Saturday, March 31, 2012

CARA INI BISA MEMPERMUDAH KALIAN BELAJAR DESAIN GRAFIS

Tempo hari Gue dapet post dari seorang teman Blogger di Timeline Facebook Gue. Dia nanya kalo pengen jago desain grafis, belajar apaan dulu. Nah, berhubung Gue juga nggak merasa jago desain grafis, tapi bisa sedikit. Iya, Gue bisa desain grafis, tapi sampe sekarang Gue belum merasa jago. Makanya, daripada Gue dengan sok tahunya bilang ini loh hal-hal yang mesti dilakuin biar jago desain grafis, mendingan Gue bikin aja program sharing ilmu soal desain grafis ini.

Perlu kalian ketahui dulu, kalo tulisan Gue kali ini ditujukan buat mereka-mereka yang betul-betul baru banget pengen mulai belajar desain grafis. Gue tau di dunia perkuliahan pun, ada jurusan desain grafis.

Ada pendidikan formalnya yang pastinya bakal membuka pikiran dan membangun skill kalian jauh lebih luas lagi ketimbang lewat tulisan Gue yang Gue buat sendiri dan kebetulan juga Gue nggak pernah punya latar belakang pendidikan desain grafis. So, apa yang mau Gue sampein cuma berdasarkan pengalaman Gue sendiri selama belajar desain grafis secara otodidak.

Di dunia pendidikan formal, kita biasanya langsung dihadapkan dengan how to (bagaimana caranya) membuat gambar atau mendesain sesuatu memakai software tertentu yang biasanya udah ditentuin sama jurusan tersebut.

Masing-masing jurusan desain grafis dari kampus yang berbeda, bakalan menekankan software desain grafis yang berbeda satu sama lain. Misalnya di kampus A, mereka mengutamakan penggunaan Adobe Illustrator untuk desain, sedangkan kampus B mengutamakan Corel Draw. Pasti begini kok, walau nantinya tetep setiap mahasiswa pasti diajarkan juga cara menggunakan software desain lainnya.

Tapi, keahlian itu mudah, cukup belajar dengan sering dan perbanyak jam terbang dalam melakukan desain grafis, maka lama kelamaan teknik dan hasil desain kalian bakal menjadi semakin baik. Sebetulnya yang sulit bukanlah bagaimana belajarnya. Tapi, bagaimana caranya menemukan ide tentang apa yang mau kita desain. Berhubung ini adalah sharing pertama Gue soal desain grafis, Gue nggak bakalan share langsung tentang bagaimana cara mendesain. Tapi, Gue mau kalian lakuin 5 cara mudah untuk memulai belajar desain grafis ala Gue ini.

  1. Kumpulkan dan fokuskan niat kalian dalam belajar desain grafis
    Nah, ini langkah pertama. Kalo pengen nantinya jadi desainer grafis yang jago, udah pasti harus siap belajar terus-menerus dan mendedikasikan hidupnya untuk desain. Kumpulkan niat kalian dan yakinlah kalo dunia desain adalah betul-betul dunia yang pengen kalian jambangin. Setelah ini, kalian harus bertanggung jawab penuh terhadap diri kalian sendiri apakah bakalan tahan berada di dunia ini terus atau nantinya bakalan bosen dan kemudian ditinggalkan begitu aja. Ingat, niat itu penting.

  2. Bersabarlah, jangan terburu-buru pengen jadi jago
    Dalam dunia desain grafis, nggak ada yang namanya jago secara instan. Semuanya butuh perjuangan, butuh pengorbanan, dan butuh latihan secara terus-menerus. Jadi, pastikan kalian bersabar dalam membangun skill kalian kelak. Coba deh dilatih kesabarannya dan jangan gampang ngiri kalo ngeliat ada temen desainnya jago banget. Sesungguhnya mereka yang jago desain, artinya jam terbang mereka dalam melakukan itu udah cukup banyak. Tetep sabar dan terus latihan!

  3. Cari software desain grafis yang menurut kalian paling mudah dioperasikan atau sedang populer digunakan para desainer.
    Coba perdalam pengetahuan kalian soal software khusus desain ini. Ada dua perusahaan besar yang mendedikasikan produknya untuk desain. Misalnya Adobe dan Macromedia. Silakan gunakan mana yang menurut kalian paling seru untuk digunakan. Khusus Gue pribadi, Gue setia dalam menggunakan Macromedia Fireworks dan sedikit sentuhan dari Adobe Photoshop. Tentukanlah software kesukaan kalian dan jangan takut buat nyoba-nyoba semua tools yang ada di dalam software tersebut. Catatan penting, kalo kalian baru memulai desain, kalian harus fokus menggunakan satu software terlebih dahulu. Jangan sering mengganti-ganti software karena nanti kalian bakalan ngerasa bingung sendiri, akhirnya ngga ada satu pun software yang betul-betul kalian kuasain. Kalo udah merasa mampu dan luwes menggunakan software pilihan kalian tersebut, baru deh bisa jajal skill kalian dengan menggunakan software desain yang lainnya.

