CREATIVE SOCIETY

Friday, May 25, 2012

CARA GAMPANG MENDAPATKAN IDE KEREN

Gue kembali, Guys! Setelah kemaren Gue nge-share tips biar blog personal kalian gampang dikenalin sama orang lain, kali ini Gue bakalan share lagi tips yang sebetulnya bisa berdiri sendiri tapi bisa juga terhubung sama tips kemaren. Yak, cara gampang mendapatkan ide keren! Nggak perlu kalian bilang juga Gue udah tau kalo yang namanya blogger, cerpenis, novelis, dan segala yang ada hubungannya sama tulis-menulis pasti pernah ngalamin yang namanya writer's block!

Writer's block? Apaan itu!? Nama makanan? Atau nama kucing Gue? Bukan keduanya kok. Jadi gini, yang namanya writer's block versi Gue itu adalah semacam kondisi yang dialamin sama otak kita di mana kita merasa nggak bisa sama sekali menghasilkan ide.

Jadi, kalo ada blogger yang memutuskan untuk hiatus atau berhenti sesaat mengupdate blognya, kemungkinan besar gara-gara doi lagi mengalami yang namanya writer's block. Yah, walau ada juga alasan klise lain nggak ngupdate blog, sibuk misalnya, atau belum bayar tagihan internet.

Writer's block yang dialamin sama setiap penulis baik blogger atau pun penulis cerita fiksi punya lama waktu yang beragam, ada yang cuman beberapa jam, ada yang seharian, ada juga yang sampe berbulan-bulan nggak dapet-dapet ide sampe akhirnya menyerah dan memutuskan buat berhenti nulis atau ngeblog. Wah, parah! Gimana dong kalo suatu saat kita sendiri yang ngalamin namanya writer's block?

Gue sendiri pernah beberapa kali ngalamin writer's block, dan yang terparah itu lamanya sampe 4 bulan. Kejadiannya pasca blog perdana Gue yang secara mengejutkan dihapus sama server Google. Waktu itu Gue shock berat, di mana blog Gue yang udah lumayan gaul itu mendadak hilang secara misterius dan nggak bisa lagi dibalikin. Gue juga nyoba bikin blog baru, tapi tetep aja otak Gue nggak bisa mikir buat menghasilkan tulisan-tulisan yang kayak biasanya Gue tulis. Pokoknya bener-bener gawat deh rasanya.

Nah, atas pengalaman Gue itulah akhirnya Gue putusin buat bagi-bagi tips pencegahan dan meng-jailbreak (ceilah, kayak istilah pembobolan MacOS nya iPad) keadaan writer's block yang menyerang kita. Sebelumnya, Gue iseng nebar pesona nebar forum diskusi tentang cara mencari ide di grup Bloggers' Shout Out! kayak begini nih :


Pertanyaannya sederhana, tapi ternyata menghasilkan jawaban beragam yang sebetulnya punya benang merah antara satu dengan yang lainnya. Lengkapnya bisa liat nih :


Nah, ternyata setiap orang punya cara yang beda-beda dalam menambang ide. Tapi, dari perbedaan-perbedaan di atas, Gue bisa narik kesimpulan yang mewakili semuanya. Yaitu, ide terlahir karena adanya faktor emosi dan faktor lingkungan. Percaya? Harus percaya! Soalnya Gue sendiri juga ngerasain. Misalnya aja tempat yang paling enak buat memunculkan suatu ide brilian bagi Gue adalah tempat yang paling menjaga privasi penggunanya. Yak, toilet! Dari jaman Gue masih doyan bikin manga, sampe akhirnya beralih jadi blogger dan novelis cerita bergenre fantasy, toilet adalah tempat favorit Gue buat mencetak ide.

