CREATIVE SOCIETY

Wednesday, November 21, 2012

CARA JUJUR MENINGKATKAN JUMLAH VISITOR BLOG

Heiho, Sobat! Akhirnya, Gue kembali! Gue dapet semangat baru menjelang akhir tahun 2012 ini. Entah kenapa semangat ngeblog Gue pasti bakalan memuncak menjelang akhir tahun. Mungkin gegara blog ini berhasil meningkatkan Page Rank-nya ke angka tiga sejak minggu lalu. Gue bakalan di-cap gak tahu diri banget kalo Gue sampe menelantarkan blog ini terlalu lama.

Oke, sebelumnya, seneng sih boleh-boleh aja. Tapi, harus dikontrol, soalnya nggak semua orang lagi merasakan kesenengan saat ini. Terutama sodara-sodara kita di Palestina yang lagi dicecer serangan-serangan Israel tanpa henti. Yuk, sejenak kita bantu doa buat mereka semua. Semoga diberikan kesabaran dan ketabahan. Kita sih enak, hidup di negara yang masih tergolong aman, jadi gak pernah bisa tau gimana rasanya hidup di Palestina. Bertenggang rasalah kawan.

Alright, sekarang langsung ke pembahasan dari postingan Gue kali ini. Nggak peduli kita ngegarap blog macem apa, entah itu blog pribadi, blog perusahaan, blog berita dan juga blog e-commerce, nggak akan ada artinya kalo nggak punya pengunjung, atau bahasa gaulnya tuh visitors. Pasti keki dan bosen banget rasanya udah capek cuap-cuap di blog, eh nggak ada satupun orang yang baca dan kasih komentar di postingannya itu. Biasanya sih kalo nggak tahan, seorang blogger pemula bakalan bener-bener berenti ngeblog. Sayang banget kan?

Nah, ada hubungannya dengan kultwit Gue waktu itu tentang "More Visitors, More Spirits", kali ini Gue mau bahas tentang cara jujur meningkatkan jumlah visitor dalam bentuk blog post (yang sepertinya juga bakalan jauh lebih lengkap). Jadi, kalo kalian waktu itu sama sekali nggak tahu-menahu soal kebiasaan Gue nge-kultwit soal blogging, nggak usah bingung, coz, lewat postingan ini Gue mau mempertegas dan memperjelas apa-apa yang udah Gue sampein di sana. Tapi, tetep sih kalo ada yang masih penasaran sama versi KulTwit langsungnya, kalian bisa langsung buka Twitter dan search tweet dengan hashtag #CreativeTalksTips. Kalian juga bisa kalo mau follow akun Twitter Gue, soalnya Gue bakalan cukup sering melakukan kultwit seputar blogging.

Salam pembuka KulTwit "More Visitors, More Spirits!" hari Minggu lalu (18/11)

Lanjut yak! Jadi, kayak yang Gue bilang di atas, nggak ada blogger yang ngga peduli sama visitor. Bedain yak visitor sama follower. Kalo follower itu ada atau nggak ada, rasanya bukan masalah selama ada orang yang aktif mengunjungi blog kita dan rajin baca postingan-postingan kita. Nah, apa jadinya kalo nggak ada visitornya?

Gue bakalan bahas cara-cara mudah dan jujur yang bisa dilakuin seorang blogger kayak Gue biar bisa meningkatkan jumlah visitors. Untuk itu, kalian semua harus paham dulu tentang dua jenis situs luar biasa yang saat ini menguasai hajat hidup orang banyak di dunia maya. Situs-situs itu adalah Situs Pencarian, atau yang akrab kita sebut Search Engine, dan juga Situs Jejaring Sosial, atau biasa disebut Social Network. Contoh paling terkenal dari kedua jenis situs adalah Google dan Facebook tentu.

