CREATIVE SOCIETY

Tuesday, May 15, 2012

ICLA 2012 : BRING CARS TO YOUR IDENTITY

Guys, kalo kita ngeliat balik ke belakang. Yang namanya mobil adalah sebuah kebutuhan hidup yang tergolong mewah. Seinget Gue, dulu cuman segelintir orang aja yang bisa punya mobil. Biasanya dari kalangan pekerja kantoran yang emang punya gaji bulanan gede, ataupun orang-orang pebisnis yang punya usaha maju.

Hal ini dikarenakan pada waktu itu, harga mobil tergolong sangat mahal. Nggak ada yang mau beli mobil kalo nggak butuh-butuh banget. Lagipula, pada waktu itu, impor mobil masih terbatas jumlah. Dengan merk yang cukup beragam, model yang ditawarkan masih standar dan hampir sama antara merk yang satu dengan merk lainnya.

Dulu, pasaran mobil bergaya di Indonesia kebanyakan diimpor dari Eropa, makanya harganya mahal banget. Mendadak Gue jadi inget mobil Mustang jadul punyanya saudara jauh kakek Gue. Di mana Mustang itu cuman ada tiga unit di Indonesia. Bentuknya antik dan unik, Gue sendiri nggak begitu suka sama modelnya, tapi di jaman dulu, mobil itu adalah sebuah primadona. Stirnya aja masih di sebelah kiri. Nggak lama setelah itu, baru deh kemudian banyak mobil-mobil produksi Asia masuk Indonesia, terutama Jepang. Kelebihannya, mobil produksi Asia lebih murah daripada produk Eropa. Perawatannya pun relatif mudah.


Nah, kalo ngomongin mobil di jaman sekarang, tentu pandangannya udah beda banget sama jaman dahulu kala. Kalo dulu mobil dianggap sebagai kebutuhan yang tergolong mewah, nggak ada yang mau beli kalo belom kaya raya, dan nggak bakalan beli kalo belom merasa bener-bener butuh, maka sekarang mobil bisa dianggap sebagai kebutuhan sekunder setelah rumah. Setiap orang yang bekerja (nggak peduli jabatannya apa) udah punya mobil. Entah udah dibayar lunas, atau masih nyicil, yang penting punya. Ibu-ibu rumah tangga juga punya mobil buat mendukung kegiatan belanja-belanjanya, dan bahkan anak kuliahan maupun anak SMA yang notabene belom punya penghasilan sendiri, pergi ke kampus atau sekolahnya udah bawa mobil.

Kok bisa begitu ya? Hal ini sebetulnya dipengaruhi sama beberapa faktor (menurut Gue sih), misalnya aja kayak yang berikut ini:
  1. Meningkatnya daya beli masyarakat di Indonesia.
  2. Meningkatnya jumlah kebutuhan hidup masyarakat.
  3. Kepraktisan, kenyamanan dan keamanan. Orang akan merasa nyaman dan aman apabila bepergian jauh menggunakan kendaraan yang dimilikinya sendiri, lagipula lebih praktis daripada berdiri di pinggir jalan nunggu angkutan umum lewat.
  4. Semakin banyaknya jumlah mobil yang diimpor masuk ke Indonesia.
  5. Nggak seperti dulu, kini yang namanya mobil betul-betul beragam model dan warnanya, juga punya fungsi khususnya masing-masing.
  6. Hasrat seseorang untuk bergaya dengan menggunakan mobil yang nggak lagi terbendung. Hal ini merupakan faktor turunan dari poin nomor 1 dan nomor 5.

Mobil udah nggak lagi dipandang sebagai alat transportasi semata, tapi banyak juga yang memandang mobil sebagai bagian dari hobi. Makanya, selain mengendarai mobil, banyak juga orang-orang yang aktif banget dalam mendandani dan memodifikasi mobilnya. Kemudian biasanya mereka bergabung di dalam sebuah komunitas khusus yang setiap beberapa waktu akan melakukan pawai keliling jalan raya ibukota. Nggak heran kan sekarang ini banyak banget mobil-mobil yang nyentrik dan unik berlalu-lalang di jalanan?



Berikutnya adalah pandangan yang paling ekstrim yang ada di jaman modern ini. Di luar fungsi utama mobil sebagai alat transportasi, ternyata mobil bisa juga digunakan sebagai alat untuk memperkuat pembentukan identitas diri pemiliknya. Gimana caranya? Sebetulnya hal ini disebabkan oleh faktor pada poin 4 dan 5 di atas. Beragamnya jenis-jenis mobil di masa kini artinya memberikan banyak sekali pilihan bagi konsumen yang ingin membeli mobil. Mungkin beberapa orang membeli mobil dilihat dari harganya, atau kemampuannya. Tapi, banyak juga orang cerdas yang membeli mobil demi menunjukkan jati dirinya. 

