CREATIVE SOCIETY

Thursday, April 26, 2012

CARA BLOGGER SEJATI MENGUBAH DUNIA

Kira-kira apa sih yang mendorong kalian semua buat terjun ke dunia persohiblogan? Nyari temen? Numpang tenar? Berbagi wawasan? Pamer skill? Atau sekedar ikut-ikutan lifestyle masa kini? Udah, nggak usah dijawab! Yang pasti semuanya punya alasan khusus masing-masing, termasuk juga Gue. Nah, cuman lewat postingan kali ini, Gue pengen ngasih tau nih, kalo sebetulnya seorang blogger sejati itu bisa berguna buat bangsanya. Loh kok bisa?

Yup, yup, yup! Bisa banget! Coba deh diinget-inget lagi postingan yang pernah kalian tulis di blog. Pasti berbagai tema kan? Ada yang sekedar cuap-cuap kegiatan harian yang konyol bin lebay yang bisa bikin pembaca ngakak sambil planking, atau juga postingan yang sifatnya lebih serius, misalnya renungan, tutorial, opini, dan lain-lain. Pernah berpikir gak kalo postingan kalian bisa mengubah pola pikir orang lain?

Jadi begini, pola pikir manusia itu terpengaruh sama beberapa hal loh (Ups, sorry Gue rada nyinggung sedikit masalah psikologi). Misalnya, sama apa yang kita lihat, dengar, dan rasakan. Melihat adegan kekerasan sekali-kali mungkin ngga berpengaruh banyak, tapi bayangkan kalo kita ngeliatnya setiap saat. Pasti perlahan jiwa psikopat bakal tumbuh di dalam diri kita ini. Kalo sering denger omongan kasar bin jorok, pasti bakalan jadi terbiasa dan mempraktekkannya juga. Terlebih lagi kalo kita udah merasakannya, nah loh, ngga heran kan kenapa banyak anak muda di bawah umur yang merokok?

Nah, dengan fakta psikologis di atas, Gue jadi mikir. Tentu mikirnya menggunakan sudut pandang seorang blogger. Gue pengen nyoba ngebuat perubahan, di mana idenya, Gue pengen memadukan hobi ngeblog dengan fakta psikologis tersebut di atas dengan pandangan yang positif.

Ide Dasar
Proses Gue dalam menemukan ide ini terbagi ke dalam beberapa bagian dan lingkup yang Gue pertimbangkan. Misalnya, menggunakan rumus ala jurnalis, yaitu 5W + 1H yang Gue jabarin secara sederhana, seperti berikut:
  1. Who (Siapa yang terlibat) : Blogger di Indonesia
  2. What (Apa yang menjadi objek) : Issue-issue negatif yang ada di sekitar kita
  3. When (Kapan) : Ketika issue tersebut marak diperbincangkan
  4. Where (Di mana) : Indonesia
  5. Why (Kenapa) : Issue-issue negatif banyak dikonsumsi oleh orang-orang tanpa pemahaman yang matang, hingga akhirnya membentuk pola pikir yang negatif juga.
  6. How (Bagaimana) : -
Pada awalnya, Gue masih belum nemu jawaban dari rumusan "How". Nah, kebetulan Gue berlatar belakang IT. Gue punya ketertarikan tersendiri dalam hal web programming, networking, dan social media, hingga pas Gue tau kalo Google mengeluarkan algoritma baru untuk search engine-nya, yaitu Google Panda, barulah Gue dapet jawaban dari "How" di sana. Yak, Gue pengen bikin Blogger Campaign.

Segi Teknologi
Kok bisa sih sampe kepikiran tentang Blogger Campaign? Sebetulnya kalo ada yang inget, dulu pernah ada juga gerakan blogger mengkampanyekan Indonesia lewat internet. Dan hasilnya pada saat itu gagal total. Kenapa bisa gagal? Kegagalan ini bisa dari berbagai faktor. Dan faktor-faktor yang Gue tangkep (berdasarkan keadaan waktu itu) adalah sebagai berikut:
  1. Kurangnya informasi kepada para blogger Indonesia, sehingga cuma sedikit blogger yang ikutan dalam kampanye ini.