  4.  Singkirkan buku-buku tutorial tentang cara menggunakan software design grafis
    Percaya atau nggak, yang namanya buku tutorial semacam ini nggak berguna sama sekali. Lebih efektif kalo kalian nyoba-nyoba sendiri tools yang ada di dalam suatu software daripada kalian baca cara kerjanya di buku. Semakin banyak error kalian temukan, semakin sering kesalahan kalian lakukan, maka bakalan semakin mengertilah kalian. Kenapa seorang programmer tingkat satu bisa bikin program yang keren? Karena mereka pakai cara coba-coba sendiri. Kalo mereka menggunakan buku tutorial, pastilah hasil yang didapatkan bakalan kaku dan nggak nunjukin identitas si pembuat. Semakin spontan kita membuat sesuatu, semakin berkarakter.

  5. Jangan yang sulit-sulit dulu, coba gambar suatu objek sederhana dengan software tersebut
    Biasanya kalo ngeliat desain poster atau pamflet yang ditempel di tembok-tembok pinggir jalan suka langsung ngiri. Kok bisa sih bikin desain kayak gitu? Ya, bisa dong! Kalian juga bisa, asalkan latihan udah cukup lama. Nah, khusus untuk tahap awal, singkirkan pikiran pengen bikin desain yang kerennya setara sama poster itu. Coba aja dulu bikin gambar-gambar dari objek sederhana. Coba gambar gelas, gambar TV, gambar kamera, setahap demi setahap objeknya bakal semakin sulit, dan tanpa sadar kalian udah ningkatin skill kalian. Bersamaan dengan itu juga, kalian bakalan dapet dasar desain yang matang. Misalnya aja, kalian jadi bener-bener ngerti karakteristik dari masing-masing bentuk bangun datar, sampe akhirnya kalian bisa dengan bebas maduin semuanya jadi objek yang halus. Misalnya aja gambar di paling bawah postingan ini. Gue bikin dengan memadukan unsur-unsur bangun datar. Gue sama sekali ngga menggunakan tools untuk membengkokkan garis atau apapun juga selain bangun datar lingkaran, persegi, segiilima dan spiral.




Perlu diketahui kalo semua contoh di atas Gue buat pakai software desain kesayangan Gue. Just it! Macromedia Fireworks 8. Entah ini software udah seberapa tuanya. Hehehe. Setiap gambar nggak ada model betulannya, cuma pakai imajinasi aja ditambah pemahaman yang matang mengenai konsep bangun datar. Memang agak kaku, tapi seiring skill yang bertambah, hasilnya akan semakin halus. Coba aja. Keep on practice yah!

Gue mulai tertarik nge-share artikel macem beginian. Kapan-kapan Gue bakalan coba bikin artikel-artikel berisi tips and tricks dalam desain grafis tentunya dengan tingkat kesulitan yang betahap dan topik yang beragam. Perlu diingat kalo Gue nggak bakalan pernah nge-share bagaimana cara membuat sesuatu dengan software desain karena terlalu banyak cara untuk membuat desain grafis. Kalo Gue share, Gue khawatir kalian yang baca bakalan jadi susah buat berkreasi sendiri dengan bebas. So, sampai ketemu di postingan Gue yang lain yah! Keep on the blog!

239 comments:

  1. kalo saya mah desain blog sob,programmer masih sedikit belajarnya tapi saya akan usahakan.....
    desain harus punya software yang sekiranya bagus hehe........
    post menarik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh kalo yang Gue jelasin di atas bukan desain blog ataupun desain program kok... Cuman desain grafis ajah... :D

      Delete
  2. wah thanks banget nih mas artikel keren dan bermanfaat bgt..

    tp aku gk gitu setuju sama point 4..
    buku tutorial tetep penting sih..seenggaknya bukan buat ditiru mentah - mentah..buat step awal aja..

    soalnya aku pengalaman belajar dari buku - buku cuma buat pengenalan ke sananya ya aku ngembangin styleku sendiri dan cari tutorial lain di internet..

    well, mungkin mas bisa bikin rubik buat showoff hasil desain temen2, terus dikasih masukan desainnya kurang apa atau gemana..hehhe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, semua orang punya pendapat sendiri kok... Berhubung ini tulisan berdasar pengalaman Gue jadi begitu deh... Soalnya sampe sekarang Gue kalo desain emang ngga pernah sekalipun make buku tutorial... Punya aja ngga... :D

      Delete
    2. Yaaa.. aku setuju...

      Buat saran aja ya mas glen... buku tutorial semacam desain dari indonesia tuh emang kurang bermutu.... hasilnya kurang "wow"... dan aku gak nyaranin buat baca buku tutorial desain dari indonesia sendiri, dan aku setuju dengan bang Glen...

      But....

      Kita coba aja surfing di internet tutorial desain yang dibuat masternya di dunia luar.... saya setuju sama sodara Enny Law, "buku - buku cuma buat pengenalan ke sananya ya aku ngembangin styleku sendiri dan cari tutorial lain di internet"... Kita bsa mengerti bagaimana langkah sebuah karya besar diciptakan.... :D

      Cuman saran aja nih ya, dari pengalaman saya sendiri. Makasih dah... mampir ke blogku juga.. mas glen.. di http://petuahsiudin.blogspot.com

      Delete
  3. mantab glen,
    teruslah kreatif ya,
    aku tunggu petuahmu yang selanjutnya...