Misalnya begini, ada orang yang suka sekali berpetualang melintasi jalan-jalan terjal dan berbatu. Melewati sungai, dan menerobos jalan hutan. Dia pasti bakalan mengutamakan membeli mobil yang bisa mendukung minatnya tersebut. Akhirnya, dia membeli mobil off-road. Nah, ketika mobil off-roadnya melintas di jalan, orang yang melihat pasti bakalan berpikir kalo si pengemudi adalah orang yang suka berpetualang. Nah, contoh itu adalah bukti bahwa mobil bisa juga digunakan untuk menunjukkan identitas dan jati diri si pengemudi.



Sekarang jadi nambah satu lagi deh pertimbangan-pertimbangan konsumen dalam memilih mobil. Mungkin bisa diliat dari berbagai sudut pandang. Tergantung konsumen yang mau beli mobil. Pertimbangan-pertimbangan ini umumnya sih seperti ini :
  1. Berdasarkan tingkat ekonominya, biasanya yang menengah, menengah ke atas, dan high-class, pemilihan utamanya pasti dari segi harga. Yang menengah pasti nggak mau beli yang mahal, sedangkan yang high-class merasa gengsi kalo ngga beli yang mahal. Besaran cc bahan bakar serta irit atau tidaknya juga menjadi pertimbangan.

  2. Berdasarkan tingkat kebutuhannya, biasanya kebutuhan ini dibagi ke dalam beberapa kelompok. Apakah untuk transportasi keluarga, atau untuk gaya, atau untuk ke kantor atau kampus. Kalo untuk keluarga, biasanya model nggak jadi suatu hal yang utama, yang terpenting adalah ukurannya pas dan bisa menampung seluruh anggota keluarga. Untuk bergaya, barulah model yang utama. Sedangkan untuk ke kantor atau kampus, biasanya dipertimbangkan dari kemampuan mobilnya, dan juga lingkungan di areal tempat kerja dan kampus.

  3. Berdasarkan gender, misalnya laki-laki pasti bakal milih mobil yang berkesan kekar dengan warna-warna yang strong atau konservatif, sedangkan perempuan bakal milih yang lebih feminim dan modis, dengan warna-warna yang soft.

  4. Berdasarkan kegunaannya, apakah untuk pribadi, atau aset yang mendukung pekerjaan, misalnya mobil pick-up yang berguna untuk mengangkut barang-barang.

  5. Berdasarkan profesi atau kegemaran, ini seperti yang udah dijelasin di atas, di mana mobil bisa menunjukkan jati diri pemiliknya. Pertimbangannya? Banyak banget sih, mulai dari model, warna, ukuran dan lain-lain sebagainya.

Pertanyaan selanjutnya adalah, gimana kalo nggak ngerti mobil? Soalnya, nggak semua orang mengerti mobil dan mobil apa yang paling pantas buat dikendarai sama dirinya. Nah, untuk itu memang diperlukan orang-orang yang ahli di bidangnya yang bisa memberikan rekomendasi sejujur-jujurnya kepada calon konsumen.



Nah, buat kalian yang butuh rekomendasi dari ahlinya, di Indonesia udah ada ini nih. Indonesian Car Lifestyle Award 2012 (ICLA 2012), yang diadain sama sebuah perusahaan bernama BosMobil. Sebetulnya sih nggak murni merekomendasikan mobil. Tapi, ajang award buat berbagai jenis mobil ini emang cocok banget buat dijadiin referensi bagi para calon konsumen yang mau beli mobil. Gimana nggak? Denger-denger sih mereka menurunkan banyak banget armada yang berkeliling daerah buat test-drive berbagai jenis mobil untuk kemudian dikelompokkan dan dicari yang terbaik di dalam kelompoknya masing-masing.

Ada empat nominasi yang ditentukan oleh BosMobil untuk ajang ICLA 2012 ini, yaitu:

Family Car
Pada kategori ini, terbagi lagi ke dalam empat kelompok, seperti Big Family Car, Small Family Car, Student Car, dan Young Couples Car.

List Kategori Family Car

Work Car
Kalo di dalem kategori ini, kelompok dibagi jadi tiga berdasar profesi yang mungkin cocok menggunakannya. Misalnya Commuter Car, Modern CEO Car, dan Professional Engineer Car.

