CREATIVE SOCIETY

Friday, May 18, 2012

INDONESIA GO BLOG? NOT YET!

Heiho, Guys! Akhirnya Gue berhasil nemu lagi sedikit waktu yang bisa Gue manfaatin buat ngupdate blog Gue ini. Kali ini postingan Gue khusus ngebahas tentang blogging and blogger. Ada yang pernah tau dengan gerakan kampanye wujudkan sejuta blogger di Indonesia? Gue lupa itu ada di tahun berapa, intinya kampanye itu pengen ngebikin Indonesia jadi melek internet and menuju Indonesia Go Blog.

So, gimana? Apakah kini Indonesia udah Go Blog seperti yang dulu digembor-gembor? Kalo menurut Gue belom. Kenapa? Coba liat judul kampanye mereka adalah gerakan sejuta blogger. Sejuta BLOGGER, bukan BLOG. Jadi, mereka pengen mengarahkan satu juta kaum onliners untuk bersama-sama membuat blog. Jadi, yang dihitung adalah blogger-nya, bukan blog-nya.

Berdasar info yang Gue dapet dari Wordpress.com and Blogger.com, ternyata pengguna Blogger yang terdata (yang datanya lengkap terisi dan bisa diidentifikasi asalnya) ada sekitar 182 ribu blogger. Kalo ditambahin sama yang ngga terdata lengkap gara-gara ngga nyantumin asal negara di profil Blogger-nya mungkin kurang lebih totalnya jadi 250 ribu blogger. Sedangkan di Wordpress.com ada sekitar 475 ribu blogger. Anggap aja lah ada 500 ribu blogger di Wordpress.com. Sekarang totalnya kurang lebih ada 750 ribu blogger. Ditambah sama yang di Tumblr, Xanga, LiveJournal, Multiply, dan domain pribadi, mungkin bisa jadi ada satu juta blogger di Indonesia ini.

Lah, terus kenapa tadi Gue bilang gerakan sejuta bloggernya nggak sukses? Soalnya dari sekitar sejuta blogger tersebut, ada pengurangan kualitas sebagai berikut :
  1. Beberapa blogger membuat blog dengan tema yang negatif, misalnya aja blog porno, blog penyedia software bajakan, film bajakan, musik bajakan, atau blog yang isinya cuman auto-generated (blog yang otomatis mengupdate postingan) dari mengambil postingan oleh orang lain di blog lain, tujuannya ya cuman meraup duit sebanyak-banyaknya.

  2. Beberapa blogger membuat blog dan kemudian ditinggalkan kurang dari satu bulan. Akhirnya, data mereka masih tersimpan, namun tidak ada yang mereka lakukan.

  3. Beberapa blogger membuat blog yang isinya cuma copy/paste (secara manual) dari blog lain karena si mpunya blog miskin kreatifitas. Ini sih jadinya sama aja kayak ada dua blog atau lebih yang ngasih info sama. Ini namanya sampah.

  4. Beberapa blogger membuat dua atau lebih ID di masing-masing platform. Bisa aja ada blogger yang punya dua akun di Blogger.com dan dua akun di Wordpress.com. Ini sih kalo teridentifikasi, harusnya ngga diitung jadi empat. Tapi tetep aja satu orang blogger.

Nah, berdasar fakta di atas, makanya Gue berani bilang kalo jumlah blogger di Indonesia belum mencapai target yang optimal. Gerakan sejuta blogger di Indonesia demi mewujudkan Indonesia Go Blog, bukan berarti sekedar kita bersama-sama bikin blog. Nggak! Tapi kita harus pikirin juga tujuan utama dari gerakan ini. Kalo ngomong tentang tujuan, udah tentu mesti balik lagi ke hal yang paling dasar. Gerakan sejuta blogger, maksudnya adalah menggerakkan orang-orang kaum onliners agar membuat blog yang berkualitas, sarat manfaat, dan pastinya bisa menambah ilmu. Artinya, sejuta blogger di sini adalah blogger-blogger yang bergerak dalam hal yang positif. Gue malah menolak menyebut mereka yang selalu menampilkan hal-hal negatif dalam blognya sebagai seorang blogger. Blogger nggak rendahan seperti itu.

