CREATIVE SOCIETY

Monday, April 16, 2012

UN BUKAN AKHIR DARI KEHIDUPAN

Halo, Guys di mana pun kalian berada! Di bangku kelas? Di WC? Atau mungkin lagi belanja-belinji di mall? Kayaknya sih kebanyakan dari kalian hari ini lagi pada serius mantengin soal UN di kelas masing-masing, ya gak? Secara ternyata pembaca blog Gue itu kebanyakan duduk di bangku SMA/SMK. Nggak cuman duduk sih, tapi juga belajar di sana.

Nah, lewat postingan Gue kali ini, Gue mau ngucapin semangat dan selamat menempuh peperangan seru selama beberapa hari ke depan buat temen-temen semua. Tenang aja, sebetulnya UN nggak seserem yang kalian bayangin kok. Sama aja dengan ulangan-ulangan pada umumnya, bedanya cuman karena pengawasnya lebih ketat jadi menimbulkan efek "tegang, merinding, dan sedikit menggelinjang" pas ngerjain soal.

Sebetulnya, postingan ini lebih afdol kalo Gue share kemaren, tapi berhubung Gue bener-bener lagi di tengah-tengah kesibukan, tulisan ini baru bisa Gue posting hari ini. Sebagai om-om senior (ngaku juga udah om-om), Gue pengen berbagi tips buat kalian semua biar bisa nyantai selama UN berlangsung. Semuanya tentu aja berdasarkan pengalaman Gue dulu. Dan tips ini berlaku buat segala jenjang, baik yang udah SMA/SMK, masih SMP, ataupun baru SD. Sayang banget tips ini belom berlaku buat anak TK, coz bakalan rada sulit nulis postingan dipenggal-penggal per suku kata buat dieja.

Nah, sebelum dimulai, Gue pengen kasih tau kalo tips ini dibagi ke dalam beberapa bagian. Yaitu, Pra-UN, D-Day UN, dan Pasca-UN. Here I go!

Pra-UN
Ngga bisa dipungkirin lagi buat remaja-remaja yang punya mimpi, sekali lagi YANG PUNYA MIMPI. Pasti bakalan ngerasa deg-degan menanti saat-saat UN. Yap, biasanya rasa deg-degan ini baru berasa banget semenjak seminggu menjelang D-Day. Kenapa bisa gitu? Gue rasa itu hal yang lumrah kalo kita ngerasa nervous, takut, ngeri, menggigil, meriang, dan pengen boker pas tau kalo UN di depan mata. Semua karena di dalam pikiran masing-masing siswa YANG PUNYA MIMPI udah tertanam anggapan bahwa UN ADALAH PERANG, kalo tertembak atau salah langkah, ya mati.

Sayangnya ya Guys, kalo kalian punya pikiran kayak di atas itu, artinya kalian salah dalam menempatkan sikap. UN sama sekali bukan peperangan. Bukan suatu hal yang mengerikan sampai-sampai kalian ngerasa inilah akhir kehidupan. Bukan! Sadar gak rasa takut dan deg-degan itu dipicu sama pikiran-pikiran negatif?

Oke, jadi begini. Gue juga dulu pas mau UN ngerasain deg-degan dari seminggu menjelang UN sampai 3 hari menjelang UN. Setelahnya, Gue ngerasa fine-fine aja and ngga takut sama sekali. Kenapa? Karena akhirnya Gue sadar, sugesti takut dan bayangan-bayangan buruk (alias NEGATIVE THINKING) tentang UN itulah yang bikin Gue stress. Dan kalo kalian tau juga, kebanyakan negative thinking itu dipicu karena kondisi fisik yang nggak bagus atau udah kecapean. Makanya orang yang mesum, biasanya bakal lebih mesum di malam hari. Ini karena mereka udah kecapean.

So, ini beberapa saran Gue buat kalian yang lagi memasuki tahap ini:
  1. Berdoa. Udah pasti dong. Gimana lagi coba cara yang paling bagus biar dikasih petunjuk? Ya, berdoalah pada Tuhan dan memohon kemudahan serta diberikan ketenangan.

