CREATIVE SOCIETY

Thursday, July 19, 2012

NGEBLOG DEMI KEMAJUAN BANGSA

Guys, kalo kita ngomongin perkembangan teknologi digital, nggak bakalan cukup ngandelin satu postingan blog, coz, perkembangannya itu cepat banget sampe-sampe lumayan harus bekerja keras kalo kita pengen menyampaikannya secara detail. Nah, makanya Gue bakalan skip ngebahas hal itu dan bakal lebih fokus pada beberapa bagian yang penting aja.

Pokoknya, hal yang harus kita tahu dan kita tanamkan di dalam kepala ini adalah kenyataan bahwa saat ini teknologi digital udah berkembang dengan sangat pesat. Buktinya apa? Buktinya ada kok di sekitar kita, dan bahkan kalo kalian lagi baca postingan Gue ini, artinya kalian lagi memanfaatkan sebuah produk dari teknologi digital itu sendiri.

Saat ini, teknologi digital udah merambah ke berbagai bidang. Baik bidang sosial, politik, pendidikan, budaya, dan bahkan ekonomi. Misalnya aja di bidang sosial, udah banyak banget situs-situs jejaring sosial yang mana untuk bisa ngakses, kita ngebutuhin perangkat berupa komputer, smartphone, atau tablet PC. Dalam berkomunikasi dengan orang lain via telepon, SMS, MMS, atau Video Call juga termasuk ke dalam contoh pemanfaatan teknologi digital dalam bidang sosial. Belum lagi dengan bidang-bidang lainnya.

Kecepatan perkembangan teknologi digital di setiap daerah juga tentunya berbeda-beda. Di negara-negara maju, perkembangan teknologi luar biasa pesat, sedangkan di negara-negara berkembang masih tertinggal beberapa saat karena adanya proses penyesuaian. Mungkin hal ini terjadi karena adanya perbedaan infrastruktur di dalam negera berkembang yang bila dibandingkan dengan infrastruktur di negara-negara maju masih kalah canggih.

Kita juga tau, Indonesia adalah salah satu negara yang berkembang. Perkembangan demi perkembangan yang terjadi di negara kita ini lumayan kerasa, walau masih agak telat dibandingin sama negara lain. Keterlambatan ini bukan berarti terlambat dalam mempergunakan teknologi, tapi terlambat dalam kemampuannya menciptakan teknologi yang setara dengan teknologi yang ada di negara-negara maju. Tapi, dengan adanya Internet, perbedaan ini seolah semakin tak terlihat. Contohnya jejaring sosial. Walaupun negara kita agak terlambat menciptakan jejaring sosialnya sendiri, tapi kita masih bisa memanfaatkan jejaring sosial buatan negara lain. Tentunya juga untuk suatu hal yang positif. Minimal untuk dipelajari agar bisa membuat hal yang sama di kemudian hari. Sebut saja Koprol, Saling Silang, dan produk jejaring sosial dalam negeri lainnya yang kini udah makin baik dan udah bisa disejajarkan dengan produk luar negeri. Ya, walaupun animo masyarakatnya masih tergolong rendah dan lebih milih make buatan luar.

Terus, apakah perkembangan semacam ini berguna bagi bangsa kita? Jawabannya udah pasti berguna. Walau gitu, tetap aja yang namanya perkembangan teknologi digital itu bagai pedang bermata dua. Bisa jadi suatu hal yang baik, tapi bisa juga jadi suatu hal yang buruk. Tergantung kita makenya kayak gimana.

Blog atau Web Blog adalah salah satu produk yang proses penciptaannya ngga jauh dari kemajuan teknologi digital. Sama juga dengan teknologi lainnya, blog bisa jadi punya manfaat yang positif, tapi bisa juga jadi hal yang negatif. Negatifnya bisa diliat dari banyaknya situs-situs porno amatir yang manfaatin layanan hosting blog gratisan. Ini jelas bisa ngerusak moral generasi muda yang akan datang kalo nggak segera dikontrol. Selain itu juga maraknya pembajakan, dan download software, lagu, dan bahkan film bajakan yang rata-rata link-nya disebar lewat blog. Ini bakalan merugikan orang lain yang berkaitan dengan hak kekayaan intelektualnya.

Di luar dari hal-hal negatif yang tampak, sebetulnya kita bisa banget loh ngegunain fasilitas macam blog ini untuk tujuan yang positif. Misalnya aja manfaatin blog buat turut serta majuin bangsa kita ini. Eh, gimana caranya tuh? Ada banyak banget kok, dan nggak perlu ribet. Cukup punya tiga hal : Niat yang tulus, semangat berjuang, dan konsisten.

