Inspiring

BUAT ELO-ELO YANG MASIH DOYAN NYONTEK

Halo, Guys! Fiuh capek banget. Gimana nggak coba? Gue yang udah lumayan lama nggak ngeliat yang namanya buku pelajaran, mendadak mesti ngadepin lagi buku menyebalkan yang satu itu. Yak! Gue baru aja beres bantuin ade-ade Gue belajar. Secara sejak kemaren mereka ngejalanin yang namanya Ulangan Umum Semester. 

Buku keramat yang isinya kebanyakan teks itu berhasil bikin Gue mabok lagi. Maklum Gue rada alergi sama tulisan yang sifatnya terlalu formal. Di waktu Gue sekolah dulu, yang namanya ngebaca buku pelajaran itu rasanya kayak lagi digebukin sama Mike Tyson. Belom-belom udah pengen nyerah rasanya. Baru ngambil buku, ngeliat covernya aja udah mual-mual, apalagi pas dibaca, suka tiba-tiba pengen boker nggak jelas gitu. Masuk angin juga kagak.

Untungnya sih Gue dulu termasuk siswa yang udah ngerti arti perjuangan dan ngeliat jauh ke depan. Kalo emang pengen sukses, ya beginilah jalan yang mesti ditempuh (sekalipun bikin diare tanpa sebab).

Nah, gara-gara ade-ade Gue lagi sibuk ngadepin Ulangan Semester, dan kebetulan Gue tadi ngajarin mereka. Akhirnya, Gue dapet inspirasi buat nulis postingan kali ini.

MENCONTEK! Yak, mencontek. Siapa kira-kira yang sampe sekarang masih demen ngelakuin yang namanya nyontek? Oke, Gue tau kesulitan-kesulitan yang dihadepin pas jadi anak sekolahan. Percaya deh, Gue tau kok rasanya "terpaksa" baca buku pelajaran. Gue tau rasanya melototin catetan cakar ayam temen yang kita fotokopi buat dibaca ulang. Gue juga tau rasanya dipaksa ngedengerin omongan guru galak bin killer bersuara cempreng mirip kucing kejepit. Gue tau, percayalah! Tapi, coba deh tanya sama diri kalian sendiri, apakah karena segitu beratnya ngejalanin kehidupan jadi pelajar, maka harus MENCONTEK? No, Kawan! NO!

Kalo kalian memberikan alasan tersebut, maka kalian lagi bodong, eh, BOHONG! Nggak ada mencontek yang didasari karena keluhan sulitnya menjalani masa-masa bersekolah. Yang jujur itu begini, kalian mencontek karena MALAS. Ya gak?

Gara-gara malas, kalian jadi nggak belajar. Gara-gara malas, kalian jadi nggak ngedengerin guru ngomong di depan kelas. Dan karena malas juga, kalian nggak mau make otak kalian buat mikir. Nah loh, gede banget kan peranan si malas ini dalam merusak masa depan kalian? Jadi khusus buat temen-temen, and ade-ade Gue di luar sana yang masih pelajar dan ngalamin galau-galaunya bersekolah, coba deh dilatih. Hilangkan rasa malasnya. Pasti bisa deh, asalkan kalian percaya sama diri kalian sendiri.

Biar lebih serem nih, Gue bakalan kasih gambaran kerugian-kerugian yang bisa terjadi gara-gara keseringan nyontek. Yuk disimak!
  1. Mata Juling - Yak, mencontek bisa bikin mata kalian jadi juling. Gak percaya? Hal ini karena kalian memaksakan mata kalian untuk melirik jauh ke kiri dan ke kanan, sampe-sampe urat mata jadi terasa tegang dan bukannya nggak mungkin posisi mata kalian jadi berubah. Hayoloh!

  2. Duit Ludes - Nah, coba kalian itung-itung lagi, berapa banyak duit yang udah kalian buang cuma buat beli penghapus karet Staedtler warna putih ukuran gede? Berapa banyak penghapus yang kalian beli dan dibuang begitu aja setelah partner in crime kalian mencoret-coret permukaannya dengan jawaban soal? Coba kalikan pengeluaran itu dengan 7 hari. Kalian bahkan bisa membeli mainan mobil-mobilan Hot Wheels original sendiri dengan harga yang sama.

  3. Buang-buang Kertas - Nah, kalian udah tau kan? Berapa banyak kayu dari pohon-pohon gede ditebang cuma buat memproduksi kertas dan tissue. Kalian yang suka nyobek-nyobek kertas cuma buat nulis jawaban soal dan kemudian dilempar-lempar ke teman lain yang membutuhkan itu adalah bentuk kalo kalian ngga peduli sama pohon-pohon itu.

  4. Buang Waktu - Berapa banyak waktu kebuang cuma buat nyari-nyari jawaban yang itu juga belum tentu betul! Misalnya kalian mau nyontek ke temen yang terpercaya, gak mungkin kan kalian nulis berbarengan dengan si pemberi contekan? Paling nggak mesti nunggu dulu si pemberi contekan menyelesaikan nulis jawaban soal di lembar jawabannya. Tuh kan, berapa banyak waktu kebuang cuma buat nunggu? Belom lagi ngerjain soal yang lainnya.