Strateginya adalah bagaimana kita bisa memanfaatkan kedua jenis situs itu tanpa cacat dan tanpa kecurangan apa pun. Kalo kita pakai dengan jujur, selain visitor yang dateng bakalan pada setia, pastinya juga blog kita disayang sama Google dan nggak bakalan berada di dalam daftar Black List karena dianggap "mencurigakan". (Lirik blog-blog lain yang kebanyakan mencurangi sistem Google). Dan perlu diketahui, sistem pencarian visitor yang jujur itu memang membutuhkan sedikit keaktifan, semangat juang, dan pembelajaran. Jadinya nggak ada yang instant. Kalo kalian liat ada blog yang nulis tips cara dapetin visitor secara instant, itu bohong! Atau mungkin bener, tapi pake cara yang bertentangan sama TOS (Terms of Services) nya Google.

Ada dua tahap dalam menarik perhatian visitor. Yaitu tahap pengembangan konten, dan tahap promosi. Tahap pengembangan konten itu yang paling penting daripada tahap promosi. Kenapa? Soalnya gini, nggak peduli kalian promosi seheboh apa, kalo isi dari blognya ngga menarik, maka visitornya juga cuman sekedar lewat aja. Nggak mau kan? Makanya yuk ikutin dulu saran-saran Gue dalam melakukan pengembangan konten dalam hal ini adalah postingan blog.
  1. Cerdaslah dalam menentukan judul postingan. Judul postingan adalah hal kedua yang diperhatiin sama Google search engine dalam melakukan pengindeksan setelah meta tag blog description. Jadi, milih judul yang tepat, dapat meningkatkan kemungkinan postingan kita muncul di mesin pencari Google. Nah, gimana caranya biar kita bisa nentuin judul postingan yang tepat? Dalam hal ini, kita harus berpikir sebagai seorang calon visitor. Manfaatin deh Google Search Engine buat kita ngebayangin keywords macem apa yang berkaitan dengan tema yang pengen kita angkat biar mudah dicari. Misalnya, kalian mau bikin postingan tentang bahaya narkoba. Coba deh, kalian bayangin keywords-nya. Biasanya, kalo pengen cepet dan simple, kita bakal ketik di Google begini "Bahaya narkoba untuk diri kita". Kalo udah coba di-enter terus lihat hasil pencariannya. Apakah hasilnya sudah sangat sesuai dengan keywords yang kita ketik? Kalau belum, beruntung! Kalian bisa memaksimalkannya. Jadiin aja keywords barusan sebagai judul postingan kalian, atau seenggaknya bikin judul yang di dalemnya mengandung unsur kalimat keywords itu.

  2. Optimalkan konten. Mengoptimalkan konten biar lebih SEO friendly sebetulnya nggak susah dan nggak perlu pake cara-cara curang. "Bermain-main" dengan meta-tag saja, it's okay, kalian boleh pake itu kalo cuma sekedar mengincar jumlah visitor yang banyak. Tapi, itu belum tentu kalian bisa mendapatkan visitors yang setia. Jangan-jangan cuma dateng sekali dan kemudian merasa kapok. Gawat kan?

    So, gimana cara mudahnya mengoptimalkan konten? Yang paling penting itu adalah meningkatkan kualitas isi postingan. Buat tulisan senyaman dan sekreatif mungkin. Buat pembaca betah lama-lama di depan komputer sambil baca tulisan kalian. Tapi, ada tambahannya! Coba deh, masukin unsur kata yang persis sama dengan judul postingan satu atau dua kali, terus salah satu di-bold, dan yang lainnya diberikan link mengarah ke blog sendiri. Yak, satu backlink di dalam postingan sendiri cukup satu kali saja, nggak perlu berlebihan. Berikan juga beberapa kata yang masih ada sangkut-pautnya sama judul format italic atau underline. Kenapa sih mesti ditambahin format khusus? Soalnya Google itu cerdas. Bukan cuma judul aja yang dicek sama Google, tapi juga isi postingan. Google ngecek beginian pake robot, di mana logika si robot bakalan masukin hal-hal penting (dalam hal ini kata-kata yang diberikan format tambahan) ke dalam sistem pengindeksannya. Jadi, makin kelihatan keterhubungan isi dengan judulnya, semakin terindeks dengan sangat baik.

