CREATIVE SOCIETY

Monday, January 16, 2012

ETHIC CODES ON NGEBLOG

Guys, kita ketemu lagi nih. Gue suka rada heran deh. Padahal masalah keyboard laptop Gue yang rusak udah teratasi dengan kehadiran sebuah keyboard external. Tapi kok kemauan nulisnya malah ilang. Hadeh, tapi ini ngga boleh, coz, sugesti macam gini kalo nggak dilawan, selamanya bakalan males terus-terusan. So, buat kalian semua, Guys, kalo lagi ngerasain males buat ngapain-ngapain, sebetulnya itu semua cuma sugesti aja. Mending kumpulin kekuatan buat mendobrak sugesti negatif yang ngalangin kita buat maju itu. Ceilah, bahasa Gue!

Oke, sekarang berhubung Gue lagi dalam usaha buat maju, Gue nggak bakalan bahas sesuatu yang sifatnya opini, tapi lebih ke sesuatu yang bersifat teoritis. Yah, walau (mungkin) belum semua Blogger bener-bener paham akan hal ini.

Ethic Codes on Ngeblog adalah suatu aturan sikap yang bisa dijadiin acuan buat kita. Ethic code dalam ngeblog itu, biasanya ngga secara tertulis, tapi lebih ke arah kesadaran diri si pengguna blog. Nah, postingan ini masih ada hubungannya sama postingan Gue yang berjudul Blog Plagiarism dan Cara Menyikapinya. Di postingan tersebut, Gue udah bilang kalo kita mesti introspeksi terhadap keamanan yang udah kita bangun dalam blog kita. Jadi jangan semata-mata menyalahkan si plagiarism, tapi juga salahkan diri kita yang kurang cekatan melindungi tulisan kita.

Terus apa hubungannya dalam ethic code yang mau Gue bahas ini? Nah, secara Gue sering blogwalking ke mana-mana (walau jarang ninggalin komentar) dan Gue banyak banget nemuin hal-hal kecil yang sebenernya bisa aja digolongin ke dalam plagiarism kecil-kecilan. Dan kebanyakan Blogger yang bersangkutan ngga sadar udah mempraktekan metode plagiarism. Nah, biar memudahkan, Gue bakal bahas tentang ethic code dalam ngeblog ini dengan membaginya jadi beberapa kategori. Yuk ah disimak dulu!

1. Penggunaan URL (Nama Domain)
URL itu singkatan dari Uniform Resource Locator, atau penamaan pada website. Tanpa URL, sebuah website hanya bisa dipanggil lewat browser pake susunan IP Address, dan ini bakalan susah banget buat diinget. Nah, makanya dibuat sistem URL biar orang-orang bisa lebih mudah nginget alamat website atau blog kita.

Terus, pelanggaran apa yang seringkali dilakuin blogger saat bikin URL? Berdasarkan UU ITE, dijelasin kalo kita nggak boleh menggunakan dalam bentuk apapun suatu merk dagang, nama karya, dan hasil-hasil ciptaan orang lain. Nah, sama halnya dengan URL. Misalnya begini, ada sebuah produk komersil bernama Kejuku, nah, terus kalian bikin blog dengan alamat http://kejuku.blogspot.com/ atau lebih parah lagi pake topsite http://kejuku.com/. INI JELAS PELANGGARAN dalam dunia cyber yang bisa digolongkan pada Offense against Intellectual Property atau bentuk penyerangan terhadap sebuah hak kekayaan intelektual (hak cipta dan hak paten). Makanya kebanyakan perusahaan atau orang yang menghasilkan suatu karya bakalan langsung beli domain dan mengambil nama sesuai karyanya tersebut (walaupun pada saat itu si pencipta belum berniat bikin website). Hal ini dilakuin untuk mencegah orang lain menggunakan nama tersebut and make alamat itu buat kepentingan pribadinya. Nggak ada alasan apapun, pokoknya jangan sekali-kali make nama yang udah jadi sebuah merk dagang atau nama suatu ciptaan, Guys, jangan!

2. Penggunaan Widget
Gue tau beberapa dari kalian pasti ada yang menggunakan widget khusus yang kalian copas dari internet kode programnya. Biasanya dalam bahasa HTML, CSS dan JS. Beberapa blog atau website memang membagikan kode seperti ini secara gratis buat pengunjungnya. Tapi itu cuma beberapa loh. Inget, kalo kita mengcopy sesuatu dari blog orang lain dan itu diizinkan oleh si pemilik blog, JANGAN KITA LUPAKAN PERATURAN YANG MEREKA BUAT. Misalnya begini, ada seorang blogger nge-share kode program berupa Javascript. Dan sifatnya gratis. Di bagian bawah kode program sering disisipkan komentar (misalnya) :

<!-- Created by Glen -->

atau bisa juga dikasih HTML kode yang isinya menyatakan bahwa kode ini bikinan dia :

<p>Created by <a href="#" target="_blank">Glen</a><p>

Pokoknya apapun di dalam kodingan tersebut yang menyatakan kepemilikan atau keterangan si pembuat PLEASE JANGAN DIHAPUS, sekalipun kode itu ngga ada sangkutpautnya sama sistem yang dilakuin sama kode program tersebut. Banyak blogger yang merasa ngga perlu keterangan itu dan menghapus seenaknya. Ini sebetulnya tanpa kalian sadari termasuk ke dalam praktik plagiarism. Pokoknya jangan dihapus, yah hitung-hitung sebagai bentuk apresiasi kita sebagai pengguna.

