CREATIVE SOCIETY

Thursday, January 03, 2013

LEBIH KREATIF DI TAHUN YANG BARU

Biar telat, Gue ucapin Happy New year 2013, Guys! Nggak kerasa udah ganti tahun aja. Setelah isu konyol tentang kiamat terpatahkan dan kontan membuat film terlaris tahun 2009 bertajuk "2012" yang awalnya terlihat serem dan menegangkan menjadi seperti lelucon belaka, sekarang tibalah sebuah awal yang baru di dalam Gregorian Calendar. Kalender dengan sistem penanggalan yang paling banyak dipakai orang-orang di penjuru dunia ini.

Biasanya, yang namanya Tahun Baru identik sama kembang api, petasan, pesta lampu, bakar ikan atau ayam, and bahkan juga bakar jagung. Asal jangan rumah kalian ikut-ikutan dibakar juga yak. Hehehe.

Nah, bagi Gue, walaupun kesannya bersenang-senang di Tahun Baru, hari itu punya makna yang lebih dalem di hidup Gue. Coba deh liat, 1 Januari adalah tanggal pertama di dalam kalender yang sering kita pajang di kamar atau sudut dinding ruangan. Setiap kita nemu angka 1 dan diikuti oleh kata Januari, selalu terjadi perubahan angka tahun yang menandakan tahunnya udah berganti. Dan apa artinya kalo tahun udah berganti? Artinya, jatah waktu hidup gue di dunia ini juga semakin berkurang. Dan kenapa tanggal 1 Januari harus selalu dijadikan tanggal merah? Bagi sebagian besar orang terlihat seperti hari libur biasa. Sedangkan bagi Gue, itu seperti Red Alert. Alarm peringatan kalo Gue harus memulai sesuatu yang lebih baik lagi.

Banyak orang mulai berkoar-koar soal resolusi sepanjang tahun yang baru. Gue juga tadinya begitu, salah satu artikel Gue di sini yang Gue bikin buat lomba di tahun 2012 kemarin, ngebahas soal resolusi Gue di tahun 2012. Artikelnya bisa kalian baca di sini. Di artikel itu Gue banyak banget nyebutin apa-apa aja yang jadi tujuan Gue sepanjang tahun 2012, dan nyatanya yang tercapai cuma ada beberapa aja sampe saat ini. Nah, makanya sejak saat itu Gue jadi sadar, punya resolusi itu suatu keharusan, dan lebih baik disimpan saja dalam catatan pribadi dan ngga perlu disebarin ke orang-orang. Yang terpenting adalah lakukan dan lakukan. Tanpa membuang waktu sedikitpun untuk ngerjain kegiatan yang nggak terlalu penting.

Makanya postingan awal tahun ini nggak bakalan Gue warnain dengan poin-poin resolusi Gue di sepanjang tahun ini lagi. Semakin dipamerin, semakin ngga semangat ngerjainnya. Serius deh. Hal kayak gini juga terjadi kalo kalian seneng nulis novel. Kalo belum mulai nulis aja idenya udah dikoar-koarin ke temen-temen, dijamin deh nggak lama kalian bakalan langsung bosen dan males buat nerusin nulis. Gue nggak tau apa ini ada kaitannya sama efek psikologis terbalik atau bagaimana. Yang jelas, terlalu banyak bicara juga melemahkan semangat maju.

So, gimana dengan kalian, Guys? Udah punya resolusi juga? Kalo gitu, jangan disebar-sebar dulu. Lakuin aja dulu yang terbaik. Nanti, kalo udah jadi baru deh ditunjukkin ke temen-temen yang lain. Pokoknya apa pun kegiatan kalian asalkan positif, Gue dukung dengan sepenuh hati.

