CREATIVE SOCIETY

Saturday, August 18, 2012

GUE BANGGA SAMA ABG SMA JAMAN SEKARANG

Udah lama juga Gue nggak ngupdate blog. Sebetulnya gara-gara lagi bulan puasa dan juga besok udah mulai Idul Fitri, jadi kesibukan itu dateng terus tanpa berenti. Stress? Sedikit. Banyak kerjaan, banyak tekanan, dan banyak banget godaan. Belom lagi fisik yang agak lemes dan sering diuji sama pemikiran-pemikiran negatif buat males-malesan. Pokoknya, susah banget buat jadi orang yang super di bulan puasa, tapi juga gak berarti harus nyerah sama keadaan. So, Gue balik lagi nih.

Eh iya, kemaren kan bertepatan juga sama Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-67, jadi sekalian deh, Gue mau ngucapin DIRGAHAYU RI Ke-67, pokoknya dengan bertambahnya umur negara kita tercinta ini, moga-moga aja bisa menjadikan warga negaranya sadar dan bergerak cepat untuk memperbaiki negara ini biar jadi lebih baik lagi.

Kasian soalnya pejuang-pejuang kita di masa lalu. Masa udah kerja keras sampe ngorbanin nyawa mereka, eh kitanya malah lenje-lenje aja di kamar. Ayo kontribusi sesuatu buat Indonesia!

Postingan Gue kali ini juga dalam rangka memerangi penjajahan dunia maya yang cukup banyak merugikan bangsa kita ini loh. Salah satunya, issue tentang hasil-hasil negatif yang seringkali ditampilkan di mesin pencari Google pas kita nulis sebuah keyword, Nah, makanya Blogger Campign Project ke-4 yang diusung sama Bloggers' Shout Out! kali ini bisa disebut juga sebagai penghijauan lahan merah. Hehehe. Let's go to the topic!

Oke, bicara tentang ABG SMA (sebetulnya, nggak cuman ABG SMA aja sih, tapi juga SMK, SMEA, STM, MA dan apapun jenjang pendidikan yang sederajat), ini bener-bener masa yang paling susah banget buat dilupain sama siapa pun, percaya deh! Gue berani taruhan sama orang-orang yang sebelumnya udah pernah ngelewatin masa SMA, pasti di dalam hatinya masih tersimpan hasrat untuk bisa ngerasain kembali jadi anak SMA. Ya kan? Ngaku! Kalo kalian yang baca postingan ini belom masuk ke jenjang SMA, sabar dulu! Kalian bakalan segera ngerasain bukti dari kata-kata Gue barusan, nggak lama lagi.

Originally edited by Glen, photo from here.
Banyak yang bilang masa-masa jadi ABG SMA itu masa-masa pembelajaran hidup manusia, di mana masa ini merupakan peralihan dari sifat anak-anak menuju kedewasaan pola pikir, bahasa gaulnya tuh masa transisi. Manusia yang hidup di masa ini bakalan mulai melakukan observasi dan bahkan juga terjun langsung ke berbagai kegiatan baik itu positif maupun negatif sekedar proses pembelajaran, pencarian jati diri dan juga pengalaman hidup. Emang sebetulnya secara lumrah pola pikir begini udah terbentuk di dalam otak seseorang di masa transisi. Tapi, NGGAK KECE ah kalo jadi ABG SMA cuman bisa ngikutin apa yang dimau sama otaknya aja, tanpa dibarengin juga sama hati nurani dan logika. Makanya, nggak jarang ABG SMA yang akhirnya terjerumus ke dalam lubang hitam. Awalnya sekedar coba-coba, eh ketagihan, dan akhirnya jadi sebuah kebiasaan yang nggak baik. Waspada ya, ABG SMA!

Tapi, setelah Gue amatin sih, saat ini kebiasaan ABG SMA udah mulai berubah jadi lebih positif dan berhasil bikin Gue bangga sama ABG SMA jaman sekarang. Gimana nggak? Di tengah-tengah banyaknya issue-issue negatif yang ada di dalam kehidupan anak SMA, ternyata masih banyak juga anak-anak SMA yang selalu berpikir positif dan punya wawasan luas melebihi teman-teman lain yang seumuran.

Beberapa hari lalu, Gue sempet buka situsnya Kick Andy, lewat situs itu Gue nemu sebuah artikel yang ngebahas abis anak-anak SMA jaman sekarang yang punya segudang prestasi. Ada yang berhasil menunjukkan eksistensinya lewat lomba menciptakan teknologi baru sampai ke tingkat internasional. Ada juga yang menemukan alat baru yang bisa dimanfaatkan sama banyak orang walaupun masih berada di dalam standar nasional. Dan yang paling bikin Gue bangga sama ABG SMA jaman sekarang itu gara-gara salah satu penyumbang penemuan-penemuan keren itu berasal dari almamater yang sama dengan Gue waktu SMA. Bisa dibilang adek kelas Gue yang jaraknya cukup jauh. Dia nyiptain teknologi baru yang bisa digunain untuk ngecek kadar nutrisi dan pupuk yang terkandung di dalam tanah. Cadas banget kan? Gue gak bisa berenti ngebayangin apa aja yang bakalan segera dia dapetin atas prestasinya itu. Beasiswa full sampe S2 maybe? Gue dukung banget hal itu.