    Terus buat apa fungsi link yang mengarah kembali ke blog sendiri? Google bakalan menelusuri setiap link yang terdapat di dalam postingan, dan kalo Google menemukan link seperti ini, sama aja seperti perintah untuk si sistem untuk merefresh kembali memorinya dan mengecek ulang hal-hal yang mungkin aja ngga tercatat sama robot karena bug. Kira-kira begitulah logikanya. Makanya nggak boleh berlebihan, bisa tau kan efeknya apa?

  3. Pergunakan tag atau label secara maksimal. Google yang cerdas, bisa membedakan postingan dengan judul yang mengandung kata "cara" sebagai sebuah postingan berisikan tutorial. Makanya, pemberian tag atau label "tutorial" misalnya, itu juga bisa berguna. Walaupun hal ini terkesan sepele, tapi manfaatnya luar biasa loh. Jadi pergunakan tag atau label yang kira-kira sesuai dengan isi postingan kalian.

  4. Manfaatkan penyedia jasa Ping. Kenapa Ping? Apaan itu? Ping blog itu mengirim pemberitahuan kepada mesin-mesin pencari agar segera mengecek blog kita. Blog itu ada banyak banget di dunia ini. Dan biasanya walaupun sudah terautomatisasi dengan baik, tetep aja ada bug atau ada yang miss gak terindeks sama si robot. Nah, untuk memastikan blog sudah dicek sama robot, silakan Ping. Memang nggak akan ada pernyataan jelas yang ngasih tau ke kalian kalo blog kalian udah beres dicek, tp seenggaknya sukses atau tidaknya proses Ping bakalan terlihat. Gue menyarankan kalian pake fitur Ping di Google Ping. Tempat nge-Ping terbaik yang bisa Gue temuin sampe saat ini. Normalnya, sebuah blog bakalan terindeks maksimal setelah lewat satu hari, tapi kalo pake jasa Ping, pengindeksan ini bisa jadi lebih cepat dari biasanya.

Nah, bahasan di atas Gue rasa udah cukup mantab untuk mengundang banyak visitor lewat search engine Google, dan bila beruntung search engine kayak Ask dan Bing juga bisa sih. Terus, kalo udah dapet banyak visitor masalah berikutnya pasti gimana caranya biar mereka pada betah berlama-lama di blog kalian kan? Untuk itu kalian butuh sedikit jiwa seni. Coba baca artikel Gue yang berjudul Cara Agar Personal Blog Kamu Dikenali Banyak Orang. Di sana Gue ngebahas semuanya dari sisi konsep dan desain dari blog itu sendiri.

Sekarang, optimalisasi konten udah, penggunaan search engine udah. Berarti langkah selanjutnya adalah get enganged with your visitors atau menjaga hubungan baik kalian dengan para visitor biar mereka semua merasa diperhatikan oleh sang mpunya blog. Gimana caranya meng-engage visitor yang sederhana? Langkah mendasar yang paling penting tapi sering disepelekan adalah ini : AKTIF. Kebanyakan visitor itu ngerasa males ngasih komentar di dalam sebuah postingan blog. Nah, kalo sampe ada visitor yang ninggalin komentar, artinya dia baik hati dan rela ngorbanin sedikit waktunya buat berkomentar. Sebagai penyedia jasa (yaitu, kalian sebagai mpunya blog) harusnya nunjukkin respect sama sang visitor. Nggak peduli dia bakalan baca lagi atau nggak, sebaiknya kalian membalas setiap komentar yang ada.