Creative Talks Blog yang Gue usung ini juga bakal mulai ngelakuin beberapa hal yang sebelumnya nggak ada. Bisa dibilang ini bagian dari resolusi Creative Talks Blog ini dan bakal segera dilaksanakan. Ada beberapa program yang sempat hilang dan bakalan kembali diadakan dengan membawa konsep yang baru. Apa-apa aja sih yang baru di Creative Talks Blog ini?
  1. Tampilan Baru. Udah jadi kebiasaan Gue dari dulu, yang namanya berganti tahun harus diikuti dengan perbaikan dan perubahan. Sederhananya dekorasi kamar Gue yang selalu Gue rapihin sampai bener-bener kinclong di awal tahun. Dan tentu juga blog ini. Gue bikin tampilan baru yang lebih fresh, dan colorful. Sorry ya, kalo menurut kalian desainnya keramean, tapi Gue nyaman ngeliatnya.

  2. Konsep Baru. Kalo tadinya Creative Blog ini lebih banyak nulisin artikel-artikel yang ada kaitannya sama motivasi, inspirasi and opini, Gue bakal ubah itu dan ngebuat blog ini semakin personal-like. Tentu aja Gue bakalan pertahanin gaya bahasa amburadul Gue ini. Dan Gue juga gak bakalan segan lagi ngikutin berbagai macem lomba blog dengan berbagai macem syarat. Termasuk juga kalo harus promosi produk di dalam postingan lomba tersebut.

  3. Pandangan Baru. Maksudnya, Gue akan memandang blog ini dengan cara yang berbeda. Tetep menyajikan hal-hal positif yang bisa berguna buat banyak orang, tapi juga lebih terbuka. Artinya, Gue nggak bakalan lagi bikin batasan-batasan tertentu soal tema yang bakalan Gue sampein lewat blog ini. Gue juga mulai terbuka sama perusahaan-perusahaan tertentu, yang mungkin butuh jasa promo produk, campaign, atau juga direkrut jadi salah satu jurnalis di blog perusahaannya? Gue terbuka sama hal itu, dan kebetulan gaya bahasa Gue dalam menulis itu juga bisa dengan mudah disesuaikan dengan kebutuhan. Kalo pengen ngehubungin Gue berkenaan dengan hal-hal tersebut bisa langsung kirimin Gue email ke glennxyz.id@gmail.com.

  4. Acara Baru. Kalo dibilang baru, mungkin nggak semuanya baru. Ada acara yang sebelumnya udah pernah Gue adain di blog ini, tapi karena terbentur suatu hal, jadi terpaksa dihilangkan. Nah, berhubung sepanjang tahun lalu banyak juga yang ngirim Gue message ke FB yang minta acara tersebut diadakan lagi, akhirnya Gue memikirkan konsep baru untuk acara tersebut dan bakalan diadakan sebentar lagi. Acara-acara tersebut adalah Blog Review 2013 dengan konsep baru yang jauh lebih menarik, review-review lainnya, tutorial graphic and web design, tips-tips seputar kehidupan, dan juga pengetahuan umum soal kepenulisan.

  5. Produk Baru. Rasanya nggak bakalan lengkap blog Creative Talks ini tanpa produk bermanfaat berupa ebook. Masih dalam tahap penulisan, tapi Gue rasa sih nggak lama lagi bakalan selesai. Pastinya bakalan menarik buat dibaca.

Nah, kira-kira itulah lima hal yang bakalan ada di dalem Creative Talks Blog ini sepanjang tahun 2013. Kalo semua bisa berjalan lancar, Gue bakalan perbaikin dan perbaikin lagi konsepnya hingga ke tahun-tahun yang akan datang.

Btw, Gue mau ngucapin banyak-banyak terima kasih buat kalian yang udah ngisi polling di Creative Talks Blog ini. Hasil polling ini bisa jadi pertimbangan Gue buat ke depannya dalam melakukan pengembangan blog ini. Ini dia hasil pollingnya:


Banyak yang milih "desain tampilan yang menarik" dan juga "konten/isi yang bermanfaat". Semoga Gue bisa mempertahankan kedua hal itu sambil meningkatkan kecepatan akses dan kemudahan navigasinya. Oh ya, Gue juga bertekad bikin 23 orang yang milih "tidak ada" menarik kembali pendapatnya. Semangat demi blog yang lebih baik lagi.

