CREATIVE SOCIETY

Tuesday, December 18, 2012

SATU ORANG SATU POHON DI BULAN MENANAM POHON


Selamat pagi, Guys! Bulan Desember adalah bulan terakhir di dalam kalender Masehi, di mana biasanya saat-saat ini di sudut dunia yang lain lagi dilanda musim dingin sampe turun salju. Enak banget yak orang Eropa-Amerika, bulan ini mereka bisa iseng makan es serut setiap hari sampe badannya merinding masuk angin. Eh, tapi bukan itu yang mau Gue omongin kali ini.

Bulan Desember itu, harusnya sih udah mulai identik sama satu hal ini. Bulan Menanam Pohon. Buat yang belom pada tau nih yah, pemerintah bertepatan dengan peringatan Hari Menanam Pohon Nasional, menetapkan bulan Desember sebagai Bulan Menanam Pohon Nasional berdasarkan Keputusan Presiden No 24 Tahun 2008.

Bulan Desember ini dihimbau kepada seluruh masyarakat di Indonesia untuk minimal menanam satu pohon sebagai wujud kepedulian kita semua pada lingkungan. Sebetulnya program ini bagus banget yak, mengingat sekarang di negara ini yang dulunya rindang banget sama taneman-taneman hijau, dan terkenal akan keberadaan hutan-hutannya yang memiliki ribuan spesies tanaman--bahkan pernah di-klaim kalo lebih dari lima puluh persen spesies tanaman dunia itu ada di Indonesia--makin lama makin minim. Kebanyakan habis sama penebangan liar, kebakaran, dan bencana-bencana lainnya.

Tapi, coba kita lihat ke sekitar, kebanyakan orang masih nggak peduli sama keberadaan Bulan Menanam Pohon ini. Semua beralasan sibuk dan tidak punya cukup waktu untuk menanam satu buah pohon saja dalam kurun waktu satu bulan ini. Padahal ada hari Minggu kan ya? Dan beberapa orang lagi beralasan nggak punya space yang cukup di rumahnya buat nanem pohon, padahal bisa juga nanem di tempat terbuka, ajak aja anggota keluarga lain buat bareng-bareng nanem pohon di tempat yang masih minim pohon.

Belum pernah bener-bener nanem pohon. Sama nyokap Gue disuruh
pindahin dulu ke pot sebelum nanti ditanem langsung ke tanah.

Warna hijau itu warna yang menyejukkan loh. Gue aja yang sebelumnya merasa merawat pohon itu menyebalkan, lama-lama jadi ketagihan. Bau tanah basah yang gembur itu enak loh. Ngga percaya? Coba aja, asal pastiin dulu beneran nggak ada kotoran kucing nyempil di dalemnya yak. Kalo pun ada, nggak masalah, soalnya itu bisa jadi pupuk kandang bagi si pohon. Hehehe.

Isu global warming memang masih banyak diperdebatkan, beneran gak sih ada global warming? Jangan-jangan cuma konspirasi besar yang dibuat sama Amerika buat bikin ketakutan masyarakat di dunia ini. Pencitraan satelit akan kondisi bumi saat ini juga berbagai macem versi, ada yang nunjukkin masih terlihat sehat, ada juga yang nunjukkin kalo bumi seperti akan mati nggak lama lagi. Oke, terlepas dari kebenaran isu global warming, Gue cuma pengen ngajak kalian mikir.

Apa kalian merasa di negara ini jumlah pohon betul-betul masih sebanyak dulu? Pernah liat kan di koran di TV dan di sumber-sumber lain kalo Indonesia ini banyak banget kasus illegal logging, bahasa gaulnya itu penebangan liar. Berapa ton kayu sehari yang mereka tebang di hutan-hutan yang harusnya bisa jadi paru-parunya Indonesia? Banyak banget sob. Belum lagi yang secara legal, buat pabrik korek, kertas, dan sebagainya.

Wuhuu~ Sudah selesai ditanam ke pot!
Nanti tinggal pindahin lagi ke tanah beneran.
Oke, di tahun lalu, seenggaknya tercatat ada 1.407.639.772 pohon yang berhasil ditanam. Tapi, kebanyakan pohon itu ditanaman oleh pemerintah atau pergerakan yang dipimpin langsung sama pemerintah pusat dan daerah. Sedangkan untuk penanaman pohon yang dilakukan per individu, kemungkinan besar belum cukup merata persebarannya. Harusnya sih kita semua bisa cetak rekor dua milyar pohon dalam kurun waktu sebulan ini. Dan, kalo ditelisik lebih lanjut, ternyata pada tahun 2010, tercatat ada 1,7 milyar pohon yang berhasil ditanam. Sebentar, kok angkanya malah menurun ya saat ini? Terus kita harus gimana dong?