  2. Timing yang kurang tepat. Namanya memang kampanye, tapi nggak di-publish secara bersama-sama, alias sekedar bikin postingan masing-masing bertemakan Indonesia di blog pribadi, sedangkan waktu publish-nya terserah. Bahkan waktu publish antara blogger yang satu dengan yang lainnya bisa berjauhan banget rentangnya. Hal ini juga dikarenakan waktu itu blog belum terlalu berkembang kayak sekarang dan belum support ability untuk posting terjadwal (scheduling).

  3. Berlakunya Google Caffeine, membuat blog-blog ber-page rank rendah nggak ada kesempatan buat tampil di halaman muka Google Search. Artinya, ketika mengetikkan kata "Indonesia" sebagai  keyword, nggak semua blog yang ikut berkampanye bisa tampil di Google Search.

  4. Issue yang terlalu global. Menurut Gue, membetulkan issue tentang "Indonesia" sangatlah sulit dan bener-bener butuh peserta kampanye yang berjumlah besar. Berhubung issue yang diangkat sangat besar, sedangkan pesertanya sedikit, jelas kampanye ini menjadi gagal total.

Berdasarkan pertimbangan di atas dan membandingkan kemajuan teknologi di masa kini. Gue berani mengumandangkan lagi Blogger Campaign di negara ini. Kenapa bisa begitu yakin? Ini dia alasan Gue:
  1. Google Caffeine sudah tiada, digantikan oleh Google Panda. Inti dari Google Panda adalah menampilkan hasil pencarian yang lebih sesuai dan fresh. Artinya, page rank udah nggak lagi jadi hal yang utama di dalam Google Search Engine. Semua blog, selama isinya original dan sesuai keyword yang dicari, memiliki kesempatan sama besar untuk tampil di halaman utama.

  2. Sistem scheduling sudah bisa dipakai di segala platform blog gratis. Seperti Wordpress, Blogger, Tumblr, dan juga Xanga. Artinya, proses publish postingan secara bersamaan sangat mudah dilakukan. Tinggal menyetel waktu publish otomatis sesuai waktu yang disepakati bersama blogger lainnya.

  3. Gue yakin membuat sesuatu yang besar harus dimulai sejak dini dan dalam skala kecil yang berpotensi untuk berkembang menjadi besar. Karenanya, Gue membentuk sebuah organisasi khusus yang menomorsatukan kegiatan Blogger Campaign ini.

  4. Issue yang diangkat mulai dari hal-hal kecil di sekitar kita, setelah pengikut banyak, barulah mengerjakan proyek yang lebih besar lagi. Dengan tahapan-tahapan seperti ini namun secara rutin, Gue yakin bukanlah suatu hal yang mustahil untuk berkampanye secara global.

Setelah, ngeliat ide yang Gue tulis dan kemudian membandingkannya dengan teknologi yang ada saat ini, maka tepat pada tanggal 20 April 2012, Gue membentuk sebuah organisasi khusus yang bergerak dalam bidang Blogger Campaign. Demikianlah, organisasi ini Gue kasih nama Bloggers' Shout Out!

Bloggers' Shout Out! Emblem. Bukti bahwa blogger tersebut
adalah peserta Blogger Campaign.

Selanjutnya, setelah Gue ngebentuk organisasi ini, yang terpikir berikutnya adalah sistem. Bagaimana cara yang bagus biar semua member yang bergabung ke dalamnya betul-betul mau secara sukarela menjalani Blogger Campaign. Jawabannya adalah dengan menerapkan aturan-aturan yang sifatnya strict, tegas, tapi juga nggak berat-berat. Aura yang dibangun harus tetap santai dan positif, membangkitkan semangat ngeblog para membernya. Nggak ada model persaingan yang ditumbuhkan, semuanya adalah kebersamaan dan kekeluargaan. Namun, tetap tegas. Makanya, Gue menerapkan konsekuensi apabila ada member yang tidak disiplin atau tidak mau mematuhi aturan, dengan cara mengeluarkan member tersebut.

