CREATIVE SOCIETY

Friday, December 16, 2011

HOW HIGH CAN YOU JUMP?

Halo, Guys! Di tengah kesibukan Gue hari ini, Gue bela-belain ngupdate blog. Soalnya sayang kalo pas lagi ada ide, eh dibiarin nguap gitu aja. (Nguap? Ngantuk, Gan?) Nah, satu hal lagi yang mau Gue posting buat ngelatih diri kita jadi pribadi yang lebih baik lagi. Emangnya mau ngomongin apaan sih? Ngomongin apa lagi kalo bukan tentang "HOW HIGH CAN YOU JUMP?". Bukan! Bukan! Bukan tentang olahraga! Jump memang artinya lompat, tapi bukan lompat yang itu yah. Yang suka dilakuin sama kodok. Beneran, bukan itu! (Tendang si kodok jauh-jauh).

Nah, terus what the kamsud of JUMP in this post? Maksudnya gini loh. Ini cuma semacem ungkapan aja. Misalnya, pas kita lagi berdiri sambil ngeliat ke atas. Ada mangga tetangga yang udah ranum bener-bener ngegodain lidah and perut kita.

Kalian ngeliat kiri dan kanan kalian ternyata kosong. Nggak ada apa-apa yang bisa dipake buat ngambil tuh mangga. Nah, terus apa yang harus kita lakuin? Tentu yang pertama kepikir adalah LOMPAT! Ya, LOMPAT! Lompat sekuat tenaga berharap kita berhasil menggapai mangga tersebut. Tentunya, kalo kita ngga yakin and nggak berusaha sekuat tenaga biar bisa lompat tinggi, sampai kapanpun mangga itu ngga bakalan bisa kita gapai. Akhirnya kalo udah nggak kegapai, apa yang bisa kita lakuin? Ya, kita cuma bisa memandangnya aja. Menikmatinya tentu cuma jadi khayalan belaka.

Oke, tadi untuk kasus ngambil mangga (sorry yah soalnya lagi laper, yang kepikiran malah makanan). Sekarang gimana kalo kita ubah si mangga jadi IMPIAN atau CITA-CITA kita? Kita bisa melihatnya, kita bisa ngeliat jelas impian-impian kita, dan kita pengen banget meraihnya. Apa yang bakal kita lakuin? LOMPAT! Maksud penting dari LOMPAT itu adalah semangat dan kerja keras saat kita melompat. Seberapa tinggi kita mampu melompat, bakal jadi pertimbangan, apakah nantinya kita berhasil ngegapai impian kita, atau pada akhirnya kita keburu nyerah, lelah, akhirnya impian itu tetap berada jauh di atas sana, tak terjangkau.

Semua orang punya cita-cita. Itu pasti! Tapi nggak banyak orang yang berhasil menggapai cita-citanya. Kenapa? Berdasar pemikiran dan pengamatan Gue sama kehidupan orang-orang di masyarakat, khususnya orang Indonesia yang (sebetulnya) pinter-pinter mengenai penyebab dari kegagalan mereka ngeraih impian mereka adalah sebagai berikut:
  1. Malas, entah udah berapa kali Gue menekankan kata ini di setiap postingan blog Gue ini. Tapi, emang gak bisa lagi kita pungkiri. Rasa males adalah faktor utama penyebab kegagalan kita dalam menggapai impian dan cita-cita kita. Kebiasaan orang Indonesia kebanyakan adalah mengkhayal. Mengkhayal sukses di masa depan, tapi ngga pernah menunjukkan kerja kerasnya biar bisa meraih kesuksesan itu. Semuanya pengen terjadi secara instan, makanya banyak yang doyan sama mie instan! (eh?)

  2. Ragu-ragu, sebagian orang mungkin ada yang udah bersiap untuk melangkah maju mengawali perjuangannya menggapai cita-citanya. Sayangnya masih banyak pertanyaan-pertanyaan di dalam hati dan pikirannya (yang sebetulnya nggak penting banget). Misalnya aja kalo kita mau melangkah, kita udah keburu kepikiran dengan "NANTI GIMANA YAH?", dan ini akan membuat diri kita sendiri jadi ragu-ragu. Hei, inget gak waktu masih duduk di bangku SMA kelas 1? Kalo ngeliat pelajaran anak kelas 3, pasti udah ketakutan setengah mati. "Aduuuh, nanti bisa gak yah????" Padahal begitu kita udah kelas 3, ternyata menjalaninya yah biasa aja, nggak semenakutkan yang kita bayangin sebelumnya. Sama halnya dengan meraih cita-cita kita. Kita ragu-ragu karena kita takut akan sesuatu yang belum kita ketahui. Jangan dipikirkan! Santai saja, dan mulailah melangkah!

  3. Tidak Fokus, nah ini dia. Kurangnya daya fokus kita bisa bikin kita terjerumus loh. Misalnya aja dateng berbagai macam godaan, dan kita yang padahal tinggal beberapa langkah lagi menuju cita-cita, eh malah dengan gampangnya tergoda. Akhirnya, langkah yang udah kita jalani selama itu langsung keluar jalur. Yah, sayang banget kan? Makanya mesti fokus!