    .... :)

    ReplyDelete
  4. Niat dan sabarrrr :D
    poin 1 dan 2, superrrr sekalii bang ;)
    artikelnya sgt bermanfaat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... yup kedua itu adalah faktor paling penting... :D
      Makasih ya udah berkunjung... :D

      Delete
  5. poin kedua susah, pengen langsung bisa...wakakaka...
    *nyari bajakan fireworks nya ^^*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyiahahaha,,, Ngga ada yang instant masbrow... Bahkan Mie Instant aja kudu dimasak dulu sebelum dinikmatin... :D

      Delete
  6. Eh, tapi perlu juga lho sesekali baca tutorial. Dari situ kita bisa unlock trik2 baru. Dan selanjutnya tinggal kita improve.
    Kalo bener2 pure otodidak bakal lama dapat triknya.
    IMO lho ya. True story juga :D

    Terus, kenalan sama orang2 yg lebih pro juga perlu. Selain nambah ilmu baru, juga bisa jadi motivasi. CMIIW

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke, komentar ini bisa jadi tambahan juga... ( >__O)b

      Delete
    2. Untuk yg buku tutorial itu, maksud Gue kan ini jangkauannya masih pemula banget... Jadi Gue anjurin jangan bergantung sama buku tutorial dulu... Kalo basic udah ngerti lewat belajar sendiri, baru baca tutorial trik buat tingkatan yg lebih expert... :D

      Delete
    3. hah? ane akademis, belajar software juga otodidak, g pke tutorial cuma coba2 aja...

      Delete
    4. Nah tuh, berarti dikau sama ma Gue... :D

      Delete
    5. sama gan gw jga jma otak atik sendiri sambil nanya2 sama mbah gugal,,, heheheh makasigan artikel nya bagus,,,

      Delete
    6. Yap, yang kayak begitu lebih efektif broh... Thanks udah mampir yak... :)

      Delete
  7. wew..mantap...terus berbagi yak...makasih ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke makasih yah... Nanti gue usahain sering2 update beginian... :D

      Delete
  8. wah dari dulu saya pengen belajar coreldraw ampe udah beli bukunya, tapi sampe saat ini belum sempat juga belajar,,hehe dasar malas.
    saya cuma sedikit bisa mainin Photoshop, dan cara saya belajar ya melalui web-web tutorial seperti ilmugrafis.com dan sebagainya... nice post :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keep practice... :D
      Aaaaah, saya tetep bersikeras kalo buku2 itu cuma buat koleksi aja,,, Ngga ada gunanya... :D

      Delete
  9. nice share bang glen.. aku pengen banget bisa bikin design pake corel/ilustrator, tapi ya itu dari dulu cuma bertahan di photoshop aja hehe, jadi gak berkembang, mau belajar tapi males, dan kadang ngerasa gak bisa -__-. ya intinya harus ada kemauan dan semangat untuk belajar terus :DD.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yang penting adalah kemauan... Kalo kemauan kuat, tekad udah bulad, apa-apa gampang kok jadinya... :D Semangat!

      Delete
  10. wah keren banget masbro Glen "cara mudah belajar bagi pemula"..
    pas banget saya juga pengen belajar,haha
    mantap deh pokonya!!!

    The Ocean

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gue, kayaknya ga berbakat di bidang ini... pertama ga bisa gambar. kedua ga bakat juta ngutak atik adobe dan semua program desain lainnya. dulu aja belajar adobe udah pusing setengah mampus.. :(

      PS: sori kalo gue komen di replynya.... jaringan internet di cafe daerah gue rada lemoot... -_-

      Delete
    2. @Yudhi : thanks ya Mas Yudhi udah mampir... :D

      @Nuel : Sebenernya bakat itu nomor ke sekian kalo pengen belajar desain. Yang pertama harus dimiliki itu passion dan semangat kuat buat belajar. Karena gambar manual dengan desain digital itu dua hal yang sangat berbeda... :D

      Delete
  11. Yoyoy,,, mantep nih artikelnya.
    Btw, kalau boleh menambahkan, sebenernya kita juga butuh 'guru'. I mean, saat kita mulai, ada seseorang yang mendampingi kita, yang ngajarin kita. Coz kalau sekedar otak-atik sendiri, gak akan maju2. Harus ada orang yang ngasih tahu, ini untuk apa dan itu untuk apa.

    Yg namanya baca dan praktek tentu beda, kadang saat prakteknya kita bingung sendiri kalau terjadi error. Kalau udah error, speachless deh dan males ngelanjutin. Hehe,,, Nah, di sini lah pentingnya 'guru' itu. Guru itu ya bisa siapa aja, yg penting lebih jago dari kita.

