CREATIVE SOCIETY

Monday, June 18, 2012

SPESIAL BUAT KALIAN YANG LAGI GALAU

Udah sejak jaman nenek moyang kita dulu, yang namanya orang Indonesia itu emang punya kebiasaan buruk yang susah banget buat dihilangkan. Contohnya aja sifat latah terhadap suatu hal yang sedang menjadi trend di saat-saat tertentu. Sifat latah ini juga nggak melulu ngikutin trend visual, tapi juga trend kebiasaan. Nggak jarang yang latah cuma gara-gara kepengen bisa seperti sang trendsetter tanpa dengan bijak menilai baik atau buruknya.

Ih kok bisa? Bisa! Terutama kalo yang menyebarkan kebiasaan itu pertama kali adalah orang yang dikenal masyarakat luas dan terlihat keren saat melakukannya. Otomatis orang yang mengagumi mereka-mereka itu bakalan mencoba untuk mengikuti dan tanpa disadari udah berubah jadi kebiasaan.

Inilah kenapa yang namanya jadi public figure itu berat. Soalnya apa-apa yang mereka lakuin pasti memberi dampak perubahan juga bagi pengikutnya. Makanya, public figure yang bijak adalah yang mampu membawa hal positif, bukan yang sekedar mencari keuntungan semata tanpa memikirkan dampak baik atau buruknya bagi banyak orang. Nah, khusus yang pengen Gue bahas kali ini adalah suatu kebiasaan yang bermula dari ulah public figure yang Gue nilai nggak bertanggung jawab. Kebiasaan ini akhirnya banyak menyerang generasi muda yang seharusnya penuh semangat untuk melakukan perubahan dan berkembang. Apa lagi coba kalo bukan "galau"?

Kalo kita ngeliat kata galau dari sisi bahasa, sebetulnya kata ini udah sejak lama ada. Tapi, penggunaannya di dalam kepenulisan emang belum sebanyak sekarang ini. Sebagaimana aturan perkembangan budaya, kata galau pun saat ini udah mengalami perluasan makna. Kalo dulu, kita bisa mengartikan kata galau secara sederhana dengan perasaan cemas, gelisah, atau bingung, maka kali ini kata tersebut udah memiliki banyak banget makna bergantung sama siapa yang menggunakannya.

Galau adalah hal yang NEGATIF. Beware of it!
Selain perasaan bimbang dan kebingungan masih menjadi inti utama dari galau, lainnya bisa juga diartiin sebagai berikut :
  1. Ketika kita lagi mikirin masa lalu yang nggak bisa dilupain.

  2. Aktivitas curhat hal-hal pribadi atau aib sendiri sama temen atau sosial media yang ramenya minta ampun.

  3. Kondisi sulit untuk move-on, terlalu banyak tekanan yang bikin seseorang ngga berani mau maju ke depan.

  4. Perasaan berbunga-bunga dan mikirin sesuatu karena seneng abis ditembak sama gebetan.
Tapi, kayak yang udah Gue bilang di awal, inti utama dari galau masih tetep perasaan bimbang dan kebingungan. Oke, Gue masih bakal akuin kalo yang namanya galau itu sebetulnya perasaan yang umum dirasakan sama setiap orang dari jaman dulu sampe sekarang. Gue nggak percaya kalo ada orang yang mengaku nggak pernah merasa galau. Tapi bedanya di jaman dulu sama sekarang adalah ada orang yang bisa mengendalikan perasaan galaunya, ada juga yang nggak bisa dan malah cenderung gembor-gembor kalo dia lagi galau. Apalagi perkembangan perasaan galau di masa sekarang ini ternyata didorong oleh beberapa hal berikut :
  1. Kemunculan figur pemuda yang sukses dengan menekankan kegalauan. Ini membuat suatu hal yang sebetulnya negatif menjadi semu dan terlihat positif. Para pemuda akan mulai mikir kalo melakukan kegalauan secara rutin dan maksimal, bisa juga ngebawa kesuksesan bagi dirinya. Ini karena dia melihat figur pemuda sukses dengan galau tersebut.

