    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke, boleh-boleh aja kok... Itu aja udah bantu promosi... Thanks yak... :D

      Delete
  6. gue mantau yang di review dulu aja deh. blog gue kalo di review acak acakan :(
    semoga sukses, glen alinseki!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiahahahaa... kenapa gitu? Santai aja brow, langsung daptar aja daripada nanti pas udah pengen eh antriannya panjang... LOL...
      Sip deh. Thanks you Reza Artamevia~ #eh :))

      Delete
  7. bang ngisi form pendaftaran nya dimana bang ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu di sidebar atas ada Blog Review Registration kan?

      Delete
  8. Wah..Ide bagus tuh bro bikin review blog.
    aku mantau hasil reviewnya aja deh, masih baru di dunia blogging :)

    Ngomong2..first time visit nih, langsung jatuh hati sama blog nya.
    Fresh and creative, dua kata yg cocok buat blognya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... Thanks yak Sob... :D Thanks juga udah mampir... :)

      Delete
  9. lebih variatif, mantap deh. lebih berwarna juga sih kalo menurut ku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... makasih brow udah mampir... :D

      Delete

Thanks ya, udah berkunjung ke Creative Talks Blog ini. Silakan meninggalkan komentar dengan tidak mencantumkan hal-hal yang berkaitan dengan SARA, flamming dan juga memojokkan pihak tertentu. Diharapkan juga untuk tidak meninggalkan link aktif pada badan komentar atau komentar tersebut akan langsung dihapus oleh admin.

Happy blogwalking and have a nice day!
Creative Talks Blog Creator - Glen Tripollo