CREATIVE SOCIETY

Tuesday, December 13, 2011

YUK, KITA DUKUNG KONSERVASI SUMBER DAYA AIR DEMI MASA DEPAN

Kalo kita bicara tentang air, pasti banyak banget yah manfaatnya. Mulai dari diri sendiri deh contohnya, kita nggak bakalan bisa hidup kalo nggak ada pasokan air ke dalam tubuh kita. Air udah jadi bagian penting dalam proses metabolisme di dalam tubuh baik kita manusia, maupun hewan dan tumbuhan yang hidup di bumi. Ini karena sifat air sebagai pelarut universal, dibutuhin banget sama tubuh kita buat melarutkan berbagai zat-zat yang ada di dalam tubuh kita. Termasuk menetralisir racun dan membawanya agar kemudian bisa dikeluarkan dari dalam tubuh. Nah, siapa di antara kalian yang nggak minum air? Kayaknya nggak mungkin deh. Bahkan koala yang ngga minum air, sebetulnya tetep dapet pasokan air dari batang-batang tumbuhan yang dimakannya loh.

Nah, selain sebagai kelengkapan proses metabolisme di dalam tubuh, air juga penting buat ngerjain kegiatan sehari-hari, misalnya aja buat nyuci baju, nyuci piring, nyuci badan, eh, maksudnya mandi, dan juga buat masak makanan. Kebutuhan air lebih lanjut bisa diliat juga dengan arus air bertenaga tinggi yang akhirnya bisa dimanfaatin buat ngebikin sistem Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Barusan itu semacam intermezzo yang bisa Gue kasih sebagai gambaran bahwa air itu memegang peranan vital bagi kehidupan. Tanpa air semuanya bakalan kacau. Badan bakalan bau, baju-baju nggak ada yang bersih, terlebih lagi bisa menyebabkan kematian gara-gara kehausan. Faktanya, di beberapa daerah di dunia ini, ada yang sedang mengalami krisis air. Entah karena cuaca panas yang ekstrim, maupun karena ulah manusia itu sendiri yang ngerusak sumber daya air. Makanya, Guys! Lewat postingan kali ini, Gue pengen sampaikan dan ajak temen-temen semua biar lebih peduli sama air.

So, gimana caranya peduli sama air? Pemerintah juga sebetulnya udah sejak lama mengatur dan menggalakkan program konservasi bagi sumber daya air. Salah satunya yang bisa Gue temuin secara tertulis adalah pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air. Kalo pengen tau isi lengkapnya, bisa kalian download dari situs resmi pemerintah di sini. Di dalam UU tersebut dijelaskan secara lengkap hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan dan konservasi air di negara kita. Oke, Gue nggak mungkin meng-copy paste seluruh isi dari Undang-Undang tersebut. So, Gue bakalan ambil beberapa intisari yang penting buat kita ketahui lewat penjelasan-penjelasan sederhana Gue ini.

Konservasi Sumber Daya Air, terdapat empat kata yang harus kita pahami dulu artinya. Nah, bakal Gue jelasin sekarang.

Dari Wikipedia, Gue berhasil ngambil satu pengertian tentang apa itu konservasi. Konservasi berasal dari bahasa Inggris (Conservation) yang artinya adalah upaya yang dilakukan manusia untuk melestarikan atau melindungi alam. Berarti pelestarian dan perlindungan adalah kata kunci utama dalam melakukan konservasi. 

So, apa yang dimaksud dengan Sumber Daya Air? Bukan! Bukan cuma air secara objektif. Tapi segala hal yang ada hubungannya dengan air itu sendiri. Misalnya saja, dari istilah Sumber Daya Air, kita bisa pecah menjadi tiga pengertian yang tersirat.
  1. Air, maksudnya adalah air itu sendiri sebagai objek yang akan dikonservasi. Baik air yang berbentuk cairan, uap air, maupun air dalam bentuk yang padat (es).
  2. Sumber Air, maksudnya adalah tempat atau wadah di mana air tersebut berasal dan disimpan. Ini juga menjadi satu bagian penting yang perlu dijaga dan dipelihara.
  3. Daya Air, mencakup segala daya yang dimiliki oleh air. Pemanfaatannya sebagai pembangkit listrik dan lain-lain.
Ketiga hal di atas adalah sesuatu yang penting untuk kita perhatikan dan kita jaga. Jika salah satunya tidak terlaksana dengan baik, maka konservasi sumber daya air dijamin nggak bakal berhasil. Nah, terus apa aja sih yang bisa kita lakuin demi mendukung konservasi sumber daya air ini? Banyak banget! Beneran deh. Tapi cukup dimulai dari hal-hal kecil di sekitar kita, seperti berikut ini :
  1. Menghemat penggunaan air, misalnya pada saat mandi ngga terlalu berlebihan dalam menyiramkan air, atau membuang air yang berlebih begitu saja tanpa ada pemanfaatan lebih lanjut. Sayang banget kan?
  2. Nggak buang sampah di sungai, ini juga satu hal paling penting yang sayangnya sering banget ngga dipeduliin sama orang. Membuang sampah di sungai, berarti mencemarkan kualitas air sungai. Kalo udah tercemar akhirnya kan bakalan sulit untuk dimanfaatkan, atau bahkan jadi nggak dimanfaatkan sama sekali. Sungai yang besar menampung air dalam jumlah banyak. Kalo sampai tercemar, berapa juta liter air yang udah kita sia-siakan? Gawat banget!
Dua hal di atas adalah yang paling utama harus kita lakuin sebagai individu pengguna air. Dimulai dari sekarang, nggak pake tunda-tunda. Pokoknya ingetin aja kalo air itu penting bagi kehidupan. Tumbuhkan kepedulian kita dan pikirkan juga masa depan anak cucu kita kelak.

