Opinion

TERINSPIRASI SAMA PLAGIARISME ITU BEDA, KAWAN!

Yuhuu~ akhirnya Gue berhasil juga nyolong-nyolong waktu di antara kesibukan yang rasanya makin lama makin sibuk aja. So, what's up? Pertama-tama, Gue mau ngucapin met dateng ke Indonesia buat David Bekam, eh gimana nulisnya? Beckham ya? Oh ya! Pokoknya selamat dateng buat David Beckham and kawan-kawannya dari klub sepak bola LA Galaxy bukan LA Galaxqu. Ditunggu yah tandingnya besok sama TimNas Indonesia. Please mainnya santai aja yah, berhubung pemain TimNas kita masih kecapean abis ikutan Sea Games kemaren. Lagian kan sekarang stadion Gelora Bung Karno banyak lumpurnya gitu. Rumputnya pada ancyuuur gitchu dweeeh. Pelan-pelan aja larinya biar nggak kepeleset ya. Hehehe...

Oke, berhubung lagi ada waktu (yang kebetulan sangat-sangat terbatas), jadi Gue kesampingkan dulu deh kisah-kisah tentang Bang David. Sekarang ini Gue lagi kepengen curhat. 

Jadi begini. Waktu lagi boker, Gue mendadak kepikiran sama dua kata sakti yang ada di samping tulisan Gue ini. Yak, INSPIRED dan PLAGIARISM. Ada apa dengan kedua kata itu? (Gak tau kan Lo? Gak tau kan? Makanya baca dulu baru nanya!)

Sebetulnya bukan sesuatu yang mesti dibesar-besarkan sih. Tapi Gue ngerasa mual, eneg, dan bahkan sampe kebelet boker kalo ngeliat artis-artis Indonesia yang masih pada remaja, cantik-cantik, ganteng-ganteng (yah 11 12 lah sama Gue), tapi kok memahami perbedaan dua kata itu payah banget.

Gue nggak mau nyebutin siapa-siapa aja artis-artis itu, yang jelas mereka pernah sekali atau dua kali masuk infotainment gara-gara ngehasilin karya yang "mirip" dengan karya orang lain. Oke, Gue ngga mau kasar, jadinya Gue bilang karyanya "mirip". Dan kalian juga pasti tau, kalo mereka ditanya "Kok lagunya bisa mirip sama artis X dari luar negeri?" sama wartawan, pasti mereka bakal jawab, "Iya, INSPIRASI kita dari sana."

Hei, Guys! Setuju dengan kata-kata ngeles semacam itu? Kalo Gue sih nggak. Nah, Gue mau sampein dengan jelas kalo MIRIP dan TERINSPIRASI itu beda! Kok bisa beda? Yuk kita simak pendapat Gue tentang inspirasi.

Just like my quote, "INSPIRED = I'M COOL, JUST LIKE YOU", bukan! Ini bukan salah loh, ini benar adanya. INSPIRED atau kalo dalem bahasa gahulnya TERINSPIRASI, itu ada kaitannya dengan motivasi dan inovasi. Oke, mungkin pada bingung, jadinya Gue kasih deh contoh yang ngebuktiin kalo quote Gue ini benar adanya.

Si A ngeliat si B jago main musik dan si B ini ngetop banget di kalangan cewek-cewek sekaliber Ayu Ting Ting. Si B main musik dengan cara yang baru pertama kali dilihat sama si A. Gara-gara si B, si A mendadak dapet ide. So, si A buru-buru pulang and nyobain gaya baru yang nggak kalah bagus sama si B. Akhirnya, si A juga dapet gaya khasnya dalam memainkan musik. Udah gitu, si A inget sama si B yang ngetop. Si A ngerasa gak mau kalah. Makanya dia coba menampilkan kemampuan barunya di depan cewek-cewek yang juga sekaliber Ayu Ting Ting. Akhirnya si A jadi ngetop juga deh.

Nah, apa inti cerita di atas? Si A mendapatkan ide baru gara-gara ngeliat si B, dan juga karena si B beken, si A jadi ikutan pengen beken (merasa pengen jadi lebih baik, atau minimal bisa nyamain si B kebekenannya). Si A seneng gara-gara punya tujuan, si B juga seneng gara-gara ada yang sedang nyoba nyusul jejak langkahnya.

Masih bingung juga? Wah dodol juga yah Lo. Ups! Oke, cara kedua biar lebih mudah paham adalah dengan kasih pembandingnya. Coba simak apa yang dimaksud dengan PLAGIARISME.

Si A ngeliat si B jago main musik dan si B ini ngetop banget di kalangan cewek-cewek sekaliber Aura Kasih. Si B ini beda, permainannya keren, dan baru kali ini diliat sama si A. Si A mendadak dapet ide. Si A merasa bisa beken kayak si B. So, diem-diem si A mempelajari tekhnik permainan si B sampe akhirnya si A jago juga kayak si B. Terus si A pergi deh ke perkumpulan cewek-cewek sekaliber Syahrini, dan memainkan musik si B yang udah dikuasain banget sama si A.