  5. Gak Bahagia - Berapapun gedenya nilai kalian nanti, nggak bakalan deh kalian ngerasain kebahagiaan segede nilainya. Hal ini karena kalian nggak bisa tau, dengan hasil yang bagus itu, apanya dari diri kalian yang bisa dibanggain, semua jawabannya aja boleh dapet dari orang lain. Ngeri kan? Belom lagi nanggung beban rasa bersalah gara-gara udah ngebohongin orang tua.

Kurang lebih itulah kerugian-kerugian yang paling sering dirasakan buat orang-orang yang doyan nyontek. Terus apa dong yang bisa kita lakuin biar nggak nyontek? Sekali lagi, Gue bakalan kasih beberapa langkah untuk meningkatkan rasa pede kalian.
  1. Belajar - Karena dengan belajar, kalian bisa ngerti, kalian bisa tahu, dan kalian bisa tempe bisa juga jadi lebih rileks dalem ngehadepin ujian yang bakalan dateng nyerang.

  2. Kurangin Main - Musuh utama pelajar di jaman sekarang adalah INTERNET. Kebanyakan pulang sekolah langsung ke warnet, bayar ceban, main paket sampe berjam-jam. Dan ini dilakuin bukan cuma sehari dalam seminggu, tapi bisa jadi setiap hari. Rugi kan? Coba deh alokasikan sebagian waktu main yang berlebihan itu buat belajar. Gue ngga mungkir yah, main game itu tetap menjadi hal yang penting biar otak nggak stress.

  3. Dengerin Guru Ngoceh - Memang kadang berasa ngantuk, kadang juga ngerasa sebal. Tapi toh, nggak berat-berat amat kan? Cuma dengerin aja ocehan guru. Kalian tau gak? Walau kalian ngga begitu fokus, sebetulnya otak kalian secara otomatis udah nge-save beberapa masukan dari suara-suara di sekitar. Nah, makanya nggak bakalan rugi kok buat sekedar ngedengerin guru ngomong. Pasti bakal ada aja yang nempel di otak.

  4. Create an Awesome Notes - Buat deh catatan yang kece. Kasih warna-warna terang, tulisan yang bagus, jangan kayak cakar bebek. Ini bisa bangkitin semangat kalian buat belajar loh. Otak kita juga lebih mudah menerima sesuatu kalo tampilannya itu catching. Makanya ada yang namanya belajar dengan metode Quantum. Maksudnya memainkan perpaduan warna-warna buat mempermudah otak mencerna informasi. Menarik kan?

  5. Perdalam Agama - Kalian juga pasti tau kan kalo nyontek itu sama aja dengan plagiarisme? Dan plagiarisme itu mirip-mirip sama mencuri. Dan coba tebak, ngga ada di dunia ini agama yang mengajarkan kalian untuk mencuri kan? So, please tanam ini dalam-dalam, dan jangan lagi berpikir untuk mencontek.

Guys, akhirnya Gue cuma bisa ngingetin, kalo kejujuran adalah hal yang paling penting melebihi apapun. Kalo kalian pertahanin kejujuran, nilai standar pun bakalan bikin kalian merasa seneng dan bangga, coz semuanya adalah hasil dari jerih payah kalian sendiri. Nah, adik-adik pelajar yang baik, ayo tanamkan mulai dari sekarang yah, hidup yang mandiri dan penuh dengan percaya diri. Jangan pernah ngeluh belajar. Kalian aja kan disebutnya pelajar, kerjaannya apa lagi coba selain belajar? So, just do your best, Okay!

Kalo gitu sampe sini dulu deh postingan Gue kali ini. Moga bermanfaat. Sampe ketemu di postingan Gue yang lainnya. SEMANGAT!!

About Unknown

32 Comments:

  1. Yuups.. setuju bangeeet deeh kaak...
    kebiasaan mencontek semenjak dini membentuk pribadi koruptor dimasa yang akan datang!
    waspadalaaah... waspadaalaaah...
    hehehheeeee

    ReplyDelete
  2. iya deh kaka... ^_-

    aku gak bakalan nyontek2 lagi kok, paling cuma liat punya temen.. haha

    ReplyDelete
  3. nyontek itu cikal bakal korup=maling. yang doyan nyontek memang pantes matanya jadi juling. #bukandoaloh

    ReplyDelete
  4. seger blognya.. ceritanya bogor lagi penghijauan nih, wkwkwkwk..

    aku suka point 5, dua2nya.. :D

    ReplyDelete
  5. @Rusdah : Hohohoho... pasti gara2 liat iklan koruptor di TV yah? XD Ya, tapi emang betul, kalo dari kecil udah biasa curang, sampe besar kecurangannya bakalan makin menjadi-jadi...

