CREATIVE SOCIETY

Tuesday, April 09, 2013

SERU-SERUAN BARENG BLOGGER DI ACARA #BLOGGERBICARA KOMUNITAS

Gimana jadinya kalo seratus orang blogger dan aktivis dari berbagai macem komunitas dikumpulin di satu tempat buat saling diskusi tentang suatu tema yang sebelumnya udah ditentukan? Wohoo, pasti seru dong! Kalah deh acara debat politik di tipi-tipi itu. Selain diskusi yang bener-bener smart and fun, ada banyak banget pengetahuan baru yang bisa dipetik dari kegiatan tersebut.

Jadi gini, hari Minggu kemarin, tepatnya tanggal 7 April 2013, gue diundang sama BlogDetik buat ikutan gabung di acara diskusi para blogger yang dikasih nama #BloggerBicara Komunitas di Demang Restaurant & Coffee Lounge, Sarinah - Thamrin.

Acara ini selain diadain sama BlogDetik juga tercipta atas kerja sama dengan provider seluler XL, Lenovo Mobile, Bening Communications, DetikForum, dan juga Cari Cinta.

Nah, lewat postingan gue kali ini, gue mau ngerekap ulang segala keseruan yang  gue alamin di sana. Mulai dari acaranya sendiri hingga hal-hal lain yang mendukung kelancaran kegiatan ini dari awal sampe akhir. Penasaran? Yok, ikutin cerita gue!

Nah, hari Minggu itu gue bertolak dari Bogor ke Jakarta naik KRL dari jam sembilan pagi (lewat dikit sih). Pokoknya gue turun dari Busway di halte Sarinah sekitar jam dua belas lewat lima belas menit. Untungnya kemarin itu cuaca mendukung banget, nggak panas and ngga mendung. Enak dipake jalan kaki, soalnya kebetulan lokasi kumpul-kumpulnya agak jauh ke dalem dari jalan utama.

Dari jadwal yang gue terima, acaranya dimulai jam dua belas, jadi sebetulnya gue udah telat banget. Ditambah lagi gue sempet nyasar gegara lokasi di GPS beda banget sama lokasi sebenarnya (kampret emang nih GPS-nya, nanya ke orang sekitar juga pada kebingungan gitu. Ternyata bingung itu menular sodara-sodara!), but, it's okay, akhirnya gue sampe di saat acaranya baru mau dimulai.

Sumber: BlogDetik

Gue agak telat sama keseruan pertama, yaitu makan gratisan rame-rame. Ya, hal pertama yang gue lakuin pas masuk ke dalem Demang Restaurant adalah celingukan ngeliatin para undangan makan dengan beringasnya sampe akhirnya sapaan mbak-mbak penerima tamu menyadarkan gue untuk segera menandatangani buku tamu and nerima kapsul bertuliskan huruf kapital E. Sekejap gue teringat sama produk coklat berbentuk telur yang di dalemnya ada hadiah mainan kecil yang unyu-unyu, tapi pas gue buka ternyata itu pulpen lipet. Lumayan lah, buat jaga-jaga kalo nanti ada yang kenal gue terus minta tanda tangan.

Akhirnya gue, bareng sama temen gue yang berasal dari komunitas yang sama duduk di salah satu bangku kosong (bukan film horor). Gue kenalan sama mas-mas berkacamata yang sibuk mainan gadgetnya sendiri di sana (gue sampe lupa lagi namanya). Sementara, beberapa orang peserta ada yang nyumbangin suara kecenya di depan. Demang Restaurant ini menurut gue merupakan tempat yang cozy banget buat ngadain pertemuan-pertemuan macem begini. Dekorasinya sederhana dan ngga bikin pening mata. Pokoknya suasana nyaman di sini ngebikin semua undangan bisa berbaur dengan santai and berkenalan.

Sumber: BlogDetik

MC di acara ini ada dua, dan dua-duanya gokil abis. Mereka sukses bikin acara diskusi ini jadi seriously having fun, dan tetep fokus sama tema tanpa bikin bosen. Pokoknya perhatian gue jadi maksimal banget ke jalannya acara ini. Cuma ada satu sesi, di mana wakil dari XL ngejelasin produk dan fitur XL yang bisa mendukung kegiatan kita semua dalam berkomunitas. Tapi, karena hampir satu jam lamanya, gue agak suntuk. Selain gue bukan pengguna XL, diskusi ini mendadak jadi terfokus di areal depan aja. Jadi pengguna XL dengan dunia mereka sendiri, dan gue berasa nyasar di planet asing. Gak apa-apa sih, tapi bakal lebih bagus lagi kalo XL bawainnya ngga terlalu subjektif kepada pengguna XL aja, tapi lebih universal dan jangan terlalu ngasih kesan promosi gitu. Cuma sekedar saran. Huehehehe. Biar yang bukan pengguna XL pun bisa serius merhatiin penjelasannya.