3. Postingan Blog
Nah, bagian ini yang paling penting, di mana bentuk plagiarism sangat sering terjadi. Gue bakal bagi ini jadi tiga, yaitu penulisan, multimedia, dan gambar. Pertama dalam hal penulisan. Kita semua pasti tahu lah yah, gimana cara menulis yang baik dan benar. Nah, sayangnya banyak orang yang nggak meduliin ajaran bahasa Indonesia yang dulu pernah mereka dapetin di bangku sekolah. Aturan penulisan ini berupa CARA MENGUTIP. Ingat, di dalam karya tulis, ngga ada istilah meng-copy, tapi mengutip. Mengutip juga butuh aturan. Misalnya aja ngga mengutip isi tulisan orang lain secara keseluruhan, tapi cukup bagian intinya saja disertai dengan keterangan lengkap mengenai sumber kutipan.

Kedua adalah dalam penyiaran hasil karya orang lain dalam bentuk multimedia. Kalo Gue bilang multimedia,berarti maksudnya penyiaran Audio atau Video. Nah, kebanyakan orang kalo nge-share video dengan cara memasang (embed) sebuah video player dari YouTube.com. Dan ini BOLEH. Coz, dari pihak YouTube sendiri udah mengizinkan share dalam bentuk embed seperti ini di website atau blog pribadi. Nah, bagi yang nge-share film-film Hollywood misalnya, jangan juga dikasih link download langsung, tapi sajikanlah dengan menggunakan video player semacam YouTube. Hal ini untuk mencegah terjadinya pembajakan terhadap suatu karya yang dibuat orang lain. Hal yang sama juga berlaku untuk audio. Gunakanlah flash Mp3 Player ketimbang membagikan langsung link downloadnya. Jangan lupa juga sertakan keterangan lengkap tentang si pembuat karya dan berikan juga link yang terhubung langsung ke website atau blog pribadi si pembuat karya (kalo kalian tahu siapa yang buat).

Yang terakhir adalah gambar. Ada beberapa cara kita menggunakan gambar. Baik yang kita comot langsung tanpa perubahan, ada juga yang dicomot demi menggunakan gambar tersebut sebagai bagian dari desain yang mau kita buat. Dua hal tersebut tentunya sama-sama perlu diberikan keterangan sumber. Misalnya, untuk gambar yang kita comot langsung tanpa perubahan :

Gambar diambil dari http://glen-tripollo.blogspot.com/ atau
Gambar diambil dari sini.

Terus, gimana kalo gambar yang kita comot hanya sebagai pelengkap desain kita? Begini juga boleh aja kok :

Dirancang oleh Glen, gambar background oleh Mamat atau
Dirancang oleh Glen, dengan beberapa source dari http://www.mamatsutamat.com/

Harap diingat, setiap penulisan sumber, sebisa mungkin diberikan link yang aktif atau clickable. Jangan sekedar tulisan alamat website tanpa bisa di-klik. Terlebih kalo menyisipkan iklan dibalik link tersebut. Itu juga termasuk kejahatan di dunia maya.

4. Template Blog
Aha! Satu hal ini yang paling penting dan sering banget ngga dihiraukan. Terutama buat para blogger yang templatenya download dari website penyedia template gratisan. Biasanya di bagian bawah setiap website bakalan disertain juga keterangan pembuatnya, misalnya :

Copyright 2012. Black Cute Templates created by Glen Tripollo

Biasanya di bagian nama pembuat dikasih link ke website si pembuat. Tapi sayangnya, kebanyakan blogger malah menghapus keterangan ini dan menggantinya dengan namanya sendiri dan link menuju websitenya sendiri. Hal yang kecil, tapi ini jelas plagiarism. Hati-hatilah kawan. Makanya sekalipun source gambar di blog ini sebagian besar Gue buat sendiri, Gue nggak pernah berusaha menghapus Attribution Powered by Blogger di bagian bawah blog.

Kira-kira itulah hal-hal penting yang kadang sering dilupain sama blogger. Oh yah, dalam menulis isi blog sebisa mungkin jangan mengait-ngaitkan pihak lain terlebih bila isinya flaming atau berkata-kata kasar dan tidak wajar. Karena selain bisa mencemarkan nama baik orang lain, hal ini juga ada loh aturannya di UU ITE. Lebih bagus kalo nama disamarkan, atau minimal menggunakan nama asli asalkan mendapatkan izin dari yang bersangkutan.

So, Guys! Sampe di sini dulu yah update Gue. Moga aja ada waktu buat update lagi. Semangat! Ayo kita ngeblog sehat dan hilangkan semua hal berbau plagiarism yang ngga kita sadari dari sekarang. Diteliti yah blognya! Salam Blogger!