  2. Jangan banyak begadang. Begadang itu selain bikin badan jadi bau, juga bisa bikin otak makin miring. Semakin sering begadang buat belajar, semakin sedikit juga ilmu yang berhasil diserap. Lagipula umur remaja itu masa-masanya pertumbuhan, jadi kalo dipaksa begadang, ya tentu bakalan nimbulin gangguan fisik juga. Jadi, jangan begadang! Jangan!

  3. Jangan banyak main yang nguras tenaga. Misalnya main ucing-ucingan, atau main cing jongkok, petak umpet, cing benteng, atau galasin. Stop dulu kegiatan-kegiatan yang bisa nguras tenaga kita, kecuali lari pagi. Kalo fisik capek, pikiran bisa ikutan capek, akhirnya bakalan susah menyerap ilmu.

  4. Olahraga teratur. Nggak usah yang terlalu berat. Lari pagi rutin jam enam sampe setengah tujuh pagi juga gak apa-apa. Fisik yang dilatih secara teratur (bukan serampangan kayak main lari-larian) bisa bikin lebih seger and pastinya jadi semangat buat beraktifitas di siang harinya.

  5. Jangan telat makan and jangan lupa mandi pagi. Yak, makan teratur biar jauh dari penyakit. Soalnya yang namanya sakit itu walaupun kecil tetep aja berdampak besar pada semangat kita. Akhirnya jadi males belajar. Begitu juga dengan mandi. Air itu memberikan kesegaran pada badan. Abis lari pagi, istirahat sebentar sampai keringet pada kering, baru mandi dengan air dingin. Jangan lupa keramas, coz, bisa bikin otak berasa fresh.

  6. Jangan berlebihan dalam belajar. Ingat! Batas maksimal efektif belajar itu adalah dua jam. Bahkan rata-rata orang konsentrasi itu maksimal cuman selama satu jam. Jadi kalo udah lewat batas tersebut, sebaiknya dihentiin dulu belajarnya. Soalnya kalo diterusin juga percuma, ngga bakalan bisa menyerap ilmu.

  7. Tumbuhkan rasa percaya diri. Berikan sugesti positif buat diri kita sendiri. Hal ini biar kita jadi semangat. Walau prestasi belajar kita masih tergolong pas-pasan di sekolah, jangan takut, percaya dirilah. Yakinkan perasaan dan pikiran kalian kalo kalian bisa jadi nomor satu dan bakalan ngebantai semua soal nanti seperti apapun susahnya.

  8. Jangan belajar di hari H-1 UN. Ini beneran! Tidurlah! Istirahatlah! Kalo besoknya kalian terbangun dengan kondisi yang bener-bener fresh, bukannya ngga mungkin pikiran-pikiran and ingatan-ingatan kalian tentang pelajaran jaman jadul bangkit kembali dengan sendirinya.

Nah, kalo kalian udah suskses lakuin itu selama penantian UN, sekarang Gue bakal kasih tips apa-apa aja yang bisa kalian lakuin biar pas minggu UN udah mulai, kalian bisa tetep hadapin semuanya dengan keren.

D-Day UN
Segala ketegangan udah berakhir, kali ini kalian udah mulai percaya diri. Hari pertama UN pun dimulai. Nah, ada beberapa tips yang bisa kalian lakuin pas UN dimulai. Misalnya aja begini: (Tapi, ingat ya untuk selalu memulai segalanya dengan membaca doa)
  1. Bergaul boleh, tapi jangan obrolin masalah pelajaran. Yak! Semakin kalian membahas tentang apa yang kira-kira bakalan dimunculin di soal UN, ini bakalan bikin kalian ngebayangin banyak kemungkinan buruk. Kalo misalnya udah timbul kayak begini, rasa percaya diri kalian bakalan berkurang dan malah jadiragu-ragu lagi. Apalagi kalo bahas pelajaran sama orang yang sok tahu. Jadi, cobalah jauhin topik yang satu itu.

  2. Nggak perlu bawa catatan kecil buat dibaca ulang. Ini juga sebaiknya ngga dilakukan. Karena catatan kecil begini bikin kita baca lagi dan baca lagi sampai akhirnya kita nemuin flaw (kebolongan) dari catatan yang kita tulis. Akhirnya kita jadi bertanya-tanya, "Duh, tadi bisa dapet begini gimana caranya yah?" terus buka-buka buku paket lagi. Sumpah, ini nggak baik. Mendingan kalo udah sampe sekolah, kalian nunggu dalam diam. Ga usah belajar lagi.