Nah, gimana Guys? Keliatan kan sekarang bedanya? Seorang yang mengaku terinspirasi, nggak berarti hasil karyanya itu jadi mirip dengan orang yang mereka inspirasikan. Orang yang terinspirasi tentu lebih cenderung menemukan hal-hal baru, walaupun rootnya berasal dari orang yang diinspirasikannya. Tujuannya tentu juga biar nggak kalah dong sama orang yang diinspirasikannya. Take a good one, throw the bad one, and then create the new one!

Gimana dengan PLAGIARISME? Seperti quote Gue di atas. PLAGIARISME = I'M COOL, BECAUSE OF YOU. Yak, karena ada orang lain yang punya ide cemerlang, dirinya pun ikutan jadi beken gara-gara memanfaatkan ide orang tersebut. Coba kalo seandainya orang lain itu ngga nemuin apa-apa, pasti dirinya juga nggak bakalan bisa lakuin apa-apa. Hehehe...

Fuaaahh~ Akhirnya selesai juga. Sekarang Gue bisa jalanin kegiatan harian Gue yang lain dengan lebih santai. So, pesan apa yang bisa kita parut dari postingan Gue kali ini? Nah, pesannya adalah, rajin-rajin baca kamus. Jadinya kan nggak bakalan seenaknya tuh nyama-nyamain arti dari beberapa kata yang jelas-jelas beda banget.

Oke deh kalo gitu, postingan Gue sampe di sini dulu. Jangan lupa untuk selalu inget-inget kata mama dan nurut sama papa di rumah. See ya!

About Unknown

11 Comments:

  1. terinspirasi dan plagiarisme itu emang beda sebenernya, tapi susah untuk dibedainnya -__- hehe :)

    ReplyDelete
  2. @Yustie : Sebetulnya ngga susah dibedain kok... Kalo bikin karya yang mirip dengan karya orang lain, itu adalah bagian dari plagiarism...

    Kalo terinspirasi, bakalan menghasilkan sesuatu yg baru dan bahkan lebih baik dari yg udah ada. :D

    ReplyDelete
  3. salam... sangat menarik nie postingan....

    ReplyDelete
  4. terinspirasi dan plagiarisme emang beda. tapi habis baca postingan ini, makin paham dengan perbedaannya.

    makasi om Glen :)

    ReplyDelete
  5. @Kg. zIe cHu'n -___- namanya susah banget.... wkwkwkwk... Salam juga sobat... Thx ya udah mampir... *bows down*


    @Armae Haiaaaaahhh... kemana aja nih mbak? :D Wah baguslah kalo jadi lebih paham. Walau pake bahasa yg rada kacau. Hahaha... :D

    ReplyDelete
  6. plagiarisme dan 'mengembangkan' juga harus dibedain bro :D

    ReplyDelete
  7. @Hasimas Tentu dong... Tapi dalam bahasan Gue ini, Gue masih menggolongkan "pengembangan" ke dalam "terinspirasi"...

    There's nothing positive about "plagiarism"

    btw, thx yah udah mampir... :)

    ReplyDelete
  8. aku terinspirasi dengan blog ini#serius

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih ya... :D
      Gue jadi tersandung eh tersanjung... :)

      Delete
  9. Bener banget... 100% gue setuju sama opini lu. Kalau menurut gue, terinspirasi dalam hal karya cipta, yah hanya menjadikan ide orang lain sebagai dasar atau alasnya aja.... Siisanya, yah harus dikembangin.. Dan kalau 90% mirip - cuma nama tokoh atau tempatnya aja yang diubah - itu mah jelas plagiarisme, bro! Dan gue makin ngerti sama bedanya terinspirasi atau plagiarisme waktu baca komik Ranma 1/2 setelah baca novelnya Clara Ng yang Jampi2 Varaiya. Novelnya itu sepintas kalau kita udah baca Ranma 1/2 - apalagi komiknya keluar lebih dahulu, pasti kita bilang: "kok mirip ya sama Ranma?" Tapi gak 100% mirip, menurut gue, karna gue lihatnya, Clara Ng dapat idenya aja dari komik manga itu... Sebagian alurnya yah buatan dia sendiri.... :)

    Oya, kebetulan banget, setelah lu post ini, gue juga bikin post tentang ini juga. Klik aja username gue, kalau penasaran... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... yup, kalo dalam karya sastra, originalitas ide cerita itu udah susah banget ditemuin, pasti adegan satu mirip sama cerita ini, dan adegan lain mirip sama cerita itu, jadi susah ngebedain mana plagiarisme mana terinspirasi. Satu-satunya biar kita bisa tau ya cuma baca sampe selesai dan ikutin plotnya, biasanya yg terinspirasi selalu ada bumbu2 fresh yg khas di dalam plotnya.

      Lebih gampang lagi bedain terinspirasi sama plagiarisme dalem lagu. :D
      Thanks dah mampir Nuel... ( >__O)b

      Delete

Thanks ya, udah berkunjung ke Creative Talks Blog ini. Silakan meninggalkan komentar dengan tidak mencantumkan hal-hal yang berkaitan dengan SARA, flamming dan juga memojokkan pihak tertentu. Diharapkan juga untuk tidak meninggalkan link aktif pada badan komentar atau komentar tersebut akan langsung dihapus oleh admin.

Happy blogwalking and have a nice day!
Creative Talks Blog Creator - Glen Tripollo

Powered by Blogger.