Nah, sekarang Gue sambungin ke permasalahan writer's block tadi. Gimana sih caranya melepaskan diri dari fenomena writer's block ini? Gimana sih biar ngga berlama-lama terjebak dalam lingkaran hitam bagi para penulis ini? Gue yakin banget yang namanya ide itu selalu timbul dengan sendirinya ketika kita lagi berada dalam keadaan ideal, maksudnya segala yang dibutuhkan oleh otak ini terpenuhi. Nah, gimana sih menciptakan keadaan ideal untuk otak kita ini? Yuk, ikutin beberapa tips versi Gue yang udah Gue pisahin ke dalem dua lingkup, yaitu internal dan eksternal. Pertama-tama Gue list dulu faktor internalnya :
  1. Kendalikan emosimu. Makna mengendalikan emosi ini maksudnya adalah mengontrol perasaan yang lagi kita rasain biar nggak berlebihan. Seneng boleh tapi jangan berlebihan, soalnya nanti jadi terlena dan lupa sama tujuan awal kalian menulis sampe akhirnya ngga nemu ide baru. Marah boleh tapi juga jangan berlebihan, soalnya bakal menghilangkan pikiran sehat kalian, jadinya ngga bisa mikirin ide lagi. Hal yang sama juga terjadi sama si sedih. Intinya, jangan berlebih-lebihan dalam menunjukkan emosimu.

  2. Berpikir positif. Bayangkan kejadian-kejadian menarik yang bakalan terjadi pada diri kita setelah kita menulis. Misalnya, kalo kalian adalah blogger, bayangkan aja kalo setelah nulis kalian bakalan dihujani sama ribuan visitor baru, atau kalo kalian novelis, bayangkan kalo hasil tulisan kalian bakalan jadi best seller di Indonesia. Bayangkan kalian bakalan jadi terkenal. Eh, tapi jangan berlebihan juga loh, yang pas itu berpikir positifnya seperti ini, "bayangkan ekspresi senang para pembaca saat membaca tulisan kalian." Wow, ini bener-bener membangkitkan energi dan kalian bakalan langsung siap untuk mengerahkan segala kemampuan.

  3. Jangan tegang, just relax! Biasanya kita bakalan ngerasa tegang kalo apa yang kita mau tulis punya deadline yang udah mau jatuh tempo. Gara-gara mikir takut telat, akhirnya malah nggak bisa konsentrasi dan ngga bisa menghasilkan tulisan apa pun. Boro-boro mau nulis bagus, mau nulis kalimat pembuka aja bingungnya bukan main. Merasa tulisannya selalu jelek dan kemudian dihapus dan dihapus lagi. Makanya, cukupkan niat, hirup napas dalem-dalem, tenangkan pikiran kalian sesaat, persis kayak Yoga, tapi kecil-kecilan aja sebelum memulai aktivitas menulis kalian.

  4. Fokuslah. Maksudnya adalah fokuskan pada apa yang mau kalian tulis. Jangan mikir hal-hal lain dulu, pokoknya pikirin apa yang mau kalian tulis dulu. Kalo tadi siang secara nggak sengaja kalian jalan ke mall terus mergokin pacar lagi jalan berdua sama cowok atau cewek lain, hilangkan dulu pikiran-pikiran itu. Fokuslah sama apa yang mau kalian tulis. Kalo tulisan kalian belom selesai, jangan lakuin kerjaan lain dulu.

  5. Jangan buat diri kalian merasa terlalu lelah. Kalo kerjaan kalian banyak banget emang nggak bisa menghindari rasa lelah. Dan kalo badan udah lelah, pikiran juga bakalan melayang-layang. Nah, salah satunya supaya ide bisa mengalir dengan lancar adalah beristirahat dengan cukup. Makanya buat yang terlalu sering begadang, coba dikurangin begadangnya.

  6. Jadilah extrovert (minimal semi-extrovert). Kata siapa menulis adalah kerjaan sang introvert? SALAH! Menulis itu yah, semakin kalian mendapatkan banyak temen ngobrol bakalan semakin mengembangkan pola pikir kalian. Jadi, buat kalian yang introvert dan merasa bisa melarikan diri dari kejamnya dunia dengan cara menulis, kalian salah besar. Makanya, hari gini introvert? Gak gaul banget. Ayo dilatih skill bersosialisasinya. Kalo sering ngobrol, kalian jadi bertukar pemikiran, bertukar pandangan, bertukar perasaan, eh, pokoknya termasuk juga ke dalamnya bertukar IDE!