Tema yang diangkat dalam diskusi adalah komunitas. Jadi para undangan ditanyain segala hal seputar komunitas, mulai dari apa itu komunitas, penting atau nggak mengikuti komunitas, benefit yang didapet dari berkomunitas, sampe ke permasalahan-permasalahan yang sering banget terjadi di dalam komunitas. Banyak undangan yang bersedia sharing pengalamannya, tips-tips dan opini soal berkomunitas, dan bagi-bagi solusi dalam memecahkan permasalahan yang timbul di dalam komunitas. Mereka semua punya jawaban cerdas yang bikin pengetahuan gue bertambah. Gue mencerna satu persatu opini mereka sambil meramu kesimpulan gue sendiri. Sesuai prinsip gue, ambil yang baik, buang yang buruk, ciptakan yang baru.

Sumber: BlogDetik dan Arsip Pribadi

Oh ya, yang terpenting di dalem acara diskusi ini, ternyata nggak cuma komunitas blogger yang ikutan loh. Tapi beragam komunitas dari berbagai bidang juga turut meramaikan suasana. Dari yang gue liat sih dari komunitas blogger banyak yang udah kece badai kayak Kopdar Jakarta, Emak-Emak Blogger, Anging Mamiri (Komunitas Blogger Makassar) iya, yang jauh-jauh dari Makassar aja ada gitu loh. Kurang kece apa lagi coba ini acara? Terus nggak ketinggalan juga ASEAN Bloggers.

Kalo dari kubu non-blogger ada Sugar Glider Fun & Crazy (SGFC). SGFC ini komunitas pecinta binatang yang awalnya dibikin khusus buat pecinta tupai terbang. Tapi seiring waktu berjalan, anggotanya makin beragam dan sebagian besar banyak yang melihara reptil. Terus ada juga komunitas KARTUNET di mana komunitas ini dinaungi oleh orang-orang disabilitas berprestasi. Sumpah, keren banget member-membernya, dengan keterbatasan yang mereka miliki, semuanya punya segudang kelebihan yang bikin orang lain muntah pelangi karena iri, bener-bener menginspirasi and memotivasi siapa aja yang ngeliat mereka. Dari bidang fotografi ada Fotodroid, terus ada juga dari jurnalistik, dan bahkan komunitas fanbase-nya Girls Generation, bernama SoneID. Kalo ada komunitas yang belum gue sebutin, plis jangan marah sama gue yak. Memori gue agak-agak soak soalnya.

MC @karelanderson yang dikerjain abis-abisan sama member SGFC. Sumber: BlogDetik

Abis diskusi berdarah-darah, ceilah, maksud gue diskusi yang super duper seru dan menyenangkan itu, ada games seru yang setiap tantangannya punya sejuta makna positif bagi yang mengikutinya. Games yang sangat mencerminkan nilai-nilai penting dalam berkomunitas. Tantangan pertama adalah semua undangan diwajibkan bikin komunitas kecil secara dadakan beranggotakan sepuluh orang dan wajib berbaur tanpa pandang latar belakang masing-masing. Jadi, gak peduli kenal atau nggak, pokoknya langsung bikin komunitas baru. Gue berhasil ketemu sama Fikri, wakil dari Kopdar Jakarta yang ternyata punya jiwa leadership yang keren. Dan berkat dia juga komunitas yang akhirnya dinamain Wedang Jahe pun terbentuk kurang dari tiga puluh detik saja.