  2. Perkembangan teknologi yang memicu kemudahan dalam melakukan sesuatu tapi juga diiringi perasaan malas yang nggak terbendung. Misalnya aja situs-situs jejaring sosial yang jumlahnya udah bejibun saat ini. Keberadaan sosial media membuat kita jadi males bergerak dan lebih milih ngabisin waktu di depan komputer atau smartphone masing-masing. Begitu suatu masalah muncul, bukannya mikir untuk nyari solusi, eh, malah tetep ngegedein rasa males dengan cara bersosial media. Akhirnya, mereka bakalan ngupdate status-status galaunya.

  3. Faktor lingkungan juga berpengaruh. Lingkungan sekitar yang terdiri dari keluarga, teman, tetangga, dan kehidupan sosial antara sesama manusia yang tinggal di satu lingkungan yang sama. Kebanyakan remaja yang kurang perhatian orang tua bakalan sering merasa galau. Orang yang nggak punya temen bakalan merasa galau, dan begitu juga kalo dalam kondisi lagi dikucilin sama orang-orang sekitar.

Galau emang biasa dirasakan, tapi juga merupakan hal yang wajib banget buat dihindarin. Percaya deh, nggak ada satu hal positif pun yang bisa kita petik dari rasa galau.

Galau adalah virus yang menyerang akal sehat remaja
Nih, Gue bakalan tulisin beberapa dampak negatif dari perasaan galau yang berlebihan:
  1. Wasting time, atau dalam Bahasa artinya buang-buang waktu aja. Banyak orang berkoar-koar seharian di dunia maya pas lagi galau, dan apa yang didapet sama mereka yang menggalau? Apa mereka mendadak dapet solusi? Tentu tidak. Makanya, Gue bilang juga cuman buang-buang waktu aja.

  2. Hilangnya semangat untuk move-on, ini dikarenakan aktifitas menggalau udah terlalu berlebihan sampai akhirnya ketagihan. Bukannya berubah menjadi lebih maju, eh, malah tenggelem di dalam rasa galau itu sendiri. Akhirnya, mereka mau ngarepin apa juga yang disebut-sebut sama mereka, tetep aja ngga akan ada perubahan. Lah, seharian cuman menggalau tanpa mikirin langkah-langkah buat menyelesaikan masalahnya, gimana mau move on?

  3. Menciptakan aura negatif, kalian sadar atau nggak sadar, kalo kalian lagi galau, perasaan itu bakalan terpancar keluar lewat ekspresi muka kalian. Biasanya akan berkesan suntuk, bete, dan kayak belom mandi pagi. Tentunya, ini membuat perasaan "berat" untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Kalo muka nggak ceria dan berseri-seri, otak dan hati juga bakalan merasa suntuk. Makanya aura negatif ini bahaya banget kalo sampe tercipta.

  4. Menular, yap! Hati-hati kalo lagi galau. Mendingan jangan deketin temen kalian yang lagi gembira and ceria pas kalian lagi galau. Kalian cuma bakalan merusak perasaan seneng mereka aja. Kok bisa? Satu, karena aura negatif yang kalian buat, terpancar melalui wajah suntuk kalian. Kedua, orang galau biasanya terdorong untuk curhat, dan kalo kalian curhat sama temen kalian yang lagi menikmati kebahagiaannya, mereka bakalan ngerasain rasa yang sama dengan yang kalian galaukan dan akhirnya jadi ikutan galau. Kasian kan? Makanya, mendingan kalo mau galau ya nggak usah ajak orang. Intinya, orang yang suka galau pasti bakalan dihindarin sama yang lain.