Guys, mulailah dengan menyadarkan diri sendiri akan pentingnya menciptakan lingkungan yang baik bagi diri kita sendiri. Tanaman hijau adalah penghasil oksigen yang berguna untuk pernapasan kita. Bayangin kalo di daerah kalian nggak ada satu pun pohon yang tersisa, kalian pasti bakalan ngerasa sesak untuk bernapas karena kadar oksigen yang terkandung di udara itu terlalu bercampur sama unsur-unsur lain yang terkandung dalam debu dan kotoran-kotoran lainnya. Sedangkan oksigen yang dihasilkan dari pohon itu bener-bener murni karena sudah melalui proses sedemikian rupa dalam proses fotosintesis tanaman-tanaman itu.

Yuk ah, sama-sama peduli sama lingkungan. Bisa dapet pahala loh, ngasih kehidupan pada satu pohon, dan pohon itu akan membalas kebaikan kita beribu-ribu kali lipat dengan menyediakan oksigen yang berguna buat kita semua. Satu orang satu pohon. Jangan lupa yak! Dukung gerakan ini demi menciptakan Indonesia yang hijau seperti jaman dahulu kala. Pertahankan negara Indonesia ini sebagai paru-paru dunia. Gak usah mikirin kebenaran isu global warming, pikirin aja apa yang langsung terlihat di sekitar kita. Tanah gundul, cuaca ekstrim, panas terik gegara nggak ada yang menyaring, semua itu bisa diubah dari sekarang. Sebelum semuanya terlambat. Biar nanti anak cucu kita di masa depan bisa menikmati hidup di bumi ini dengan nyaman, aman, dan tentram.

Sampe di sini aja dulu postingan Gue. Nanti kalo ada waktu bakalan Gue sambung lagi. Semangat! Yok, semuanya wujudkan gerakan menanam 1 Milyar pohon demi menciptakan lingkungan yang lebih baik lagi di masa depan. Semangat!

8th Blogger Campaign Project - Bloggers' Shout Out!

70 comments:

  1. bener, warna hijau itu menyejukkan :D kalau mata lelah, lihat yang hijau-hijau jadi seger. Menetralisir pandangan [?] makanya dokter bedah bajunya hijau, biar gak puyeng sehabis lihat darah terus menerus :D

    semoga dengan ketetapan bulan menanam pohon, makin banyak yang sadar, aamiin :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, apalagi kalo lagi ada di puncak siang-siang. Sejauh mata memandang itu hijau dan rasanya bikin semangat!
      Wkwkwk, btw alasan baju dokter bedah warna ijo kayaknya memang ada hubungannya juga sih sama itu... LOL...

      Aamiin, semoga tiap tahun makin banyak yg nanem pohon. :)

      Delete
  2. Bener kang, tanpa terpengaruh sama isu pemanasan global, kesadaran menanam pohon memang harus kita tumbuhkan,,,di Pot, di ladang, kebun, etc lah

    btw...baru tahu kalo penetapan desember adalah bulan menanam pohon tanggal 28 nov. kemarin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, makanya yuk jangan lupa lagi setiap bulan Desember kita mesti nanem pohon. :D Anggep aja kayak berkurban... :D

      Delete
  3. ntu pohon kayaknya tahu tapi lupa, apa ya nama pohonnya? *mikir mata nengok keatas*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue juga lupa bang namanya... LOL... XD

      Delete
    2. namanya ntu mirip" nama binatang gitu bro.... sosor soang apa ya klo nggak salah, soalnya saya pernah punya ntu pohon.... *mikir ga nyampe" bikin galau nich haha*

      Delete
    3. Wakakakakaka... oh namanya sosor soang yak? Rasanya juga pernah denger nama itu sih... LOL.

      Delete
  4. SEMANGAAAAAT!!!
    mari menanam pohon :) hijau itu indah lhooo :)

    ReplyDelete
  5. Tanam, tanam, tanam.
    Mari kita menanam dan melestarikan.

    Itu poonnya bisa dibikin sayur gak bang?
    warna Hijau enak tuh sepertinya.
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh, itu poon ga bisa dibikin sayur... emang sih dari jauh kayak sawi ijo raksasa... XD tapi bukan... Gue lupa juga sih namanya, tp itu bisa tumbuh lumayan gede... :D

      Delete
    2. Hahaha, kebawa suasana laper semnua warna hijau terlihat sedap untuk dijadikan sayur. :D

      Delete
    3. Wkwkwkwkw... makan atuh kang... :))

      Delete
  6. wah baru tau nih. tapi bibit pohon itu mahal gak sih mas? btw salam kenal nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung jenis pohonnya... :D Rasanya sih ga terlalu mahal kok. Dulu di tukang pohon deket rumah Gue ada yang kisaran 20 ribuan.

