CREATIVE SOCIETY

Friday, December 02, 2011

DARE TO BE AN INSTANT LEADER

Hola, Guys! Wuih, sekarang ngga kerasa udah masuk bulan baru yah. Bulan Desember! Udah pada punya rencana apa aja nih? Mungkin udah ada yang make a wishes tentang apa-apa yang mau dicapai di bulan ini? Atau bagi yang beragama Kristen udah pada mempersiapkan rencana-rencana buat nanti Natal? Emang masih lama sih. Tapi biasanya euphoria-nya kan udah dari jauh-jauh hari. Atau buat dikau yang lain, mungkin udah pada nyusun rencana buat menggila bareng temen-temen di ujung tahun 2011?

Apapun rencana dan kegiatan kalian semua di akhir tahun ini, Gue doain semoga lancar jaya! Hehehe... So, how about me? Gue sih bukan tipe yang suka merencanakan sesuatu terlalu heboh. Biasa aja. Kalo ada temen mau ngadain acara, ya ngikut aja kalo pas ada waktu.

Tapi beda hal sama wishes of the month. Gue pengen bisa ngerasain hasil dari jerih payah Gue sendiri di akhir tahun ini. Yah, moga Gue bisa beresin minimal 50% dari Proyek Akhir Gue tanpa mengganggu kegiatan Gue yang lain seperti nulis novel, dan jadi seorang Chief Technology Officer and Social Media Developer di Sketchmagz. Coz, Gue suka banget sama semua kegiatan-kegiatan itu. Dan yang pasti, Gue merencanakan GANTI HAPE di bulan ini. Semoga terlaksana!

So, sekarang tentang post di hari ini. Gue pengen bagi-bagi tips buat kalian semua yang sering merasa ciut atau di-bully sama temen-temen sekelompok kalian pas (mungkin) lagi ngerjain tugas kelompok dari sekolah atau kampus. Atau mungkin kalian pernah nyasar rame-rame di suatu tempat sama temen-temen kalian? Kalian terlalu pasif sampe nggak berani buat ikutan angkat bicara? Hei please deh! (ngomong sampe muncrat-muncrat) Jaman udah maju begini masih aja ciut untuk menampakkan diri di depan keramaian (tentunya dengan penampilan yang sopan yah). Guys, y'all knew this, setiap KELOMPOK pasti butuh yang namanya LEADER atau pemimpin. Kalo nggak ada LEADER, ya kelompoknya bakalan ancur. So, gimana nih? Gimana kalo tiba-tiba Gue mesti jadi seorang leader? Gue kan pemalu. Ah, get rid of those shits, and do what I say! 

Sebelumnya coba deh liat gambar di samping ini. Gue baru aja bikin quote baru yang menyatakan kalo "JANGAN SEBUT DIRIMU PEMIMPIN, JIKA DIKAU NGGAK BISA MIMPIN DIRI SENDIRI".What the kamsud? Yah, perlu digarisbawahin sih, syarat utama buat jadi seorang leader itu adalah "SADAR DIRI". Kalo mau jadi leader, kalian harus ngerti dulu apa kelebihan dan kekurangan di dalem diri kalian. Misalnya kalian tukang males-malesan, suka tiduran telentang sambil ngupil pake telunjuk dan jari kelingking yang nge-thrill. Coba deh, kalian kalahin rasa males itu. LEAD YOURSELF! Jangan mau kalah sama kemalesannya itu. (Tapi kalo idung kotor, tetep yah bo ngupilnya...)

Oke, that's the main point! SADAR DIRI. Kalo udah sadar diri, dijamin bisa lebih mudah kalian tau seperti apa diri kalian, dan pastinya bakal berusaha ngerubah sikap negatif kalian (tenang, suka ngupil itu bukan hal negatif selama dikau lakuin pake jari telunjuk, eh, maksudnya selama dikau lakuin di tempat yang pribadi).