Nah, makanya, lewat postingan Gue ini, Gue pengen banget ngajak kalian semua kaum onliners, yang sampe sekarang belom punya blog, jangan malu-malu loh. Ayo buat blog! Kalo kalian punya niat bikin blog tapi bingung mau diisi apaan, Gue mau kasih beberapa sugesti nih, tentang isi blog yang sarat manfaat dan berkualitas.
  1. Pengalaman hidup, baik yang konyol, maupun yang serius. Kenapa bisa bermanfaat? Cerita pengalaman hidup seseorang itu bisa jadi inspirasi buat kita. Siapa tau pembaca ada yang pernah ngalamin atau sedang mengalami kejadian yang sama, akhirnya mereka mendapatkan suatu sugesti positif tentang apa yang sebaiknya mereka lakuin buat melewatinya.

  2. Review, apapun itu. Mau film? Buku? Blog? Game? Apa aja boleh! Kenapa bermanfaat? Coz, blog yang isinya review, bisa menjadi referensi pembaca sebelum akhirnya mereka memutuskan untuk membeli, mengunjungi, atau pun mencobanya.

  3. Ilmu pengetahuan. Kalo kalian punya minat di dalam mata pelajaran tertentu, kalian bisa kok mendalaminya dan kemudian membagikannya secara cuma-cuma ilmu yang kalian punya itu lewat blog. Yang kayak begini bisa menambah wawasan orang-orang yang memang menyukai bidang keilmuan yang sama ataupun juga membuat orang yang semula ngga tau menjadi tau. Banyak deh manfaatnya.

  4. Tips and Tricks. Sama seperti review. Tips and Tricks juga bisa menjadi sebuah referensi bagi siapapun yang membutuhkannya.

  5. Pandangan hidup, opini yang bisa menginspirasi dan memotivasi para pembacanya. Blog seperti ini bisa mencerahkan kehidupan pembaca. Karena pembaca bisa terpengaruh oleh pemikiran-pemikiran hebat sang blogger. Mungkin bisa jadi pembangkit semangat bagi diri si pembaca, dan mencerahkan mereka-mereka yang sedang murung gara-gara sedang dalam kondisi yang berat.

Kalo udah berhasil menentukan tema yang menurut kalian "gue banget", saatnya memberikan style pada gaya tulisan kalian. Ingat, blog pribadi itu seperti teman kalian yang kalian ajak curhat. Jadi, buatlah postingan dengan gaya bahasa yang santai atau disesuaikanlah sama segmen pembaca yang kalian mau, dan pastinya selalu gunakan diri kalian sendiri sebagai subjeknya. Misalnya, pake gaya bercerita "ala Gue". Dengan begitu, blog pribadi kalian akan berkesan friendly, komunikatif, dan nggak bikin pembaca merasa boring.

Sekarang kalian bisa membuat sebuah blog berkualitas, selanjutnya tinggal rutin di-update. Coba deh bayangkan, betapa kerennya dunia maya kalo aja kalian membuat blog berkualitas. Udah gitu sejuta blogger lainnya juga melakukan hal yang sama seperti kalian. Apa yang bakal terjadi? Udah pasti dunia maya akan dipenuhi oleh segala jenis pengetahuan baru, yang bisa berdampak positif bagi siapa aja yang membacanya.

Lalu mungkin ada yang mikir begini : "Aaaah, sayanglah kalo Gue udah keren-keren begini, eh, rahasia keren Gue disebar-sebar ke orang-orang." Percayalah Guys, yang namanya ide, yang namanya ilmu, nggak bakalan pernah abis buat mereka-mereka yang mau berbagi. Malah kalian bisa bertambah hebat karena mau berbagi. So, tunggu apa lagi nih? Ayo, kita galakkan lagi gerakan sejuta blogger Indonesia yang berkualitas, dan ciptakan Indonesia Go Blog yang benar-benar optimal. Bermanfaat banget loh buat anak cucu kita nanti. Gue udah mulai. Kalian kapan? Gue tunggu ya!