    Awalnya belajar photoshop jg dari adik ane, dikasih tahu tools2 dan fungsinya apa aja. Baru deh, setelah kenal tools2nya, kesananya praktek dan improve sendiri. Hoho...

    At the end, semuanya tetep 'depend on' orangnya masing2. Mau serius belajar atau gak. Hoho...

    Thanks Glen. Sudah lama tak mampir, jadi gatel pingin comen yg panjang. Hahaha! Happy designing!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih masukannya... Sekali lagi Gue tekankan, kalo tips di atas berdasar pengalaman Gue pribadi yang belajar desain secara otodidak, dan berkali2 Gue bilang, selama belajar, Gue ngga pernah pake buku tutorial.

      Trial dan Error semua Gue rasain, semua Gue cari solusinya sendiri... makanya Gue berani nulis kalo buku tutorial itu ngga penting... Semakin banyak kesalahan, semakin kita bisa cari solusinya sendiri (dengan cara coba-coba) bakalan lebih menguasai (nggak masalah jagonya lama, karena jago itu urusan terakhir, yg penting menguasai dulu)

      Delete
  12. "..Percaya atau nggak, yang namanya buku tutorial semacam ini nggak berguna sama sekali..."
    Waah, penulis buku tutorial bisa tersinggung nih sob!
    klo mnurut aku itu bisa ngebantu buat skedar latihan, krna sperti yg kamu biblang tadi "..bagaimana caranya menemukan ide tentang apa yang mau kita desain" kalo udah ada bahan buat diikutin kan scara gak langsung bisa mmperbanyak jam terbang juga.. :D
    eh, tapi kok jadi ane yg sotoy yah? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kalimat itu terlalu ekstrim yah? Okelah nanti Gue ganti, daripada ada pihak yg tersinggung... :D

      Tapi emang menurut Gue pribadi sih ya emang ngga guna... =___=

      Delete
  13. Aku suka pembahasan yang ada di artikel ini. Terutama bagian " Singkirkan buku-buku tutorial tentang cara menggunakan software design grafis". Aku setuju banget. Kita kadang suka ketipu belajar software sementara ilmu mendesain menjadi minim dipelajari. Tipografi, komunikasi visual, nirmana dan sebagainya. Thanks wat postingan yang keren ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Caroline... :D
      Thx ya udah mampir... :)

      Delete
  14. Bagus banget ini artikelnya sangat bermanfaat sekali saya lebih suka di point 4 Kalo bisa kasih tutornya buat bikinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... makasih ya... Oke deh diusahakan kapan2 kalo ada waktunya... :D

      Delete
  15. waduh ini keren makasi yaaa eh jadi termotivasi deh hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kembali... ikut seneng kalo artikel di sini bisa bermanfaat... :D

      Delete
    2. siip gan terus berkreasi biar dunia design grafis di indonesia semakin maju

      Delete
  16. makasih atas infonya k ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi, sama2... thanks udah berkunjung and baca... :)

      Delete
  17. makin terpacu buat belajar otodidak, bikin penasaran. oiya share link sedot macromedia fireworks full version + keygennya dong sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap, lebih seru kok belajar otodidak... kuncinya sih berani ngoprek2 aja... gak bakalan error kok.. :D

      Wah klo link download cari sendiri aja yak... Gue ngga support pembajakan soalnya... ( >__O)b

      Delete
  18. Thanks Glen ... Ane harap ada artikel artikel baru tentang Desain Grafis.....

    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2... nanti ya klo ada waktunya... :D

      Delete
  19. iseng iseng searching.. eh nemu blognya mas Glen.. :D
    Macromedia Fireworks itu, buat editing image mas yah,.,,, ^^

    buku tutorial ya, bagiku ngga terlalu perlu... yang perlu, video tutorial, karena bisa dengerin sekaligus melihat :D wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo editing, Gue masih pake Photoshop CS3/CS4 kok... :D
      Kalo Fireworks, Gue pake buat designing, creating, and making... soalnya mulai dari 0... kalo editing kan kesannya mengedit sesuatu yg udah ada... :D

      *toast* soal buku tutorial. Gue aja klo ke toko buku bingung mau beli buku tutor yg mana... akhirnya malah ngga beli and lebih seru belajar sendiri... Ngotak-ngatik semua tools yg ada... :D

      Delete
  20. Keren yaa dah bisa bikin2 gambar sendiri, di bisa nyiptain karakter sendiri, saya belajar otodidak jga tapi cuma masih desain2 halaman buat majalah kampus. thx share dan gambar2 nya bisa buat belajar..
    belajar dari pengalaman org lain penting juga yaa.. sipp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Layouting buat majalah ya? Keren! Sering2 aja pake tuh software design-nya, lama2 juga makin jago kok... :D

      Delete
  21. wahahaha om glen keukeh bgt ama pendiriannya "anti tutor"
    TOP deh ! BONGKAR TUTOR,,, blajar ala anak kecil yang utak atik handphone bapaknya (nyari sms selingkuhannya papah)
    :p
    #gk nyambung

    yu belajar yuuu...
    thx om glen !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha... abisnya gimana dong? Kan ini tulisan berdasarkan pengalaman Gue belajar desain... Dan sampe skrg Gue ngga pernah megang buku tutorial apa pun... :3