Nah, untuk tingkatan yang lebih tinggi lagi, konservasi sumber daya air ini bisa dilakukan dengan berbagai bentuk pemeliharaan. Misalnya aja kayak gini :
  1. Perusahaan-perusahaan negara yang bekerja giat menyuling, membersihkan, dan menetralisir racun-racun yang terkandung di dalam air yang telah tercemar agar dapat digunain.
  2. Menjaga sumber air dan membangun sistem pengaturan pemasokan air yang adil kepada masyarakat.
  3. Merawat sumber air dan melindunginya dari berbagai macam bentuk pengrusakan yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
  4. Mengadakan talkshow atau seminar lingkungan yang membahas tentang pentingnya air bagi kehidupan.
  5. Menanamkan sikap peduli terhadap sumber daya air kepada anak-anak sekolah.
Dan banyak lagi hal-hal lainnya yang udah dilakuin oleh pemerintah demi mendukung proses konservasi sumber daya air ini.

Pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana dengan Blogger? Apa sih yang kira-kira bisa dilakuin oleh kita yang punya hobi ngeblog? Blogger bisa kok turut serta dalam konservasi sumber daya air. Tapi sifatnya tidak secara langsung, melainkan melalui teknologi informasi yang kita miliki. Misalnya begini dengan cara memposting artikel-artikel informatif, kreatif, komunikatif, dan inovatif yang berkaitan dengan penggalakkan konservasi sumber daya air ini. Sebarkan seluas-luasnya melalui jaringan internet, agar banyak orang yang membacanya dan setidaknya dapat membangun kesadaran diri bagi para pembacanya.

Konservasi sumber daya air memang sangat penting dilakukan mengingat air adalah sebuah zat yang vital bagi kehidupan semua makhluk di bumi ini. So, Guys! Please be wise, jangan sampai menutup mata dan telinga mengenai hal ini. Mungkin hari ini kalian merasa bahwa air masih banyak dan nggak akan pernah habis, tapi coba kalian pikirkan lagi bagaimana ke depannya. Konservasi sumber daya air ini adalah sebuah usaha pelestarian dengan tujuan jauh ke depan. Generasi penerus kita di masa yang akan datang yang akan merasakannya apakah air masih tetap berlimpah, atau malah menjadi sesuatu yang langka. Semuanya adalah pilihan. Masa depan seperti apa yang ingin kita ciptakan.

Ayo semuanya, kita dukung terus konservasi sumber daya air di Indonesia. Kita tekan lagi sikap egois kita, dan mulai pikirkan nasib orang lain di masa mendatang. Dapet pahala loh! Hehehe.

13 comments:

  1. ok, great suggest for great world

    ReplyDelete
  2. good,.,.,.,
    mlai sekarang ane gk akan boros dengan air ,.,.,.,
    hee (apa mbuh,)

    ane juga ikut dukung konservasi sumber daya air di Indonesia lah,.,
    tapi caranya bagaimna ach, n kirim kemana,.,
    ckickickicki

    ni ada artikel tntang surat dari tahun 2070, yang katanya dah sulit mncari air karena ulah manusia sekarang,.,.
    http://dul-hallud.blogspot.com/2011/10/surat-dari-tahun-2070.html

    ReplyDelete
  3. @Aziz : Thanks yaa.. udah mampir... :)

    @Adul : Nyahahaha... yoi, harus itu! Ayo hemat air... btw, link bagus, itu bisa jadi gambaran tentang masa depan yang gak ingin kita harapkan... AYo dukung konservasi Sumber Daya Air! :D

    ReplyDelete
  4. hehe, bener juga tuh
    kadang saya kalau abis mandi tak buang gitu aja airnya, tapi mengingat sekarang air semakin sulit jadi mikir2 lagi kalau mau buang-buang :)

    ReplyDelete
  5. @Hana : Wkwkwk.. yoi, kita mesti berjuang demi masa depan... jangan maunya egois sendiri... LANJUTKAN!! Thx ya udah mampir... :)

    ReplyDelete
  6. Konservasi air..?? good luck semoga sukses buat kontes blog nya...

    Yuks gunakan air dengan bijak

    ReplyDelete
  7. @Hadhara : Thx buat dukungannya... :D

    ReplyDelete
  8. @Abdurrachman Sankyu, Brotha.. :D Thx ya udah mampir... :D

    ReplyDelete
  9. thx for share bro :)
    cool :)
    by the way, visit dan Join my Blog ya ,
    http://gapekamania.blogspot.com
    aku tunggu bro :)
    aku udah join blog lu :)

    ReplyDelete
  10. @Angga : Thx juga brow... :D
    Oke udah difollow yah... Gue yg ke 47... :D

    ReplyDelete
  11. Nice post, bang :D

    Sangat mendukung upaya sederhana dalam konservasi sumber daya air :)
    mari mulai dri yg kecil di sekitar kita (o^_^o)/

    ReplyDelete
  12. @Nur Yoi! Ayo kita mulai sejak dini... :D

    ReplyDelete

Thanks ya, udah berkunjung ke Creative Talks Blog ini. Silakan meninggalkan komentar dengan tidak mencantumkan hal-hal yang berkaitan dengan SARA, flamming dan juga memojokkan pihak tertentu. Diharapkan juga untuk tidak meninggalkan link aktif pada badan komentar atau komentar tersebut akan langsung dihapus oleh admin.

Happy blogwalking and have a nice day!
Creative Talks Blog Creator - Glen Tripollo