Sampai di sini dulu postingan Gue kali ini. Nanti bakal Gue update lagi dengan artikel-artikel keren lainnya. Salam blogger!


Shout Our Thoughts and Make a Better Indonesia

111 comments:

  1. that's right kak glen..
    BTW makin unyu aja blog nya. heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muehehehe... semoga keunyuan blog Gue ini berbanding lurus dengan keunyuan bloggernya... #eh

      Delete
    2. Hahaha...
      Air laut kak..
      asin2... XD

      Delete
    3. Ahak2... :D
      Eh btw, maksudnya apaan asin2? *sumpah kagak mudeng*
      #tapi tetep ngakak

      Delete
    4. Haha..
      Salah kak..kirain kakak narsis.
      *Ga baca kata "smoga" nya
      Ternyata ada harapan tersembunyi di dalamnya.

      Amiiin kak..

      Ayu turut mendoakan keunyuan kakak..
      Haha

      Delete
    5. Eh malah di-aamiin-in... Asiiiik... Hahahaha... :D

      Delete
  2. thats true.. Ayo skg kembangin kita para onliners buat nanggapin baik bahwa blogger adanya untuk membantu memajukan konstribusi baik bangsa. karena kalo bukan kita para generasi muda yg bergerak dari skg lalu siapa lagi? INDONESIA GO BLOG.. salam solid :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuu~ betul banget! :D
      Yuk go blogger Indonesia!! :D

      Delete
  3. 5 poin di atas kalo di-satu rumah-kan gppa kan bang ?? hehehee..

    Setuju, berbagi itu hebat dan Indah...
    Dan di sini*blog*lah tempatnyaa !!! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Why not make your own blog? Selain bisa fokus dengan gaya sendiri, juga bisa membangun personal branding... :D

      Yaa, walau beramai-ramai dalam satu blog sah2 aja... tapi Gue kurang setuju kalo itu dijadikan yg utama... :D

      Delete
  4. Postingan lu ilmiah banget ya, Glen ... pake penelitian jumblah blog segala! :D Salam Solid lah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh masa sih Hadi? Biasa aja kok inih cuman penelitian kecil-kecilan plus asumsi-asumsi masuk akal aja... :D
      Salam solid...! :D

      Delete
  5. wah,, kaya nya lo bakal jadi orang ke enam yang bakal sukses dari blogger bang
    artikelnya bikin gue "jleb,, kagum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah dikau bisa aja... masih jauh ah untuk sampe ke sana... banyak blogger yang jauh lebih mantab dari gue... hehehehe... Tapi thx ya brow... :D

      Delete
  6. Setuju nih!
    Kdangan gk ada waktu buat update blog jd kyk ga keurus. Nah pas ada inspirasi gk ada sesuatu untuk ditulis. Pas mau nulis, inspirasi udh blank-_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itulah kenapa kita perlu manajemen ide... begitu ide muncul, tulis kasar aja poin2 yang mau dibahas... kemudian kembangkan ketika kita dapet mood buat nulis... :D

      Delete
  7. seperti biasa, postingan bang glen mantap.
    untuk mengimbangi blog yang "samp**" itu mangkanya dibutuhkan blogger yang kreatif.
    tadi bang glen nulis "mereka itu anak kembar. mereka sampah"

    semoga maksudnya bukan "anak kembar = sampah"
    hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... kayaknya kata2 itu terlalu extrim yak? Ya udah deh Gue apus tuh se-kalimat... Nyari damai aja sama anak kembar #eh
      XD
      Thx ya udah mampir... salam Solid!

      Delete
  8. Blog Tutorial udah masuk ke kategori blog Tips and Triks, ya, Bang? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tutorial masuk tips and tricks... tapi dalam konteks yang sifatnya lebih serius... :D

      Delete
  9. untuk bisa menjadi blogger yang berkualitas maka intinya ia harus mau terus belajar... termasuk belajar dari blog yang sedang kita baca ini.. hehe

    nice info brother... INDONESIA GO BLOG............!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. #blushing
      Hehehehe... bisa aja nih Bang... :D
      Tapi setuju, untuk menghasilkan tulisan berkualitas memang harus banyak baca2 dan belajar... :)