      Delete
  22. informasi yg berguna untuk para pemula..
    kalo sempat kunjungi juga saya

    http://resti.blog.stisitelkom.ac.id/

    terimakasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, sama2... :D
      Berkunjung ke kamu atau ke blog kamu nih maksudnya? :))

      Delete
    2. @resti, ko nimbulnya jd masakan mba.hehehe
      @glen lanjutkan mas brooo

      Delete
  23. bener banget, sob.. gue malah jadi bingung kalo pake tutorial.. mendingan belajar dari "guru" ketimbang dari buku...

    otodidak.. ya, ini juga gue banget.. seringkali belajar secara otodidak bisa lebih wow ketimbang belajar secara formal.. (sebenernya sih karena dulu ga ada yg bersedia ngajarin gue T_T )

    nice posting, sob.. ditunggu postingan2 motivatif tentang desain grafis lainnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. That's right brow... Otodidak bikin kita lebih "berani" ngoprek2 software... :3

      Delete
  24. gue juga setuju kalo buku tutorial diilangin..

    kadang kalo kita terpaku sama tutorial, imajinasi kita n keberanian kita pencet sana sini malah jadi kaku..

    aayo belajar desainn

    ReplyDelete
  25. Replies
    1. Monggo, gan... ati2 kepleset, lantainya masih licin... :3

      Delete
  26. Replies
    1. wah tips yang sangat bermanfaat,,,semoga ada waktunya suatu saat untuk berbagi tutorial design grafisnya....

      Delete
    2. Aamiin, kalo lagi dalam keadaan nyantai banget mungkin bisa sih posting soal desain lagi...

      Delete
  27. ada tidak tips untuk membuat tampilan koran lebih menarik ntah itu cara membuat karikatur atau apaan gitu,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Koran? Yang penting sih komposisi brow... Terus yang namanya koran kan bisa dibilang 80% isinya tulisan. Jadi pastiin aja penggunaan font yang ramah sama pandangan mata. Kalo bisa pake font yg sedikit modern, mengingat kebanyakan koran saat ini selalu pake font macem Tahoma, atau TNR, dan itu kalo tingkat kerapatannya tinggi bikin sakit mata. Makanya jadi jarang orang baca koran... >.<

      Delete
  28. sip-sip........
    sama srti gue..
    bisa kmputer..
    bisa apapun sm skali g bc tutorial..
    coba dan mencoba...alhasil dl adobpotoshop sring rusak amburadul..ahaha
    tp alhmdulillah skrng bs menguasai.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, user terlatih kalah kalo dibandingin user inisiatif dan berani ngoprek-ngoprek sendiri... :)

      Delete
  29. benar2 petunjuk yang bagus silahkan main ke
    www.percetakantron.com

    ReplyDelete
  30. software paling mudah untuk pemula apa yaa? ada guidanceya di youtube gak? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo saya boleh saranin. Macromedia Fireworks 8 adalah software yg paling sederhana untuk latihan desain. Toolsnya belum terlalu lengkap, tp penggunaannya gampang buat dimengerti. Nanti klo dah pake MF8, coba beralih ke Corel and Photoshop. Klo udah ahli di 3 software di atas, kamu bisa beralih jajal Adobe Illustrator... :)

      Delete
  31. software yang fitur nya lengkap apa yahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda software beda kemampuan sih ya. Kalo pengen belajar Gue saranin sih pake Corel Draw... kalo udah mantab baru pake Adobe Illustrator...

      Delete
  32. desain web pake apa ya mas...?
    http://www.divametalinterior.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake jasa saya aja Mas... Hahahaha... *setengah becanda*

      Kalo pengen desain tampilan Web, kolaborasiin aja antara photoshop dengan Dreamweaver. Tapi klo saya pribadi sih desain web dikonsep dulu di kertas, abis itu bikin desain2 yang diperluin pake photoshop/corel draw/fireworks kalo udah dimasukkin dalem satu folder...

      Selanjutnya buka Notepad++ dan mulailah membuat websitenya... :D

      Delete
  33. makasi mas sarannya, tapi yang bikin aku kesulitan itu idenya mas, beh, kalo temanya sudah dapet, terus penataannya mas yang bikin sulit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ide dan tata cara penataannya itu tergantung masing2 desainer. Gue ngga mau kasih tau hal2 teknis begitu karena semakin dikau bisa kembangin kemampuan sendiri, maka ciri khasmu bakalan keliatan...