Berhubung Gue adalah salah satu dari jutaan blogger yang ada di Indonesia, Gue bakalan kasih tau cara Gue manfaatin blog untuk tujuan yang positif dan pastinya punya impact yang gede buat kemajuan bangsa. Sebetulnya, apa yang Gue lakuin ini udah pernah Gue bahas di postingan yang judulnya Cara Blogger Sejati Mengubah Dunia, tapi di sini Gue bakalan coba jelasin lagi.

Yak, Gue ngebikin sebuah organisasi blogger non-profit di dunia maya pada tanggal 20 April 2012 kemarin yang kemudian Gue kasih nama Bloggers' Shout Out! (BSO). Ada beberapa perbedaan antara organisasi yang Gue buat ini dengan organisasi-organisasi blogger lainnya. Yaitu, adanya visi dan misi yang betul-betul serius dan fokus untuk kemajuan bangsa khususnya di dalam kehidupan di dunia maya. Kalo kebanyakan organisasi blogger itu gunanya cuma sekedar tempat berkumpulnya orang-orang dengan hobi ngeblog maka, di BSO blogger-blogger tersebut bakalan disaring lagi. BSO nggak sekedar ngumpulin orang-orang yang hobi ngeblog, tapi juga orang-orang yang punya semangat tinggi, wawasan luas, kreatifitas, dan juga mimpi yang besar untuk mengubah bangsa ini jadi lebih baik lagi.

Logo Bloggers' Shout Out!

Ciri khas BSO yang Gue bangun ini terletak dari konsistensinya dalam ngejalanin satu program wajib bagi semua member-nya. Namanya Blogger Campaign. Jadi, semua member BSO setiap bulannya diwajibkan nulis sebuah postingan di blognya yang sesuai sama tema yang lagi diangkat oleh organisasi. Uniknya, semua postingan ini harus di-publish serentak pada waktu yang bersamaan. Inti dari kegiatan ini sih nggak jauh beda sama kampanye yang dilakuin banyak orang di dunia nyata. Rame-rame bawa spanduk sambil teriak-teriak nyampein aspirasi. Ide dasarnya memang dari sana dan kemudian Gue pindahin formatnya jadi digital, yaitu dengan manfaatin blog sebagai media campaign

Terus manfaatnya ada di mana? Ada di temanya dong. BSO selalu ngangkat isu-isu sosial, budaya, dan juga kemanusiaan yang sedang terjadi di dalam bangsa kita ini. Tujuannya untuk mengubah pola pikir pembaca menjadi lebih positif dan objektif.

Biar gampang memahaminya, Gue kasih aja deh beberapa contoh dari Blogger Campaign yang udah sempet dilakuin sama BSO. Coba kalian buka Google dan ketikkan keyword "Indonesia Go Blog". Maka hasilnya akan seperti berikut :

Tampilan page 1 di Google. Kotak merah adalah blogger member BSO

"Indonesia Go Blog" adalah tema Blogger Campaign pertama yang diadain sama BSO, tepatnya bulan Mei lalu, dengan tujuan untuk mengajak pembaca pasif buat ikutan ngeblog. Coz, Gue dan temen-temen BSO yang lain percaya bahwa dengan ngeblog, kita bisa saling sharing informasi, memotivasi, menambah wawasan, menyampaikan aspirasi, dan sebagainya. Waktu itu, Blogger Campaign ini diikuti oleh sekitar 43 blogger yang merupakan member resmi BSO. Isi postingan mereka semua juga tergolong unik dan kreatif. Postingan Gue yang judulnya Indonesia Go Blog? Not Yet! adalah postingan yang Gue ikut sertakan dalam Blogger Campaign ini.

BSO juga udah ngelakuin Blogger Campaign kedua di bulan Juni lalu. Waktu itu lagi marak banget yang namanya kebudayaan GALAU di kalangan remaja lewat social media. Hal ini kami pandang sebagai hal yang negatif, di mana seharusnya generasi muda adalah generasi yang penuh dengan semangat, bukan generasi yang kerjaannya cuman menggalau gara-gara masalah sepele yang sebetulnya juga belum saatnya menjadi masalah di dalam hidup mereka.