  5. Madesu (Masa Depan Suram), silakan aja kalian cobain sendiri kalo nggak percaya. Orang tukang galau itu nggak gaya. Mungkin kalian merasa menyebar "Duh, lagi galau nih" bakalan membuat kalian diperhatikan teman? Salah, kebanyakan di dalam hati yang membaca kata tersebut adalah rasa sebal dan kesal sama si galau. Jadi, kalo sampe terkenal galau, makin dikit yang pengen deket-deket terus sama kalian. Nggak aneh makanya kalian yang galau masih jomblo sampe sekarang. Lah, kerjaannya galau melulu, siapa juga mau jadi pacarnya? Intinya sih poin kelima ini merupakan turunan dari empat poin di atas. Di mana semua hal itu bisa membuat masa depan kalian hancur dan nggak berwarna lagi. So, get rid of GALAU!!

Terus, gimana dong kalo pengen menjauhkan diri dari yang namanya galau? Sebetulnya ada banyak caranya, tapi kalo kalian nggak punya keyakinan kuat untuk bener-bener menjauhi galau ini, tentu nggak bakalan bisa berhasil. Galau itu penyakit yang menyerang akal sehat, setiap hal positif di depan mata bakalan jadi nggak terlihat dan akhirnya kalian diem aja tanpa melakukan apa-apa, bahkan ada juga yang akhirnya terjerumus ke hal negatif, misalnya jadi main perasaan pasangan, pake narkoba, atau hal-hal negatif lainnya.

Lakukan kegiatan positif buat ilangin galau
Nah, makanya simak beberapa cara berikut ini, biar kalian semua bisa terhindar dari rasa galau yang berkepanjangan. Inget, cara ini untuk menjauhkan diri dari galau, bukan menghilangkan perasaan galau. Soalnya, mau bagaimanapun yang namanya galau itu pasti sewaktu-waktu dirasain sama masing-masing dari kita.

1. Banyakin ibadah dong! Banyak orang galau ngeluh ini ngeluh itu, tanpa melakukan usaha yang nyata atau seenggaknya berdoa kek ke Sang Pencipta yang bakalan ngebantu kita di saat kita mengalami kesulitam. Eits! Tapi juga harus rutin, jangan cuman pas lagi galau aja baru inget sama Sang Pencipta. Bahkan ada juga yang membuat singkatan GALAU menjadi God Always Listening And Understanding. Singkatan yang cukup bullshit sebetulnya buat kalian yang kerjaan cuman bisa galau.

2. Cari kegiatan positif! Misalnya belajar bisnis, ngerjain proyek yang kalian sukain, atau olahraga? Jalan-jalan cuci mata juga boleh. Tambah wawasan ke museum juga asik. Pokoknya lakuin apapun yang sifatnya positif biar kita lupa sama rasa galau yang lagi dirasain.

3. Cari inspirasi dan motivasi! Caranya banyak banget, dari mulai sekedar jalan-jalan, ngumpul bareng temen yang smart and punya banyak ide buat saling bertukar pikiran, sampe dateng ke acara-acara seminar motivasi. Misalnya nonton Mario Teguh. Hahahaha.

4. Kurangin bersosial media ketika galau melanda! Nah, ini juga wajib dilakuin. Soalnya di jaman modern begini, udah berlaku banget rumus seperti ini : Galau + SocMed = 2xGalau. Yap, orang galau kalo udah ketemu sosial media bakalan mulai mengupdate status-status galau yang akhirnya bukan ngilangin rasa galau, malah makin nambah. Belom lagi efek luar biasa yang menular. Akhirnya, banyak orang yang ikut-ikutan galau di dunia maya.

5. Hindari orang yang lagi galau! Nah, ini juga sama pentingnya. Alesannya juga masih sama dengan di atas. Karena kegalauan adalah penyakit yang menular. jadi hati-hati yah!