      Delete
  10. otakmu terbuat dari apa toh Glen?..kreatif banget!!!
    terima kasih ya sudah menetaskan ide bikin BSO :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terbuat dari bahan yang sama dengan otak kamu kok Dee... :D Hehehe... Thx ya dee... yang penting tetep solid sama member yang lain... :D

      Delete
  11. Tetntu saja Not Yet.
    tetap berjuang sampe titik darah penghabisan..

    wala..
    *salahkamar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul... Jangan sampe berakhir... Teruslah berjuang... :D

      Delete
  12. Ah, Indonesia Go BLOG!!!
    Saya dukung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh kalo ngaku orang Indonesia emang nggak boleh ngga dukung bro... wkwkwk... :D

      Delete
  13. gak cm blognya yg keren,,tp artikelnya jg keren!
    klo bloggernya keren gak ya hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha... kalo bloggernya sekarang sih lagi ga keren... kalo dulu iya keren banget... :D

      #buru2fitness

      Delete
  14. postingannya bikin orang mikir bang, termasuk gua.. hahaha
    oke, semoga blog jadi teman baru yang setia :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mikirnya yang positif kan yah? Hehehehe... :D
      Aamiin... tetep semangat ya ngeblognya... :D

      Delete
  15. Wah bener banget ... ngajakin orang untuk segera buat blog, iyaa tapi tujuannya dulu kembali ke dasar utama kenapa ada pergerakan kampanye blogger ini. Keren banget postingan ini bang.. empat jempol :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe... makasih makasih makasih! :D
      Ayo pada semangat yak ngeblognya... yg belom punya blog, ayo buruan bikin! :D

      Delete
  16. emang mantap artikelnya bang glen..

    ReplyDelete
  17. satu kata artikel kak Glen mantap :D
    jangan lupa, blog blog yang isinya kadang ada reviewnya juga bagus buat panduan pembacanya memebeli sesuatu, jadi duit mereka ga terbuang percuma. Ya itu menurut saya saja sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naah, itu dia... review udah Gue sebut di nomor 2... :D
      Thanks ya brow... :D

      Delete
  18. Replies
    1. Wakakakaka... iya udah ga usah ngomong, langsung eksekusi aja blognya... XD

      Delete
  19. #Okesip bang.. lengkap banget bagus buat blogger pemula... seperti gue :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah alhamdulillah kalo begituh... :D
      Ayo semangat ngeblognya... :)

      Delete
  20. Waaaah Dua Kata untuk Bang Glen ***TOP BGT*** aku suka banget tuh sugestinya **Keep Spirit Intan, Keep Spirit bang Glen, Keep Spirit Semuanya :D Indonesia Go Blog !!! ^,^

    Salam Solid (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih yaaa Intan... :D
      Betul saatnya blogger Indonesia menebarkan semangat Indones Go Blog! Buat masa depan yang lebih baik lagi... :D

      Delete
  21. Survey-nya keren bang Glen.
    Entah mengapa agak miris ngelihat blog copasan gitu, minim kreatifitas atau malah traffic hunter ?
    Padahal kalau dapat traffic tinggi dari hasil ide sendiri tuh rasanya selangit #malahcurcol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih Rid... Gue cuman ngumpulin dari apa-apa yang sering Gue temuin aja sih di dunia maya... hehehe...
      Gue setuju banget tuh sama "trafik tinggi dari hasil ide sendiri", bukankah begitu seharusnya seorang blogger sejati? :D

      Delete
    2. Setuju ^^v
      Selain itu juga moodbooster buat ningkatin semangat nge-blog :D #opinipribadi

      Delete
    3. Nah, makanya Gue selalu bikin sesi blogwalking dan saling komen setelah project... sekalian buat moodbooster... saling dukung gituh... :D

      Delete
  22. Mantapp Boz!...
    Jadi keinget blog sendiri, Hoho...
    Alhamdulillah, setelah baca postingan ini, berasa diingetin untuk selalu ngisi blog dengan hal2 yang manfaat meski kadang isinya curhatan gak penting. Ya, namanya juga belajar. Be better blogger! Yooo!!! Semangat! ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih2... :D
      Yap, sebetulnya berisi curhatan juga gpp kok asalkan ada suatu nilai yang bisa dipetik dari hasil akhir curhatan itu... :D
      Keep semangat ngeblognya! :D