      Delete
  7. kalau begitu, orang yang profesinya petani :apa aja:.. banyak dunk pahalanya mas.. tiap hari nanem pohon.. :wew

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw.. yang pink itu.. karakter baru mas ya ? namanya siapa mas ?

      Delete
    2. yups, sama, ane juga baru nyadar ada yang baru selain smarty, slumber, vigor dan proton.
      Yang pink itu siapa namanya bang?
      kayaknya dia cewek, manis dan cute abis.

      eh bentar, sebelum ane publish nih comment ane nemuin link 1st anniv_nya creative talk, ternyata si pink nan imut dan cute ini namanya fancy, dan dia emang bener satu-satunya betina, lah koq betina?

      Entahlah bang glen mungkin bisa menjelaskan kenapa jadi betina, padahal saya lebih senang menyebutnya cewek.

      Delete
    3. @Srulz: Orang yg kerjaannya itu untuk memenuhi kebutuhan hajat hidup org banyak pasti dapet pahala gede... Ngasih makan nasi sebungkus ke satu org kelaparan aja pahalanya gede apalagi satu negara? :D

      Iya yang pink namanya Fancy, udah gue kenalin di post sebelum ini... :D

      @Khaerul karena Creative Monsters itu bukan manusia... jadi Gue lebih nyaman nyebut dia betina... Kayak kucing kan betina, bukan cewek... :)

      Delete
    4. Background dan header sepertinya bakalan ganti nih, gara-gara kemunculan si "betina" fancy nan imut.

      Delete
    5. Yap, nanti pas tanggal 1 Januari bakalan ganti... :D

      Delete
  8. contoh timbal baliknya kalau nanem satu pohon pisang, kalau udah mateng enak dimakan hehe...
    setuju juga dengan warna hijau, mungkin itu juga ya tujuan warna pohon itu kebanyakan hijau, coba kalau merah semua malah tambah panas.

    selalu ada informasi menarik kalau baca di sini. Minimal tahu data-data yang buat gue sendiri nggak tau soal itu #miris..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkw... Gue suka banget sama pisang, apalagi kalo dibikin jadi pisang goreng kremes terus dimakannya barengan sama ketan. :D

      Thanks dah mampir Zay~

      Delete
    2. Parah, komen baliknya bang glen bener-bener bikin ngiler.

      Delete
    3. Oh, tau juga ya makan pisang goreng pake ketan? :))
      Enak sih, Gue jadi kepengen bikin... :D

      Delete
  9. hidup tanpa tumbuh2an itu hampa :D
    tumbuhan dan manusia itu saling membutuhkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, sebetulnya kasian taneman di Indonesia. Lahannya sering di PHP-in... :))
      Padahal manusia dan taneman itu pasangan yang begitu romantis.

      Delete
  10. Naaaahhh, malah penaneman pohon ini bisa dihitung ibadah lagi! Ckckckck.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong. Membantu sesama makhluk ciptaan Tuhan... :D

      Delete
  11. banyak pohon, hidup jadi adem ayem....:D
    BTW,kayaknya di sekitar rumah banyak bunganya neh..hasil dari olah tangan si glen ...XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkw... Gak begitu banyak kok sob... masih terus ditanemin... :3

      Delete
  12. waahhh anak yg rajin nih hihi, menanam pohon membantu nyokap hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue emang suka kok. Bukan sekedar bantu nyokap aje... :))

      Delete
  13. bagus deh gan biar pemanasan global berkurang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, ayo bantu juga gan nanem pohon... :D

      Delete
  14. Semangat menanam!!!!..ngomong2 soal warna Ijo,,kak glen suka warna ijo yah? wah, temanku juga ada yang suka warna ijo, maniak ijo dy mah...sampe prnah Fbnya namanya Ijo Mahal,,krn menurutnya Ijo i2 warna yg elit..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yok semangat!
      Iya gue demen warna ijo, soalnya menyejukan... :D

      Delete
  15. setuju... satu orang (minimal) satu pohon.. gua juga udah nanem kok, lebih dari satu pohon malah, tapi sayangnya gak ada foto yang bisa dipamerin soalnya udah dua tahun yg lalu nanemnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakakakak... Harusnya sih nanem 1 pohon setiap tahun brow... jangan cuma sekali seumur idup... :))

      Delete
  16. haha sekitarku udah banyak pohon je :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya udah cabut dulu pohonnya, terus tanem lagi yg baru... pokoknya setiap orang mesti tanem 1 pohon! :))

      Delete
    2. Gakgakgakgakagk. Ngakak gak karuan gw baca komengnya bang Glen,
      Asem, ngebayangin bakalan cabut poon beringin setinggi 5m, terus nanem yang baru.