  3. Jangan langsung tulis jawaban di kertas jawaban. Gue ngga tau sebetulnya soal UN boleh dicoret-coret apa nggak. Yang jelas dulu Gue ngerjain soal dengan cara memberi titik tipis pada jawaban yang Gue pilih di soal. Kalo semua udah dijawab, di-review ulang takut ada yang salah tanda. Kalo udah yakin, baru Gue lingkarin-lingkarin jawaban di kertas jawaban. Jadinya lembar jawaban bersih and gak usah takut ngga bakal terbaca komputer.
  4. Don't rushing, santai aja, waktunya lama. Jangan buru-buru. Baca soal dengan hati-hati dan sekali baca aja. Jangan juga terlalu berlama-lama di satu soal yang kita belom tau. Cari soal yang gampang dulu, baru kerjain yang susah. Kalo bener-bener nggak tahu, coba deh konsentrasi dan pertajam intuisimu. Jangan ragu menebak, karena tebakan kalian bisa aja betul. Tinggal dengerin suara hati.

  5. Jangan tanggapin panggilan teman pas UN dimulai. Si tukang nyontek itu nggak ada matinya. Mereka ngga bakalan keabisan ide untuk ngenganggu kita yang pengen serius. Mereka biasanya manggilin kita dengan bisik-bisik pas pengawas ngga awas. Atau bisa juga mendadak ngelempar kertas. Guys, kalo nemu beginian, jangan dianggap. Jangan nengok! Kalo kalian berani, jangan ragu buat angkat tangan and lapor sama pengawas kalo si A daritadi manggil-manggil kalian.

  6. Jangan bahas lagi soal yang barusan dikerjain sama temen setelah selesai. Ngapain bahas sama orang-orang yang jelas-jelas mereka juga lagi menunggu jawaban yang tepat. Ngebahas ulang bakalan bikin rasa percaya diri kalian ilang. Kalian bakalan takut and ragu apa tadi udah nandain jawaban yang bener apa nggak. Sebaiknya kalo udah beres, langsung pulang aja.

  7. Quit playing, sampe rumah makan dan istirahatlah. Jangan main dulu deh di minggu UN. Mendingan waktu mainnya kalian ganti dengan acara makan and tidur siang. Bangun di sore hari, mandi sore, and belajar. Ingat belajarnya jangan terlalu dipaksain yah. Tetep jaga stamina and konsentrasi kalian. Jangan tidur malem-malem.

  8. Lakuin hal yang sama dari poin 1 - 7 hingga UN berakhir.

Nah, gimana? Semoga tips-tips Gue soal UN ini bisa sedikit banyak ngebantu kalian dalam menjalani UN dengan lebih percaya diri. Jangan ragu-ragu, pokoknya tetep semangat dan yakinlah kalo kalian bisa. Gue aja bisa lulus dengan memuaskan, kenapa kalian nggak bisa? Padahal Gue dulu orang yang kecanduan game online loh. Lebih berat pastinya buat Gue bisa fokus dalam mempersiapkan UN. Tapi, Gue bisa! Jadi kalian juga harus bisa!

Oke, deh, Gue bakalan balik lagi nanti dengan tips-tips menjalani hari setelah UN berakhir. Jangan kemana-mana yah. Tetep stay tune di blog Gue. Be creative, be positive! SEMANGAT!

26 comments:

  1. Mantap dah, bang :D
    2 tahun lagi baru deh bakal aku ikutin tips nya ini. hhi

    3 tahun pembuktiannya hanya dalam 4 hari :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. "3 tahun pembuktiannya hanya dalam 4 hari" ini kalimat yang pesimis loh... :D Ayolah, kalo baca itu mungkin kesannya emang ga adil, tapi kan itu semua suatu yg wajib dilewatin sama anak2 sekolah... So, keep spirits! :D

      Delete
  2. Wah.. tips yang penuh dengan inspirasi. Gaya Penulisan MAs Glen santai dan mengena.. saya jadi betah berlama lama dengan psting panjang ini.. hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha... makasih yah... Dan Gue baru sadar kalo ternyata tulisan ini panjang banget... O_O