That's all folks buat hari ini. Gue cuman bisa berandai-andai hidup di dunia maya tanpa ada setitik kegalauan pun. Ayo mulai dari sekarang bentengin akal sehat kalian dengan dinding kuat. Jangan sampe gampang galau. Ayolah, waktu buat galau mendingan dipake buat serius mikirin strategi solusi atas masalah yang lagi kita alamin. Percaya deh, mengeluh nggak akan merubah keadaan jadi lebih baik, dan Sang Pencipta juga nggak bakalan mau ngebantu hamba-Nya yang kerjaannya cuman ngegalau tanpa ada usaha. Semangat! Mulai hari ini, semuanya yang masih berjiwa muda harus mencanangkan gerakan ANTI GALAU. Tanpa galau, kalian semua bakalan bisa meraih kesuksesan di masa depan.


Shout Our Thoughts and Make a Better Indonesia

80 comments:

  1. wah semangattt !anak muda ga boleh meye-meye.. harus move on dari peng-Galauan :D

    ReplyDelete
  2. wow,.,.
    hayooo lah galauers,
    mlai sekarang jangan lagi mengeluh galau, akan tetapi bertindak !!! hee

    ReplyDelete
  3. Sumpah Gue lagi gak galau! #GalauBanget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakaka... Gubrak...! Udah lulus, udah kerja, udah ngga ada waktu lagi buat galau.. semangat!

      Delete
  4. setuju sama pendapatnya bang, seharusnya public figure yang bijak adalah yang mampu membawa hal positif, bukan yang sekedar mencari keuntungan semata tanpa memikirkan dampak baik atau buruknya bagi banyak orang.

    ow iya, judul postinganya keren bang "SPESIAL BUAT KALIAN YANG LAGI GALAU" serasa gimana gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah! Itu dia masalahnya... kebanyakan orang terkenal langsung seenaknya aja menyebarkan issue-issue tanpa pemikiran matang.. Contohnya ya galau ini. Rusak udah akal sehat anak muda gara2 virus itu... -__- Mending mereka mau tanggung jawab...

      Delete
  5. Replies
    1. Hahahahaa... ayo nyanyiin pake nada lagunya Rob Thomaas... :D
      Salam solid juga brader... :)

      Delete
  6. galau kalau udah akut emang bikin ketagihan dan jadi susah move on karena kita udah terlanjur menikmati kegalauan kita.

    semangat! say no to galau!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, memang semua hal yang negatif itu kalo udah dicobain pasti bisa bikin ketagihan. Sebut aja minuman keras, rokok, narkoba, dan bahkan sekarang ini GALAU... semuanya bahaya... :D

      Delete
  7. special buat yang galau.. galau itu alami tapi yang ngk alaminya kalo lu ngk bisa gerakan cepat buat MOVE ON :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. galau emang alami... tapi payah juga sih kalo apa-apa gampang galau... -__-

      btw, galau ya galau, move on ya move on... dua topik yang ga bisa disatukan karena fokusnya beda...

      Delete
  8. selain kata-kata yang berbobot , kartun-kartun yang keren juga saya suka bgt dari Blog ini..mangstap bang glen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... akhirnya ada yg ngasih apresiasi soal gambar2 yang ada di sini... :D Makasih banyak ya Brow... :D

      Delete
  9. Yes, I don'have time for galau too, Vigor!

    ReplyDelete
  10. Replies
    1. Makasih yaaa apresiasinya... :D Yuk teriakkan ANTI GALAU!! :D

      Delete
  11. Oke, gua ngerti sekarang kenapa daritadi banyak banget blogger yg nulis soal galau...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, ini project Blogger Campaign ke-2 dari Bloggers' Shout Out! :)

      Delete
  12. Semangat, say no galau to remaja Indonesia! :D

    ReplyDelete
  13. postingan kecee ini ..
    smangat menebar say no to galau bang tripollo :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahahaa... thanks yak... :D ayok say no to galau!

      Delete
  14. Menurut aku, terlalu banyak orang -berlebihan- memakai kata galau.

