CREATIVE SOCIETY

Monday, December 12, 2011

LOVE MONDAY, HATE SUNDAY

Guys! Siapa di antara kalian yang sampe sekarang masih suka ngeluh di hari Senin? Nah loh, Gue sendiri dulu suka banget ngeluh-ngeluh tiap hari Senin. Misalnya aja, waktu Gue masih imut-imut, duduk di bangku (iyalah di bangku) SD sampe SMA. Kenapa? Gara-gara Gue paling sebel sama yang namanya UPACARA BENDERA! Ada lagi yang (mungkin) abis asik-asik ajojing and liburan di hari Minggu, pas akhirnya dateng hari Senin langsung bete, gara-gara harus memulai lagi segala kegiatan. Sampe-sampe banyak banget orang yang teriak-teriak "I HATE MONDAY" setiap kali hari Senin datang lagi.

Tapi semua berubah setelah negara api menyerang, eh bukan, maksudnya, semuanya berubah begitu Gue berhasil ngubek-ngubek pola pikir Gue jadi lebih positif. Semua yang dirasa nyebelin, malah jadi nyenengin. Loh kok bisa?

Nih, yah, kalian tau gak apa yang bikin kalian suka ngeluh "I HATE MONDAY"? Alasan bisa macem-macem, tapi pada dasarnya cuman ada satu. Duh, betul banget kata bapak-bapak botak di belakang sana, alasannya adalah karena MALAS! Nggak ada orang yang ngeluh karena sebal. Sebal itu datengnya dari males. Misalnya kalian lagi asik nonton Miss Universe bagian pakaian renang, eh, nyokap teriak-teriak dari dapur minta tolong beliin garem ke warung. Kalian pasti ngerasa sebel kan? Nggak lama, terus ngeluh deh. Nah, kenapa sebel? Soalnya lagi nonton Miss Universe, jadi males mau ngapain-ngapain lagi. TUH! Itu dia, si malas yang punya andil.

Oke, kita balik lagi ke topik tentang hari Senin ini. Gimana kalo kita ubah perspektifnya? Jangan nyalahin hari Senin melulu. Kasian kan. Mari lihat dari sisi positifnya. Gimana kalo sekarang kita bilang aja begini, "I HATE SUNDAY!". Wah, kenapa? Hari Minggu kan seru, bisa main-main, bisa santai-santai seharian, bisa tidur sampe siang, bisa jalan-jalan, bisa foya-foya, bisa pacaran, bisa ini, bisa itu, kenapa harus dibenci? KENAPA!!!

Nah, justru itu kita mesti benci hari Minggu! Sadar gak kalian karena saking bebasnya ngelakuin hal-hal gak penting dan terlalu santai di hari Minggu, akhirnya kita jadi nggak semangat lagi jalanin hari yang seharusnya betul-betul penting. Gara-gara hari Minggu, kalian jadi males deh buat pergi ke sekolah di hari Senin. Gara-gara hari Minggu, kalian juga ngerasa pengennya nyantai terus. Dan kalo hal ini terus menghantui kalian, kalian bakalan kehilangan masa depan cerah. Kenapa? Soalnya nggak ada di dunia ini yang namanya sukses tanpa kerja keras. Dan keberhasilan kalian itu bisa diukur dari awal mula yang baik.

Hari Senin bisa kita anggap sebagai awal minggu, dan apakah kita bakalan sukses jalanin hari-hari selama seminggu atau nggak itu tergantung gimana kita memulai aktifitas kita di hari Senin. Nggak percaya? Nih yah, Gue jelasin. Segala hal pasti bakalan menyenangkan kalo kita lakuin dengan senang hati. Kalo pagi-pagi kita udah semangat, dan kita bisa terus pertahanin semangat itu, pasti seharian penuh kita bakalan semangat. Sama halnya dengan minggu-minggu yang kita jalanin. Kalo hari Senin kita semangat. Semangat upacara bendera, semangat ngerjain tugas-tugas, semangat ngelakuin hal-hal positif, kalian bakalan dapat feedback yang baik juga dari orang sekitar. Misalnya kalian bakalan dipuji, disanjung, dan dikasih ucapan-ucapan pembangkit semangat dari orang lain. Efeknya apa? Efeknya adalah kalian bakalan semangat lagi buat jalanin hari sesudah hari Senin. Dan tanpa kalian sadari, seminggu pun nggak kerasa udah kalian lewatin. Hasilnya pun baik, ngga ada beban, dan menyenangkan, jauh lebih nyenengin daripada main seharian di hari Minggu.

Ayo mulai sekarang kita benci hari Minggu yang seringkali bikin kita melupakan apa-apa yang penting buat kita. Nah, gimana caranya nih? Kalo emang pada dasarnya males emang susah banget sih. Tapi semuanya bisa dilatih kok.

Gue mau kasih beberapa tips yang bisa kalian lakuin biar di hari Senin itu rasanya enjoy and nggak lagi nyebelin. Simak yuk!
  1. Sibuklah di hari Minggu. Apapun yang terjadi, jangan biarkan diri kalian terlalu santai. Lakuin sesuatu yang positif. Misalnya, jalan-jalan sambil belajar ke museum-museum bareng pacar. Ini kan bisa bikin kita tetep seneng-seneng sambil nambah wawasan loh.
  2. Berpikiran positif. Misalnya kalian males banget upacara bendera di hari Senin. Coba deh kalian pikirin begini, "Ah, asik banget nih upacara, menantang, bisa bikin kaki jadi lebih kuat". Pasti akhirnya nggak bakalan bete lagi.
  3. Rencanakan sesuatu yang seru di hari Minggu. Di hari Minggu kalian bikin semacem list apa-apa aja yang pengen kalian lakuin di hari Senin, mulai dari bangun tidur sampe waktunya tidur lagi. Sesuatu yang udah direncanakan itu bakalan lebih asik dijalanin loh. Yah, walau Gue ngga bisa jamin apakah yang udah kalian rencanain itu bisa bener-bener sesuai sama yang kalian bayangin.
Nah, kira-kira tiga hal ini aja sih yang paling pas dilakuin biar hari Senin kita nggak rusak. Inget! Jangan terlalu santai dan jangan terlalu sibuk di hari Minggu. Hari Minggu itu sebetulnya ujian buat kita.