      Delete
  34. Replies
    1. Bisa dong! Wkwkwkwk... Thanks udah mampir yowh... :)

      Delete
  35. Keren...
    Tipsnya berbobot & ga basa basi.
    Mmg smp skrng dr 10 th yg lalu saya ga prnh yg nmnya berpatokan dr buku wlwpun ada bbrpa yg saya beli.cm jd trll monoton.saya aseli otodidak,karna dsrnya mmg gaptek.ditunggu klnjtnnya gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sob, udah baca and berkunjung... :D
      Sip, nanti kalo ada waktu bakal Gue bikin lanjutannya... :)

      Delete
  36. Replies
    1. Sama-sama... thanks juga udah mampir... :)

      Delete
  37. makasih infonya mas..
    saya juga pengen newby.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama... btw, itu maksudnya pengen newbie atau masih newbie? hahaha... :D
      Thanks btw, udah bersedia mampir... :)

      Delete
  38. Cara membuat desain grafis tentang politik gimana gan?
    Tapi gue baru belajar dan masih pemula banget. Sedangkan hasilnya harus dikumpulin besok. Ditambah jurusan gue bukan multimedia tapi RPL.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya desain apa dulu nih? Kan ada banyak, bisa berupa pamflet? atau sekedar poster aja buat iklan masyarakat soal politik?

      Delete
  39. hahaha,ada benernya juga sih,, kalo gua malahan semua software grafis gua uji coba semua. ada lebih dari 5 software. hasilnya.... BINGUNG.. haha.. sebenernya kalo banyak waktu sih mungkin gampang buat belajar, tapi maklum lah, kita kita kan pekerja lapangan, jadi hanya sedikit waktu buat belajar.

    tapi gua yakin, gua bisa kayak loe. bisa sharing ginian. haha (PD bgt gua) tanks sob ilmunya.. bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhahaha... Gue juga kebetulan dulu jajalin semua jenis software desain, dari ms.paint sampe ke adobe illustrator. Tp untuk jangka panjang, gue lebih prefer fireworks, kecuali klo untuk bikin bentuk2 ekstrim yg detail... :D

      Delete
  40. Terima kasih banyak, akang..
    yang akang share tentang cara mudah buat bisa belajar desain grafis ini, berarti banget..... mudah-mudahan, akang masih mau berbagi ilmu lg yah.....

    #tetap berkreativitas akang..semangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 brow... Thanks yak udah berkunjung. Klo waktunya ada bakal gue lanjutin lagi kok... :D

      Delete
  41. Hmm apa yang disampaikan artikel benar-benar deket dengan diri gue brow...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, syukur deh. Moga suka sama tips2 sederhananya... :D

      Delete
  42. keren mas broo..tuk pemula kaya gw.di tunggu ya artikel2 yng terbaru nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke sob, thanks yak udah berkunjung... :D

      Delete
  43. setelah baca artikel ini semangat yang telah redup menjadi gemilang lagi!!
    thank's GAN......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... Bisa aja dikau... Thanks juga ya udah mampir... :D

      Delete
  44. yang paling mengesankan adalah, singkirkan buku-buku tutorial :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, tanpa buku tutorial desain itu jadi lebih bebas. Karena desain hubungannya ke seni. Otak kanan. Jadi klo sampe berubah jadi hafalan ya bakalan kacau... :D

      Delete
  45. Ok..bos, kemauan keras bisa membuahkan hasil yg maksimal. Saya juga bljar corel otodidak. G pake tutorial sgla..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul itu... yang paling penting adalah niat. Klo niat udah punya, apa aja juga rasanya jadi gampang... :)

      Delete
  46. Artikel yg sangat berguna..lanjutkan tulisan desain lainnya..:)

    salam sukses,
    www.kursusonline.web.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks udah mampir dan baca.. Insya Allah akan diteruskan... :)

      Delete
  47. artikel master selalu menarik,,,
    tampilannya juga menenangkan hati

    ReplyDelete
  48. salam kenal mas..
    wah keren bener mas, cuma pake prinsip bangun datar udah bisa bikin karya kayak gitu..kueren..saya pengen belajar mas..link nya ada gak buat belajar..trims sebelumnya..

    - ajib19 -

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti gue bakalan posting beberapa tutorial lanjutannya kok... Sabar menunggu ya... Lagi nyari waktu kosong... :D

      Delete
  49. Terima kasih atas Tips yang bermanfaat....Semangat terus untuk maju...Jangan pernah lelah untuk berkarya...jangan menyerah sebelum mencapai impian...Tetaplah berdoa dan syukuri atas segala pencapaian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap bang! Thanks yak buat dukungannya... :)

      Delete
  50. Tks gan buat Share nya...mana lanjutannya nih ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 brow... :)
      Lanjutannya ada kok di depan. Atau lewat link ini: http://glen-tripollo.blogspot.com/2013/01/3-hal-dasar-dalam-desain-grafis.html

      :D

      Delete
  51. Mantab Gan... memang sesuatu itu harus di pelajari perlahan2, ada di satu majalah yg saya baca kl kita ingin menjadi seorang ahli di bidang apapun kita harus melewati 30000 jam terbang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, apa yg dibilang sama majalah itu betul kok... :D Dengan 30000 jam terbang, artinya kita udah bisa nyebut diri kita profesional... :D

      Delete
  52. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... Terima kasih kunjungannya... :D

      Delete
  53. pemabahasannya sederhana jadi mudah dimengerti. terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama... Makasih ya udah berkunjung... :D

      Delete
  54. Brayy share cara awal pembelajaran desain donk beserta gambar tutorial'a ..
    ua pusing bner susah buat bisa'a ,.,
    apa karna ua gak bakat kali yhee ..