Nah, kira-kira itulah enam hal yang harus diperhatikan pada diri kita sendiri. Tapi, sayangnya untuk memenuhi keenam poin di atas, nggak cukup cuman mengandalkan kekuatan sugesti di dalem otak. Kita juga butuh suasana atau pun lingkungan yang mendukung proses kita tersebut. Misalnya aja beberapa rekomendasi dari Gue dan pemfilteran dari beberapa komentar di atas yang juga termasuk ke dalam faktor eksternal :
  1. Carilah tempat yang hening dan nyaman. Gue menyarankan toilet sebagai tempat kalian menambang ide. Keheningan, ketenangan, kebebasan, dan merdunya suara gemericik air dari kran bener-bener bisa merangsang otak kita buat berimajinasi. Bimbinglah imajinasi ini ke arah yang positif. Ide bakalan terlahir dengan sendirinya berbarengan dengan perasaan lega di dalem perut.

  2. Cari tempat yang sejuk. Misalnya jalan-jalan ke gunung. Menikmati udara yang sejuk. Kesejukkan bisa meredam amarah kita. Rasa sejuk akan menenangkan diri kita. Kalo udah merasa tenang, ide-ide baru pasti bakalan muncul dengan cepat tanpa bisa kalian bendung. Makanya kalo kemana-mana jangan lupa bawa buku catatan ide ya!

  3. Melihat pemandangan yang terbentang luas tanpa batasan. Kalo kalian tinggal di kota-kota besar, pemandangannya bakalan sangat terbatas sama tingginya gedung-gedung besar, dan juga terganggu sama suara bising kendaraan yang berlalu-lalang. Ah, nggak banget pokoknya, bahkan untuk ngeliat awan-awan di langit aja masih terhalang sama gedung tinggi. Yok, sejenak lari ke daerah pedesaan di dataran tinggi. Pegunungan juga sih. Lihatlah pemandangan luas dan indah tanpa batasan. Mata kalian nggak bakalan capek. Kalo mata nggak capek, badan bisa ikutan fresh, akhirnya otak kalian juga ikutan fresh.

  4. Mendengarkan musik dengan irama pembangkit semangat. Gue nggak nyaranin lagu rock walaupun kalian suka banget sama genre lagu tersebut. Lagu rock itu nggak menambah semangat. Yang ada menambah emosi. Pernah liat keajaiban molekul air? Pernah liat hasil dari pembesaran molekul air yang sebelumnya dicekokin lagu rock? Seperti itulah yang akan terjadi di dalam otak kalian sadar atau pun gak sadar. Gue saranin lagu klasik atau lagu apapun yang iramanya jelas dan lembut tapi juga nggak bikin galau.

  5. Berjalan-jalan ke mana pun kalian mau. Terlalu lama berada di dalem kamar, di dalem ruangan kecil yang isinya itu-itu aja bakalan membuat mumet dan pikiran sumpek. Ayo manjakan mata dengan pemandangan lain di sekitar kita. Misalnya, jalan aja keluar kamar, pergi ke dapur, nonton TV, denger radio, bikin nangis adik yang bandel, atau jailin kakak yang nyebelin. Apapun boleh! Ini nggak menutup kemungkinan kalian bakal mengalami kejadian seru yang ternyata bisa diangkat jadi bahan tulisan kalian. Inget bawa selalu buku catatan ide kalo ngga pengen ide kalian sia-sia!