    @Risah : Nah, loh... bedanya cuman di bagian "diem-diem" sama "terang-terangan" yah? Hehehe... :D

    ReplyDelete
  6. @Rusydi : BETCHUUULLL...!!! *eh kok jadi @L4Y?*

    @Andy : Hehehehe... kalo Bogor sih udah dari dulu penghijauannya Mas Andy... Sejuta angkot (hijau) gitu loooh... hahahaha... :D

    ReplyDelete
  7. kalau u nyontek sekarang,maka selamannya u akan terbiasa menyontek juga ketika seudah kerja bahkan menikah
    dan mecontek tuh bikin kita jadi manusia super bodoh

    ReplyDelete
  8. nyontek itu hal salah dan fatal (sebenernya) , tapi terlanjur di anggep "biasa" :s

    ReplyDelete
  9. mencontek itu ibadah kata glen fredly. hahahahaha

    ReplyDelete
  10. Wakakakakaka... ngakak baca komen di atas... :D

    ReplyDelete
  11. berarti kalau kalau mencuri source code di internet gk boleh dong kang hehehe

    ReplyDelete
  12. @Auraman : Kalo si pembuat code udah nge-share di internet, artinya kan bebas untuk kita copy... yang ngga boleh itu, misalnya si A punya source code program buat bikin Proyek Akhir, nah si B diem2 buka2 laptop si A and ngopy source codenya buat ngerjain PA si B... *ini kacau namanya*

    ReplyDelete
  13. @Nuel : Hhahahahahaha... XD Bagoosss!!

    ReplyDelete
  14. wkwkw,.,.,
    kalu aku sich sekarang udah gk nyontek lagi, tapi,.
    melihat - meniru - menambah.,.
    (kira-kira sama gak ach?),, hee

    ReplyDelete
  15. @Adul : Wakakakakaka... nyontek jawaban temen, loh kok pendek amat? jadinya langsung ambil inti sarinya dan tulis dengan basa basi yang berkepanjangan...

    ReplyDelete
  16. Mungkin dengan membaca postingan ini, semoga semua menjadi sadar. Nyontek itu gak baik. Jadi, semuanya jangan pernah nyontek yaa... Be Ur Self #gayaustadzah

    Tapi, kalo kitanya yang dicontek gimana? o.O mencontek or dicontek?

    ReplyDelete
  17. @Selvia : Kalo kita sebagai pihak yang udah terlanjur dicontek ya sudah ikhlas saja, nanti yg rugi bukan yg dicontek kok, tap yg nyontek...

    Makanya lebih baik melakukan pencegahan biar ga dicontek... :D

    btw thx ya udah mampir... :D

    ReplyDelete
  18. Mantap kakk ,, berkunjung ke blog ku ya .. jangan lupa folow :)

    ReplyDelete
  19. Sekarang nyontek itu udah dianggep biasa dan kerjaan rutin anak - anak sekolah-.-
    Kadang, sengaja dateng pagi buat nungguin temen - temennya dateng, terus ditanyain "siapa yang udah ngerjain pr?" dan kalo ada yang udah langsung di ambil bukunya... -______-

    ReplyDelete
  20. nyontek udah jadi kayak budaya aja yah haha
    biasanya sih gue usaha sendiri dulu ka tapi kalo udah kepepet yaaaaaa..... bolehlah wkwkwk ^^V

    ReplyDelete
  21. setujuuuu! mencontek itu emang babar blas gak bagus. apalagi kalo ada orang minta dicontekin pas kitanya gantian minta dicontekin dianya gak mauuuu. hwaaaaaa sebel :(

    ReplyDelete
  22. @Aiman : Oke... oke, nanti kalo ada waktu Gue berkunjung deh... :)

    @Pinklestar : Hahahhaa... iya ada juga yg kayak gitu, makanya mendingan jauhin lah yg namanya mencontek dan ngasih contekan... :)

    @Basith : Maunya dikasih contekan ya Sith? :)))

    @Rendy : Bagoooossss!! Biasakanlah! :D

    ReplyDelete
  23. Sangat setuju banget bang glenn..... :D Memang kebanyakan anak sekarang itu nyontek. Seumpama diskusi gitu yang pinter ajah yang mikir, lah yang lain malah enak ngobrol sendiri lah apalah.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, padahal tanpa sadar, sikap mereka yg begitu udah ngebimbing mereka ke masa depan yang suram... :))

      Delete
  24. gw ngaku gw jga suka nyontek apalagi pas ulangan,ok sekarang gw kurangin kebiasaan nyokntek gw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah gitu dong brow... :D
      Berarti peningkatan kualitas hidup... :D

      Delete

Thanks ya, udah berkunjung ke Creative Talks Blog ini. Silakan meninggalkan komentar dengan tidak mencantumkan hal-hal yang berkaitan dengan SARA, flamming dan juga memojokkan pihak tertentu. Diharapkan juga untuk tidak meninggalkan link aktif pada badan komentar atau komentar tersebut akan langsung dihapus oleh admin.

Happy blogwalking and have a nice day!
Creative Talks Blog Creator - Glen Tripollo

Powered by Blogger.