      Delete
  3. Hehe,, sepanjang imajinasinya.
    Pada dasarnya kali aku amati ini tips biasa, cuman gaya bahasa dan unsur motivasi nya mantap uy

    ReplyDelete
    Replies
    1. My tagline "Do Positive, Think Innovative, Keep Optimist"
      Tapi ada juga another tagline, biasanya di banner...
      "Ordinary topics, extraordinary thoughts"
      Hahahhaa... :D
      Gue tetep nyoba ngasih yang terbaik kok pokoknya. Yang bisa mengena di pikiran and hati pembaca... :D

      Delete
  4. Wah keren juga nih infonya..
    betul banget tuh, dari judulnya. UN memang bukan dari segalanya, masih ada hari-hari besok untuk lebih berkarya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup... Yup... Yup...!
      Pokoknya keep santai tapi sambil lari... :D

      Delete
  5. eh pas banget... gue juga lagi bahas soal UN.. ahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ow... Ow... Ow...
      Masa sih kita bisa sehati sepemikiran? *eh...

      Delete
  6. Tips UN-Nya mantap lah. :D
    Bakalan gua praktekin di sekolah nanti... kwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... Makasih... :D
      Iya ayo dipraktekin aja... Sukses yaaa UN nya... :D

      Delete
  7. sangat bermanfaat postingan`y...thnk`s ilmu`y...lanjutkan !!!

    ReplyDelete
  8. setuju banget sama "Jangan bahas lagi soal yang barusan dikerjain sama temen setelah selesai"
    males banget deh, bukannya mikirin pelajaran yg selanjutnya malah mikirin yg udah lewat-____-
    emang yg ngebahas itu cuma mau mastiin tapi bikin galau kalo jawabannya beda "duuh yg bener gue apa dia yaaa ?" #KemudianJadiJomblo *eeeh gak nyambung* #eaaaa

    ReplyDelete
  9. Kembali lagi bg Glen..
    menanti Postingan Baru

    ReplyDelete
  10. @Purnama : makasi sob... :D

    @Auliyong : Gyahahahaa... Soalnya pengalaman Gue dulu juga begitu. Abis UN pasti dah pada rumpi2 soal yg tadi... hadeh... Wah ketahuan nih dikau lagi jomblo... #eh

    @Hadhara : Wah ini pengunjung setia rupanya... :D Sabar aja ya... :D

    ReplyDelete
  11. Hhahaa ...
    Sip deh..

    Aku pingin bg Glen kupas tentang "Apa sih Peran Mahasiswa ? " ehhe... kalo lagi sempat dan ide nya muncul.. kwkw...
    Tq

    ReplyDelete
  12. @Hadhara Oke ditampung... Sebetulnya udah ada sih idenya. Tapi lagi ada kerjaan dulu nih. Hahaha

    ReplyDelete
  13. Hahhaa.. calon orang sukses ya gitu.. banyak kerjaan yang menanti.. hahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akakakaka... bisa aja dikau... :D
      Gue aamiin-in aja deh... :D

      Delete
  14. gue juga mau ucapin selamat untuk adek2 yang hadapi UN semoga lancar, ini tips dari bg Glen cukup ampuh kok.. coba aja, soalnya beberapa memamng udah di coba pas masa SMA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks for comment and recommendation brow... :)

      Delete
  15. mkasih buat infonya berguna bnget nie

    ReplyDelete
  16. tapi untungnya mulai tahun ini kan 40% nilai UN sekolah juga ikut andil bang. sekolah ane kebanyakan kebantu dari nilai itu soalnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius brow? :D Wah bagus deh, semoga sistem pendidikan makin ke sini makin bagus deh. Ga bikin sulit siswa and dinilai seadil2nya... :D

      Delete
  17. Kalo Corell draw dan macromedia free hand, enakan mana ya?

    ReplyDelete

Thanks ya, udah berkunjung ke Creative Talks Blog ini. Silakan meninggalkan komentar dengan tidak mencantumkan hal-hal yang berkaitan dengan SARA, flamming dan juga memojokkan pihak tertentu. Diharapkan juga untuk tidak meninggalkan link aktif pada badan komentar atau komentar tersebut akan langsung dihapus oleh admin.

Happy blogwalking and have a nice day!
Creative Talks Blog Creator - Glen Tripollo