  6. Perbagus dekorasi kamar sampe jadi nyaman dan sedep dipandang. Nah, dekorasi ulang tempat kalian biasa nulis. Kalo di kamar, ya bagusin kamarnya, kalo di ruang kerja, ya bagusin ruang kerjanya. Minimal jangan berantakan. Semuanya ditata rapi sedemikian rupa dan bersihkan segala sampah dan kotoran yang ada di sana. Kalian bakalan jadi lebih fresh kalo ngeliat tempat yang sering kalian datengin itu rapi dan bersih.

  7. Sering ngumpul sama temen-temen sehobi. Tujuannya ngga ada lain ngga ada bukan cuman supaya kalian ngobrol dan mendapat berbagai masukan-masukan baru yang bisa mendorong kalian buat menghasilkan ide baru.

Nah, kira-kira hal-hal di atas aja sih yang kepikiran sama Gue. Dan setelah nulis ini Gue kembali sadar kalo penyebab Gue sempet mengalami writer's block selama 4 bulan waktu itu adalah karena Gue gagal mengendalikan emosi. Gue marah banget sama Google gara-gara udah ngapus blog kesayangan Gue pada waktu itu. Tapi, syukur aja sih, akhirnya Gue bisa mengembalikan perasaan Gue ke titik awal bahkan sampe melahirkan Creative Talks ini yang nyatanya lebih keren daripada blog Gue yang dulu. Satu lagi, dulu Gue juga jarang bersosialisasi. Makanya jadi miskin ide dan konsep. Tapi, setelah negara api menyerang, akhirnya Gue bisa dapetin lagi semangat Gue dan sampe sekarang Gue belom pernah dapet writer's block lagi. Palingan cuman waktu nulis aja yang suka ngga ada. Hehehe.

Sampe di sini dulu deh ya. Moga aja tulisan ini bisa bawa manfaat ya. Jangan lupa untuk selalu say no to drugs kecuali kalo sesuai sama resep dokter. Ciao~

68 comments:

  1. Replies
    1. Yeaaaayy!! Hidup TOILET!! XDD

      Delete
    2. yess... from toilet to idea...
      srng jg kluar imajinasi pas sblm bo2 tuh, heheh...

      Delete
    3. Wahahahahaa... tapi kalo sebelum bbobo dapet imajinasi baru bahaya... bisa2 ga jadi tidur and malah begadang buat nulis... :D

      Delete
  2. Owh ini uraian yang kemarin di diskusiin toh..

    Suasana yang nyaman dan tenang bisa memicu datangnya ide...

    Terkadang sulit mencari ruang yang bisa buat nyaman, tapi lebih sulit memposisikan diri untuk selalu nyaman..

    jadi kembali ke diri kita sendiri lagi..

    Mantap lagi-lagi postingan cerdas ada disini,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahaha... sorry pas diskusi Gue lupa ngasih penjelasan kalo ntu tuh buat dipajang di mari... :D

      Thanks ya Zay, udah berkunjung... Ikut seneng kalo dirasa bermanfaat... :D

      Delete
  3. kok saya ga dapet notif pas diskusi ya?

    **
    saya setuju ama Ujay, ini postingan cerdas. Mangstaappp mas bro! *ngacungin jempol*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagi kebanyakan notif kali cuy, jadi kelewatan... :D
      Thx yak apresiasinya by the way... :D

      Delete
  4. NIce posting sob,,, ane follow yah... jangan lupa follow back yah sob.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks ya... Insya Allah ya follow backnya kalo lagi ngga males... :3

      Delete
  5. Hahha..
    Tulisan nya pas untuk saya nie.. kwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe... selamat membaca dan mengaplikasikan kalo begitu masbrow... :D

      Delete
  6. uwaa, gak ikut diskusi neeh..
    kalo poin dengerin musik, pernah baca juga, kalo kita belajar sambil denger musik, berarti secara gak sadar konsentrasi kita dibagi menjadi dua cabang yang ngarah ke musik dan ngarah ke belajar.

    kesimpulannya kalo belajar (nulis) sambil denger musik itu malah gak konsen.