    Comment

    ReplyDelete
  55. Replies
    1. Jangan panggil Pak... Gue masih muda and ketjeh... :))

      Delete
  56. artikelnya bermanfaat bgt buat pemicu semangat, secara gw jg lg mau belajar secara otodidak nih...eh ada kelanjutannya ga yg bisa di share gitu?? misalnya mengenai elemen yg ada di design grafis macem typography dsb, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sementara, sambungannya baru ini 3 Hal Dasar dalam Desain Grafis. Untuk elemen lainnya nanti bakal gue bahas di artikel lanjutannya... :)

      Delete
  57. kak glen, aku bagi link buat download softwarenya dong. thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo link download cek aja di Google, banyak kok yang versi lengkapnya... Kalo gue sih ngga mau ngeshare-in link download versi bajakan soalnya... :)

      Delete
  58. wah infonya oke banget nich cocok sekali untuk saya sebagai pemula terimaksih untuk mau berbagi ilmu

    ReplyDelete
  59. Pertama baca Insya Allah langsung nyocok ni to pemula kaya saya, semoga lebih bermanfaat artikelnya dan berkah buat empunya.SUKSES ya

    ReplyDelete
  60. yah sangat bagus sekali artikel ini bisa membantu semua pelajar yang suka dengan desain grafis, Salam kenal dari kami Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 dan jangan lupa kunjungi dan buka website kami di NURUL-ILMI.COM oke,,

    ReplyDelete
  61. wow nice share bang glen,gw jadi tambah semangat bikin desain kaos CorelDraw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... makasih sob... nah berarti tujuan awal tercapai yak. Gue emang bermaksud naikin semangat mereka yg mau belajar graphic design dulu sebelum ke babak selanjutnya... :D

      Delete
  62. q pengen bgt kul d-jurusan design grafis, g tau knp. pokoky q pengeeeeeennnn bgt blajar, tp, mslahnya q sama sekali g tau apa itu desig grafis. gmn donk,.,.
    sm mint inform, sp yg tau tempt kul disolo, yg ada design grafisnya,., thanks,.,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo masuk aja ke design grafis biar ga nyesel kayak gue nanti... wahahahaha... :D
      Klo soal info jurusan, coba mungkin yg lain lebih tau. Gue bukan asal solo soalnya... :D

      Delete
  63. Replies
    1. Thanks brow... Nanti bakal gue terusin.. :)

      Delete
  64. tanya nih bang
    menurut kamu software desain grafis yang bagus buat bikin desain gaul ala-ala anak muda itu apa ? selain Macromedia Fireworks ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebetulnya semua software buat desain itu sama aja loh. Yg ngebedain cuma teknik si pemakai dan juga kemudahan mengoperasikannya (user experience). Tp, klo boleh nyaranin, coba deh mulai belajar pake Adobe Illustrator atau Corel Draw. :)

      Delete
  65. Ok siap Bang.!
    mu nanya nch gmn cra mendesain gambar.2 ilustrasi seperti gambr.2 black metal dan temen.2nya tuh.? adakah aplikasinya bang.,
    saya pernh disuruh buat ni, ,tak cob gambr pakai photoshop, susah bener, . trz saya gambr tangan dulu trz edit, , tu hasil lebih bagus malah gan,
    tp kygnya cra kuno.?
    adakah yg cra sekarang, pakai sofware aplikasi gt? dan apa sofwarenya.?
    shoalnya saya belum pernah belajar desainer, cuma coba.coba dan ingin bisa,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya gambar ilustrasi itu paling enak pake corel, atau pake perangkat pen tablet. Biar berasa gambar manual, tp langsung tampil di monitor. Pake gambar manual trus di-scan, trus dibikin lineart-nya pake Paint Tool SAI juga ga apa2. Masih banyak kok orang yang pakai cara manual.

      Delete
    2. kalo untuk ilustrasi biasa'a memang pake gambar manual trus di scan...
      baru deh line art pake paint tool... sepakat ama mimin..

      Delete
    3. Yup, emang standarnya begitu kok... :)

      Delete
  66. waw artikel yang sangat bermanfaat nih... thank sob...
    memang sangat bermanfaat artikel'a sebagai dasar untuk terjun dalam dunia desing grafis...
    saya lagi blajar pake adobe nih sob...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah asik tuh pake adobe. Adobe apa nih? InDesign? Illustrator? Semangat lah ya... :D

      Delete
    2. InDesing untuk Katalok gan, untuk Desing'a pake Illustrator... :)

      Delete
    3. Yah, inDesign memang buat katalog... tapi yg namanya desain itu ga peduli sih toolnya apa. Yg penting cara kita makenya... :)

      Delete
    4. ia min, indesign tuntutan pekerjaan juga hehe...
      tp thanks min atas info'a... harap tuntunan'a...
      ^_^