Cara yang lebih expert adalah dengan membuat media interaktif. Media interaktif ini sekarang udah banyak disediain sama situs-situs sosial media, seperti Facebook dengan FB Fan Page-nya, dan juga Google+ dengan Google Page-nya. Keduanya punya beberapa perbedaan. Secara pribadi Gue lebih suka FB Fan Page, coz fitur-fiturnya lebih lengkap dan masih gampang dimodifikasi sesuka hati. Bikin deh Fan Page, dan peliharalah visitor kalian. Ajak ngobrol secara rutin, sharing, diskusi, atau mau adain acara-acara seru? Silakan aja. Sekali lagi hal ini akan berpengaruh pada kemampuan komunikasi kalian. Makanya, sebetulnya kegiatan mencari visitor itu sama halnya dengan nyari pelanggan buat toko yang kalian punya. Di sini teknik dasar marketing sangat diperlukan. Analisa kelemahan dan kelebihan blog kamu, terus maksimalkan kelebihan itu buat menarik minat visitor lebih banyak lagi. Contohnya bisa kalian liat FB Fan Page untuk Creative Talks ini.

Jauhi SEO berlebihan yang menyesatkan, salah-salah kalian malah kehilangan blog yang udah kalian bikin dengan susah payah. Sedikit usaha dan konsistensi diperlukan banget. Jadi Gue harap kalian semua sabar untuk mencapainya. Beberapa blogger lebih sering masuk ke komunitas-komunitas khusus para blogger untuk saling bertukar blog dan follow-memfollow, tapi itu cuma cocok untuk awal mula aja. Buktinya, blog Gue ini. Awalnya dapet banyak visitor lewat media komunitas, tapi lama-kelamaan visitor terbanyak datengnya dari search engine Google. Nih buktinya! (Klik aja biar lebih jelas, yak!)


Di grafik di atas itu ditunjukin kalo lebih dari seperempat (25%++) jumlah visitor blog Gue berasal dari search engine Google. Ini beneran awalnya di luar dari ekspektasi Gue sendiri. Gue sempet nggak nyangka bisa dapet sebanyak itu, padahal beberapa bulan terakhir Gue cuma nge-update blog ini satu kali. Sedangkan, optimalisasi keywords bisa dilihat di grafik di bawahnya. Gue juga nggak nyangka ternyata banyak juga yang masuk ke blog Gue gegara keyword "Situs Porno", ya, keyword itu masih ada hubungannya sama postingan Gue untuk Bloggers' Campaign-nya Bloggers' Shout Out! sih, jadinya Gue anggep itu sebagai bentuk keberhasilan Gue dalam mengoptimalkan keyword ke postingan yang Gue buat. Hehehehe.

Nah, gimana? Mau dipraktekan? Silakan aja loh. Yang penting itu kalian harus beneran menikmati setiap langkah demi langkah yang kalian lakuin. Blog ini belum ada setahun berdiri (tanggal 29 November 2012 nanti baru deh genap setahun) dan ternyata udah berhasil mencapai page rank 3, ini bener-bener suatu hal yang susah buat Gue percaya, mimpi aja nggak pernah.

So, sampe di sini dulu ya postingan Gue. Moga bisa jadi manfaat buat semuanya. Jangan ragu buat saling sharing and bertanya. Kalian bisa nanya macem-macem hal yang berkaitan dengan dunia blogging lewat FB Fan Page-nya Creative Talks loh. Lemme know ya! Nggak ada ruginya kok di-like. Sampe ketemu lagi di postingan Gue yang lainnya. Salam Creative!

57 comments:

  1. penggunaan ping sdh jadi alternatif paling utama yah kang klo buat ningkatin visitors blog kita.. :D

    selain itu posisi di google jg bisa jdi bahan pertimbangan.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. penggunaan ping ngga utama juga kok, karena fungsinya kan bukan buat promosi, melainkan cuma sekedar memperingatkan situs2 lain kalo ada yg baru di blog kita dan agar lebih cepat di-index aja. Gue pake Ping baru sebulan belakangan ini kok... :)