What's next? Coba deh latih rasa KEPEDULIAN terhadap sesama. Lagi-lagi ada hubungannya dengan LEAD YOURSELF. Kalahkan rasa egois di dalam diri kalian demi kebersamaan di dalam kelompok. Lakuin segala hal dengan pemikiran UNTUK KELOMPOK, bukan untuk diri sendiri. Kalo kalian bisa nunjukkin sikap begini, so pasti anak buah yang kalian pimpin bakal dengan senang hati ngikutin kalian.

Apa lagi, apa lagi? Bentar Gue mikir dulu. Ah ya, coba buang rasa takut kalian. Kehidupan ini bagi manusia mungkin nggak berlaku hukum rimba, "yang kuat yang menang", tapi hukum lain pasti berlaku. "YANG BERANI YANG SUKSES". Hei orang berkekuatan lemah, bila punya mental bagus dan berani menampilkan dirinya di depan umum, orang berotot sekalipun bakal tunduk sama dia. Keren kan? That's the power of BRAVENESS.

Kalo kalian udah punya minimal tiga hal yang barusan Gue jelasin, kalian siap jadi pemimpin. Tapi, kadang ada orang yang udah merasa sanggup memimpin, cuma sayangnya dia salah menentukan kapan harus bertindak. Misalnya dalam kasus kejadian-kejadian yang terjadi secara mendadak tanpa kalian pernah bayangkan bakal terjadi. Contoh kasus sederhana begini aja deh, Gue kasih sebuah kisah romantis yang seru.

Kalian mendadak tersesat di suatu daerah yang kalian ngga pernah tau bersama dengan orang-orang asing. Kalian dan mereka sama-sama kebingungan tentang apa yang seharusnya dilakuin. Nah, di sinilah peran seorang LEADER diperluin. Gimana cara menampilkan diri? Inget poin awal "SADAR DIRI", jadi jangan langsung bertindak, coba perhatikan dulu beberapa saat orang-orang yang ada di dalam kelompok, dan coba pelajari karakteristiknya dengan waktu singkat.

Mempelajari karakteristik, bisa kalian lakuin dengan memperhatikan 3 hal ini. Gesture (gerak tubuh), cara berbicara, dan intonasi saat bicara. Untuk ketiga hal ini kapan-kapan bakalan Gue bahas lebih lanjut.

Kalo kalian udah nemu karakteristik mereka, dan kalian menemukan ternyata kelompok itu masih aja kebingungan, inilah... UHUK! saatnya... UHUK! Kalian harus bertindak!. Langkahnya? Cekidot yuk!
  1. Mulai dengan memperkenalkan diri kalian di depan mereka, tentunya dengan gaya yang ramah dan intonasi yang lembut dan sopran eh sopan. Jangan lupa senyumnya, cing!
  2. Coba jelasin secara singkat, padat, jelas, dan bohay tentang keadaan atau masalah yang sedang dihadapin saat itu. "Saat ini kita sedang tersesat, so kita butuh kerja sama untuk mempermudah kita mencapai tujuan kita" ini misalnya loh yah...
  3. Kalo udah begitu, silakan kalian atur strategi, dan bagi-bagi tugas dengan mereka semua. Kalo pembawaan diri kalian di bagian 1 udah bagus, dijamin kok siapapun yang ada di sana bakalan dengan senang hati membantu kalian. Keep smile and keep gahul!
Selalu ingat yah, jangan egois dan selalu berani mengambil sikap. Jangan ciut brow! Nggak bakalan bisa idup kalo berinteraksi sama orang lain aja udah takut. Don't worry about your strength, keep your mind focus! Gue rasa kalian semua PASTI BISA, PASTI SIAP buat jadi seorang LEADER. Kalo di dalam kondisi semuanya pengen jadi Leader, coba tekan lagi ego kalian, dan coba dukung sang leader dari belakang dengan segala kemampuan yang kalian punya. Percayakan sesuatu pada orang lain, dan dukung, kalian juga pasti bakalan dipercaya sama mereka. Hehehehe...

SEMANGAT! Maju terus yah pemuda bangsa. YOU ARE GREAT! Sampe ketemu di postingan Gue yang lain.