Banyak pihak yang awalnya merasa sebal dan keberatan dengan aturan ini. Namun, Gue percaya banget kalo mau mengubah dunia, tentunya kita harus bisa mendisiplinkan diri sendiri. So, aturan-aturan yang Gue buat di sana juga sebetulnya semacam cara kita belajar untuk menjadi lebih disiplin dan bertanggung jawab. Sekaligus juga menyaring blogger-blogger yang berkualitas dan tahan banting.

Sebagai seorang blogger sejati, sudah tentu tujuan menulis bukan hanya demi kesenangan pribadi, tapi juga memikirkan sesuatu hal positif yang dapat kita bagi dengan semua orang di negeri ini. Dengan menggunakan sebuah blog, kita bisa mengubah dunia. So, apa yang kalian takutkan? Let's shout out our thoughts, and make a better Indonesia! Semangat!

Oh ya, sampe lupa. Kalo pengen tau apa yang dimaksud dengan Blogger Campaign, sederhananya adalah kampanye secara beramai-ramai membawakan suatu tema yang sama, dengan tujuan mengubah sudut pandang seseorang menjadi positif, pada satu waktu tertentu, dan menggunakan blog sebagai media penyampaiannya. Tertarik? Kalo kalian termasuk blogger berdedikasi, kreatif, bertanggung jawab, dan senang berbagi terhadap sesama, jangan ragu-ragu buat bergabung bersama kami di Bloggers' Shout Out!

Akhirnya, inilah pembuktian diri Gue bersama blogger-blogger keren lainnya. Inilah cara seorang blogger sejati mengubah dunia. So, sampe ketemu di postingan Gue yang lainnya ya.

102 comments:

  1. Shout Out Ready!

    semoga solid..

    ReplyDelete
  2. Hebat...gagasan yang sangat brilliant. Meski blogger sejati tapi tidak menutup kemungkinan disibukkan dengan dunia nyata yang sangat fana. So saya support saja ide ini. Semoga sukses "Blogger Shout's Out" nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha... makasih ya apresiasinya... Aamiin, semoga bisa terlaksana dengan baik... Sejauh ini para member yang bergabung terlihat antusias dan bersungguh2 mau menjalankan project ini... Semangat!

      Delete
  3. Replies
    1. Tadinya malah mau lebih panjang lagi... :D
      *ditabokBatBaseball*

      Delete
  4. Uyeeeyyy!!! ^0^)9 ayo mengubah dunia!!!

    ReplyDelete
  5. gagasan yang menarik... infonya cukup terperinci... :) nyimak dulu ahh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terima kasih Mas... :D
      Jangan cuman disimak, yuk bantu kita... :D Hahahaha

      Delete
  6. Huyeee~ Hayoo~ Berkampanye sambil bawa bendera Blogger Shout's Out~
    Jyahaha~>.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuu~ Baru ngebayangin aja udah berasa serunya... Sebentar lagi main projectnya berjalan... XD

      Delete
  7. Tertarik? Kalo kalian termasuk blogger berdedikasi, kreatif, bertanggung jawab, dan senang berbagi terhadap sesama, jangan ragu-ragu buat bergabung bersama kami di Bloggers' Shout Out!