      Kalo posisi di Google, sebetulnya juga ga ngaruh selama keywords sesuai. Yang penting blog kita nggak ke-suspect gerak-gerik mencurigakan aja, bahkan yang page rank-nya masih 0 aja bisa ada di main page Google kalo keywordnya sesuai. Gue pernah percobaan soalnya... :D

      Delete
    2. Ada yang menyebutkan terlalu banyak ping menyebabkan alexa meningkat, karna ping itu katanya menggunakan robot. Ups gak tau jga deh -_-

      Delete
    3. Meningkat di sini maksudnya meningkat angka peringkatnya atau meningkat apanya nih? Positif atau negatif? Kalo soal robot, segala mesin pengecekan di dunia maya juga pake robot kok. Google aja pake robot... :)

      Delete
  2. Langsung praktek dah.

    Thanks banget Mas Glen!! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... siip, sama2... seneng kalo postingan ini bermanfaaat... Thanks udah berkunjung... ^^

      Delete
  3. optimalisasi konten gan , emang sulit kalo harus optimalisasi konten, tapi emang kalo kontennya udah maksimal, selain dapet visitor yang banyak juga bisa dapet visitor yang setia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup memang. Dan Gue juga masih teru belajar dan belajar biar tulisan-tulisan Gue nyaman dibaca sama banyak orang. Yang penting semangat! :D

      Delete
    2. tapi betewe,,, aku suka sama karakter2 di blog ini gan ahaha... karakter unyu2

      Delete
    3. Wahahaha... Thanks kalo dikau suka... :D

      Delete
  4. seiring waktu berjalan, musim-musim yang dijalani... akhirnya lambat laun gue bisa juga kak, ngepahami cara kerja google, dan optimisasi SEO secara berkala...

    dan yaps, apa yang kak glen tulis itu semua bener, keren dah hihi...

    gilaaa... sampe udah menginjak angka 2000 dari google.co.id

    WAW... !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita memang harus bilang "WAW!" gitu. XD

      Delete
    2. Hahahaha... Thanks yak Angga and Dani... :)

      Delete
  5. emang iya segala hal berbau porno selalu laris manis.... :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho oh... laris parah... sampe mejeng di page one postingan yg situs porno itu... :D

      Delete
  6. wahhh keren banget ya tipsnya makasih

    ReplyDelete
  7. konten yang bagus memang menentukan jumlah visitor ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jumlah visitor itu ditentukan seberapa banyak kita melakukan pengoptimalan search engine (tentunya dengan cara yg benar) dan juga promosi (tambah lagi jaringannya) :D

      Sedangkan konten yang bagus menentukan jumlah visitor yang setia... :D

      Delete
  8. Selamat siang gan, saya ingin mengajak anda untuk bekerja sama dengan saya..

    Ohh iya, agan FOLLOW blog saya, nanti di FOLLBACK deh oleh saya. Berikut link'nya =>> [ YUEZHA SOFTWARE ]

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerja sama dalam hal apa ya?
      Thanks uah mampir btw...

      Delete
  9. Satu lagi buat tulisan tanpa copy paste !!

    Ditunggu follow baliknya :)

    @Salam Kenal

    [ Unimportant Notebook ]

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, tanpa copy paste, termasuk juga bentuk-bentuk pembajakan lainnya... :)
      Thanks udah berkunjung. Salam kenal juga... :D

      Delete
  10. Wewww.. ping! Br tau..
    Nti dicb deh, hehehe...

    Ada prayaan apa nti wkt genap 1 thnan? Hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Ping itu salah satu tool third party yg lumayan berguna, walaupun ngga pake ping pun sebetulnya nggak apa-apa...
      Genap setahun perayaan apa ya? Kayaknya ngga ada apa-apa sih... Banyak kegiatan di dunia nyata soalnya...