    CMIIW..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm, kalo dengerin musik emang rada subjektif sih... ada yang suka ada yg nggak... :D
      Tapi, musik klasik bisa ngebantu otak jadi rileks loh... :)

      Delete
  7. hahaha,udah feeling sih diskusi kemarin bakal jd your next posting.
    seru deh baca ini, bener krn memang ini yg dibutuhkan kalo pengen ngelatih skill berpikir dan menulis :)
    boleh nambahin 1 ga? KONSISTEN, karena kalo sama diri sendiri aja nggak bisa konsisten gimana bisa konsisten dalam "menghidupkan" blog sama ide2 kreatif

    *catet lagi baik2*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muahahahaa... keren juga nebaknya... :D
      Btw, masukkannya bagus juga... tapi menurutku konsistensi itu faktor yang menentukan nanti kalo udah ada kumpulan ide di dalam suatu wadah... :D Kalo ini baru membicarakan bagaimana melahirkan satu ide keren... hihihi...

      Thx uda berkunjung ya Dee... :)

      Delete
  8. Toilet bener-bener tempat yang amazing.
    *brb ke toilet*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan keluar dulu kalo belom keluar idenya yak... :D

      Delete
  9. nice posting! ^^b saya sering ngalamin kayak gini hehe.. salam kenal kak.. berkunjung ya.. tapi saya bingung kenapa blog pertama kk bisa dihapus sama server Google?? penyebabnya apaan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks yaaa, salam kenal jugaa... :)
      Kalo masalah blog lama Gue, Gue sendiri juga gak tau sih. Dugaan waktu itu ada yang ngehack and ngobrak-ngabrik email lama Gue. Soalnya email lama juga skrg ga bisa dibuka, kalo akses blog lama juga "blog sudah dihapus"... sedih... :D

      Delete
  10. kayaknya yg bisa aku ambil kesimpulannya dari semua itu

    gimana kita bisa buat mood bagus ya bang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, that's right... Ide bagus itu datengnya pas mood kita lagi bagus... :)

      Delete
  11. NAH,,,klo lg nongkrong di wc,,etah knp slalu muncul bintang2 di plavon hahahhhaha...:))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahahahaa... XD
      WC emang tempat yang paling unik sih... :D

      Delete
  12. Kenapa tips yang bang Glen tulis persis dengan apa yang telah aku aplikasikan :) Trotzdem ist das sehr gut :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umumnya semua penulis mengalami masalah yang sama, dan mencegahnya dengan cara yang sama juga... :D Cuman apa yg dilakuinnya beragam...

      Gini2 juga Gue kan penulis... :))

      Delete
  13. tq tipsnya,,,,,,
    kebetulan gua jg lg mumet dalam ide2 untuk blog gua.....
    salah satu akibatnya sama dgn loe....
    kehilangan blog yang pernah loe tolong....
    ya sama dgn loe, blog gua di jamah om goggle......
    sedihnya mintak ampun......
    rasa kehilangan yg tersayang aja...
    #lebay....
    tq glen.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Gue ngerti banget kok rasanya, soalnya udah ngalamin... Hahahaha... tapi skrg mah Gue udah bangkit lagi nih... Yok ah thanks kembali, tetep semangat ngeblognya yaaa... :D

      Delete
  14. Makan cabe ama kentang yg banyak, tunggu sakit perut,tunggu,tunggu,tunggu ntr GEMBHOOS!! keluar deh idenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belom cuy, mesti ke WC dulu... kalo GEMBHOOS!!nya di tengah jalan ya ngga ngaruh juga... :D

      Delete
  15. aku abis ngalamin ini bang..
    satu minggu full gag dapet ide sama skali. tp alhamdulillah skrg udah mulai mengucur lagi.. hhiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahahaha... syukur deh kalo udah lancar lagi... :D Kalo nanti mandeg ide lagi cobain aja nih cara2 ala gue di atas... :D