    Quote this!!
    Senang sekali bisa gabung di sini. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahahaa... Sampe di quote segala... *malu*
      Semoga solid yah! Semangat! :D

      Delete
  8. saya setuju glen...
    apalagi dikasih bonus desain header... makin setuju... qiqiqi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahahaa... Bang Insan pengen header yang kayak begimana emangnya? Siapa tau bisa iseng2 bantuin... :D

      Delete
    2. serius nih...
      senengnya sih header yg simpel tp kesannya elegant tp religius...(hehehe... byk maunya)
      warnanya Hitam + Putih aja.. hehehehe..
      oh iya size 963x150px

      Delete
    3. Sip, saya copy dulu.. :D
      Nanti kalo dapet inspirasi langsung coba dikerjain... :D

      Delete
  9. Great idea !
    two thumbs up , eh five aj dh :D

    *tertarik gabung* :)

    ReplyDelete
  10. smangatttttttt!!, kita bisaaaaaa :)))

    ReplyDelete
  11. mari berkreasi di blogger.. mari menggerakkan massa... daripada demo bakar bakar mending gini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyuhuuu~ Menggerakkan blogger lain untuk berpartisisapi membentuk dunia maya khususnya buat kaum onliners di Indonesia menjadi lebih baik lagi... :D

      Delete
  12. Replies
    1. Hayuuk... Shout out your thoughts to make a better Indonesia... :D

      Delete
  13. oke kak
    blog-blog memang yang muncul pertama kalau kita ngetik apa aja di Google (selain situs resmi dan wikipedia). Isinya harus berguna ga sekedar ngowoss jadi font dan kode html

    (akhirnya isa komen disini)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah kenapa Gue membangun organisasi ini... Biar semuanya fully controlled... :D

      Delete
  14. Replies
    1. Ngena apanya Brow? Nyahahaha... :D Ayo semangat!

      Delete
  15. sorry bang,stgh yg baru kubaca,he2he.pedih matane wes ki,melototi hp,he2he.mg sukses dh planningnya.gue gak bs online terus so kasih kompensasi ya,he2he.pekerjaannya byk ,ni pun libur br bs online 1 hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... iya gpp.. yg penting udah ngerti apa yg Gue sampein di atas... Intinya sih kalo udah gabung harus semangat! Setuju? :D

      Delete
  16. yo ah semangat, baru ada waktu buat mampir dan mau bikin projek pertama ini,. (y) salam solid !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap, ndak masalah! :D
      Ditunggu yah hasil pre-project nya... :D

      Delete
  17. salam dipersolid se solid-solinya..:DDD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam solid juga... :D
      Semangat ah, tinggal H-2 menuju 1st Project... :D

      Delete
  18. Replies
    1. Yup, selamat bergabung yaaa... :D
      Salam solid juga... :D

      Delete
  19. siap terjun dan mengikuti sobat

    dunia tak an berubahjika tak ada yang merubahnya

    ReplyDelete
  20. Replies
    1. Yup yup yup! Salam solid juga ya... :D

      Delete
  21. perkaya diri bukan dengan sibuk gonjang-ganjing omongan, melainkan rasa yang meluasi pikiran juga perasaan.
    Salam solid :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren kata2nya sob... Bisa dijadiin quote pembangkit semangat tuh... :D

      Salam solid juga brow... :D

      Delete
  22. Gue suka sama pemikiran lo, Glenn..:D

    ReplyDelete
  23. Ide kreatif.. Inovatif..
    ini baru namanya anak muda..
    hohoho
    *berasaudahtua :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ide ini tetep aja ngga bisa terealisasikan tanpa peranan temen-temen blogger lainnya... :D

      Delete
  24. Semiga kita bisa mengubah dunia bang! XD
    Salam solid!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... bisa kok... Pasti bisa! :D
      Salam solid juga brow... :D

      Delete
  25. Tulisan yang cerdas dari kak glen...
    semoga kita (blogger.red) dapat berperan dalam mengubah bangsa ini jadi lebih maju..

    #Amin
    #Semangat NgeBlog!!!
    #Semoga makin solid!!!
    #Baru bisa Blogwalking
    #kok kebanyakan hashtag ya? #plak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya makasih ya.... :D
      Ayo sama2 berjuang! Go Blogger Indonesia!