Komunitas kecil udah terbentuk, tantangan selanjutnya adalah membuat yel-yel keren dalam waktu sesingkat-singkatnya. Tanpa ambil pusing, kita semua berhasil nyiptain yel-yel sederhana tapi penuh semangat dan juga super berisik. Begini liriknya:

Eaeoooo...
Wa cha cha... (gebrak-gebrak meja)

Eaeoooo...
Wa cha cha... (gebrak-gebrak meja)

Wedang Jahe!
Yes! (tabok meja)

Wedang Jahe!
Yes! (tabok meja)

Wedang Jahe!
Yes! Yes! Yes! (tabok meja, pecahin gelas, banting piring)

Wedang Jaheeeeee!
HOOOOOT BANGEEEEET...!! Yeeeeaaaaayyyy!!!
(injek-injek lantai, gebrak-gebrak meja, banting-banting temen)

Begitulah kurang lebih lirik yel-yel yang dibuat dalam tempo singkat. Tentunya komunitas lain juga berhasil nyiptain yel-yel yang nggak kalah kreatifnya. Dari yang memparodikan lagu yang udah ada, pose imut Cherrybelle, sampe leader komunitas yang galak abis sama membernya. Hahahaha.

Sumber: BlogDetik

Masih belom puas sama games, babak kedua dimulai dengan tantangan menyanyikan lagu "Sedang Apa" secara berantai antar komunitas. Kekompakan dan kemampuan cepat dalam membuat keputusan diuji di sini. Tapi, sayang karena kendala suara yang ngga begitu jelas dari komunitas sebelumnya, terjadi salah paham dan akhirnya komunitas Wedang Jahe harus gugur di babak ini. Tapi tetep semangat dong.

Dari permainan komunitas ini, akhirnya dipilihlah satu komunitas sebagai pemenang dan dapet voucher belanja gratis senilai satu juta rupiah persembahan dari mbak-mbak misterius yang doyan bagi-bagi tiket gratis di DetikForum, dikenal dengan nickname @MbaTiTis. Wuhuu, congratulation buat kalian! Komunitasnya emang kompak banget sih.

Semakin mendekati penghujung acara, ada sumbangan lagu dari salah satu member KARTUNET. Dia ngebawain lagu ciptaannya sendiri sambil ngocok gitar akustik. Sumpah suaranya keren banget. Lagunya juga easy listening, bikin suasana jadi meriah tapi juga tetep nyaman. Kalo gue ini produser di industri musik, pengen deh langsung lemparin doi pake sound system and ajak rekaman sampe ciptain quadruple platinum kalo perlu.

Abis itu ada pengumuman dari masing-masing komunitas yang hadir. Semuanya menginformasikan acara-acara penting yang lagi mereka siapin buat diadain dalam waktu dekat. Terus acara pun ditutup dengan DOORPRIZE!

Sumber: BlogDetik

Masih inget kan di awal tadi gue nerima pulpen berbentuk kapsul yang di depannya ada huruf kapital E? Nah, ternyata semua undangan yang punya huruf L, E, N, O, V, dan O harus maju ke depan. Oh my god, gue punya E! Gue maju ke depan dan ternyata cuma ada tiga orang di sana. Berhubung Lenovo S880 nya cuma sebiji, diadain pertanyaan rebutan buat nentuin siapa yang lebih berhak dapetin itu doorprize. Dan yak, sesuai dugaan, gue dengan indahnya kalah. Hahahahaha. So, gue ucapin selamat buat pemenang kemarin itu, duh gue lupa namanya, tapi orangnya gokil sih. Kalah menang tetep have fun. Dan pengalaman itu lebih berharga dari benda apa pun di dunia ini (sedang menghibur diri).

Akhirnya, forum diskusi #BloggerBicara Komunitas harus segera ditutup. Tandanya dengan foto bareng-bareng sama semua kru yang bertugas and semua undangan yang masih ada di lokasi. Bener-bener nggak terlupakan. Gue juga berniat bakal terus ikutan acara-acara kayak gini ke depannya. Soalnya gue langsung ngerasain sendiri keseruannya sih. Jadi ketagihan gitu. Kalo kalian blogger and belum pernah nunjukin diri di depan banyak orang, cobain deh. Bener-bener banyak manfaatnya, bisa dapet temen baru, ilmu baru, motivasi baru, dan pengalaman baru. Bikin semangat ngeblog muncul lagi dan lagi.

#BloggerBicara Komunitas ditutup dengan semangat. Sumber: BlogDetik

Kesimpulan yang bisa gue petik dari kegiatan ini adalah bahwa yang namanya komunitas itu bener-bener kaya akan nilai positif. Komunitas juga bermacam-macam, begitu juga dengan sistem dan peraturan yang diterapkan oleh masing-masing komunitas. Jadi, saran gue biar nantinya ga ada konflik, sebelum bergabung ke dalam komunitas tertentu, pahami dulu seperti apa komunitas tersebut, hargai setiap peraturan yang udah mereka buat, dan kalo bisa, pilihlah komunitas yang visi misinya sesuai sama niat yang kalian punya. Masalah dalam komunitas memang banyak terjadi, tapi kebanyakan cuma terjadi di dunia maya. Sering kopdar atau ketemuan langsung sesama member komunitas bisa mempererat hubungan pertemanan dan mengurangi konflik yang nggak perlu. Tuh dengerin kata-kata bijak gue! Hehe.