      Delete
  23. iyap, ue juga dulu sebagai blogger copy paste... tapi semua itu berubah saat negara api menyerang #salahfokus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah asik nih udah tobat... :D
      Gue doain dah blog dikau bakalan jauh lebih mantab daripada jaman2 copas dulu... :D

      Delete
  24. Hmmph selalu kagum sama cara penyampaian lo glen, itu bisa aja dapet angka sedetail itu. analisanya mantap.. semoga blog kita jadi bagian yang menyumbang perubahan itu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe... :D
      Cuman mengandalkan penelitian kecil2an aja kok Zay... Thx yak... :D

      Aamiin banget buat harapannya... :D

      Delete
    2. biar kecil kalau nyentil sih itu udah bisa dikatakan gede #random abis

      Delete
    3. Wakakaka... maksudnya ambigu banget nih... XD

      Delete
  25. sepakat glen, postingan yang kritis dan membangun

    ReplyDelete
  26. Sepokaaat.. eh,,,salah.. Sepakat mksdxyaaa... hehe
    Dari Sekian Banyak Bloggers... salah satunya Guweeee... hehe

    ReplyDelete
  27. Semoga blogger yang negatif akan kembali ke jalan yang lurus :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin,... ayo Basith buruan kembali ke jalan yang lurus! #ehsalahorang

      Delete
  28. ringan bacaannya, jadi semangat ngeblognya :)
    pengen gabung ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo gabung! Eh udah deng yah? Kalo begitu tetep semangat yak ngeblognya... :D

      Delete
  29. analisanya muantep glen.. :)
    gue dulu juga sempat jadi blogger yang 'nyampah data', belum sebulan udah ditinggalin, pas pengen buka lagi, udah lupa ID sm Passw nya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hashahahaha... lupa password emang kejadian paling umu sih kenapa akhirnya banyak data sampah... >,<

      Delete
  30. Betul-betul banget..
    berati kalau aku punya 1 diblogdetik tapi udah kutinggalkan karena tidak mengeti.
    1 blog di wordpress tapi aku uda fakum karena itu blog khusus untuk puisi2 yang aku buat sendiri, dulu padahal berangkatnya dari situ.

    3 blog di blogspot. tp satu buat bisnis
    1 blog di kebayang.com tapi blom jalan krn rencananya mau bikin store.

    dari sekian blog dihitung cuma satu..ckckckc

    tapi aku yakin kok kalau tahun depan akan ada 1juta blogger. dengan penghasilan lumayan dari ngeblog yg lain pada ingin ikut. bukan berati Penghasilan ngeblog berasal dari store atau lainnya atau copas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mantab... banyak banget blogmu Hafsari.. O_O

      Delete
  31. penjelasan yg rinci :o sebab akibatnya dapat :o

    aku punya dua blog :3 yg satunya bareng teman tp dijadiin admin ke blog ini :3 kehitung dua gak ya~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih yah... :D
      humm... kehitung 2 sih... dikau dan temen dikau... :D Tapi sebetulnya Gue ngga nyaranin sih satu blog buat rame2... jadi berasa kurang ekspresif aja gtu... :D

      Delete
  32. WOW INI PENCERAHAN. T.O.P BANGET BANG!! XD
    *terlalu bersemangat*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahahaha... thanks beraaaaaaaattt!!
      Btw, itu keyboardnya ngga jebol kan? :O

      Delete
  33. kalo menurut gue ga semua orang itu kreatif.kadang blogger2 yang bikin blog software atau blog2 yg jarang posting itu karna mereka ga tau mau posting apa,mungkin loh.by the way nice post :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua orang punya "IDE KREATIF"... Tapi orang kreatif adalah orang yg mampu membuat ide kreatifnya menjadi nyata... Nah, biar bisa membuat jadi nyata, beberapa orang butuh dukungan dari sekitarnya... makanya blogwalking dengan meninggalkan komentar salah satu cara kita dalam mendukung lahirnya kreatifitas blogger lain... :D

      Thx ya udah mampir... :D

      Delete
  34. setiap postingan kak Glen pasti merincikan sesuatu :)
    itu pemikiran yang bagus sekali.. >.<
    bagus kak bagus.. yeeiii!!
    ayo Go Blog!!