      Delete
  67. Semoga Tumbuh Nani Wartabone Lain Di Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... walau gue ngga tau pasti maksud dari komentar ini... hahaha... :D But thanks for comment... :)

      Delete
  68. maksih tipsnya berguna banget ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, makasih udah mampir... :)

      Delete
  69. kebetulan banget ada artikel ini jadi membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks, senang kalo artikel sederhana ini bisa berguna... :D

      Delete
  70. Replies
    1. Sama2... thanks juga udah mampir... :D

      Delete
  71. wah.. biasanya saya cari tutorial video di yutub, cukup membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, pakai cara belajar otodidak via video di yutub juga ampuh (walau gue sendiri belom pernah praktekin sih). Gue pake cara coba-coba sendiri aja... :)

      Delete
  72. Masih newbie banget nih...
    Tapi pengen bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pengen bisa, ayo berani nyoba! :D

      Delete
  73. mantap ni bang.. klo ada toturialnya share dong heehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih. Untuk tutorial desainnya sendiri gue juga lagi bingung mau mulai dari mana. Tapi ditunggu aja yak, barangkali nanti gue iseng2 post juga... :D

      Delete
  74. utk pemula yg inggn desain grfis gmmna crany?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caranya? Cari aja software desain grafis yang kamu suka, dan mulai ngubek-ngubek sendiri... :D
      Yang penting kamunya punya ide dulu mau bikin apaan. Digambar di kertas dulu jg gpp, tar tinggal usahain sedemikian rupa bisa bikin yg mirip secara digital pake software tersebut... :D

      Delete
  75. Nice article... love it... :D

    Sedikit tambahan... untuk yang "Di dunia pendidikan formal, kita biasanya langsung dihadapkan dengan how to (bagaimana caranya) membuat gambar atau mendesain sesuatu memakai software tertentu yang biasanya udah ditentuin sama jurusan tersebut.

    Masing-masing jurusan desain grafis dari kampus yang berbeda, bakalan menekankan software desain grafis yang berbeda satu sama lain. Misalnya di kampus A, mereka mengutamakan penggunaan Adobe Illustrator untuk desain, sedangkan kampus B mengutamakan Corel Draw. Pasti begini kok, walau nantinya tetep setiap mahasiswa pasti diajarkan juga cara menggunakan software desain lainnya."

    anyway, di kampus dengan jurusan dkv (desain grafis) justru pembelajaran tentang software grafis itu sedikit (hanya 2 smster itu pun 2 SKS). Soalnya, Jurusan Desain tiap kampus udah menganggap kasarnya gini "ya lo dah masuk jurusan desain, harusnya lo dah bisa software desain lebih dulu!"

    well, desain isn't about what software you've got, it's about research & market segment.

    Terus Belajar & Berkarya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. "desain isn't about what software you've got, it's about research & market segment."

      Gue rasa pernyataan di atas sih buat yang mikirnya ke arah bisnis yak. Design as marketing tool. Kalo yg gue bahas kan design buat have fun dulu. Karena have fun adalah awal dari bisnis yang sukses... :D

      Delete
  76. untuk pemula seperti saya memang sulit buat menjadi ahli design grafis, tp dengan membaca info dari glen tripollo,, pengetahuan saya menjadi betambah. terima kasih glen tripollo

    ReplyDelete
  77. sangat sm lo ga, yg pasti pelajaran praktek harus diberangi dgn teori dan prinsip dasar desain grafis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul... Tapi praktek porsinya harus lebih banyak drpd skedar teori... :D

      Delete
  78. infonya sangat menarik, saya suka membacanya.
    tetapi saya sudah mencoba membuat desainnya langsung bingkai rumahnya dan dari ruangan tamunya juga saya coba ..
    tetapi saya kurang memahami tentang membuat desainnya tampak dari samping kiri kanan .. kira" ada solusinya gk ?

    bantu sedikit donk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah klo pengen jago bikin desain tampak dari sudut mana pun kamu harus pelajarin teknik perspektif brow... :)

      Delete
    2. jadi saya harus melukis dulu .apa yang harus di buat gitu khan brow :D alhamdullilah saya baru buat dari yang kecil :D thank's ia brow kasi info nya..?

      Delete
  79. sangat bagus infonya . bisa menambah pelajaran mendesain ..(y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih... thanks juga udah berkunjung... :)

      Delete
  80. Nice tips dah , Makasih banyak Bang :v

    ReplyDelete
  81. Rasanya tips nomor 4 yg belum gue praktekin....btw tips yg muantap agar jadi designer huebat..bukan sekedar plagiat!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah... yap bener... say no to plagiat... :D
      Thanks udah berkunjung... :)

      Delete

Thanks ya, udah berkunjung ke Creative Talks Blog ini. Silakan meninggalkan komentar dengan tidak mencantumkan hal-hal yang berkaitan dengan SARA, flamming dan juga memojokkan pihak tertentu. Diharapkan juga untuk tidak meninggalkan link aktif pada badan komentar atau komentar tersebut akan langsung dihapus oleh admin.

Happy blogwalking and have a nice day!
Creative Talks Blog Creator - Glen Tripollo