      Delete
  16. Ide bisa muncul darimana aja Glen... Bahkan kita bisa bikin postingan dari kenangan masa lalu kita, seperti yang gue lakuin biasanya... Hehehe... Sepanjang gue baca blog2 orang, mereka gak pernah keabisan ide... Ada blogger yang berani nulis perjalanan ngantornya (tom-kuu.blogspot.com), ada blogger yang berani ngasih liat ke publik apa2 aja wishlistnya (claude-c-kenni.blogspot.com), ada blogger yang berani ngepos hasil pemikiran anehnya (yusyulianto.com), ada blogger yang tiap ngepos selalu bikin ketawa (separonyolong.blogspot.com), ada juga blogger yang berani cerita tentang pekerjaannya (gaphebercerita.blogspot.com).. Yang benting lu berani gak nyeritain ke kita suatu hal yang beda dari lainnya... Lu berani share kehidupan lu, pemikiran lu, or all about you...

    Dari pengamatan gue juga, mereka yang hiatus yah karna kesibukanna mereka, bukan kerna writer's block... ^^

    Eh tetep jadi introvert juga ga papa sih, selama tulisannya masih bisa enak dinikmati... Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap orang punya pemikiran masing2 brow... :)
      btw, mau nulis cerita pengalaman kek, apa kek, untuk memulai menulis tentang itu butuh yang namanya ide... dan ini prosesnya cepet dan bahkan ga disadarin... Kalo mendadak pengen nulis dan dapet ide, itu artinya kondisi dikau lagi bagus... Kalo lo lagi males ya gak bakalan nulis kan? Toh idenya juga belom muncul...

      Inti dari postingan Gue tuh ya gimana biar ide2 bisa muncul...

      Ide emang ngga bisa abis, tapi ide bisa stuck sementara gara2 berbagai faktor...

      Kalo lo bilang nulis ga pake ide, dikau salah besar nuel.. untuk komen dikau yang ini sayang banget Gue ngga setuju... :)

      Delete
  17. tips nya amat sangat bermanfaat buat yang susah dapetin ide, seperti saya--"

    iyasih, toilet emang gudang ide XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaa... :D Syukur deh kalo bermanfaat... Sepanjang pengalaman yang udah2 emang ngebuktiin banget sih toilet itu tempat paling nyaman buat dapetin ide... :D
      Thx ya udah berkunjung... :)

      Delete
  18. Writer's Block?

    Itu abis baca bukunya Ndoro Kakung, yang menekankan konten yang khas..

    bolak-balik rancang ini-itu, tapi tiap kali liat ini-itu pengen ditulis..dan akhirnya tinggal ide-ide mentah yang gak berhasil dimatengkan.

    Hmm, yawdahlah..daripada mikirin content jangankan berbagi malah jadi zolim sm diri sendiri. saya menulis kapan mau menulis..

    Nice tips masbro..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... iya itu salah satu faktor yang mengganggu... Kalo abis baca karya orang yang keren, jadi terpengaruh untuk bisa begitu juga, dan itu nggak bagus. Seharusnya jangan terlalu banyak berpikir dalam menulis, cukup jadi diri sendiri aja dan jalanin dengan konsisten... :)

      Thanks udah mampir by the way... :)

      Delete
  19. semoga brother enigma tidak mengalami writer's block. amen...
    *doa*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha... eh iya tuh blognya enigma belom update juga? Ada banyak isu2 miring yaaa... ada yg bilang penulisnya meninggal lah, mentang2 blog misteri, bloggernya pun penuh misteri... :D

      Delete
  20. eh maksud gue tuh, ide bisa datang dari mana aja... Sori gue kurang lengkap jelasinnya.... Hehehe....