Makanya, Gue and temen-temen nyusun Blogger Campaign kedua dengan tema "Anak Muda Anti Galau". Coba deh buka lagi Google, dan ketikkan keyword "Lagi Galau" di sana. Nanti bakal tampil kayak gini:

Tampilan page 1 Google. Kotak merah adalah blogger member BSO

Blogger Campaign kedua yang mengusung tema "Anak Muda Anti Galau" ini punya tujuan positif, yaitu mengingatkan generasi muda biar nggak terus-terusan ngegalau dan membuang-buang waktu mereka yang berharga cuman buat ngelakuin kegiatan yang negatif. Kurang lebih 72 member BSO ikut meramaikan Blogger Campaign kedua ini.

Selanjutnya, BSO juga baru aja selesai ngejalanin Blogger Campaign ketiganya di tanggal 18 Juli kemarin. Temanya "Jangan Curi Budaya Kami". Ini adalah cara Gue dan temen-temen member BSO menyampaikan pendapat, kritikan, dan aspirasi kita dalam menyikapi isu pengklaiman kebudayaan negara kita oleh negara tetangga tanpa menggunakan kata-kata kasar yang dapat menimbulkan amarah dari negara yang bersangkutan. Member BSO menyampaikan segalanya dengan baik dan objektif, di mana nggak melulu menyalahkan pihak yang melakukan kejahatan, tapi juga mengingatkan pihak yang menjadi korban agar lebih waspada dan meningkatkan pertahanannya. Postingan tiap member juga diwarnai berbagai informasi mengenai budaya-budaya asli yang ada di daerah masing-masing. Ini betul-betul membuat wawasan orang yang membacanya menjadi bertambah banyak.

Coba aja buka Google sekali lagi dan ketikkan keyword "Curi Budaya", maka tampilannya bakal kayak gini:

Tampilan page 1 Google. Kotak merah adalah blogger member BSO

Khusus Blogger Campaign yang ketiga ini, secara kebetulan blog-blog member BSO ngedapetin posisi keren di halaman pertama Google. Kebayang nggak kalo ada orang yang pengen belajar tentang budaya bangsa ini, tiba-tiba dihadapkan sama banyak link blog yang ngebahas tentang kebudayaan-kebudayaan dari seluruh pelosok tanah air? Pastinya bakalan nambah wawasan dan kesadaran bagi siapa aja yang ngebaca.

Nah, Guys! Itulah cara Gue memanfaatkan teknologi digital untuk Indonesia tercinta ini. Gue pengen ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa dan juga mengubah Indonesia jadi negara yang jauh lebih baik lagi dari sekarang. Berhubung Gue seorang blogger sejati, maka semuanya Gue awali dari blog yang Gue punya ini. Dengan beberapa bantuan dan dukungan dari temen-temen blogger lain yang punya cita-cita dan harapan yang sama, akhirnya terbentuklah wadah khusus yang Gue yakin suatu saat nanti bakalan bertambah besar dan berpengaruh di Indonesia ini.

Terus, gimana dengan kalian? Back to yourself, Guys! You choose!


Tulisan ini diikutsertakan dalam Ngawur Blog Writing Contest
 Presented by Ngawur
Powered by Pusat Teknologi, Blogger Nusantara 

32 comments:

  1. wah, sampe nyungsep ke BSO....

    ngomong-ngomong soal teknologi digital, indonesia salalh satu negara pengguna handphone terbanyak lho, FB, Twitter jga, jadi bukti kalo Indo, udah melek teknologi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha... iya ada BSO nya sekalian promo... XD
      Iya perilaku orang Indonesia itu emang konsummtif. Teknologi digital cuman sekedar jadi pengguna aja sih, kalo menciptakan sendiri masih sedikit banget...

      Delete
  2. setuju bang, Blogger Campaign yang ketiga emang keren-keren posisi di googlenya, meskipun ada di page 3.
    ga salah deh ikut BSO :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuu~ Ini cara kita ngubah bangsa ini... Pelan2 tapi pasti... Yo terus konsisten sama pergerakan kita... :D

      ( >__O)b

      Delete
    2. ciee... tetep ada unsur promosi BSO nya yah :D
      moga menang bang kontesnya dan orang2 pada semakin kenal kalo di dunia mayaa ada organisasi kece seperti BSO :)

      oia.. tentang jaringan sosial ada loh jejaring yang namanya salingsapa. itu buatan anak negeri, itu semacam friendster ma twitter yg digabungin jadi satu trs di dalamnya ada beberapa info tentang dunia islam :)

      Delete
    3. Hehehe... Iya dong... :D
      Btw, salingsapa kalo ngga salah yg bikin anak SMP ya? *lupa deh* keren banget tuh... Tapi gue blom bikin ID di sana... :D

      Delete
  3. pertama-tama, setuju banget sama judul postingannya.