      Delete
  11. wow wow wow ini postingan sangat luar biasa....salut buat bang Glen, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks ya moerad udah bersedia mampir and baca... :D

      Delete
  12. wih keren euy, pengunjungnya buanyak yg liat....
    pengan dah begono tp nggak ngarep begitu juga sih hihihi

    ReplyDelete
  13. aaaakk... mau praktekin ah :D
    semangat terus ya mas Glen, blognya emang keren banget kok, mulai tampilan sampe kontent.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat mempraktekkan... :D
      Oke deh... SEMANGAT! Thanks atas pujian dan juga kunjungannya... :D

      Delete
  14. Gw betah bgt nih baca postingan kali ini,
    informasi yg sangat bermanfa'at Gan O,O

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheheh... thanks Amir udah berkunjung dan menikmati isi postingan ini... Senang kalo bermanfaat... :)

      Delete
  15. woooow...ini contoh postingan yang bikin betah berlama-lama di depan kompi ( makin nambah deh minus gw hiks )
    Tips nya oke banget, sangat bermanfaat...thank you yaaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama2... makasih udah berkunjung yaa... :D

      Delete
  16. makasi mas, saya coba sabar dulu deh mas, soalnya blog saya masih jauh di bawah, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... iya kuncinya memang kesabaran and berusaha terus memaksimalkan konten dengan konten yang berkualitas. :D

      Delete
  17. Semenjak baca postingan kak glen yang ini, rasanya gue masih kurang jadi seorang blogger, komen komen dari postingan gue emang masih sedikit. Emang kalo tiap kita mosting sesuatu, hal yang paling ditunggu itu komen dari visitornya. gue baru baru aja jadi blogger. Minta pendapat dong kak glen gimana isi blog gue ini, apanya yang kurang http://esweebe.blogspot.com/ ?
    gue juga masih belom ngerti full tentang SEO itu, Google Ping itu juga apa gue gak tau. Minta bantuannya yah kak glen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mau direview daftarin aja blognya sob ke acara Creative Talks Blog Review... :D Info lengkapnya mampir aja ke Fan Page Creative Talks yak... :)

      Delete
  18. memang sih, sekarang konten adalah raja,
    tidak bisa dipungkiri hal itu...
    tapi kalau konten kita tidak ada yang cari, percuma juga posisi pertama google

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk itulah diciptakan Google Analytic... buat pedoma blogger mengetahui apa yang lagi trend di dunia maya... :D

      Delete
  19. Heheheh cara jujur meningkatkan jumlah visitor adalah dengan senantiasa berdoa dan berusaha..... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahahaha,,, iya bro... berdoa juga penting... :)

      Delete
  20. widih, gk gampang y... harus kreatif + jangan menyerah. makasih atas infonya !

    ReplyDelete
  21. telah di coba ping google koq gak bisa ya
    kenapa ya??

    boleh copas gak artikelnya?
    kalau boleh inbox ya
    http://bloggeronecu.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah klo mau copas silakan aja, asal ngga lupa etikanya terutama pasang link aktif ke sumber tulisan... :)

      Delete
  22. isssh belom setahun masuk page rank 3 google :D
    hebat bang Glen !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... Thanks yaa... :D ga bakalan bisa nembus PR 3 klo bukan karena visitor and pembaca setia blog ini... :D

      Delete
  23. yang porno-porno masih jadi top search

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah begitulah brow... lebih banyak orang nyari hal2 negatif di internet ketimbang yang positif... :D

      Delete
  24. asik banya postingnya.
    thanks infonya yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama sob... thanks juga udah mampir... :)

      Delete
  25. info bermanfaat,,,,makasih ya gan,,

    angelobrand98.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke, Angelo. Thanks ya, udah berkunjung. :)

      Delete

Thanks ya, udah berkunjung ke Creative Talks Blog ini. Silakan meninggalkan komentar dengan tidak mencantumkan hal-hal yang berkaitan dengan SARA, flamming dan juga memojokkan pihak tertentu. Diharapkan juga untuk tidak meninggalkan link aktif pada badan komentar atau komentar tersebut akan langsung dihapus oleh admin.

Happy blogwalking and have a nice day!
Creative Talks Blog Creator - Glen Tripollo