Kalo gitu sampe sini dulu postingan Gue di awal tahun ini. Gue udah punya segudang persiapan buat jalanin tahun ini dengan lebih berarti, gimana dengan kalian? Sudahkah kalian bersiap-siap? Pokoknya, sekali lagi Gue bilangin, apapun rencana kalian, lakukanlah. Sedikit berbicara dan banyak bertindak bakalan mengubah hidup ke arah yang lebih baik lagi. Semangat! Sampe ketemu di postingan Gue yang lain.

48 comments:

  1. bener banget kita harus lebih kreatif nih hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, harusnya sih komentar juga yang kreatif brow... ^^/

      Delete
  2. bener banget semuanya kita harus baru nih 0-0p

    ReplyDelete
  3. Kalau menurut gue, dengan nyebutin resolusi kayak gitu di blog, juga gak salah... Setidaknya jadi motivasi dan pengingat lebih buat diri sendiri.... Jadi makin terrtantang buktiin ke orang lain kalau gue bisa genapin resolusi itu.. Itu menurut gue, lho... Hehhehehe.... Gak tahu deh kata orang... :P

    Untuk blog ini, gue suka karna isinya, terlepas bermanafaat atau nggak. Gue suka cara lu nulisnya itu... Cara penyajian lu bener2 bisa dicerna semua kalangan... Nggak bosenin... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, gue ngga bermaksud ngelarang nulis resolusi kok. Ya, beberapa orang ada yang malah terlena sama pamer resolusi sampe lupa ngewujudinnya... XD
      Gue soalnya sering ngalamin di bidang kepenulisan.

      Btw, thanks Nuel, gue jadi tersanjung~

      Delete
  4. Dulu rasanya gua udah follow blog ini, tapi entah kenapa menghilang dari list gua, jadi gua jarang liat update lu. Yg bikin gua suka sama blog ini adalah karena lu banyak membahas tentang dunia kreativitas, itu topik favorit gua sebagai seorang desainer grafis, hehehe.

    Keep up the good work, dan ya, gua setuju sama Nuel. Nulis resolusi tuh ga ada salahnya kok, soalnya itu membantu kita untuk keep on track dengan target2 kita untuk tahun ini ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin yang lo follow blog Gue yang jadul, yang sekarang udah ilang diapus sama Google. Hehehehe...:D

      Tanggepan soal resolusinya sama dngan yg gue tulis sebagai jawaban komennya Nuel yak Keven.

      Thanks loh buat masukannya... ^^/

      Delete
  5. sebenernya ada pendapat kalo lebih baik berkoar-koar tentang ide-ide kita ke orang lain, agar nantinya kalo kita merasa down dan gak semangat ada yang ngingetin kita lagi, jad mau gak mau harus diwujudkan :)

    Tapi sebenernya posisi gue juga sama dengan lo sih hahaha. Jadi pengennya percaya diri dengan diam aja tanpa koar-koar dan berharap suatu saat bakal kejadian :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue nulis gitu karena memang itu yg gue rasain taun kemarin sih. Jadi mendingan resolusi gue ditulis sendiri, dan dijalanin aja. Gak harus disebar2 dulu... Klo dah berhasil terwujud baru pamerin... LOL... XD

      Delete
  6. kalo ada ide kreatif lain bang mari kita share bersama sama.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiip... senang kalo bisa berbagi ide~ :)

      Delete
  7. Keren Glen.. selalu Aktual, tajam dan terpercaya ^_^

    ReplyDelete
  8. soal resolusi yang disebarin ke orang-orang sih bisa banyak diartikannya, siapa tau dia yang memamerkan resolusinya punya maksud biar diingatkan sama orang lain yang baca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin maksud bisa beda2... tapi efek bisa sama... bikin yg mencanangkan resolusinya merasa malas... :3

      Ternyata eamng bener sih, baru tadi baca2 soal psikologi... :)

      Delete
  9. Replies
    1. Hari Minggu itu tanda untuk bersenang2 dengan cara mendalami hobi... :))