      Delete
    3. Wkwkwkwkwk... awas ngakaknya ati2 brow, ngeri keselek... :))

      Delete
  17. nampaknya Desember sekarang bener2 ngasih hikmah kesadaran ya bung Glen, sampe2 bikin panjenengan akhirnya belajar nanem pohon :)

    sepakat!
    gerakan menanam pohon harus menjadi bagian dari gerakan grass root, bukan cuma pemerintah

    salamsolid!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahha... iya bener banget sob... :D Emang ajang nanem pohon harusnya dah jadi kesadaran bagi setiap orang di Indonesia, jangan cuma ikut nanem pas ada acara yg dipimpin pemerintah aja... Salam solid juga... :)

      Delete
    2. Good step to campaign Save our planet

      Delete
  18. Setelah menanam Pohon, AYo kita rawat pohon tersebut...
    Terutama pohon2 yg ditanam pemerintah, terkadang setelah ditanam terbengkelai tidak terawat dan akhitnya mati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu juga jadi masalah brow... :(
      Biasanya euphoria itu dateng cuma pas lagi malam puncak aja... selanjutnya pada dilupain deh. Kasian... :(

      Delete
  19. eitz, cuma mau ngelurusin aja gan, .. menurut ilmu yang saya dapat,.. yang di sebut pohon itu tumbuhan berkayu yang memiliki tinggi diatas 7m, klo saya liat dri fotonya diatas kayanya bukan jenis pohon deh,.. itumah sejenis keladi,..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks koreksinya Gan... yg gue tanem masih masuk kategori pohon semu kok. Coba cek di wikipedia. Itu masih bibit loh. Aslinya bisa sampe 5 meter maks. Di rumah sendiri gitu loh. Nanem pohon gede di rumah bisa ribet. Ya masih lebih baik drpd ga nanem sama sekali. :)

      Delete
  20. lu kate nyabut pohon kayak nyabut rumput? xDD

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata nyambung di sini percakapan nyabut pohonnya.

      Asem emang, masih nggak kebayang gw bakalan nyabut pohon beringin. kalo nyabut pohon cabe mah bisa.

      Delete
    2. Bekekekekekek... :D
      Budaya recyclem cabut yg lama, ganti yg baru... :D

      Delete
  21. udah gue follow bang glen, foll balik ya :D

    ReplyDelete
  22. Di rumah gue gak ada lahan lagi bang.
    hanya bisa nanem pohon main2-an di tanah main-2an. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo gitu sumbang bibit pohon aja bang ke komunitas pecinta lingkungan... :D

      Delete
    2. Nah, iya.
      Ok juga tuh ide nya,

      Delete
  23. Artikel yang bagus nih, ada contohnya pula...
    lengkap deh :D

    salutt sama artikel kak glen :)
    aku nanem pohon udah lama kak,ga sempat difoto pula . .
    mau nanem plus foto tapi belum libur :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Hasana. :D
      Wah, sayang banget ngga ke foto? Ya udah tahun depan nanem pohon lagi aja yok... :D

      Delete
  24. Warna hijau itu warna yang menyejukkan loh >> Bener banget... Warna hijaunya itu bisa bikin rileks pikiran dan hati juga, lho... :D

    Anyway, baru kali ini, lihat si Glenn narsis ria di blog barunya.... (Apa guenya aja kali yah jarang hang out ke sini? :P)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkwkw... sebelumnya ada juga kok yg narsis. Di post yang buat lomba Ngeksis di internet... coba cek deh klo iseng... XD

      Delete
  25. Terimakasih informasinya sangat bermanfaat ,saya suka artikelnya,Raih Rp.7 Juta dalam 7 hari hanya dengan mengkampanyekan menanam pohon secara online
    http://goo.gl/GceX9Y

    ReplyDelete

Thanks ya, udah berkunjung ke Creative Talks Blog ini. Silakan meninggalkan komentar dengan tidak mencantumkan hal-hal yang berkaitan dengan SARA, flamming dan juga memojokkan pihak tertentu. Diharapkan juga untuk tidak meninggalkan link aktif pada badan komentar atau komentar tersebut akan langsung dihapus oleh admin.

Happy blogwalking and have a nice day!
Creative Talks Blog Creator - Glen Tripollo