    Contohnya berlebihan :
    "Galau ini mau pakai baju apa buat prom-night"
    "Makan tempe atau tahu yaa? Galau >.<"

    Nah, kalau galau pada tempatnya :
    "Galau antara mau kuliah di Kedokteran gigi atau di Kedokteran Gigi Hewan" ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... iya makanya, sekarang ini remaja jadi gampang galau... mungkin gara2 sifat manja ya? humm...

      Delete
  15. Say no to Galau, atau yang udah ngerasain beda lagi Say Kampret to Galau, haha
    Nice Post bang glen..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahahaa... :D Tapi semua orang pasti pernah ngerasain galau kok brow... :)

      Delete
  16. hahaha kirain gw bakalan dapet gambar interpal yang menjulang tentang trafik galau..

    so overal okelah seperti biasa tips-tipsnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakaakakaka... terlalu mainstream ah kalo Gue mainannya data melulu brow... :D

      Delete
  17. KEREN BANGET bang Glenn...
    seperti biasa, postingan bang glen keren.
    setuju sih, udah seharusnya "NO MORE GALAU".... overall, top banget buat tipsnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih makasih makasih... XD
      Thx yaaa udah mampir... Ayo teriakkan NO MORE GALAU!! Demi masa depan yg lebih cemerlang... :D

      Delete
  18. jujur, Galau melalui sosial media itu kadang buat yang baca status bingung. Dan masak aib sendiri disebar luaskan :D

    nah soal orang yang lagi galau? sebaiknya daripada langsung dihindari, dikasih nasehat dulu, sebaiknya ente kayak gini2. Cuma kalau dia curhat ke kita masalahnya sama terus, ya baru kita jaga jarak buat sementara waktu (sampe dia ga galau), itu pendapat saya sih kak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang yang galau itu jarang yang minta nasihat brow... Mereka cuman pengen curhat alias didengerin kegalauannya aja... kalo kite kasih masukan ke mereka, mereka bakalan kesel and gak terima... begitulah...

      Delete
  19. DAMPAKNYA SEREEEMM AAAKKK *brb tidur biar gak galau*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue doain biar besok lo bangun dalam keadaan segar bugar dan lupa ingatan... :D

      Delete
  20. mampus gue lihat tulisan galau malam ini...

    ane mabuk galau!

    #$%^&*(*&^%$%^&

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyahahaha... :D
      Berarti misi Bloggers' Shout Out! kali ini sukses besar... :D

      Delete
  21. Karena galau adalah kata sifat, maka janganlah dijadikan kata kerja xD

    Love you no more.
    #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beuh like this sama kalimat pertamanya... :D

      Setuju gue, mending dikau Love me no more deh... Gue udah ada yg punya soalnya... :D

      Delete
  22. masa lalu yang indah tiba tiba muncul itu bikin galau xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo indah sih ngga bakalan bikin galau kayaknya... kalo ngenang masa lalu indah tapi galau, artinya indah tampaknya aja, padahal perasaan dikau tetep ancur saat ngenang... Makanya gue bilang juga ngga ada galau yg positif... :D

      Delete
  23. InsyaAllah mulai sekarang gak Galau lagi..
    semoga postingan galau di blog gue hari ini adalah postingan GAlau terakhir. Amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woogh~ ayo wujudkan komitmen dikau yak... :D Seneng kalo Blogger Campaign ke-2 ini membawa dampak perubahan yg berarti... :D

      Delete
  24. setuju banget bang, atas gue ngakuin kegalauannya... ^__^

    ReplyDelete
  25. oh aku galau......
    eh gak ding gak boleh dikit2 galau ya sekarang..
    intinya semua permasalahan hidup pasti ada dan selalu ada,tapi bagaimana kita kembalikan itu semua kepada Allah SWT...
    nice tips...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, that's right... sebaiknya pas ada masalah ya ga usah pake galau... langsung aja susun strategi penyelesaian dan jangan lupa juga sambil usaha berdoa... :D

      Delete
  26. contoh deh si proton ama slum :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup bener banget... Proton adalah creative monster yg paling berpikiran positif... :3