Originally edited by Glen, photo from here.
Masalahnya, Gue aja yang udah kuliah di jurusan yang erat kaitannya sama teknologi, ngga pernah kepikiran buat ngebikin sesuatu seperti mereka. Kadang ngeliat kemampuan mereka, bikin Gue jadi mikir, "Kemana aja Gue waktu SMA? Kok gak pernah mikir bikin sesuatu yang berguna?" Yap, semacam penyesalan sebetulnya.

Nah, makanya, Guys, kalo kalian lagi duduk di jenjang pendidikan SMA saat ini, Gue sih cuman bisa pesen satu hal, jangan pernah kalian sia-siain deh masa-masa keren kalian itu. Kalian bisa have fun sepuas kalian, tapi juga jangan lupa sama kewajiban utama kalian bersekolah. Yaitu, belajar.

Berdasar pengalaman Gue sih yah, ada dua tipe anak SMA:
  1. Pengen populer. Entah populer dengan cara apa, pikiran anak SMA yang bener-bener labil cenderung nggak memperhatikan positif dan negatif dari suatu tindakan yang mereka lakuin. Jadi, yang penting populer, nggak peduli gimana caranya.
  2. Pengen biasa aja. Yang begini cenderung pendiem, dan ngelakuin apa-apa secara aman. Nggak berani ngambil resiko, di dalem kelas juga diem aja, gak pernah ikutan diskusi, bahkan jarang ada yang sampe dikenal sama gurunya. Eksistensi mereka bakalan segera terlupakan ketika mereka lulus.

Loh, kok gak ada yang pengen berprestasi? Soalnya, menurut Gue pengen berprestasi itu cuma sekedar turunan dari alasan seorang anak SMA yang kepengen populer, tapi dengan cara yang positif. Prestasi bisa dari mana aja, prestasi dalam belajar? olahraga? lomba-lomba? Banyak banget pokoknya jalan positif menjadi populer dengan cara berprestasi. Yah, walau saat ini mesti disayangkan juga, banyak anak SMA yang gak berpikir panjang dan akhirnya berusaha mendapatkan popularitas dengan cara yang salah. Tugas kita sebagai senior mereka adalah mengembalikan mereka ke jalan yang benar. Oh, ya ada juga yang pengen populer dengan jalan yang abu-abu. Misalnya, anak SMA yang males belajar, tapi berusaha eksis dengan rajin ikutan organisasi seperti OSIS dan kegiatan extrakurikuler lainnya. Intelegensi mereka biasa-biasa aja, tapi populer gara-gara jabatannya.

Sekali lagi, Gue pengen negasin kalo GUE BANGGA SAMA ABG SMA JAMAN SEKARANG. Daripada bikin suatu hal yang nggak penting, eksis di dunia maya sampe lupa belajar, berakting smart padahal aslinya dodol, bergalau ria sambil tebar pesona dan banyak lagi hal-hal lain yang ga penting . Please, Guys! Masa SMA cuman satu kali loh. Kalo kalian isi dengan kegiatan ngga penting, nanti jadinya sia-sia aja. Mendingan tempa diri dan gebrak dunia. Nggak ada yang lebih keren daripada ABG SMA yang berprestasi. Minimal bikin prestasi setingkat sekolah. Saat ini udah mulai banyak bermunculan ABG SMA yang keren. Selanjutnya tugas kalian yang masih baru masuk SMA untuk mengikuti jejak kakak-kakak kelas kalian yang keren-keren itu. Inget kalo kalian adalah aset bangsa. Baik buruknya bangsa kita di masa yang akan datang bergantung banget sama generasi kalian yang lagi kalian bangun. Tentunya, kalian nggak mau kan hidup di negara yang masa depannya hancur? Makanya, ubah dari sekarang!

Rasanya udah banyak banget dibahas di sekolah pertanyaan ini, "Indonesia udah merdeka, sebagai seorang pelajar, hal yang dapat dilakukan untuk menunjukkan rasa bangga dan dukungan penuh terhadap kemerdekaan ini, dilakukan dengan cara apa?" Sudah tentu kalian bakalan serentak ngejawab, "BELAJAR!". That's it! Jangan bikin diri kalian jadi munafik, lakuin apa yang udah sering kalian ikrarkan itu. BELAJAR Guys! Bikin prestasi! Itu hal yang menyebalkan memang, tapi dampaknya nanti bakalan luar biasa. SEMANGAT!