      Delete
  26. Mantap analisisnya, pengetahuan gw bertambah setelah tau ada google caffeine itu..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Google Caffeine itu cerita lama sih... skrg udah upgrade ke Panda... :)

      Delete
  27. GoBlog-er Indonesia..

    gw yakin, kalo semangatnya kek si Glen semua..
    Blogger indonesia ntar di angkat jadi anggota dewan semua..
    pemikiran positif, talk less do more!!

    beda ama yg itu tuuhhh

    Ikutan ah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakakaka... Bisa aja nih si mas Pandu... Ayo gabung ya... :D

      Delete
  28. glen, satu jempol untuk misinya,.. bareng-bareng bikin hal positif...

    kapan-kapan, gw bikin review untuk group Blogger Shout Out ini...

    Terbar Inspirasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaaa... :O
      Terima kasih banyak bang Adang atas apresiasi dan dukungannya... Semangat!!!

      Delete
  29. kunjugan perdana..
    salam solid bang :D

    ReplyDelete
  30. @Izal : Salam solid juga... :)
    @Madjongke : Ayo gabung... ditunggu partisisapinya... :)

    ReplyDelete
  31. Replies
    1. Yup sama2... Salam solid juga ya... :)

      Delete
  32. wah. tertarik!
    penuhin semua persyaratan dulu ah~ :D

    ReplyDelete
  33. love this idea. Goodluck yaa..!!
    Saya support aja ya ;)

    ReplyDelete
  34. Ini nih yang bisa bikin negeri bangga,, JOOOIN ~ ~ ~(/‾o‾)/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo dijaga semangatnya pantang mundur! :D

      Delete
  35. sip kang ide anda sungguh sangat berlian sekali

    ReplyDelete
  36. Maaf baru bisa komen sekarang ...
    Aku akan berpartisipasi membangun Indonesia yang lebih baik lagi ... :D


    Salam Semangat (bukan SMASH lho ya) :P
    Follow sukses ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe... maaf juga baru bales komen sekarang... Ayo dijaga ya semangatnya... :D

      Delete
  37. Wah Jadi pengen ikutan nih, butuh banyak belajar buat jadi blogger sejati :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiohohoo... sudah bergabung kan? Ayo dijaga ya semangatnya... :D

      Delete
  38. Shout it loudly berooo,,, keep BSO spirit :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. C'mon...! Udah gabung ya? Jangan lupa pertahankan terus semangatnya ya... :D

      Delete
  39. Yuk service pikiran dan mulai merubah dunia. Kalau dikerjakan bersama-sama lebih gampang ya nggak ? hehe salam satu semangat satu tujuan sob.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... you're right... :D
      Salam semangat juga...

      Delete
  40. Saya baru baca nih tulisan.. ^_^
    Idenya bagus banget nih Mas Glen..

    Jadi pengen tahu lebih banyak tentang Bloggers' Shout Out ini..

    ReplyDelete
  41. weh keren gan sangat tertarik nih kalau kaya gini.
    Dari sekian pedagang yang menjual jilbab secara online, salah satunya grosirhijabku yang mampu memberi kesan baru untuk para hijaber bisa klik disini untuk memiliki jilbab syar'i stock terbatas ,buruan miliki grosir jilbab murah online secepatnya juga atau kunjungi website kami

    ReplyDelete

Thanks ya, udah berkunjung ke Creative Talks Blog ini. Silakan meninggalkan komentar dengan tidak mencantumkan hal-hal yang berkaitan dengan SARA, flamming dan juga memojokkan pihak tertentu. Diharapkan juga untuk tidak meninggalkan link aktif pada badan komentar atau komentar tersebut akan langsung dihapus oleh admin.

Happy blogwalking and have a nice day!
Creative Talks Blog Creator - Glen Tripollo