      Delete
  27. Ini, galau dilihat dari sisi negatifnya, tapi kalo dilihat untuk positif, bagus juga loh galau itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memangnya ada ya sisi positif dari galau? Misalnya apaan aja nih? :3

      Delete
  28. galau memang tidak perlu untuk dipelihara sob...

    mendingan melihara kambing dari pada melihara galau...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. BETUUUUUUUUUUUUUUULLL Kang!! XD
      Mending melihara kambing, lebih positif dan berguna juga buat orang banyak... :D

      Delete
  29. Replies
    1. Boleh juga tuh yang twitteran bikin trending topic #SayNoToGalau :D

      Delete
  30. gambarnya mengingatkanku pada power puffgirls :D
    dan skrg eike lg galau gegara kebanyakan tugas hahhahha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk... :D
      Jiah ngapain pake galau? Langsung aja tentuin tingkat kepentingannya, kalo masih galau juga langsung kerjain aja secepet-cepetnya dikau bisa... nanti kerjaannya juga beres semua. Yang penting semangat... :P

      Delete
  31. ckck galau itu ternyata menyesatkan dan menjerumuskan
    dampak negatifnya banyak betul :D
    iye ah gak mau lagi deh galau.!! apalagi galau gara gara ulangan mtk :D
    buang buang waktu dan tenaga aja kalo ikutin si galau :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu tau... Ayo ah, cegah galau, dan ganti dengan pemikiran yg positif... :D

      Delete
  32. Galau itu salah satu proses untuk "naik kelas"
    Kawula muda yang masih galau karena masalah yang itu-itu
    aja

    ex: Tugas,lovelife, persahabatan berarti belum naik kelas

    Galau yang alami seharusnya hanya menjadi salah satu proses untuk meraih hasil postif.

    Tapi Galau yang diundang dengan mengucapkan jampi-jampi lewat seantereo dunia nyata maupun maya sepertinya bukan lagi proses, tapi menjadi kebiasaan kayak menghirup udara. dan Galau tipe ini bener2 ga ada bagus-bagusnya sama sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak bisa lebih setuju lagi sama komen ini... :D
      Nice share and thought... thanks ya udah mampir... :D

      Delete
  33. Galau tanda orang yang jauh dr Tuhan...
    sukses slalu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue ngga bisa bilang nggak setuju sama pernyataan ini... SETUJU!!

      Delete
  34. Tapi kalo dianalisa, ntu yang namanya si galau, kenapa selalu terkait ama si move on ye gan?
    Ada hubungan keluargakah?
    Wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... Karena galau itu biasanya membuat kita jadi merasa jatuh "down", so, proses pemulihannya biar jadi semangat lagi disebut "move on"... :D

      Delete
  35. bgus.. terkesan indah bagi orang yang lagi galau #termasuk saya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha... semoga bisa tahan tanpa perlu galau-galauan lagi yak.. :D

      Delete
  36. hmmh, ngomongin soal galau mah gak akan ada habis nya. ada aja pasti yang di galauin. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget brur... tapi ngga ada salahnya juga toh ngingetin semua orang biar ga gampang galau... :D

      Delete
  37. gue klo malam minggu suka galau banget.. abis jomlo sih...hee

    ReplyDelete
  38. Tulisannya bagus banget buat galauers kayak gue.. hhehehe.. memotivasi buat stop galau.. thx glen :')

    ReplyDelete
  39. apa sih gunanya update status soal kegalauan diri sendiri? Bukannya malah diketawain..

    ReplyDelete

Thanks ya, udah berkunjung ke Creative Talks Blog ini. Silakan meninggalkan komentar dengan tidak mencantumkan hal-hal yang berkaitan dengan SARA, flamming dan juga memojokkan pihak tertentu. Diharapkan juga untuk tidak meninggalkan link aktif pada badan komentar atau komentar tersebut akan langsung dihapus oleh admin.

Happy blogwalking and have a nice day!
Creative Talks Blog Creator - Glen Tripollo