    ReplyDelete
  35. "Beberapa blogger membuat blog dan kemudian ditinggalkan kurang dari satu bulan. Akhirnya, data mereka masih tersimpan, namun tidak ada yang mereka lakukan."


    pernah melakukan poin itu bang. dan dalam waktu 3 tahun. :D
    Dan Alhamdulillah sekarang sudah sadar dan mulai nge-blog lagi.
    apalagi ditambah gabung BSO jadi ga bakalan mati ide.
    NICE POST :P

    ReplyDelete
  36. @Adlina : Waahahahaha... Gue jadi tersanjung... makasih yaa... :D

    @Laini : Gue rasa sih untuk blogger pemula yang masih belum siap menapaki dunia blog memang sering begitu Laini... Semangat yeuh semuanya... :D

    ReplyDelete
  37. Kreatifitas dan semangat pasti akan ada hasilnya di kemudian hari..

    maju terus sob, blog kamu trully inspiring

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sob... Yok sama2 yak majunya... :D
      Thx by the way udah berkunjung... :D

      Delete
  38. Terkait poin 1,gue selalu bersyukur sama blogger2 yang suka cerita pengalaman sehari2nya di blog, bahkan termasuk yang curcol sekalipun. Gue banyak belajar juga dari pengalaman2nya mereka. Salah satunya, gue jadi cukup paham dalam berhadapan dengan seseorang...

    So, kata siapa curhat di dunia maya gak guna?????? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya, kata siapa coba curhat ngga guna? :D

      Delete
  39. suka ma postingannya, bikin gue tambah semagat ngeblog...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih yah... :D
      Jadi ikutan seneng kalo postingan ini bisa bawa manfaat... :D

      Delete
  40. Sip,.. Sip,.. (^,^).b

    Terima Kasih infonya,..

    By The Way cara dapat komentar terbanyak bagaimana ya,.. ?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama2... :D
      Heih? Niar banyak dikomentarin? Sering2 aja blogwalking... Sering komentar juga di postingan blogger lain,... Trus bikin postingan yang bisa bikin pengunjung gatel pengen komen... :D

      Delete
  41. Kalo blog g isinya rumpi-rumpian ringan. Boleh ya dibilang udah 'aktif nge-blog'? hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rumpi-rumpian ringan? Mungkin keliatannya ringan, tapi ada beberapa orang yg nganggep itu bisa jadi berguna banget... :D Udah kok... udah aktif ngeblog asalkan di-update terus... hahahaha... :D

      Delete
  42. disini juga ngomongin indonesia go blog yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bentuk blogger campaign dari Bloggers' Shout Out! :)

      Delete
  43. wow :D opini yang menggebu-gebu ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong, harus... Biar yg baca ikutan semangat... :D

      Delete
  44. nice post, nih. seneng aku bacanya :) aku aktif ngeblog sejak 2005, dan iya betul banget, banyak yg bisa di share melalui blog. asalkan konsisten dan tetap sesuai norma pasti ada gunanya bagi yg lain. curhatan sehari2 yg kesannya sepele malah kadang bermanfaat banget lho buat orang lain, karena siapa tau yg baca juga ngalamin masalah yg sama.
    aku gak bilang aku blogger yg baik, tapi at least aku udah rasain banget manfaat positifnya nge blog :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul... betul... betul!!!! XD
      Wah tergolong lama juga ya aktif di dunia perblogan... Gue baru sejak 2008... >,<
      Tetep semangat ngeblognya yaaa... :D

      Delete
    2. kunjungan gan .,.
      bagi" motivasi .,.
      sikap yang positif tidak akan berguna tanpa di sertai dengan tindakan yang positif.,.
      di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