Originally edited by Glen, photo from here.

4th Blogger Campaign Project - Bloggers' Shout Out!

40 comments:

  1. saya pilih opsi kedua, pengen jadi yang biasa aja alias gk neko-neko alias pendiam.. tapi bukan diam-diam munafik loh yah... hehehe

    salam solid bang glen

    akhirnya postnya nongol juga... :)

    ReplyDelete
  2. wah.. Abg Indonesia memang semakin mengukir prestasi bg Glen.. Pada Kontes Robot di USA saja indonesia meraih 2 kejuaraan. Kalo gak salah Robot dari ITB dan UGM pas itu. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan cuma robot, tapi juga ada beberapa siswa SMA yang menemukan alat bantu baru buat mempermudah suatu kegiatan loh. COntohnya aja yang Gue sebut di atas, pendeteksi kadar pupuk. :D

      Delete
  3. begitu banyak ABG SMA yang mengharumkan nama Indonesia, tapi pemberitaan masih kurang care, pemberitaan cuma mengejar rating (mungkin). Pas teroris ketangkep atau hal negatif lainnya pemberitaan begitu gencar, eh pas masalah prestasi, media dimana?
    untung masih ada program tipi kayak kick andy. :)

    Dirgahayu Republik Indonesia Ke-67. Semoga misi BSO untuk menghijaukan keyword "ABG SMA" ini berhasil dan menjadi kado yang spesial di hari kemerdekaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak, ini emang kenyataan kok kalo yang namanya media (apapun jenisnya) kebanyakan cuma ngejer rating, jadi wajar aja... :D

      Delete
  4. Wah bang, lengkap banget penjabaranya.. Banyak juga loh yang positif dari anak SMA jaman sekarang. Semoga terus menuai prestasi-prestasi untuk anak SMA jaman sekarang yaa.. ammiiinnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, ayo yang masih duduk di bangku SMA, pada semangat ya mencetak prestasi2 baru... :)

      Delete
  5. Ini baru leader.... keren. Orangnya keren, postingannya keren. Intinya keren!

    ReplyDelete
  6. Iya bener, yang di kick andy ane juga ngeliat bang. Tapi sebenarnya itu cuma contoh kecil, masih banyak koq di luaran yang pada berprestasi tapi ga ke detect media.. Ayo perangi penjahat internet tadi,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul... betul... betul... :D
      Contoh lainnya bisa dicari di berbagai sumber informasi lainnya brow... :)

      Delete
  7. siip setuju banget dah kalo masa SMA itu masa yg paling indah dan gak akan terulang lagi
    jadi buat yg masih SMA gunain waktunya dah dengan baik biar gak nyesel hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahhaa, saya aja pengen banget bisa ngulang masa2 SMA... :D

      Delete
  8. Gue di "pengen biasa aja" tapi dalam hal emang pendiem, lihat resiko yang ada, terus mau banget berprestasi, tapi gue STM bukan SMA tapi sama saja lah.
    Untung masih kelas 1 gue kaga bakal sia-siain tuh pelajarannya dan bakalan bikin dunia takjub.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bro. Kebetulan ane juga lulusan tahun 2010 STM 4 tahun nih. Baru sekarang deh ane nyeselnya, dulu nyia-nyiain dengan kegiatan kagak jelas.

      Delete
    2. @IRvan : Gue suka sama semangat lo.. Ayo buktikan! :D

      @Cepy : Masih banyak jalan kok brow, ga berprestasi di sekolah, ya coba berprestasi dalam kerjaan atau kehidupan. Eaaa... :D

      Delete
  9. Kick Andy, acara yang paling aku suka. Hehe :D Aku mau mengomentari si Bayu, setuju juga sih, kalau melihat pemberitaan sekarang ini istilahnya ya bad news is good news, miris. Padahal media punya andil besar untuk memotivasi anak bangsa, contoh kecil aja postingan ini. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, Kick Andy acara paling menginspirasi saat ini menurut Gue sih... :)

      Delete
  10. hehehehe
    Kick Andy sih cuma sebagian kecil bang Glen, setau saya, tiap SMA pasti punya portofolio prestasinya, tapi hanya sekedar jadi tumpukan tumpukan piala aja :(
    jarang dipublish di dunia luar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuuup, yang biasanya jadi sorotan kan yang prestasinya udah sampe pada tingkat dunia. Jarang yang ngepublish gede-gedean soal kejuaraan lokal.. :(

      Delete
  11. Iya nih bro. Semoga hasil pencarian dengan keyword "ABG SMA" di google bukan cuman foto-foto syur aja. Semoga kalah oleh hasil yang positif. Bukan positif hamil tentunya :D hehe