    Ide tuh bisa datang darimana aja... So tergantung kitanya mau gak mengeksplornya... Gue sering kok ngalamin hal kayak lu... Di saat lagi pengen nulis, ga ada ide.. Eh lagi males nulis, idenya malah muncul seenak jidatnya aja... -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke sip... ralat diterima, walau Gue masih mempertahankan pendapat Gue kalo IDE itu dateng di saat kita sedang berada dalam kondisi yang ideal. Cuman kebanyakan orang ngga sadar dan menganggap ide mengalir begitu saja... :)

      Delete
  21. Nyari idenya boleh di toilet, tapi ngetiknya jangan di toilet juga ya. Qiqiqi... kalau kesetrum kan gawat. Hahaha... *kidding

    "Kita menulis tidak untuk dipahami tetapi untuk memahami."
    -C. Doy Lewis-

    Yup, setuju pisan kalau penulis itu harus extrovert! Sesuai dengan quote yang ane kutip di atas, menulis itu ya untuk memahami bukan dipahami. Gimana mau memahami orang lain kalau kitanya jarang sosialisasi ke masyarakat/lingkungan sekitar.

    Nice tips! As always! ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah akhirnya ada yang mendukung pendapat Gue soal Extrovert itu... :D Nice quote by the way, pengetahuan Gue juga jadi nambah lagi... Thx ya Qhaisar... :D

      Thx udah mampir... :)

      Delete
  22. postingan yang amat sangat bermanfaat banget sekali... :D
    aku sering banget ngalamin writer's block itu soalnya...
    makasih mas Glen... :)*brb ke toilet*

    ReplyDelete
    Replies
    1. *ngakak* Iya sama2... selamat berburu ide yaa... :D

      Delete
  23. Waduh, nggak ngikut diskusi lagi >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe... makanya sering aktif di grup yaaa... :)

      Delete
  24. Replies
    1. Oke sama2... Thx ya udah mampir... :)

      Delete
  25. Wah saya justru tidak bisa menulis sambil mendengarkan lagu, konsentrasi bisa buyar :D

    Saya baru mendengarkan lagu yang sesuai saat sedang break menulis, biar mood datang lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Khusus poin yang itu emang agak subjektif sih... :D

      Delete
  26. wah ini blog sangat meng inspirasi saya makasi atas masukannya ya mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah... makasih ya apresiasinya, jadi terharu... :D

      Delete
  27. Itulah alasan kenape ane dari dulu selalu bawa kertas kalo ke wc XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiaaah... Kalo Gue ngga sampe segitunya juga sih... ngeri licin terus pulpen jatuh ke lobang WC... Berabe ntar... XD

      Delete
  28. Mantap bang...
    Alasan waktu dan terlalu emosi membuat saya ber-hiatus ria selama sebulan lebih..
    hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... Gue malah sampe berbulan-bulan hiatus dari perblogan... Nggak pengen nginget2 kejadian menyesakkan yang dulu ah... Hahahaha... :D

      Delete
  29. Waahh,,, :D keren.
    Sangat bermanfaat, pas banget dengan saya yang lagi nyari ide. :D hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muehehehe... makasih Riska... ( >_O)b

      Delete
  30. Postingan udah lama dan gue baru baca. Hahaha.
    Terima kasih untuk tulisan2nya, sangat bermanfaat dan mampu mengubah pola pikir jadi lebih positif.
    Easy reading for the text. Tulisan ini bermanfaat bagi seluruh kalangan, tidak hanya penulis.
    Sekali lagi, terima kasih.

    [TOILET USERS!]

    ReplyDelete
  31. membantu banget kak, khususnya untuk newbie kayak saya, thanks tipsnya :)

    ReplyDelete
  32. harus di coba lagi fokus fokus fokus,,, makasi sarannya membantu sekali

    ReplyDelete

Thanks ya, udah berkunjung ke Creative Talks Blog ini. Silakan meninggalkan komentar dengan tidak mencantumkan hal-hal yang berkaitan dengan SARA, flamming dan juga memojokkan pihak tertentu. Diharapkan juga untuk tidak meninggalkan link aktif pada badan komentar atau komentar tersebut akan langsung dihapus oleh admin.

Happy blogwalking and have a nice day!
Creative Talks Blog Creator - Glen Tripollo