      Delete
    3. That's right... :)
      Thx ya udah berkunjung... :D

      Delete
  45. Kak Glen memang bakal menciptakan perubahan di dunia perbloggeran~! ^o^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, insya Allah... Bergantung juga sama dukungan dari temen-temen semuanya... :D

      Delete
  46. ok,
    ikut meramaikan per-blog-an di indonesia glen. catet namaku sebagai satu diantara sejuta blogger itu ya.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaaaap Bang Ridwan! Seamngat terus ya ngeblognya... :D

      Delete
  47. mantap mas. makin oke kalo gerakan Indonesia Go Blog di inisiasi lewat pembentukan klub klub menulis..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ide yang bagus bro... :D
      *catet*

      Kalo saat ini Gue ngebentuk Bloggers' Shout Out! yang intinya mengkampanyekan perubahan terhadap isu2 negatif di dunia maya biar lebih terlihat positif... Kalo berminat cek aja. :)

      Delete
  48. btw bang, bukannya twitter itu termasuk situs micro blogging ya? klo gitu kan brarti nge-tweet bisa diartikan ngeposting tulisan kan. yah, potongan tulisan lah. klo akun twitter aktif dihitung juga mungkin blogger di Indonesia sudah lebih dari sejuta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. microblogging cuman bahasa gaul aja kok. Padahal kenyataannya Blog dan Twitter itu ngga bisa dibandingin... Blog bisa menyampaikan isi tulisan sampai sedetail apapun, sedangkan Twitter terbatas. Lagipula cuman segelintir orang aja yang Twitter ngetweet hal2 positif bermanfaat, selebihnya cuman ngobrol, ngegosip, ngegalau, dan aktivitas ngga guna lainnya... :)

      Delete
  49. Salam kenal bro.
    mantap, saya salut dengan postingan diatas, akan tetapi dalam memulai blogging, setiap orang mempunyai motivasi berebeda-beda, ada orang yang memulai blogging dengan konten atau postingan copas, postingan diatas sama sekali tidak memberikan toleransi untuk blog seperti itu, tapi tahukah kita bahwa mungkin banyak orang yang memulai blogging dengan copas sana-sana, bahkan bisa berlangsung berbulan-bulan, bagi saya itu tak mengapa, karena bagaimanapun tak ada orang yang ingin tampil terus-menerus dengan menampilkan ide/gagasan orang lain, harus dihargai bahwa itulah proses yang mereka lalui, jangan sampai dianggap sebagai blog sampah seperti beberapa pernyataan diatas, saya kira justru akan menghambat calon blogger yang ingin membuat blog tanpa tahu apa yang akan di sajikan nantinya sebagai kontennya, saya terus terang melalui proses seperti itu. secara umum saya salut dengan postingan diatas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. First of all... Thanks for coming and leaving a comment... :D

      Nah, gue ngga setuju sama pembelaannya. Kenapa? Karena motivasi itu memang beragam, makanya saya kasih sugesti berbagai macam contoh yang bisa dilakuin orang yang pengen mulai ngeblog.

      Tapi, kalo urusan copas dengan alasan masih newbie? Nah, that's totally wrong. Ngga bisa dipungkiri apapun alasannya, yg namanya copas tetep aja PLAGIARISME. Dan motivasi itu kan sebisa mungkin yang positif. Masa copas dijadikan motivasi?

      Intinya sih Gue ngajak orang untuk mulai ngeblog dengan cara open minded, creative, positif. Bukan hal negatif dan asal copas. Gue ngga bakal narik kata2 Gue sih. Gue tetep anggep blog copas sebagai sampah... ( >__O)b

      Sekali lagi thanks ^__^

      Delete
  50. Setuju bang :D

    Blognya keren nih :D
    Salam kenal yaaakk ^_^

    ReplyDelete

Thanks ya, udah berkunjung ke Creative Talks Blog ini. Silakan meninggalkan komentar dengan tidak mencantumkan hal-hal yang berkaitan dengan SARA, flamming dan juga memojokkan pihak tertentu. Diharapkan juga untuk tidak meninggalkan link aktif pada badan komentar atau komentar tersebut akan langsung dihapus oleh admin.

Happy blogwalking and have a nice day!
Creative Talks Blog Creator - Glen Tripollo