    Semoga menang kawan... :) lanjut nge-blog

    ReplyDelete
  4. inilah kang yang saya takutkan.. :)

    akang ada amunisi khusunya dengan menggunakan BSO untuk menyambut kontes di ngawur, sedangkan saya tidak.. :D


    salam hangat kang glen!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah saya ngga nganggep itu sebagai amunisi kang... Cuma kebetulan aja ada lomba yg temanya pas, dan lagi ini kan Writing Competition... jadi bukan masalah amunisinya, tapi masalah skill menulisnya... Tulisan saya masih kurang banget dibandingin punya akang... :D

      Delete
    2. kang, jika berkenan saya juga sebenarnya ingin join ke BSO.. tapi saya masih malu.. :D

      jika berkenan juga saya ingin chat via fb soal BSO nya..
      :)

      salam hangat :)

      Delete
    3. Kenapa malu? :) Join aja lagi, tapi tetep lewat prosedur yg ada yak... :D Kalo mau nanya2 boleh aja kok... Add aja FB saya. Ada di tab About Me... :)

      Delete
  5. Kece juga blogger campaign nyaa. Sekalian promosi BSO nih ya wahaha Semoga menang ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, sekalian... :D Aamiin... moga aja yaaa... :D

      Delete
  6. mudah2an bg glen menang,

    trus, udah menang kontes,
    BSO makin terkenal,

    dan semua blogger kreartip yang belum tau diluar sana!!
    jadi pada tau dan ngumpul semua di BSO

    gue masih terharu dengan 20 April nya
    tanggal lahir gue!!

    mwahahahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... :D
      itu juga harapan Gue biar BSO terkenal... :D

      Wah ultahnya bareng nih sama BSO... trus besoknya mamahnya Han lahir yak (Kartini) #eh? XD

      Delete
  7. betul Teknologi digital itu kalau digunakan dengan baik dan benar bisa berguna bagi banyak orang (atau minimal bagi diri sendiri lah) :D. Moga2 tulisan2 anggota BSO gak mek bisa di page1 Google aja, tapi bener2 bisa mengubah bangsa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin brow... :)
      Ayo lanjutin terus gerakan BSO-nya! ( >__O)b

      Delete
  8. and i have been choose...
    i follow you bang glen... ^^ :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha... Bisa aje... :D
      Tinggal jaga semangatnya ya brow... ( >__O)b

      Delete
  9. Hhhaha :D
    kren Bro ulasanya..
    Teknologi Digital.. aktivitas postif tanpa batas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe... :D
      Thank you sob... ( >__O)b

      Delete
  10. Waah keren.. luar biasa keren banget..
    Semoga menang yah bang glen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... makasih ya dukungannya... :)

      Delete
  11. Oh sh*t, i think i found the winner of the contest here. Kelaut lagi deh kayanya tulisan ane XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiah, bisa aja nih... Belum tentu juga kaliii... yg dinilai kualitas tulisannya soalnya kang... :D

      Delete
  12. Oke positif juga grupnya... Lanjutkaaaaan....

    Gue sih pengen ikutan, tapi maaf, gue gak bisa bikin tulisan dadakan kayak gitu... :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa bilang dadakan?

      setiap tanggal 5 bakal di-update tema campaign-nya...

      dipublish serentak di blog masing2 pas tanggal 18 setiap bulan...

      jadi ada sekitar 13 hari buat nulis dan nyari referensi... siapa bilang dadakan? :D

      Delete
  13. Saya dukung 100000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000 persen, niat ngeblog itu sharing ilmu yang bermanfaat. Tapi kebanyakan orang disalahgunakan.

    Kita juga dengan teknologi harus pintar pintar memilah milah......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuuuuul... hahahaha... :D Yok mulai sekarang ngeblog dengan menanamkan pemikiran positif... :D

      Delete

Thanks ya, udah berkunjung ke Creative Talks Blog ini. Silakan meninggalkan komentar dengan tidak mencantumkan hal-hal yang berkaitan dengan SARA, flamming dan juga memojokkan pihak tertentu. Diharapkan juga untuk tidak meninggalkan link aktif pada badan komentar atau komentar tersebut akan langsung dihapus oleh admin.

Happy blogwalking and have a nice day!
Creative Talks Blog Creator - Glen Tripollo