  4. Terlalu Banyak Pertimbangan, biasanya orang yang sifatnya perfeksionis and rasional selalu ribet. Gimana ngga ribet? Toh, apa-apa harus dipertimbangkan matang-matang yang gak jarang juga akhirnya malah jadi "OVER". Misalnya gini, kita punya cita-cita mau jadi seorang komikus, padahal untuk memulainya cukup ambil kertas, pensil, penghapus, penggaris, dan perlengkapan gambar sederhana yang kita butuhkan dalam bikin komik. Tapi, tiba-tiba kita kepikiran kalo kita nggak punya scanner. "Yaaaaaaaahh, gimana caranya nih kalo ngga ada scanner! Mana bisa masukin gambar ke komputer! Pokoknya mesti ada scanner dulu baru Gue mulai gambar". Padahal saat itu yang kita butuhin cuma kertas dan pensil. Masalah scanner ada apa ngga urusan belakangan. Selesein dulu bikin sketsa, kalo udah mateng baru nyari scanner. Kalo belom mampu beli ya bisa ke warnet. Pokoknya terlalu banyak pertimbangan-pertimbangan ngga penting begini juga bakalan ngehambat jalan kita menuju cita-cita.

  5. Kata Ortu, oke yang satu ini emang agak berat yah. Ada beberapa orang tua yang sering larang kita ini itu dengan alesan mereka pengen yang terbaik buat kita. Tapi, Gue bukannya ngajarin jadi durhaka yah, Gue cuma mau bilang kalo apa yang terbaik bagi kita, hanya kitalah yang tau jawabannya. Kalo misalnya kita punya cita-cita positif biar jadi orang sukses, dan ternyata orang tua kita merasa kalo apa yang kita cita-citakan itu absurd atau mungkin tidak disetujui, JANGAN NYERAH! Jangan berhenti mengejar apa yang kalian yakini. Orang tua melarang kita karena mereka khawatir kita ngga berhasil. So, gimana cara ngadepin orang tua kayak begini? Dengan cara bekerjalah secara diam-diam. Tunjukkin kalo kalian bisa sukses dengan cara kalian. Kalo berhasil, tunjukkin ke orang tua kita. Pasti mereka bakal merasa bangga dan nggak lagi-lagi menentang apa yang kita lakukan. (Khusus untuk kegiatan yang positif yaaaa...)

Menurut Gue, kelima hal barusan itulah yang paling berpengaruh terhadap nasib kita, apakah bakal berhasil ngeraih mimpi, atau malah membuangnya begitu aja. So, Guys! Lagi-lagi Gue nggak pernah bosen nyebut ini. Please, be wise! Kalian yang menjalani hidup ini harus punya suatu keyakinan yang kuat. Kalo kalian berpikir kalian bisa, kalian fokus, kalian tetap teguh dengan pendiriannya, nggak salah lagi, cita-cita kalian pasti bakal tercapai.

So, HOW HIGH CAN YOU JUMP? Inget yah, dari banyak musuh yang kita hadapi, yang terberat adalah diri sendiri. Be strong! Sure you can do it! SEMANGAT!!

13 comments:

  1. ajep... nice post,,, :D
    untung aja gk diluapin gitu aja wangsit nya :P

    ReplyDelete
  2. @angga zhan: Wkwkwkwk... Thx udah berkunjung... Hadeh baru sadar gambarnya salah Grammar... =__=

    ReplyDelete
  3. semanagaaat..
    raih cita


    bagus deh postinganya,, :)
    jempol deh

    ReplyDelete
  4. haaaa keren! jlebb banget. emang sih gue males jadi gak kegapai-gapai deh :|

    ReplyDelete
  5. Harus coba dulu baru tahu setinggi apa...ayo locat!! salam kenal.

    ReplyDelete
  6. Nice post.. ga nyesel saya mampir ke sini...
    ^_^

    ReplyDelete
  7. @Nailul : SEMANGAT!!! :D Thx ya udah baca...

    @Mega : Huehehehe... ayo lawan rasa malas! :D

    @Nufus : Wkkwkwk... bukan loncat kodok yah... :D Salam kenal juga... thx udah mampir

    @Rusdah : Hahaha... makasih2... :D

    ReplyDelete
  8. nice post, memotivasi :D
    berati pocong juga orang yg gak pernah menyerah yah, dia terus lompat sampe tujuan. hihi ._.
    yuk, lompaaatt :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iya, ungkapan baru. Belajarlah dari pocong yang melompat... XD

      Delete
  9. Aih aihhh...Adrenalin gw naek..Jd mau ikutan loncat bareng om glen...^^Salam kenal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo-ayo loncat! Tapi yang bener yak loncatnya, salah-salah malah keseleo... :D

      Delete
  10. setuju bgt... *langsung merenung*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo melompat! Btw thanks udah baca yaa.. :D

      Delete

Thanks ya, udah berkunjung ke Creative Talks Blog ini. Silakan meninggalkan komentar dengan tidak mencantumkan hal-hal yang berkaitan dengan SARA, flamming dan juga memojokkan pihak tertentu. Diharapkan juga untuk tidak meninggalkan link aktif pada badan komentar atau komentar tersebut akan langsung dihapus oleh admin.

Happy blogwalking and have a nice day!
Creative Talks Blog Creator - Glen Tripollo