      Delete
  10. saya suka istilah jatah umur saya berkurang dan istilah red alert. hihih, sering kelewat nggak sadar seh emang kalau dua hal itu emang bener.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gegara dua hal itu, kayaknya sih itu yg bikin gue susah ngerasa seneng pas lagi tahun baruan... LOL... Awal dari sebuah perjalanan panjang berikutnya bagi gue sih, artinya more problems will soon happen. :)

      Delete
  11. harus sering2 main kesini nie, biar ketularan kreativ y, hee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkw... bisa aje ente... Aamiin deh... thanks ya sob... :D

      Delete
  12. resolusi 2013 gw apa ya? resolusi, ada gak ada pokonya jalan terus, kembangin belajar nulis yang pantas yg layak... Bukan napa glen, gw nggak ngerti resolusi ntu apaann... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Resolusi itu tujuan2 kita, semacam rencana kita yang hendak kita wujudkan di sepanjang tahun 2013 ini. Begitu bang... Paling ngga kita mesti punya resolusi loh biar hidup lebih terarah and gak cuman main2 aja tiap harinya... :D

      Delete
  13. Semenjak tanggal 13 Desember, Resolusi gw cuma pengen bisa produksi kamera ^_^
    dan soal kreatifitas gw blog walking di blog yang tepat nih .. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Produksi kamera? Maksudnya bikin kamera sendiri brow? Wogh, manteb dong... :D
      Hahahahay, thanks btw udah mampir... :D

      Delete
  14. Akhirnya posting juga nih, lama gak keliatan dan blognya jadi kayak gini... ajib, makin menarik aja tampilannya :D

    di tunggu ya bang blog reviewnya hehe :D, kapan nih mulainya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha.. iya sob... Bulan Desember kemarin banyak kegiatan soalnya, sampe susah luangin waktu... :D

      Blog review bakal segera mulai kok. Tunggu pengumumannya aja di blog and Fan Page... :D

      Delete
  15. Sip

    Lebih kreatif dan lebih inovatif

    Salam kenal :)

    ReplyDelete
  16. ahha.
    Insya allah gue bakalan ngejalanin Resolusi yang udah gue tulis di blog gue bang.

    di tunggu acara blog review nya.

    ReplyDelete
  17. semangat buat tahun ini dan seterusnya =D
    be better =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mustika... Semangat juga untuk jadi lebih baik... :)
      Btw, thanks udah mampir ya...

      Delete
  18. semoga resolusinya tercapai, amiiinnn :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin3x... ayo semangat mencapainya... :D

      Delete
  19. udah lama ngga main kemari bg... hahah

    tampilan blog abg di tahun baru ini, nampak lebih fresh walaupun terkesan 'penuh' banget.

    kalo ane belum do edit nih, udah bosan juga gitu2 terus appearance nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gue juga nyadar sih pasti terkesan penuh banget. LOL. Gpp deh selama yg baca ngga terlalu terganggu... :D

      Ayo refresh juga dong blognya... :D

      Delete
  20. kunjungan perdana :) sambil baca2
    visit n koment back y dblogq :)
    skalian follow blogq y nnti ak folback

    ReplyDelete
  21. kunjungan perdana ..mampir juga ditempat saya yaa... follow me yaa

    ReplyDelete
  22. Sekedar blogwalking ^^
    Komentar balik ya gaN^^

    Btw, Blognya bagus^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat datang dan terima kasih buat apresiasinya... :)

      Delete
  23. bang... blogmu emang keren bangeeet....
    suka deh :D

    ReplyDelete
  24. blognya keren euy...
    btw kontennya mantab... terus berkerya yah...
    salam kenal :D

    ReplyDelete

Thanks ya, udah berkunjung ke Creative Talks Blog ini. Silakan meninggalkan komentar dengan tidak mencantumkan hal-hal yang berkaitan dengan SARA, flamming dan juga memojokkan pihak tertentu. Diharapkan juga untuk tidak meninggalkan link aktif pada badan komentar atau komentar tersebut akan langsung dihapus oleh admin.

Happy blogwalking and have a nice day!
Creative Talks Blog Creator - Glen Tripollo