List Kategori Work Car

Female Car
Mobil buat laki-laki, banyak! Tapi yang bentuknya pas banget buat dipake sama kaum perempuan nggak sebanyak itu. Nah, cocok juga sih kalo sampe dibikin award-nya kayak begini. Di sini kategori dibagi ke dalam dua nominasi, yaitu khusus untuk wanita muda yang imut atau Chic & Cute Car, dan juga untuk ibu-ibu super, atau Super Mums Car.

List Kategori Female Car

Play Car
Dan ini adalah kategori terakhir yang pastinya lebih banyak dilirik sama anak-anak muda yang doyan banget bergaya naik mobil. Di sini kategori dibagi lagi ke dalam tiga nominasi. Ada Drivers Car, yang hobi sama kecepatan, Modifholic Car, untuk yang hobi memodifikasi mobilnya, dan juga Road Trip Car, untuk yang doyan banget jalan-jalan.

List Kategori Play Car

Gimana? Keren banget kan? Ajang ICLA 2012 ini menurut Gue ngebawa banyak banget manfaat. Misalnya aja dari apa-apa yang bisa Gue tangkep di sini. Manfaat yang bakal dirasain adalah seperti ini :
  1. Konsumen mobil yang nggak punya pengetahuan khusus seputar mobil bisa mendapatkan referensi gratis dari hasil ICLA 2012 ini. Mereka akan tahu mana yang terbaik di dalam setiap nominasinya dan worthy banget buat dimiliki.

  2. Kalo ada yang jago review mobil, mereka juga bisa melakukan VOTE di ajang ICLA 2012 ini. Itung-itung dapet pahala karena udah bantu-bantu merekomendasikan mobil terbaik buat calon konsumen mobil.

  3. ICLA 2012, juga bisa mendorong berbagai perusahaan mobil untuk menciptakan produk yang lebih baik lagi, ya kan siapa tahu di ICLA berikutnya, mobil buatan mereka bisa menang di salah satu kategori.

Pokoknya banyak banget manfaat baik yang bisa dirasakan langsung maupun yang ngga langsung. Di luar dari begitu banyaknya jumlah kendaraan pribadi saat ini, Gue mendukung ICLA 2012 demi perkembangan dunia otomotif ke arah yang lebih baik lagi. Kalo boleh Gue saran sih, adakan juga nominasi untuk teknologi ramah lingkungan. Mungkin bisa jadi pendorong produsen mobil untuk membuat mobil-mobil yang bebas polusi. Hehehe.


Tulisan ini diikutsertakan pada ICLA 2012 Blog Competition oleh BosMobil

38 comments:

  1. wah jadi ngerti deh nanti kalo punya uang banyak harus beli mobil apa. sekarang sih belajar nyetir aja dulu..

    Good Luck Glen semoga menang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! betul betul betul... :D Yang penting belajar nyetir dulu... :D

      Delete
  2. Unuk paragraf awal, gue setuju sama lo... Yah mungkin karna itulah jalanan jadi crowded banget... Hukum tebar-tuai berlaku di sini... --'

    Padahal menurut gue, jauh lebih mengasikan naik angkutan umum. Kapan lagi lu bisa sauna gratis, pijat gratis, ngegym gratis, tidur dengan mulut kebuka, dll, dsb... Hahahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, sepertinya nuel ini sama ma Gue... Angkoters... XD

      Delete
  3. lengkap.. buat argument2 tentang yang knapa mobil sudah menjadi kebutuhan skunder setuju saya bang glen..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha,,, :D
      Itu padahal cuman menurut Gue aja sih... baguslah kalo sesuai sama kenyataannya... :D

      Delete
    2. emang kenyataan sekarang begitu bang

      Delete
  4. Choose your car, No.3 , kayanya ada kata yang kurang, bang .. :)

    Wahh, kalo kaya saya, butuh mobil yg bagaimana yaaa :))
    *menghayal dulu ah* :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya, hihihihi... udah ditambahin, makasih banyak yak udah diingetin... :D

      Delete
  5. Mobil sekarang emang sudah jadi semacam lifestyle gitu. Fungsinya juga sudah bertambah, gak cuma untuk alat transportasi aja.

    Dulu sih, pas pertama kuliah masih sering shock ngelihat temen2 kuliah banyak yang bawa mobil. Tapi sekarang udah gak. Karena yaaa itu tadi, mobil udah jadi gaya hidup. Asal punya duit, punya deh mobil. Padahal kebutuhannya juga gak mendesak banget menurutku.