Oke, Guys! Lama-lama Gue jadi bingung sendiri sama apa yang Gue bahas. (Loh?) Intinya begini. Jangan selalu menyalahkan hari Senin sebagai hari yang menyebalkan. Coz, penyebab hari Senin terasa menyebalkan adalah hari Minggu. Jangan terlalu terlena dengan hari Minggu, karena hari Minggu bener-bener bisa meracuni pola pikir kita. Ayo semua kita benci hari Minggu. Lakuin sesuatu yang positif, dan selalu teriakan "I LOVE MONDAY" ketika hari itu tiba. Coz, pada hari Senin, pintu awal kita untuk berjalan menuju kesuksesan telah kembali terbuka. Minggu adalah jebakan sekaligus ujian, apakah kita akan tetap semangat menyambut esok hari, atau kita malah berharap esok hari tak pernah datang. 

Sampe ketemu di postingan Gue yang lain ya. SEMANGAT dan HAPPY MONDAY! Yihaaa~

14 comments:

  1. wah,sesuatu juga ni *baca lagi*

    ReplyDelete
  2. hahaiiii.,.,.,
    keren nie, jdi betah baca2 disini,.,.

    I HATE SUNDAY, because sama saja seperti hari2 biasa bagiku,., hee
    (nyambung gk ach,?)
    ini commentku

    ReplyDelete
  3. er... ga usah dibenci. lha wong semua hari itu baik.

    ente bilang hari minggu bikin males, belum tentu orang lain juga :p

    atau mungkin kita ajukan saja agar hari minggu tidak libur sehingga everyday except holidays kita kuras tenaga kita? :/

    we need one day in a week to take a rest, human :p

    ReplyDelete
  4. Keren bang glen.
    Memotivasi bnget deh ;;)
    Sesyuatuh sekalehh

    ReplyDelete
  5. @Nge'eeh : Alhamdulillah yah... :)

    @Adul Hallud : Hahaha... sering2 main ke sini yah... :D

    ReplyDelete
  6. @Stevanus : Err, dikau terlalu terburu-buru menyimpulkan yah sepertinya... Mungkin kesalahan Gue juga sih nulisnya rada tersirat...

    Maksud Gue itu bukan hari Minggu-nya yang kita benci, tapi kegiatan (nggak) positif yang sering kita lakuin di hari Minggu. (Kalo kegiatan ngga positif itu belum tentu negatif juga loh, bisa jadi kegiatan netral yg ga menghasilkan apapun, bengong misalnya)

    Lagian, di awal pembuka post kan Gue udah tanya, siapa yang masih suka ngeluh di hari Senin, jadi kalo dikau nggak ngerasa suka ngeluh, berarti postingan ini bukan berbicara kepada dikau... :)

    ReplyDelete
  7. @Rizki Alhamdulillah yaah... :D Makasih loh udah mau mampir... :D

    ReplyDelete
  8. Susah sih buat suka sama hari Senin. Kalo bid. study sekolahnya enteng sih enak2 aja. Lhaaa, aku tiap Senin belajar Kimia+Matematika+Fisika yg berkutat dg rumus :\

    ReplyDelete
  9. kalo gue "i hate monday" part adalah saat jam setengah 7 jalanan menuju kampus udah ramai riuh padat merayap macet tak tertahankan sampe ke gerbang kampus,overall gue juga ga terlalu suka hari minggu krna besoknya senin,gue paling suka hari sabtu. bisa tidur malem dan ga kepikiran besok harus bangun pagi :)

    ReplyDelete
  10. @Aliv : yah diingetin aja kalo rumus-rumus itulah yang nantinya bakal bawa dikau menuju kesuksesan... coba klo dikau ngga belajar itu sama sekali, pasti di masa depan bakal nyesel abis deh...

    @Nonni : Sebetulnya itu hanya sugesti, masalah jalanan macet itu, mau hari Senin, Selasa, Rabu, dan seterusnya selama hari kerja adalah sama... Bedanya, karena sebelumnya Minggu ngga banyak keluar2, pas ketemu Senin lagi jadi kaget sama keramaiannya... :D

    ReplyDelete
  11. hmm, aku udh gk pernah benci hari apa pun..
    dulu wktu msh sekolah sih iya sering benci hari senin dan hari2 selanjutnya,hahhaaa..

    tapi sekarang enggak, semua hari adalah anugrah #eaa..

    Happy Tuesday ^_^

    ReplyDelete
  12. @Enny : Wihiiiw~ Kereeen... :D Happy Tuesday juga yah... :D

    ReplyDelete

Thanks ya, udah berkunjung ke Creative Talks Blog ini. Silakan meninggalkan komentar dengan tidak mencantumkan hal-hal yang berkaitan dengan SARA, flamming dan juga memojokkan pihak tertentu. Diharapkan juga untuk tidak meninggalkan link aktif pada badan komentar atau komentar tersebut akan langsung dihapus oleh admin.

Happy blogwalking and have a nice day!
Creative Talks Blog Creator - Glen Tripollo