14 comments:

  1. merdeka!!! hhahaha..

    setuju banget deh dengan postingan ini *baca sambil ngupil*

    ReplyDelete
  2. MERDEKA!!! hehehee.... :D
    Awas ngupilnya harus pake jari telunjuk yah... :D

    ReplyDelete
  3. Belum bisa jadi pemimpin eh leader yg baik eh -___-" huhuhuuuu T.T

    ReplyDelete
  4. @Nur Bisa kok bisa... asal berani nyoba and terus dikembangkan skillnya... :D

    ReplyDelete
  5. Mantab bro!,
    Yang penting kita SADAR DIRI dan PEDULI, mudah2an kita bisa jadi LEADER yg baik.

    Cemangat cing.. whahaha,

    ReplyDelete
  6. Yup bener brow... 2 kata yg sederhana, tapi juga kadang susah diamalkan... Hehehehe... SEMANGAT!

    ReplyDelete
  7. memimpin diri sendiri saja dirikuh masih sulit, apalagi mempunyai keinginan untuk menjadi anggota dpd hehe. kalau sempat mas glen mampir ke blog saya ya sobat ada sebuah tulisan tentang Andai Aku Jadi Anggota DPD RI hehe.

    Salam Persohiblogan ^_^

    ReplyDelete
  8. @Auraman Mungkin 2 kata itu kesannya sederhana, tapi memang sulit banget buat dipraktekan, yah sering2 aja dilatih biar semakin matang...

    Wah ikutan lomba DPD? hehehe... sukses yah. Saya mampir.

    ReplyDelete
  9. nice share bang :), memang jadi leader itu harus bisa nahan egonya sendiri, dia punya 'beban' tanggungjawab sebagai seorang pemimpin bagi anggotanya. wahh emang berat sih >,<
    dulu pernah jadi ketua suatu pertunjukkan (pas sma) sekedar pengalaman, buat pertama kalinya, hadehh harus berusaha sebisa mungkin apa2 dimusyawarahkan sama temen2 anggota, kalo setuju ya setuju. jadi aku dulu malah ngerasa jadi pemimpin yg 'gak enakan' takut salah dan gak sesuai sama keinginan temen2. huhu ini juga gak bisa buat contoh, leader yang kurang percaya diri -___-" pokoknya aku ngerasa ga pantes jd seorang pemimpin hehe (sorry bang jadi curhat wkwkwk)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu dia... Kadang ngga selamanya seorang pemimpin ngikut apa yg dimau sama anggotanya, asalkan kita yakin yang kita tentuin merupakan yang terbaik untuk tim, kenapa ngga kita jalanin, toh walau anggota ada yg ga setuju, pada waktunya bakalan terbukti kalo cara kita benar... :D

      So, jadi pemimpin mesti tegas... :)

      Delete
  10. Kyknya ada yg curhat nih yg ttg "org berotot aja bs takut sm yg lemah..." hehee.. U're Rock, man!!!

    Hidup Ngupil!!!! (Eh... )

    Btw, jd gnt hape apa??? (Heheh.. mo tau aja gw)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa yang curhat? -_-
      Btw, thanks yaaa udah mampir and baca... ( >__O)b

      Delete
  11. Gue paling benci tuh glen sama pemimpin yang terlalu mikir idenya paling bagus, sumpah jijik banget..
    oh iya, udah gue follbek ye blog lu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, ini juga jadi permasalahan sih. Pemimpin yg baik itu bukan yang sok2an merasa punya ide bagus, tp yang bisa mengarahkan banyak orang agar semuanya lebih teratur.

      Btw, thanks ya~ :D

      Delete

Thanks ya, udah berkunjung ke Creative Talks Blog ini. Silakan meninggalkan komentar dengan tidak mencantumkan hal-hal yang berkaitan dengan SARA, flamming dan juga memojokkan pihak tertentu. Diharapkan juga untuk tidak meninggalkan link aktif pada badan komentar atau komentar tersebut akan langsung dihapus oleh admin.

Happy blogwalking and have a nice day!
Creative Talks Blog Creator - Glen Tripollo