    Goodluck buat BlogCompetition nya om Glen. Lama tak main kesini. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha... iya bener banget mae... :D
      Yah, makin ke sini kan makin butuh yg praktis... :)
      Btw, selamat dateng kembali dan aamiin, thx ya dukungannya... :D

      Delete
  6. tapi tetep di sesuiakan dengan kantong.. jadi punya satu mobil bisa untuk semua.. gudlak sob.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, that's right... :D
      Thx ya udah mampir... :)

      Delete
  7. Selamat berjuang, 5 juta menunggu ....

    ReplyDelete
  8. salam gan ...
    menghadiahkan Pujian kepada orang di sekitar adalah awal investasi Kebahagiaan Anda...
    di tunggu kunjungan balik.nya gan !

    ReplyDelete
  9. Di zaman ini, mobil memang sudah menjadi lifestyle bagi masyarakat Indonesia. Semoga sukses. Mohon beri komentar pada tulisanku yang ini ya - Kontribusi ICLA 2012 Kepada Produsen Mobil Begitu Berarti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul banget mas Bowo... :D
      Tadi saya udah mampir ke sana and meninggalkan komentar. Tapi ngga tampil, mungkin harus dimoderasi dulu... :D

      Delete
  10. weleh..weleh.. argumen yang detail dan lengkap,.. sip..sip... semoga bisa meraih yg terbaik bro..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke, makasih ya sob... :D Aamiin deh moga aja dapet hasil yg terbaik... :)

      Delete
  11. aaah sumpah keren bangetttt... penjelasannya jelas banget.. pemikiran yang kritis. keren kak XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... Makasih ya Adlin buat apresiasinya... :) Jadi malu... #eh

      Delete
  12. kalau menurut gue beli mobil itu sesuain sama kebutuhan di rumah.
    misalnya dlm satu keluarga ada 1ayah, 1ibu, 2anak. beli aja mobil yg standat cukup untuk berempat. kalau punya banyak keluarga dlm rumah, beli aja motor trak sekalian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kalo si konsumen merupakan seorang ayah yang pikirannya demi kepentingan keluarga... :D
      Nah, jaman skrg masalahnya kan pengguna mobil bukan cuma bokap2... anak SMA aja udah banyak yg bawa mobil.... :D

      Delete
  13. Nice info..

    belum mampu dan belum butuh2 amat sama mobil..
    pengen yang work car tuh #daydream

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woaaah... tipe workaholic ternyata... :D

      Delete
  14. wah boleh tuh infonya buat nyari mobil sebagai kado pernikahan. hahahahahha
    kalo suka sama mobil pick up double cab berarti gw orang yang ky gimana yah? hahahaha yang pasti bukan untuk kado pernikahan itu sih XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo buat pernikahan sih kayaknya yang paling cocok modal family car yak? Yang small aja dulu tapinya... baru deh pikir2 buat yg big family... hihihi... :)

      Delete
  15. Bener banget, dulu banget waktu pertama Babeh punya mobil, gak pake mikir ini jenis mobil apa dan gaya apa, yang penting semua anggota keluarga bisa keangkut Hehe... Makin ke sini, seiring makin bejibun jenis dan gaya mobil, mulai deh mikirin tuh yang namanya warna, model, merk dll.

    Tapi untuk sekarang, ane pribadi masih betah jadi penumpang dulu. Hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup begitulah... kemajuan teknologi dan kemudahan mendapatkannya juga berbanding lurus dengan perkembangan gaya hidup, dan pola pikir manusia... :D Makanya mesti waspada dan bijaksana juga menyikapinya... :D

      Thx udah mampir yaa... :)

      Delete
  16. Ini baru artikel. Selamat berjuang! Andi Kata say hello.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih ya udah berkunjung... :D

      Delete
  17. Selamat ya mas, telah menjadi pemenang ke 3.
    Salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mas... Makasih yak buat ucapannya.... :D
      Keep spirit!! :)

      Delete

Thanks ya, udah berkunjung ke Creative Talks Blog ini. Silakan meninggalkan komentar dengan tidak mencantumkan hal-hal yang berkaitan dengan SARA, flamming dan juga memojokkan pihak tertentu. Diharapkan juga untuk tidak meninggalkan link aktif pada badan komentar atau komentar tersebut akan langsung dihapus oleh admin.

Happy blogwalking and have a nice day!
Creative Talks Blog Creator - Glen Tripollo