34 comments:

  1. postingannya baguuus ^^ nambah ilmu banget nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi... jadi malu... :)

      Makasih yaa.... :D

      Delete
  2. Replies
    1. Iya sama-sama... Dipraktekkan yah... :)

      Delete
  3. keren nih bang postnya :D bener banget kadang kita orang suka ngerehemin plagiat2 kecil kaya gitu :O dulu gue juga pernah gitu sih muaheuaheu soalnya emang belom ngerti kode etik, kalo sekarang engga deh ya :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih2... :D
      Iya, yo ah, harus peduli sama hal2 yang kecil, baru boleh deh masuk ke dunia yang lebih besar... :D

      Delete
  4. alahmdulillah dapet ilmu baru... nice post...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah yah... ^_^
      Makasih atas kunjungannya... :D

      Delete
  5. Memang sudah saatnya blogger peduli dengan hal-hal "kecil" namun besar dampaknya seperti ini. Thanks ats postingannya, Glen. It made ​​me more aware than before. Hehe... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, dibalik rasa malas yang lagi melanda tetep bisa sharing sesuaatu yang berguna... Makasi udaah berkunjung... :)

      Delete
  6. setuju banget untuk masalah yang ngapus credit di template download-an, banyak yang gak sadar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup bener banget. Sepanjang Gue blogwalking amat sangat sering nemu yang ini... :D

      Delete
  7. wah, makasih sudah mengingatkan.....

    ReplyDelete
  8. Cukup lengkap sebagai pengingat kita agar tidak salah bertindak dalam perblogan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... kalo punya tambahan, bikin aja postingannya di blog dikau dengan mengacu juga ke link sini... hitung2 dapet backlink.. :D

      Delete
  9. :D
    pas hbis bc ni postingnn, sy lngsung lari ke tab blog sy,,,
    whahaha..

    nice post ...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha... Langsung ngecek yah? :D
      Sip! Sama-samaa yaaaa... mkasih udah berkunjung... :)

      Delete
  10. postingan yg sangat bermanfaat, :)
    harusnya pemikiran kaya begini dimiliki smua blogger atau pengguna internet yah, :)
    termasuk saya,, hehe

    Ditunggu kunjungan baliknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks yaaa... :D Iya seharusnya sih begitu, biar ngga ada pertentangan antar blogger, sesama blogger mesti saling menghargai... :D

      Delete
  11. jaga blog biar ga jadi korban plagiat gmana yah?


    kalo ngopas gambar doang boleh gak yah? blog gue bkn buat komersil kuk :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal ada sumbernya dan dikasih link aktif pada sumber tersebut... That's okay... :)

      Delete
  12. ooh gitu tokh... untungnya yang soal widget itu juga gue lebih banyak ngandelin yang tersedia di blogger.com dan gue juga rada gaptek sama kode html. fiuuh.... syukur deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah kalo ngga ada yang "nyerempet2" plagiarisme... :3

      Delete
  13. waaaah..
    *gaTauMauNgomongApa

    Kemudian lngsung liat blog sndri.. hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehehe... :D Selamat melakukan Blog Introspection... :D
      Thx udah mampir yaa... :D

      Delete
  14. glen, entah knp yg bag ini sy krg ngerti...

    " Nah, bagi yang nge-share film-film Hollywood misalnya, jangan juga dikasih link download langsung, tapi sajikanlah dengan menggunakan video player semacam YouTube. Hal ini untuk mencegah terjadinya pembajakan terhadap suatu karya yang dibuat orang lain. Hal yang sama juga berlaku untuk audio. Gunakanlah flash Mp3 Player ketimbang membagikan langsung link downloadnya. "
    bs dijlskan lg??
    thx.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya kalo bikin blog yang isinya download film/lagu sebetulnya itu dilarang. Karena itu merupakan praktik pembajakan. Udah gitu aja... Ngga ngerti di mananya? :D

      Delete
    2. owhhh... i c...

      ini yg ada kalimat: "Gunakanlah flash Mp3 Player ketimbang membagikan langsung link downloadnya"...

      owhhh... klo naroh link donlodannya, brarti spread bajakannya ya??

      Delete
  15. oh gitu yah ternyata harus mengenal kode etik juga, terima kasih agan udah share ilmunya.
    Banyaknya grosir jilbab murah yang dijajahkan dipasaran, salah satu contohnya jilbab instan yang lagi booming. Untuk mengetahui harganya silahkan klik saja atau bisa juga jika anda ingin mengetahui macam-macam jilbab kunjungi website kami untuk melihat grosir jilbab murah cantik online

    ReplyDelete

Thanks ya, udah berkunjung ke Creative Talks Blog ini. Silakan meninggalkan komentar dengan tidak mencantumkan hal-hal yang berkaitan dengan SARA, flamming dan juga memojokkan pihak tertentu. Diharapkan juga untuk tidak meninggalkan link aktif pada badan komentar atau komentar tersebut akan langsung dihapus oleh admin.

Happy blogwalking and have a nice day!
Creative Talks Blog Creator - Glen Tripollo