Terus apakah gue akhirnya pulang dengan naas dan tangan yang hampa? Nggak dong! Soalnya semua undangan di acara #BloggerBicara Komunitas ini dibagiin goodie bag berisikan t-shirt BlogDetik yang menurut gue keren banget, ditambah juga voucher buy 2 get 1 free untuk makan di Demang Restaurant & Coffee Lounge. By the way, nih penampakan t-shirt-nya:

Jiss... Kece banget kan? Padahal
Gue belom mandi nih...

Wokeh deh, jadi itulah kisah gue waktu mejeng di acara #BloggerBicara Komunitas dari @BlogDetik ini. Buat yang kemarin ngga bisa ikutan, sayang banget! Tapi nggak masalah sih, soalnya BlogDetik bakalan sering ngadain acara macem begini tiap bulannya (itu kata mereka, ga tau deh beneran apa ngga, palakin aja! Hehe). Thanks a lot buat pengalaman berharganya, t-shirtnya, and acara yang udah berjalan sukses dengan kerennya. Next time, gue pasti join lagi.

So, sampe sini dulu update gue hari ini. Buat kamu-kamu yang mau liat keseluruhan dokumentasi dari BlogDetik perihal event keren ini bisa langsung klik di sini, jangan lupa juga tuh klik Like di FanPagenya. Hehe. Kalo ada waktu nanti gue sambung lagi dengan postingan lainnya, ya. Keep blogging, sobat kreatif! Ciao~

39 comments:

  1. Gileee komunitas yang datang banyak banget.. 0w0" Beraneka ragam pula itu.. Bisa2 kedepannya bersinergi dungs.. X)

    Pingin lain waktu ikuuutt.. ˆ⌣ˆ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh bersinergi antar komunitas itu pasti bisa terjadi dan saling menguntungkan~ hohoho...

      Ayo ikutan, nanti deh klo ada infonya gue bagiin juga ke grup~ :D

      Delete
    2. Iyah Mas Glen, kebetulan insya Allah bulan depan ane mau menetap di Jawa.. X)

      Delete
    3. Wohoo~ Aamiin kalo gitu.. Klo dah sampe sini kita rusuhin semua acara keren~ :D

      Delete
  2. Ciyeeee yang udah dipake t-shirtnya..
    Aku juga doooong *ikut pamer* hahhahaa..
    Mari belajar membaca GPS yuuuk -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Noo, belum dipake kok, itu cuma kepentingan shooting aja... Belom go public... Wakakakaka... Iya nih kayaknya... -__- GPSnya masih kurang akurat...

      Delete
  3. Meskipun gak dapet Lenovonya dapat kaosnya juga gpp kan k glen kaosnya juga keren loh, yang pastinya seru pisan bisa berkumpul sama banyak Blogger dan komunitas blog lainnya... kirimin satu donk kaosnya hehehehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha... Iya dong... :D
      Wah kalo kaosnya 1 dikirim ke sana, trus buat gue yang mana dong? XD

      Delete
  4. Kaosnya ungu-nya eksis banget..haha
    saya dong dapat warna hitam. :D

    komunitas kalian itu kayaknya yg paling heboh ya..gebrak2 meja, untung ga di usir sama karyawan demang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya soalnya ada beberapa alesan sih gue milih yang ungu... alesan publik nya karena gue belom ada kaos yg warnanya ungu... :D alesan lainnya bersifat pribadi... #plak

      Gebrak2 meja itu idenya Fikri dari Kopdar Jakarta. Salut sama tuh orang, leadershipnya mantep... hahaha... :D

      Delete
  5. Nice Posting

    Haa haa udah gebrak-gebrak meja seru abizz ya..
    akhirnya voucher jatuh ke kelompok kami yang unyu-unyu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... ga apa2 bro... congratz yak buat kelompok kalian. Emang kompak abis sih... :thumbsup:

      Delete
  6. eakk, pingin ikutas seru tuh wahahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... telaaat broh telaaat... bulan depan lagi ye ikutannye... XD