    ReplyDelete
  12. Tipe 'Pengen Populer' biasanya main geng-gengan. Jadi, temennya terkesan sedikit. Tipe 'Pengen Biasa Aja' kalo main, fleksibel. Jadi temennya banyak, bisa main sama siapa aja.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi ada juga tipe biasa aja yang emang ga bisa gaul, jadinya malah ga punya temen... :D

      Delete
  13. kalo ngebahas ttg SMA jadi pengen balik jadi anak SMA lagi u.u
    masa2 sma emang ngangenin banget..

    semoga lah ABG SMA sekarang bisa lebih kreatif dan berkontribusi positif untuk bangsa :)

    ReplyDelete
  14. hehe. kalo dulu saya....
    "pengen biasa aja" :D

    masa SMA, ... masa yang paling indah... namun sayang, aku ngga pernah sekolah di SMA.. wkwkwk :D #tapiSMK

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aja ah mau SMK, SMA, STM, SMEA... :D

      Delete
  15. hohoho...aku juga lebih suka jadi yang biasa aja...

    semoga lebih banyak lagi abg sma yang mengukir prestasi buat banggain bangsa kita,semoga saya jadi salah satunya...mhuehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mau jadi salah satu yang mengukir prestasi, ya jangan mau dong jadi siswa yang biasa aja... :P

      Delete
  16. Sebetulnya contoh remaja berprestasi itu banyak. Hanya saja tertutupi dengan ulah2 negatif atau gak penting seperti tawuran, ngehedon di mall/kafe, dll, dsb. Amat sangat disayangkan, good thing is covered by bad thing. -_-

    I like your post

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jumlah siswa berprestasi lebih dikit daripada yang sukanya cari ulah sih... hahaha... :D

      Sebab nila sebelanga, rusak susu setitik #eh

      Delete
  17. Bener banget .
    Masa SMA adalah masa yang susah dilupain.

    btw, gue sampe sekarang belum terpikir mau buat TA apa . tapi tu anak SMA udah banyak prestasinya.
    salut dah.

    salam hangat bang glen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... iya bener kang, Gue juga ngerasa kalah sama ABG SMA jaman sekarang yang udah banyak punya pikiran terbuka... :D

      Delete
  18. Pertama2 Minal aidin wal faizin dulu ya bang glen, mohon maaf lahir dan batin :) *salaman*

    Iya bener sih, ABG SMA pengen banget jadi populer, mereka butuh banyak perhatian dan pengen banget diperhatiin. Di masa2 ini butuh banget hal yg bisa bikin mereka ke jalan yg benar.

    Untuk aktivitas, masih banyak kok aktivitas yg dapat dilakukan oleh ABG SMA. Contohnya ya ikut ekskul, ngeblog, fotografi dan lain-lain.

    Sarannya buat para orangtua, masa2 ini anaknya harus dijaga sebaik mungkin. Agar dapat berkembang ke arah yang benar dan mempunyai masa depan yang baik.

    Buat ABG, hidup ini kita yg ngejalananin. So jalanin sebaik mungkin, kalo kita males ingatlah kemiskinan, kalo kita mau berhasil "jangan pernah melewatkan semua kegagalan, karena kita dapat mengoreksi apa yg salah dan belum sempurna dari sebuah kegagalan"

    Salam Solid !

    ReplyDelete
    Replies
    1. The best comment for this post IMO... :D
      Semangat! Salam solid juga... :D

      Delete
  19. wew, sama, gue kuliah ini malah mikir, skil gue apa ya belom ada wkwk.. baru TPB sih, beda kalau anak D3 duh udah jago pemrograman dan kain2nya hahahaha.. nice post bray..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk... ho oh... abg sekarang yg berprestasi itu bikin envy... jadi mengenang masa lalu kok kayaknya gue ga berguna banget ya? Wakakakak

      Delete
  20. yaa emang sebenernya saya yakin masih banyak bangetttt banget di indonesia abg yang berprestasi. meskipun yang ditampilin di kick andy aja udh bikin megap megap kagum, tapi itu psati cuman segelintir. sisanya belom terekspos atau mungkin punya potensi cuman kurang beruntung atau banyak faktor lainnya lah. ayooo indonesiaaaa, generasi muda penentu! bangsa ini berdiri pada generasi pemudanyaaa :'D

    ReplyDelete

Thanks ya, udah berkunjung ke Creative Talks Blog ini. Silakan meninggalkan komentar dengan tidak mencantumkan hal-hal yang berkaitan dengan SARA, flamming dan juga memojokkan pihak tertentu. Diharapkan juga untuk tidak meninggalkan link aktif pada badan komentar atau komentar tersebut akan langsung dihapus oleh admin.

Happy blogwalking and have a nice day!
Creative Talks Blog Creator - Glen Tripollo