      Delete
  7. aku sebenernya juga tau acara ini, pengen ikut, tapi jauh-,-"
    aku dari surabaya, cyin....
    waaah..sayang banget tuh ga dapet doorprise*pukpuk*
    emang kapan lagi ada acara begituan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... dari Surabaya kan padahal tinggal lompat aja. Sampe deh ke Jakarta... :D
      Iya nih tanggung banget, jadi meleset deh rejekinya. Klo kata mereka sih tiap bulan bakal ada #BloggerBicara, tapi temanya ganti-ganti. Gak tau bener apa ngga. Gue juga baru pertama ini ikutan. Wohohoho

      Delete
  8. Replies
    1. Hahahaha... ayo ikutan yang berikutnya... XD

      Delete
  9. enaknyaa.. pingin deh ikut yang beginian..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikutan atuh... :D sering2 aja update info dari mbah google... :D

      Delete
  10. sugoiiiii....
    jadi pengen deh nyobain gabung...mihihi..
    kalo ada even kayak gini lagi. kabar kabari ya bang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaaap!! Like FanPage Creative Talks aja. Info2 ginian juga bakal gue share lewat sana... :D

      Delete
  11. wiiih.... kapan q bisa kayak kakak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal datengin aja acara2 beginian. Gue juga baru pertama ini dateng ke gathering yang kayak gini. Macem2 komunitas jadi satu itu rasanya wow... :D

      Delete
  12. Aaaaaa, bang glen.
    kaosnya warnanya ungu unyu2 lagi :')

    Bisa kali bang ntu hadiahnya vouchernya buat gue ? Muehehe

    Eia, bang. Gak ada video-nya ya pas kelompok lo lagi yel2 ?
    Coba ada, ntr gue convert jadi mp3 trus dijadiin alarm *apadeh --"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... keren yak warna ungunya? :))
      Wah, vouchernya gue taroh mana yak? lupa... >.<

      Ngga, sayang banget ngga ada yg ngerekamin. Klo ada sih gue juga mau buat dijadiin kode kumpul siskamling... :))

      Delete
  13. Banyak juga yg datang, yg dari makasar juga dibea-belain datang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya brow... Makanya harusnya dikau dateng juga ke sana... hahahaha... :D

      Delete
  14. wah..tambah keren bro ini blog. senang lihat karakter-karakternya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... makasih mas Arman udah berkunjung... :D

      Delete
  15. Berkumpul bagus, menyatukan barisan dan yang paling penting satukan apa yang ingin di raih bersama, jangan suka kumpul2 nya aja dan ga terarah !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... ya tujuan #BloggerBicara itu kan begitu mas... Berkumpul sama2 dan berdiskusi secara terarah.. seriusnya dapet, funnya juga dapet.. Lebih baik ngumpul kok daripada menyendiri terus kerjaannya. Ga bakal berkembang... :)

      Delete
  16. BEHAhaha, seru banget nih kayaknya ...

    Ciee, ada yang ngelewatin, makan gratis nih..
    Kayaknya yg di undang blog yang udah punya nama aja yah ?
    Btw, bajunya unyu juga , kaya orangnya , hyuuh ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seru banget brow... tapi yg diundang kayaknya gak harus blog yang terkenal kok. Buktinya gue diundang ke sana. Trus juga banyak blogger yang gue ngga tau sebelumnya, ditambah ada juga undangan yg bahkan belum punya komunitas. LOL

      Hadeh dibilang unyu sama cowok itu rasanya gimana gitu... -___-

      Delete
    2. Iyaaa, berarti lo terkenal bang , -____-

      kalo belum ada komunitas, berarti bisa di ajak gabung dong, huahah..

      yaudah, maaf :'(

      Delete
    3. Justru itu letak anehnya... gue kan gak terkenal... =__=

      Delete
  17. Belum pernah kumpul komunitas serame itu jadi penegn ikutan kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikutan dong~ cari infonya via internet. Yg penting keep up to date. :)

      Delete

Thanks ya, udah berkunjung ke Creative Talks Blog ini. Silakan meninggalkan komentar dengan tidak mencantumkan hal-hal yang berkaitan dengan SARA, flamming dan juga memojokkan pihak tertentu. Diharapkan juga untuk tidak meninggalkan link aktif pada badan komentar atau komentar tersebut akan langsung dihapus oleh admin.

Happy blogwalking and have a nice day!
Creative Talks Blog Creator - Glen Tripollo